Kobayogas.Com – Hola lads, salam geberrr.. Sama seperti Yamaha Aerox 155 VVA yang KBY test sebelumnya, test ride Yamaha All New R15 2017 ini juga dilakukan di tempat dan area yang sama, yaitu IIMS 2017 beberapa waktu lalu.. Bagaimana impresi awal berkendara di atas sport fairng 150cc terbaru Yamaha ini? Ayo geber dulu yuks..

Sebelum menuju pembahasan, KBY kasih tau dulu koridor pengetesannya, karena masih satu lokasi dengan test ride Aerox 155 maka area untuk melakukan test ride Yamaha All New R15 2017 V3 ini artinya tidak terlalu luas, hanya berkeliling pada satu lapangan yang dibuat sedemikian rupa dengan kun kun serta polisi tidur buatan.. Hmmm agak sulit nih untuk mendapatkan performa maksimal.. palingan untuk performa KBY mencoba akselerasi awal hingga pertengahan dari si All New R15 2107 VVA ini saja..

Test Ride Yamaha All New R15 2017

ERGONOMI YAMAHA ALL NEW R15 VVA

Seperti pada artikel first impression All New Yamaha R15 155 VVA sebelumnya, tidak ada yang berubah lads, masih terasa sama yaitu mantap dengan riding position in the bike alias terasa menjadi satu dengan motor, apalagi kalau ditest ala tuck in alias ngumpet di balik windshield.. Mantap..! Joknya juga empuk euy.. nyaman!

Joknya yang punya tinggi sekitar 810mm gak terlalu ngaruh selama kita menggunakan alas kaki yang memadai, buat yang punya 165cm oke lah! Bisa diakali juga dengan duduk lebih maju saat harus berhenti.. No issue lah untuk sisi ketinggian jok ini kecuali lads punya tinggi di bawah 160cm hehehe..

PERFORMA YAMAHA ALL NEW R15 2017 VVA

Koridor kedua, harap diketahui juga ini adalah merupakan unit test, artinya siapapun bisa mencobanya, dan karakternya pasti beda beda.. so jangan berharap ini motor sehat 100%.. Nah yang KBY rasakan pada sesi test ride singkat tersebut ya ternyata tenaga mesin  All New R15 2107 VVA 155cc itu biasa saja, bawahnya gak jengat jengat amat, tengahnya pun biasa saja.. artinya tidak ada yang lebih istimewa dari kompetitor dari sisi ini lads.. mirip mirip..

Assist dan Slipper Clucth

Sebenarnya gak fair kalau mau dibahas disini soal ASC milik All New Yamaha R15, lah area terbatas, gak terasa efeknya untuk upshift dan downshift alias masih terasa sama seperti yang lama, satu satunya yang sangat terasa adalah koplingnya yang sangat enteng… Memang seharusnya untuk merasakan Assist dan Slipper Clutchnya gak bisa di area kecil kek gini..

HANDLING All New R15 2107 VVA

Bicara handling, tadinya KBY mengharapkan handling yang mantap saat menikung cepat, ternyata biasa saja, masih ada gejala melebar, tapi bukan berarti hal yang buruk kok.. cuma ya kurang mantap aja gitu.. Pada koridor yang sama,  KBY rasakan sih 11-12 lah antara All New R15 155 ini dengan kompetitornya..

Hanya saja KBY suka bangeeett sama rem depannya, wah mantap dah, responsif dan pakem! Toel dikit sudah terasa feed back positifnya dari roda depan.. Khas Yamaha banget.. Tapi entahlah kalau dipake terus menerus, kalau di NMax sih kerasa fading alias ngeloyor meskipun saat ditarik tetap responsif tapi gigitannya jauh berkurang..

Shock All New R15 2107 VVA ini terasa lebih firm dari old R15 yang keempukan, memang untuk mengakali agar handling pada tikungan terasa lebih mantap.. Saat melewati speed trap buatan juga terasa memang lebih keras, tapi masih aman lah gak kaya NMax hehehe..

HARGA YAMAHA ALL NEW R15 VVA TERBARU

Harus diakui harga Yamaha All New R15 155 VVA ini menjadi yang termahal di kelasnya, namun kalau mau di break down satu persatu harganya masih masuk akal lah, suspensi depan upside down Kayaba, mesin ditambah 5cc plus Variable Valve Actuation dan fitur menarik lainnya.. Kalau desain balik lagi ke selera.. Untuk model buritan sih KBY masih suka model lama, moge banget dan timeless.. Lampu rem LED yang lama juga terlihat lebih mewah..

