CBR

Modifikasi Honda CBR250RR, Tambah Lapisan Vernis Bikin Cat Kinclong Lebih Lama

keren gak? Yo mesti keren :D

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geberrr.. Ada kalanya kendaraan kesayangan kita ingin catnya terlihat kinclong alias berkilau lebih lama, tak hanya awet, tapi juga terlindungi dari baret baret halus.. Nah ada dua cara lads, salah satunya yang akan KBY bahas di artikel ini, yaitu menambah lapisan vernis (varnish) pada bodi motor, efeknya cat si Zeref CBR250RR terlihat lebih berkilau dua kali lipat sekaligus terlindungi dari baret baret halus..

Apa itu varnish alias vernis? Yaitu coating (pelapisan) yang berupa cairan yang dituangkan pada permukaan (dalam hal ini bodi motor). Varnish memiliki beberapa efek diantaranya gloss dan doff . Karena si Zeref warnanya adalah grey metallic maka efeknya akan menjadi bertambah glossy (mengkilap/ berkilau). Kenapa Honda CBR250RR KBY di vernis ulang? Pada dasarnya coating atau vernisnya sih sudah cukup, bahkan terbaik diantara produk AHM lainnya 😀 Tapi KBY ingin kinclongnya lebih lama plus tahan baret halus. Ditambah biar bisa di wax hehehe..

keren gak? Yo mesti keren 😀

Nah ada cara kedua yaitu diberi lapisan sticker transparan, seperti yang KBY lakukan pada Baby Shiro Z Kawasaki Z250FI dan Sniego PCX 150.. Cat memang jadi lebih tahan lama plus tahan gores karena terlapisi, sementara kekurangannya ya gak bisa dipoles (waxing) dan dalam satu tahun atau lebih lapisan stikernya menjadi cenderung berwarna cream/ kekuningan.. Nah untuk CBR250RR ini KBY ingin cara lain yaitu memberikan lapisan cat..

Dengan dilapisi vernish ini juga stiker yang menempel ikut “tertanam” di bawah lapisan vernishnya lads, jadi kalau diraba itu stiker emblem Honda dan grafis kuningnya udah bukan stiker lagi, tapi menyatu sama cat hehe.. Bisa sih kalau mau dilepas dulu, terserah yang punya motornya aja maunya gimana..

Selain bodi, KBY juga minta setang spion Honda CBR250RR ABS ini ikut kena cat dengan warna black piano, plus brake lever yang aslinya berwarna silver bawaan master rem Nissin Samurai dicat ulang, juga berwarna black piano.. keren dah pokoknya, ngah ngah ngah..

setang spion terlihat lebih mewah jadinya

Selain itu KBY juga pengen velgnya CBR250RR ini diwarnai, biar beda aja gitu sama yang lain hehe.. Ada dua warna yang ingin dipilih, gold seperti pada CBR1000RR SP yang sudah KBY terapkan pada si Sniego Honda PCX, atau kuning yang senada dengan grafis standar CBR250RR 2 silinder. Akhirnya diputuskan untuk menggunakan warna kuning, biar pas deh dengan garis garis grafisnya..

Pengerjaan dilakukan di Honda Painting Shop, bengkel cat motor Honda yang bertempat di AHASS 001 (Jakarta Honda Center) Jl Dewi Sartika Jakarta. Lamanya pengerjaan kurang lebih memakan waktu 7 hingga 14 hari kerja, tergantung lagi ramai atau tidak.. Pemilihan tempat ini karena KBY ingin mencoba hasil pengecatan ala pabrikan yang bahkan diklaim lebih baik dari standar pengecatan pabrik (dari sisi kualitas dan lapisan catnya)..

Hasilnya? Mangga diliat lads.. Biaya pengecatan bodi plus velg sekitar 2jutaan.. Ya kalau mau sekedar tanya tanya bisa hubungi bengkel cat motor Honda – Honda Painting Shop dengan alamat di bawah ini ya lads.. Paling asik sih langsung main aja, karena ada beberapa foto contoh motor motor yang sudah dilakukan repaint…

Honda Painting Shop Jakarta – Astra Motor Jakarta
Jl. Dewi Sartika No. 255 Jakarta Timur

Kurniawan

ASTRA MOTOR JAKARTA
PAINTING SHOP
Phone : 021-8015555 ext. 703
HP : 0856-7343-369
Mailto : kurni.awan@hso.astra.co.id

 

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

About Kobayogas 3311 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

45 Comments

      • Zluuub rante tiger suruhh diem. itu ciri khas mang.. Sebagai penghibur Jd g ngantuk.. G sepi… Krna ada bunyi zraakk zraaakk zraaakk yg nemenin..

