review suzuki gsx-r150
review suzuki gsx-r150

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geberrr.. Sudah hampir dua bulan Suzuki GSX-R150 yang dinamakan Samehada ini berada di tangan KBY dan seringkali digunakan harian meskipun harus bergantian dengan motor yang laen biar gak cemburu kekeke.. Sepertinya sudah sangat tepat untuk membahas full review dari GSX-R150 ini ya.. Sekalian KBY berikan review versi YouTubenya..

Mengapa KBY sebut sebagai motor mainan? Definisi “mainan” di sini dalam arti positif, “mainan” memang lebih kepada dimensinya yang cenderung ramping dibandingkan tren kelas sport fairing 150cc yang belakangan maen chubby chubby-an (bukan cabe cabean).. Ya Suzuki GSX-R150 terbaru punya bentuk yang kurang moge dibandingkan rivalnya – si All New R15 VVA.. Ketika New R15 2017 makin ginuk dan demplon, si Gixxer pekgo ini malah diet..

Tapi GSX-R150 gak sendirian, karena Honda pun telah melakukannya pada New CBR150R K45G setelah sebelumnya berdimensi mirip moge atau bigbike feeling pada desain CBR150R K45A. So klop kan? Keduanya punya desain yang cenderung ramping. Jika diibaratkan mungkin bentuk atau dimensi GSX-R150 ini seperti model, kelihatan kecil dan tipis tipis (ramping).. Tapi jangan salah, model juga bisa powerful! Ingat Mila Jovovich yang jadi Alice di Resident Evil!

Suzuki GSX-R150 plus winglet

Itulah sosok Suzuki GSX-R150 2017, sosok rampingnya membuat dirinya ringan dan enteng ketika dibetot, lincah ketika harus dibanting kiri kanan melewati tikungan atau saat kudu selap selip diantara kendaraan lain.. antisipatif saat kudu direm pol menghadapi tikungan dan stabil saat digeber pada kecepatan tinggi.. Motor balap kelas Moto3 in true form!

SUZUKI GSX-R150 DIPAKAI HARIAN

Dalam waktu dua bulan, KBY sudah melakukan banyak hal termasuk melakukan mini turing ke puncak, dipake harian juga, modif ringan hingga melakukan dyno test dalam keadaan standar juga sudah.. Nih link di bawah semua tentang Suzuki GSX-R150, mangga buat dibaca baca lagi..

 

Nah kalau digunakan harian tentu agak sedikit berbeda dengan dibawa turing, karena untuk jalur yang KBY lewati bisa dikatakan macetnya 70%, 30%-nya lancar wkwkw.. Dimensi yang relatif kecil di kelasnya merupakan kelebihan Suzuki GSX-R150 menurut KBY, untuk selap selip diantara kendaraan lain enak, gak nyusahin meskipun setangnya sudah under yoke..

Tinggi jok 790mm, selama duduk di tengah atau depan, rider bertinggi 160cm pun gakan terlalu bermasalah (lihat video di bawah). Tenaganya juga lebih dari memadai, 19.1PS dan 13.9Nm, memang hentakan awal gak seperti SOHC atau DOHC overstroke, tapi bawahnya gak bikin menderita kok, normal normal aja..

review Suzuki GSX-R150

MESIN GAK PANAS KOK

Kalau udah urusannya motor sport, biasanya salah satu pertanyaannya adalah apakah mesinnya panas (ke kaki)? Jawabannya gak tuh! Bagi yang sebelumnya sering pake skutik, atau bebek atau sport naked bike ya mungkin akan terasa sedikit panas. Dan memang harus diakui diantara kompetitornya, paling terasa hawa panasnya memang GSX-R150 karena kompresinya lumayan tinggi. Tapi tenang lads, gak sampe ngeganggu kok.. Butuh adaptasi aja.

KONSUMSI BBM

Di kelas 150cc, meskipun sport, isu konsumsi bbm memang masih sensitif, pengennya irit tapi juga kencang! Secara teori hukum mesin ya bertentangan, paling bisa di tengah tengah hehe.. Nah Seperti yang sudah KBY bilang di atas, trek harian lebih banyak macetnya, ditambah sudah pasang knalpot racing. Sebelum pasang konsumsi bbm gsx-r150 bisa 1:30-31, setelah pasang jadi 1:28-29.. terbayar banget sih dengan performanya yang makin yahud.. Untuk luar kota pernah 1:38, tapi pulangnya ketemu macet drop lagi jadi 1:34.8.

