arena test ride gak luas

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geberrr.. Yamaha Aerox 155 VVA mendapatkan gelar sebagai best of the best skutik pada penghargaan otomotif award 2017.. Pas banget momennya KBY pun akhirnya berkesempatan melakukan first ride Yamaha Aerox 155 VVA tipe S ABS terbaru ini alias test ride singkat di ajang IIMS 2017.. Bagaimana impresi skutik terbaik ini? Yuk digeber ..

test ride Yamaha Aerox 155 VVA tipe S ABS

Sebagai automotive enthusiast, apapun merek motornya kalau udah penasaran pasti ditest, kagak ada acara anti motor ini anti motor itu, sori yeee hehehe.. Sebagai pencinta otomotif kalau ada kesempatan pasti dilakukan test ride, seperti halnya Yamaha Aerox 155 VVA ini lads yang memang baru ada kesempatan melakukan sesi test ride di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017..  Jadi bagaimana impresi awal dari Aerox 155 VVA smart key dual shock ini?

test ride Yamaha Aerox 155 VVA tipe S

Namanya area test umum, KBY sadar kalau gak bisa pol ngetesnya, area yang disediakan gak terlalu besar, tapi lumayan ada sedikit trek lurus dan speed trap untuk mendapatkan impresi tarikan awal dan ayunan suspensi serta kenyamanan dari Yamaha Aerox 155 VVA tipe S ABS warna biru matte ini.. yuk digeber..

Kalau desain sih gak usah dibahas lagi ya, lads bisa baca di artikel yang ini.. (First Impression Yamaha Aerox 155 Terbaru) So pertama menaiki Aerox 155 tipe S ini tingginya memang sedikit di atas rata rata skutik lainnya, tapi seperti skutik berbadan agak bongsor lainnya, kaki jinjit bukan karena dia tinggi sih, lebih kepada jok yang lebar memaksa kedua paha terbuka lebar hehe..

YAMAHA AEROX 155 VVA ABS – RINGAN!

Begitu naik dan memundurkan dari posisinya, loh kok Yamaha Aerox 155 VVA tipe S ABS ini ringan dan enteng? Ringan disini kamsudnya lebih ringan dari Yamaha NMax lads, kirain bakal sama alias seberat NMax, ternyata bisa dikatakan jauh lebih ringan! Masukkan remote ke kantung depan (yang susah dibuka – gak tau kenapa), familiar dengan keyless si Samehada GSX-R150 membuat KBY gak pusing kudu diapain itu tuas yang tanpa kunci hehehe..

bobotnya ternyata enteng

Tanpa ditekan, tinggar putar tuas ke posisi ON, tarik tuas rem, mau depan atau belakang, mana aja, tekan starter dan greengg.. mesinnya menyalak halus nyaris tanpa suara..  Lap 1, KBY mencoba ergonomi dan riding position-nya.. sekaligus melewati speed trap pelan pelan.. lap kedua, coba geber sedikit di trek lurus untuk tahu akselerasinya, di lap yang sama nyobain melewati speed trap dengan kecepatan lebih tinggi… impresif! Empuk gada sundul sundul!!

Lap terakhir, sekali lagi mencoba akselerasi dan melewati speed trap dengan kencang sekaligus mencoba pengereman serta berbelok dengan kecepatan lebih tinggi.. Hasilnya bagaimana nih first ride Yamaha Aerox 155 VVA tipe S smart key ini? Mangga baca di the verdict di bawah ini lads…

arena test ride gak luas

THE VERDICT

Namanya juga test ride singkat, sebenarnya gak terlalu banyak yang bisa dikail, apalagi arena test ride gak terlalu besar, tapi paling tidak KBY bisa merasakan akselerasi awal, handling medium, pengereman dan ayunan suspensi dari Yamaha Aerox 155 VVA tipe S SSS yang sudah pake rem ABS ini..

Untuk ayunan suspensi KBY berikan dua jempol, jauh lebih baik dari Yamaha NMax.. Memang masih terasa agak firm tapi oke lah, yang mantap itu ya saat melewati speed trap, mantap, ga oleng, gak ajrut ajrutan! Sementara tenaganya sih so so aja ya, di area kecil gitu gak terasa nariknya, jadinya ya sama aja kaya Vario 150. Rem belakangnya kurang impresif, gak buruk cuma menurut KBY masih lebih pakem milik NMax.. Padahal teromol harusnya sih pakem pakem aja.. Namanya unit tes yang make kan siapa aja hehe..

