Kobayogas.Com – Hola lads salam geberrr.. Melakukan dyno test merupakan aktifitas yang menyenangkan sekaligus mendebarkan, menyenangkan karena bisa mengetahui berapa power riil di roda belakang yang berasal dari mesin. So bagaimana hasil dyno test Suzuki GSX-R150 dalam keadaan standar?

Melakukan dyno test juga merupakan aktifitas mendebarkan karena jangan jangan power mesin motor kita ternyata di bawah rata rata.. Rata rata disini adalah drop jauh dari mesin Suzuki GSX-R150 lain yang sudah ditest oleh media.. Dengan asumsi, sekali lagi asumsi, unit yang dipinjamkan kepada media merupakan unit “bibit unggul” dari sekian banyak unit yang diproduksi di pabrik. Lads juga harus tahu meskipun lahir dari “rahim” alias mesin cetak yang sama, jarang banget yang secara spesifikasi sama persis antara satu unit dengan yang lainnya.. Anak kembar aja gak pernah 100% identik bukan?

So yang bisa kita harapkan adalah, unit produksi yang kita miliki, alias motor yang kita miliki adalah minimal merupakan unit standar, bukan unit sub-standar, malah sukur sukur merupakan jenis bibit unggul pula hehe.. So, hal itu juga yang mendorong KBY untuk melakukan dyno test 3 motor yang KBY miliki, yaitu Dyno test Honda CBR250RR, dyno test Honda PCX 150 dan terakhir si Samehada, Suzuki GSX-R150. Bagaimana hasilnya?

Meski harus keluar biaya sekitar 250rb-350rb, namun melihat proses dyno test dan mengetahui hasilnya adalah hal yang mengasyikkan.. Selain itu, dyno test juga menjawab rasa penasaran kita berapa sih tenaga yang dimiliki oleh mesin motor kita? Tentu bagi yang pingin tahu ya.. Oia banyak juga yang belum tahu bahwa hasil dyno test merupakan perhitungan dari mesin ke roda, bukan perhitungan ala pabrikan yang dihitung dari crankcase alias mesin.. Tentu ada perbedaan antara hasil perhitungan crankcase dengan hasil dyno on wheel alias roda.. Jelas di roda akan tereduksi karena ada power loss dari mesin, transmisi baru ke roda..

Dyno test dilakukan di tempatnya om Bramantyo, Sportisi Motorsport Rawamangun.. tempat yang sama saat KBY melakukan dyno test Zeref CBR250RR dan Sniego Honda PCX 150. Tempat ini juga telah melakukan dyno test Suzuki GSX-R150 bersama sama dengan All New R15 dan CBR150R (baca: hasil dyno test All New R15 vs CBR150R vs GSX-R150). So ini adalah hasil dyno test Suzuki GSX-R150 dengan mesin standar.. Berapa jauh bedanya dengan hasil dyno test oleh otomotif.net? Yuk dari tahu..

Nah setelah kita ubah semua ke satuan horse power agar sesuai dengan perhitungan dari mesin dyno jet 250i, maka dapat terlihat hasil dyno test Suzuki GSX-R150 Samehada alias milik konsumen adalah 15.71HP/10300 dengan torsi 11.99Nm/8600. Artinya ada selisih 0.11HP dan 0.05Nm antara unit tes milik Otomotifnet dengan milik KBY, which is angka tersebut gak signifikan banget lads…

Artinya apa? Bisa dikatakan performa mesin antara unit produksi satu dengan yang lainnya – dalam hal ini si Samehada – sama, perbedaan yang ada tidaklah signifikan lads, alias hasil yang diperoleh konsisten!.. Kilometer Samehada saat melakukan dyno test adalah 406km. Masih lebih banyak dibanding saat KBY dyno test CBR250RR. Well rasa penasaran itupun sudah terjawab.. Dengan kapasitas mesin gak sampe 150cc (tepatnya 147cc) hasil yang diperoleh masuk kategori baik.

Nah next, artikel hasil dyno test Suzuki GSX-R150 menggunakan knalpot WRX Trioval K2 yaaa.. stay tune!

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

57 COMMENTS

  1. Mang Kobay adakah konsumen yang udeh bawa R15 V3 nya ke mesin dyno ??

    seru nih klo udeh ada yg posting hasilnya ya Mang

    • Tergantung oknum silopnya om. Kadang dicuekin, kadang distop malah kepo ditanya2in motor apa ini, knalpotnya merk apa. Tapi kalo yg bininya 2 mah gak pake lama, udh pasti dimintain tanda tangan Kya artis. Tapi tanda tangan di buku tilang. Wkwkwkwk.

  2. Bbmnya pake Ron berapa om? Blm Ada yg compare hasil test dyno GSX antara RON 92 – 95 – 98 nih.

  3. Dengan kapasitas mesin gak sampe 150cc (tepatnya 147cc) hasil yang diperoleh masuk kategori baik..
    ============
    Hehehehe….ada yg tersirat dari kalimat di atas …boa boa kadinya maksudna …cageur pamajikan mang kobayyyy?????

    • Busedddd udah 155cc plus VVA Masih kalah Juga sih keterlaluan wkwkkw…
      Yg penting itu Punya konsumen gimana? Konsisten gak hasilnya? Jangan jangan kaya kasus yang dulu wkwwkwk

      • Tpi tetep aja R15 itu SOHC OVER STROKE.bukan DOHC over stroke apalgi DOHC overbore.

  4. klo thun ini K45G cma gnti grafis..
    tahun depan jadi K45M loh…
    back to habit ( overbore + usd )
    silahkn ditunggu..

  5. Motor gsxr lumayan bagus, tapi ane gak tertarik, ane puas sama satria karbu dan ninja mono drmah

  6. Bisikan nya mo dilepas brapa samehada mang kobay…??
    Tuh motor ngebosenin.. Lepas setengah harga aja, siap ne mo adopsi..wkwkwk
    .

  7. Njiiirrr skotletnya, legendaris juga tuh desain livery Gixxer K8…
    Kepikiran aja digituin… Asli keren… Kangen jadinya…
    BTW contek aaaaaaaaaahhhh…
    😛

  8. Kang Kobay, kok tiap ada dyno test ada data yang di sensor ya ? Itu kenapa ya ? Data apakah itu ? #Kepo

Yuk Tinggalin Jejak Lads..