THE VERDICT

Memang test ride ini hanya merupakan impresi awal berkendara bersama All New Yamaha YZF-R15 2107 155 VVA, bukan test ride menyeluruh.. banyak batasan yang gak bisa dicoba secara maksimum, ya karena arenanya bisa dikatakan sangat terbatas lads.. Pada akhirnya kesimpulannya adalah ini motor sport fairing dari sisi performa dan handling terasa biasa saja alias tidak lebih istimewa dari kompetitornya..

Begitu juga dengan handlingnya All New R15 2107 VVA ini, berbelok cepat agak memutar masih terasa gejala under steer alias melebar, kurang nurut di tekuk.. Kok kayaknya gada positifnya sih kang? Wah kalau begitu coba baca lagi dari atas deh.. Soal ergonomi dan riding position KBY kasih dua jempol, sangat in the bike lah, pas! Joknya juga KBY demen, empuk! Kalau shock lebih terasa firm dibanding yang lama.. tapi it’s oke, gak sampe mentul mentul..

Ingat ya sekali lagi, apa yang dirasakan adalah dalam koridor terbatas, kalau sampe protes artinya sampeyan sebagai FBY akut gak terima wakakak.. Yang jelas, KBY penasaran juga kalau dites lebih lanjut seperti di Sentul misalnya atau paling gak di jalan raya lah… Jadi apakah motor ini rekomen kang? KBY sementara ini hanya berani menilai dari sisi ergonomi, riding position, tampilan dan fitur, rekomen lah yah..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

102 COMMENTS

    • Udah beli sono 250 bekas…
      Nyari yg giat.. Apa jumlah 250 bekas lebih banyak dari 150 baru??
      Gk usah mending2 kalo ujung2nya gk jadi beli satupun..

      • Geli kadang kalo ada yang komentar mending beli ini itu, kayaknya mereka bukan potential buyer produk tsb.

      • ya emang mending beli 250 bekas,kemana2 juga masih menang 250cc apalagi yg dual cyl
        makanya kemaren saya ngambil mt25 second,dapat tuh diangkat 36jt masih lebih murah dari r15 baru

    • harga di atas 35jeti, pilihan paling bijak RC 200. material berkualitas dunia, anti klotok, ngebul, protol, rompal dan vampire ringsek, hehehehe

    • mending beli 250 bekas(thunder250) daripada beli cbr150 baru yg belom underyoke dan harga kemahalan.

  1. Gambar 7 : belakang mang kobay ada motor bagong 😀

    Yg ane kurang suka malah di ergonomi, nunduk banget, bisa sih gaya ala pembalap tapi kalo belokan patah jadi ribet :v

    • namanya juga sport, bang ya nunduk. klo mau yg tegak ya pake model street fighter atau supermoto.

  2. Yahh penonton kecewa…. Klo akselerasi sama sebelah 11 12,walaupun punya power terbesar masih bisa diimbangi sama sebelah yg klotok2 dan punya power inferior ..

  3. this shit is ugly as f*ck, wanna prove? take a good look at the last picture, as you can see, this kobay guy (although we can all agree that he is not much of a so called-good looking person), instead of getting a better looking persona appeal on that bike, he just got even look uglier. see?

    a horrendous and hideous bike in short, no offense but i’m just trying to be honest. oh God i wish i can undo seeing this bike.

    • I’m not such a big fan of yamaha,tbh i don’t like this bike either, but seriously the way you think about such trivial stuff was waay to far,not to mention it doesn’t makes you looks cool or shit, and speaking of horrendous, i think it’s more like your attitude, well,my 2 cents, don’t cmiiw

    • So the point is youre saying this bike is ugly as fuck that makes om kobay looks uglier? Then i wonder what kind of motorcycle ( sport fairing 150cc) in your opinion that can makes him looks more handsome. Dare to answer it?