Speedometer negatifnya cukup jelas dilihat tapi masih jauh lebih jelas terlihat milik NMax lads, perlu adaptasi untuk membiasakan melihatnya di bawah terik matahari.. Overall, Yamaha Aerox VVA tipe S punya harga Rp. 26.250.000, fiturnya yang berbeda dengan varian lain adalah SSS, rem ABS dan smart key (keyless). Dengan harga tersebut Aerox 155 tipe S memang bermain sendiri.. Kalau mau nyari yang killer dan ga butuh ABS serta SSS dan smart key, tipe standar sudah cukup banget lads… harganya 21,950jt..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

41 COMMENTS

  1. Kemarin baru ambil aerox tipe standard black (ya, ai gak jadi ambil type R) dengan pertimbangan shock belakang pasti ai ganti ma aftermarket atau KYB punya. Dengan tinggi ai yang 169cm, menurut ai lebih bagus kalau Ground Clearancenya diturunin dikit sekitar 1 cm atau wheel base di panjangin dikit. Nih matik cukup tinggi buat ai. Ai kagak suka ergonominya. Enakan domba garut ai. Kalau belok ada perasaan limbung dikit. Lebih enakan naik Spin 125 kakak ai. Tarikan juga jauh lebih responsif Spin kakak ai. Semoga pas ganti shock bisa ada perubahan. Dah itu aja. Thanks.

    • Lho, kenapa gak test ride dulu sebelum beli oom? Kan dari situ om adikz bisa ngira2 nyaman ga ni motor pas digeber atau pas brenti n kaki napak. Mentjengangkan sungguh kisah si oom…

      • Semua dealer di kota kecil ane gak ada test drive unitnya. Speedo jalan = beli. Sebenarnya gak terlalu masalah dengan tinggi motornya. Cuman setiap belok 90 derajat seperti ada perasaan kurng Percaya diri. Entah karena motor masih baru atau apa. Kedepannya bakal saya ganti dengan shocknya Type R atau yang lain. Lampu kota warna kuning juga merusak desain secara keseluruhan. Jauh lebih bagus punya Soul GT125.
        Lock battery chargernya terkesan ringkih. Saya beli karena prosnya lebih banyak daripada cons nya. Dan juga sudah bosan merk Honda dan Suzuki. Walau mungkin kedepannya bakal tergoda ma calon skutik gambot suzuki. Time will tell lahh. Ciao.

  2. Nah mang kobay, apa ane bilang…suspensinya enak kok, kl ada yg bilang shock ga enak n bunyi itu kemungkinan defect aja, ga semua. Coba dulu baru komeng…

  3. Sudah test Drive di IIMS Aerox dan Kymco sama2 150 cc , lebih nyaman dan lebih enteng tarikannya Kymco, sayang harganya kemahalan (krn CBU kale) dan after sales n service ngga jelas.

  4. Pas hari sabtu unit tesnya yang tipe R, suspensi belakangnya dibanding NVL jauh lebih empuk punya aerox. Ga tau deh kalo sama tipe yang lain. Mau aga geber, rem depan unit tes ga enak alias aga ngeloss. Yang belakang malah terlalu pakem.

  5. “Begitu naik dan memundurkan dari posisinya, loh kok Yamaha Aerox 155 VVA tipe S ABS ini ringan dan enteng?” mungkin karena tekanan udara bannya gede banget kali om? Saya suka gitu kalo naik motor yg agak gembos suka berat geser2nya. Giliran ditambh angin sampe bannya keras, enteng deh geser2nya

  6. Sesuai harga dan kualitas oh yamaha produk yang membanggakan, tak seperti hondta produk taikkk harga mihill

  7. Mending vario 150, kencang, irit, stabil, enak ditikungan, top speed tinggi, akselerasi lbih galak drpd king korekan

    Gak percaya? Tny aja mbekha

  8. kalo boncengan kira2 mentul2 gak mang. biasa make metic 1jt umat semua tipenya mentul2 kl boncengan

Yuk Tinggalin Jejak Lads..