konsumsi bbm Suzuki GSX-R150
harian dalam kota
waktu ke luar kota

KENYAMANAN

Gada motor sport jenis fairing yang benar benar nyaman, jika acuannya adalah bebek, skutik dan jenis naked bike.. Untuk harian dengan jarak 40-60km pulang pergi, Suzuki GSX-R150 masih oke, di awal adaptasi mungkin telapak tangan, kadang pundak atau punggung bisa pegal, setelah terbiasa ya akan biasa saja (baca juga: Trik Mengurangi Rasa Pegal Naik Motor Sport Fairing). Sayang busa joknya masih kurang empuk, bikin kurang nyaman untuk perjalanan jarak jauh.. Rencana sih mau KBY ganti busanya biar lebih enak diduduki.

boncengan di atas Suzuki GSX-R150

Pada kecepatan rendah, Suzuki GSX-R150 ini terasa geal geol, bukan salah motornya, tapi salah bannya hehe, tepatnya pattern alias pola telapak ban IRC Exato lah yang membuatnya terasa geal geol saat berkendara di bawah 15 km/jam.. Hal yang sama ditemukan pada GSX-S150 dan juga Yamaha Xabre..

THE VERDICT

Apa yang dicari? Idealisme sebuah motor sport fairing 150cc? Kencang, lincah, fitur oke, konsumsi bbm masuk akal dengan harga terjangkau tanpa tidak terlalu peduli akan kenyamanan? Kalau iya, ya Suzuki GSX-R150 yang punya harga Rp. 27,9 (selama masa promo hingga akhir Mei 2017) cocok untuk dipinang. Kalau nyari nyaman, saran KBY lupakan, bebek, skutik atau Suzuki GSX-S150, bisa jadi pilihan..

tonton via hp

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

77 COMMENTS

    • Tumpakan ALICE di RE BMW S1000RR..

      MANTAP BGT TUH MOTORNYA.

      Mang RANTE KETENGNYA GIMANA.

      Penyakit SUZUKI bunyi KLITIK-KLITIK.. Karna Rante ketengnya jelek… Or MAHAL..

      • Kalo penyakit suzuki rantainya jelek, kenapa so’un aku yg bentar lagi ultah ke 9 kok ga pernah bermasalah ya? Malah supri helmi & fersa aku rantenya ampun deh kwalitetnya. Masa tiap 2 taon sekali ganti, padahal jarang dipake kebut2an. So’un mah dipake tarik2an jg awet sampe 3 taon. BCnya kurang aktual om.

  1. Makasih kang berkat info dri sampean, sya ud minang warna black matt, tinggal nunggu stnk na aj, bener kang enteng dan ramping d kelasnya…..

  2. mang buatin juga artikel harga sperpart, biaya servis, sama hal negatif ni motor ( hal positif dah basi ) biar pembaca makinmakin tercerahkan

  3. mang, itu yang bener dipake touring cm dapet 1:38? keadaan standar apa sdh ganti kanlpot racing. hmm, lumayan boros jg ya..hehee, tpi sebanding sih sama performa, paling top kelas 150cc

    • Boros itu d bandingin apa nih ? Bebek 110cc ? Beda 1-10km per liter di tangki motor sport itu gak terlalu berasa kok (kecuali di hitung secara acounting)

      • Kalo udah selisih lebih dari 5km/l udah lumayan banyak bro..
        Dulu ane pake suprax125 karbu tembus 45-50km/l .
        Skarang dah pake new cbsf range nya kalo boros 40-45km/l, iritnya 46-50an km/l, hampis sama kaya suprax125 karbu..
        Menurut pribadi buat 150cc injeksi paling gak kepala 4 lahh bisa dibilang irit, dibawah itu mayan boros

      • 38km/l itu boros untuk ukuran 150cc 4 tak injeksi, apalagi sampe nyentuh angka 28km/l, ane pernah make MT 25 aja rata-rata 25-28km/l, 250cc 2 silinder 36hp vs 150cc 1 silinder 18,9 hp lho
        Bukannya CBR K45A yg mesinnya sejenis bisa tembus 45km/l?
        Pengaruh TB 32mm kah?

    • Boros banget lah kalo segitu, bodi wes cilik produk keluar belakang ngasih produk nanggung. Kalo ngomongin performa sejauh apa sih 150 CC? Kalo bandingin performa ma matic 110-125 mungkin pas. Pppppfffttt

  4. Saya udah pake sekitar 2000km, konsumsi bbm ga di reset dari awal hasilnya sekitar 41km/l. Udah dipake touring, macet, ngebut. Di bandung sih

  5. Kang, saya juga pemakai GSX R150 warna motogp blue dari Bandung.
    Sedikit review dari saya pakai pertamax turbo dapet 1:39-1:40an. Kalo pakai pertamax dapet nya 1:34an..
    Lalu buat masalah pegel di tangan, saya biasa pake sarung tangan yg telapak nya ada busa rada tebel, dijamin jauh lebih nyaman.
    Hatur nuhun..