  4. Apaan nih 😂😂😂 bc banget 😂😂😂 siapin materai dulu lah mang, sapa tau memang bawah dan tengah d korbankan untuk atas, secara kan ini fairing bike, klo fairingnya sayap yg ane pake ini malah bawah tengah oke atas mlempem, klo si gesek belum pernah nyoba

  5. Bang… kalo ada kesempatan, tolong dong videokan YZF R155 dalam kondisi statis digas sampe 8000rpm dan kasih lihat knalpotnya. sudah sembuhkah ato masih kayak yang lama?
    nuhun…

  6. Namanya fairing bike ya nyari top speed lah 19,3 ps VVA jelas atasnya ngisi. Sama saja kalau ngetest gigi 1 dan 2 ditempat parkiran motor sport fairing seperti CBR250RR dari sisi performa dan handling terasa biasa saja alias tidak lebih istimewa dari kompetitornya yaitu R25.. tapi pas ngetest atasnya CBR250RR baru punya nafas panjang dibanding R25 nah begitu juga CBR150 DOHC overstroke jelas dari konfigurasi mesin saja lebih untuk perkotaan jadi yang gigi bawahnya ngisi sedang atasnya melempem makanya dikasih windshielp seupil + stang melewati windshield sama Honda karena tahu situ ngak bakal maksimal dapat top speed pake DOHC Overstroke.

    Beda sama GSX dan New R15 yang dimana fairing bike sejati yang orientasinya top speed makanya stang underyoke dan fairing dengan windshield lebih tinggi dan lebar malah posisi fairing R15 dengan model bubble windshield lebih ke arah race oriented yang enak buat tuck in alias ngumpet di balik windshield. Beda 2 HP itu ngak bohong si cbr150 yang paling inferior bakal tertinggal sekebon kalau nyari top speed lawan GSX dan New R15.

    Oh ya mang Kobay kesan assisit slipper clutch kok ngak dibahas apa juga ngak berasa karena test di parkiran. Dan gimana sensasi bawa R15 yang memakai ban belakang ukuran terlebar dikelasnya apakah terasa agak berat tarikan awalnya tapi seharusnya lebih nikmat nikungnya mungkin next Mang Kobay bisa test di Sentul. Kalau lihat video di youtube hasil test Otomotif di Sentul sih katanya R15 paling kencang dikelasnya.

    • Ahhh betul sekali ini kelewat.. Pantes kaya Ada yg kurang.. Ya betul gak terlalu kerasa om.. Malah bisa dibilang gak ngaruh di area kek gitu wkwkkw gak puas dah

    • ane test slipper clutch nya sih lumayan lah om, walau belum maksimal dari RPM yang tinggi tapi udh mayan berasa lah, pas hard downshifting ga ada hentakan berarti kog bahkansaat masuk gigi 1 yang dengan motor2 lain biasa nya terasa hentakan back torque nya..

    • untuk assist clutch nya ane gag nyoba clutchless shiftingnya, tapi yg pasti kopling nya enteng banget gag kayak motor sport pada umumnya

  7. Lha gimana mw nyobain akselerasi tengah area cuma segitu ngawur nih mang kobay, rem yamaha pakem ya iyalah dari pada rem honda gak kurang gigit

  8. Areanya emang terlalu kecil kang. Saya narik sampe 8rb RPM udah mesti rem, jadi kurang berasa sensasi VVAnya. Malah ngerasa ga ada bedanya sama NVL saya tarikannya.

  9. Lihat langsung motor ini dari belakang menurut saya bagus banget buritannya

    Sisanya…Ya Allah….
    Parah

    Fairing kaya modif bengkel variasi murahan
    Kenalpot ga nyambung blas

    Banyak PR sih intinya kalo mau bikin motor ini lebih keren

    • Saya liat 2 kali hari ini dijalnn…biru ama item..aali ngiler..sol design selera yah..klo saya suruh pilih cbr..gsx ato R15…saya pilih R15..rapi bangettt….btw emang knalpotnya keliatan gimana gitu..ga semewah R15 old..

  10. Ente bloger AHM ya bay ngoahahahaha,, test motor 19,3 hp di parkiran doang udah banyak bacootttt..

    Coba ente test moge 1000cc di lahan parkiran sempit, bandingin sama test metik 125 cc pario kek atu apa kek di tempat yg sama..,, terus bandingin enak mana bay ?