        Buat aq itu dh terdengar ky musik..

        BTW Slamat mang IRS bau kencur POPOKMEDIUM 1.3.. Reza pancen Joss. Bonek pancet MANTAP.

        Slamat BONEK mania…

      • Yang 1 klotok2. Yg 1 kemrozak..

        Nikmatin zaza.. Anggap alunan nada2.. Indah.. Sbg tmn diperjalanan..

  1. Huaa, tadinya mau nyinyir, tapi pas tau ngecatnya di dewi sartika ane berubah fikiran. 🙂

    Recommended bgt. Proses painting standard pabrik. Pengerjaan professional. Dan dapet garansi. Cuma sayangnya cuma produk Honda yg bs ngecat disitu. Hahaha.

    Dulu pernah bawa K45A ksana. Puas.

  2. Tambahi, di clay bar dulu biar sisa cat yg ga sempurna terangkat baru dilapis pakai carlack merah.
    So far wax yg mantap ya carlack ini, pernah habis mobil di apply lewat jalan sempit ketemu mobil dari arah berlawanan, terpaksa nerabas teh2an yg habis dipotong, ga ada bekas2 goresan di cat samping.

  3. lha koq di pernis lagi, emang dari pabriknya belum di pernis ?
    setahuku selaam kerja di bengkel cat mobil Maju jaya Motor Sunter dulu kalau udah ada pernisnya trus di pernis lagi maka pernish yang lama akan rusak atau pecah, kecuali jika di downgrade thinernya dari tiner A ke tiner B tapi konsekwensinya hasilnya gak akan sebening kalau pakai tiner A

  4. Yg nmaxnya g mkn di pernis y mang
    Tar matte jd metalic
    Itu nti klo bosen cbr nya tambahin glitter warna kuning mang biar tambah ngejreng gitu

  5. Wah ajip tu, dlu ane pernah pernis ulang jg. Hasilnya lmyn wet look laah. Cm tukang catnya nih kdu ahli bener hehhe. Kasi efek lembayung kang, keren tuh nnti hehe

  6. Mang Kobay mohon maaf memepertanyakan tindakan sampeyan. Jadi maksudnya untuk body hanya cat clear coat saja ya alias tidak ganti warna? Kalau lihat dari foto kok body dengant cat pabrikannya diamplas (bikin ngilu). Dengan kata lain clear coat/vernish pabrik dirontokin. Jadi istilahnya tidak nambah/dobel tapi ganti clear coat/vernish saja dong. Jadinya MUBAZIR bin SIA2 dong mas, nambah kerjaan dan biaya untuk hasil yg sama saja kecuali mang Kobay request untuk dikasih clear coat/vernish ekstra tebal melebihin standar pabrik.

  7. Repot juga motor belum setahun dah banyak minta jajan. Motor dimodif plus cat sana sini pertanda yg punya gak puas dengan apa yg pabrikan kasih. Wes ngono wae intinya

    • ah sok tempe ente ngahahha.. kalau teorinya gitu ya apalagi kompetitornya, jajannya lebih banyak karena kurangnya banyak banget ngah ngah ngah

      • Ya responnya kang, beda ga, sbrapa bedanya dibanding standar? Abis dibejek feelnya smooth ap cenderung terlalu gigit..
        Cuma ganti master aj ya kang? Bnyk testi yg bilang klo cuma ganti master saja atau kaliper aj kurang signifikan..
        Buat referensi mau upgrade, tp yg kelas medium dulu, blum yg Rembo2an hehe..
        Nuhun kang..

      • hehe, kalau ay sih jujur aja lebih ke look tujuannya.. Kalau feel sih 11-12 ya, cuma enaknya ada setelah jauh dekat aja.. which is agak kurang berguna karena makin ke 7 makin dekat banget.. jadi tetep aja gw set ke 1 atau 2..

        kalau buat gigit dan kestabilitas performa rem kalau gak ganti kanvas ya ganti brake line

      • Oalahh.. berati yah msh mirip2 feelnya, tp emang klo liat tabung rem misah gtu yah lbh mevvah kliatannya..

Yuk Tinggalin Jejak Lads..