  6. Kalau lihat dari Model diluar power mesin ya :

    Saya udah lihat dijalan R15 VVA dan GSX150R tapi tampilan kok menurut saya kerenanan R15 VVA lebih gambot padat kaki-kakinya, Lebih Nungging yang bawa juga terlihat lebih nunduk sesuai Tag Line Sport Fairing ya harus Racy Look.

    Dan saat Ketemu hadap-hadapan di jalan tampang Depan Fairing Headlamp GSX R terlihat biasa-biasa saja kurang eyecathing mungkin karena single headlamp beda dibanding CBR150 dan R15 VVA terlihat lebih mewah karena double Headlamp tapi cuma sayangnya kalau CBR150 kalau dideketin Fairing Headlmapnya terlihat Gepeng dengan Windshield yang kecil. Kalau nyaman riding position sih CBR150 lebih nyaman karena belum Underyoke dibanding rival-rivalnya.

    Kesimpulan motor-motor 150cc era sekarang semuanya udah OK lah design-designnya tinggal sesuaikan selera ada yang senang Tampilan Gambot Racy ada R15 VVA, yang senang slim racy ada GSXR , yang senang tampilan slim nyaman ngak terlalu nunduk ada CBR150.

    • Fix pikiran ente terbuka bro, gak kemakan merk. Orang yg open mundur juga berpikir R15 lbh oke. Masak tahun 2017 masih ngasih motor bodine cilik, kegiatan CBR minerpah aja. Muke gile dah buat pabrikan yg begitu, apalagi yg keluar belakang nya.

  7. Asli mang bener2 keren …
    …Helm nya….seharga F1zr seken 2003 mint
    Hahhahahahahahha nguaco

  8. makasih reviewnya mang.
    ane 2 bulan naik motor fairing (cbr k45g sih) rasanya kok aman2 aja ya, ga ada pegel2nya.
    begitu nyoba beat malah langsung pegel.
    alhamdulillah berarti ni badan cocok naik motor sport.

    • hahaha ini kurleb sama kejadian di ay dulu, harian lebih sering bawa Shiro Z, pas lagi mau bawa skupi bini 2 hari pantat n punggung pegel pegel wkwkkw .. padahal secara ergonomi lebih tegak..
      kalau ga salah pernah ay bikin artikelnya

    • Coba ente tes riding 1000 km Kon stop bos, kira kira masih bisa ngemeng gini kagak? Pppffffftttt

      • Motor ternyaman di Dunia juga bakal berenti.. Mana bisa 1000km nonstop.. Kecuali yg naek Android dengan kapasitas baterai mampu mencapai 1500km kekekeke

      • Tadinya gue cuma ngakak aja baca komen dari nih orang tapi ini doang yg bikin gua pengen bales
        Eh anigaV
        TOLOL boleh tapi jangan berlebihan
        Waktu bpak sma emak lu bikin lu kecampur micin setoples kali ya.

  9. Coba dibandingin ama 250cc two stroke mang, soalnya diatas ada yg bawa cbr250rr…

    Sekalian test performa ama hayabusha kang 0..100 ama 0..300 kencengan mana

    Oiya membantu para mbek klo bahas motor slain honda kekuranganya aja takutnya MS Honda ntra drop lg

    :v

  10. Pertanyaan​nya kog penjualan nya cenderung mengkeret ne motor? Ada apa gerangan? Produk keluar belakang nya kog ngasih nya motor bebek daur ulang sport, Yo orang yg waras mikir mikir mo beli. Bahkan fanboy juga ogah ogahan beli liat aja ms nya. Oalah Ki Ki, gawe motor kog nanggung.

  11. cbr 150 dulu dikasih baju gede, dibilang kedodoran.

    dikasih baju yg slim, dibilang kaya minerva.

    r15 dikasih baju gede, dibilang body aduhay

  12. ralat, tinggi joknya 780 mm dan joknya gak lebar, jadi cocok banget buat yg kakinya pendek. kalo r15 lain lagi, joknya lumayan lebar, seat heightnya 815 mm. cocok buat yg kakinya lumayan panjang. mau tinggi lu 175 cm kek, kalau kakinya pendek hasilnya sama aja (jinjit)

  13. Kang kobay,
    Itu winglet gsx nya masangnya di fairing udah ada dudukannya atau emang kudu di bor dulu fairingnya?

Yuk Tinggalin Jejak Lads..