    ..,, ente emang pekok bayy

      • Bacot dulu baru mikir

        Mungkin beliaunya tipikal seperti itu mang

        Senyumin saja

        Hahaha

      • Kalo mau test motor pairing moge ya di sentul kalo tujuanya pengen riview performa motor..,, Ente tergantung niat apa kagak, punya duit apa kagak buat test ke sentul ..,, ente bloger otomotip review motor modal gratisan doang bay..,, ngoahahaha

        Ente tanya yang naik GS dapet apaan review naik cuma diparkiran doang bay ?? Review motor touring mah di tanah kagak diparkiran bay..,, ente pokok bay

        Ane kagak masalahin moge test di langit kek diparkiran kek,.. yang ane tanyakan kalo review motor ya dijalurnya bay di habitatnya,, motor pairing di sirkuit mau ampe mampus geber motor bisa bay.. Jadi yg pekok siapa bay ??

        Atau ente mau test ride nyetir helykopter di dalam gedung serbaguna ente dapet apa bay ??

        wkwkwkw sok tau ente bay

      • Hahahaha Iya aja dah… Gak mampu Bawa balik apalagi beli gw, mampu nya gratisan.. Test tempat sempit pulak wkwkwk… Wkwkwk #ngakakgulingguling

      • Pake diladenin lagi, dia tuh ngiri, kenapa mang Kobay bisa test ride macem2 motor sedangkan dia cuma bisa liatin sambil ngiler, test ride aja ga mampu, apalagi beli…..

      • Iki fbh akut..yakin deh sumpah..keliatan dari komennya..very2 smartttt….saking smartnya jadi keliatan pandir..ekwkwkwk

      • emang akut…jelas2 judulnya “impresi awal”
        maklum lah, dia sendiri aja sudah mengakui mentalnya gEMBEL

      • hehe sebenernya yg kek gini udh ketauan, kaga baca dan cuma langsung cari kekurangan dari artikel ini.. cuma lagi demen aja gw pengen bales wkwkwkwk

    • Petugas SPBU ngamuk2 motornya ga dibilang bagus, pdhl kmrn uda seneng design nya dipake, wkwkwkwk…..

  11. Untuk handling setuju Mang, biasa banget, masih jauh lebih enak feel nya CBR250RR untuk meliuk2 malah,, IMHO.. buat ane CBR250RR masih lbh enteng d banding MT-25..
    jujur buat ane motor sport ternyaman pas tes di IIMS malah CBR250RR,, hahaa

  12. gak cobain kymco downtown 250 sekalian om? itu motor nyaman banget pas dibawa test ride, berasa duduk diatas sofa yg jelas. sayang aja harganya lebih mahal dibandingin xmax 250…

  13. Sebagai reviewer jika pake kata biasa aja dr banyak aspek ya bapak ane jg bs review mas bro.. Reviewer harus bs PEKA dalam mereview, apalagi dlm kelas yg sama 150cc. Tipis bgt bedanya.. pembaca gak butuh kata biasa aja, pembaca butuh gambaran perasaan dibanding dengan pendahulunya. Semakin banyak kata biasa aja dlm review maka pembaca akan smakin minim informasi yg didapat. Apalagi penjelasan 160cm msh oke mnrtq r15 baru buat yg 160 musti jijit balet plus kebantu busa sandal bru bs napak. Dan suspensi r15 old yg lembut mnrtq msh lmbt vixion. Plis mas bro agak PEKA lg dlm ngeriview wkwkwk peacee

  14. hahaha udah dpt transferan.. akhirnya “artikelnya” keluar juga… jozzz xixixi..
    yang penting baginda hepi..

  15. Baginda nelpon..
    hp berdering.. nging nging…
    lalu diangkatlah hp itu..
    terjadilah percakapan.
    ✓hallo.. selamat sore
    ¢ sore bosku… ada apa bosku..
    ✓besok ada acara di ****tiiitt, kau bisa
    datang..
    ¢ bisa bosku kebetulsn g ada jdwal
    keluar, ada apa ya bosku
    ✓gini nih… $&@#$&$@$$_&+&_#$_
    ¢ maksudnya apa ya bosku??
    ✓udah saya trnfer .. cek rek mu..
    ¢ siap tugas di terima bosku..
    ✓nah… jgn lupa seperti biasanya..
    ¢ sendiko dawuh bosku

    dan akhirnya si bos pun hepi..

Yuk Tinggalin Jejak Lads..