All New R15 2017 V3
Yamaha All New R15 2017 V3

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geberrr.. Mungkin belum banyak para antusias otomotif seperti KBY yang sudah melihat langsung Yamaha All New R15 2017 V3.. Well Seeing is believing.. begitu ada kesempatan di depan mata, KBY langsung melihat lihat sport fairing 150cc terbaru garputala ini.. Bagaimana opini KBY akan Yamaha R15 terbaru ini?

 

Tidak ada kata terlambat untuk menilai suatu produk meskipun melihatnya belakangan wkwkw.. Karena apa? setiap orang punya pendapat berbeda meski tak jarang memiliki kesamaan opini maupun pendapat. Kali ini KBY beruntung bisa melihat langsung dan melakukan tes ergonomi statis dari sebuah motor sport 150cc fairing terbaru, All New R15 2017 V3 terbaru alias versi ketiga yang terakhir diluncurkan..

Kesempatan datang saat KBY akan membawa balik Frozen, NMax warna putih dari dealer Yamaha di Pondok Bambu, yaitu Yamaha Deta. Hari sudah siang dan menjelang jumatan kala itu, niat memang hanya mengambil si Frozen aja sih terus pulang langsung shalat Jumat. Sambil menunggu Frozen dikeluarkan, pandangan KBY menyapu seluruh isi dealer.. Ada Aerox 155 VVA yang belakangan ramai karena shock breakernya berbunyi, ada Mio M3, NMax, R25, Xabre, dlsb..

All New R15 2017 V3

Pandangan terhenti pada satu sosok berwarna biru khas cat Yamaha, terhalangi oleh jejeran Vixion series namun sosoknya cukup jelas berbeda dari Yamaha R25 yang berdiri tak jauh dari sosok biru tersebut.. Ah ini pasti All New Yamaha R15 2017 terbaru yang fenomenal.. Benar saja hehe. Kesempatan nih melihat dan mencoba ergonominya dari dekat..

DESAIN ALL NEW R15 2017 V3

Melihat dari foto foto yang ada, tak dipungkiri All New R15 2017 V3 155 VVA terbaru terlihat lebih bongsor dan punya aura sporty yang kental.. Bagaimana setelah melihat dari dekat? Ternyata biasa saja, ingat bukan jelek, tapi biasa saja.. Keren? Bagus kok. Dua kemungkinan mengapa KBY punya opini yang muncul seperti ini, pertama; karena sudah sering liat fotonya sehingga begitu melihat langsung wow efeknya jauh berkurang..  Yang kedua, ternyata sosok aslinya tak secantik pada foto.. Ingat tetap keren kok tapinya! 😀

Melihat sosok All New R15 2017 V3 langsung seperti melihat Honda CBR600RR in scale version terutama dari depan.. Ya mau gimana lagi, emang mirip sih :D. Wow efek berkurang kemungkinan juga akibat pemilihan warna pada suspensi depan upside down yang berwarna hitam, dari sisi ini Yamaha Xabre lebih memukau pada pandangan pertama.. Warna emas memang punya daya tarik visual yang lebih. Yang jelas catnya khas garputala, jempolan..

All New R15 2017 V3

Dari belakang, ternyata aura old Yamaha R15 masih lebih kental nuansa mogenya.. Tidak buruk tapi kurang greget, ini sih selera ya. Yang jelas “terowongan” di bagian buritan All New R15 2017 V3 yang pada foto terlihat ringkih, aslinya super solid! Dari samping, desain knalpotnya dan posisinya yang landai ibarat menciderai sosok keseluruhan yang sudah oke, persis kaya Honda Rebel. Bagian swing arm juga terlihat masih lebih baik milik Yamaha R15 V2 alias yang lawas..

Plastik hitam di samping agak terlalu berlebihan kalau gak mau disebut kebesaran, 11-12 lah sama GSX-R150, bedanya kalau GSX-R150 tutup plastiknya agak ke depan. Desain fairing juga masih lebih cantik Yamaha R15 lawas yang terlihat berlapis alias double layer. Namun berkat sasis delta box, area kopong di mesin bisa disembunyikan.  Beralih ke bagian setang dan tangki, ini yang KBY suka, tangki besar dengan aksen sirip dan cukup menjulang, memang tujuannya kan biar efek mogenya dapat.. tapi agak sedikit plain karena lagi lagi di dominasi warna hitam..

ERGONOMI ALL NEW R15 2017 V3

Saatnya mencoba impresi duduk di atas All New R15 2017 V3, jreng jreng.. Diam terpaku membayangkan dan mengingat ingat untuk membandingkan dengan kompetitor.. Yak, ergonomi All New R15 2017 V3 155 VVA ini bisa dikatakan yang terbaik di kelasnya.. Posisi duduk mirip dengan Honda CBR150RR, sementara posisi setang mirip dengan Suzuki GSX-R150, padukan keduanya, lads akan menemukan riding position yang oke banget di sana..!

Dalam kondisi statis, ergonomi All New R15 2017 155 ini sangat baik, bisa dikatakan mirip dengan Honda CBR250RR, jok rendah, setang underyoke rendahnya pas, jangkauannya sedikit ke depan dan memeluk tangki, ah mantap! Feeling in bike-nya dapet banget! Ini mengingatkan KBY pada CBR150R K45A yang bongsor.. Big Bike Feeling-nya kena. Jok All New R15 2017 V3 juga empuk dan pas dengan bokong..

Soal ketinggian tempat duduk, KBY (165cm) memang jinjit (lihat foto) namun gak masalah, mirip dengan GSX-R150 lah.. Sayang pengoperasian tuas pass beam kok malah ngikutin CBR250RR, bukannya di telunjuk malah di jempol menyatu dengan tuas lampu jauh..

THE VERDICT

Karena sudah hampir jam 12 siang, KBY gak sempat meminta ijin untuk menyalakan mesin dan melihat fungsi fungsi pada speedometer, mungkin kali lain.. Dengan paket yang paling lengkap di kelasnya, All New R15 2017 V3 punya positioning yang sebenarnya tak terlalu jauh berbeda dengan CBR150R, apalagi harga jual bisa dikatakan tipis.. Dengan cara yang tepat, efektif dan simpatik, seharusnya motor ini gak susah untuk dijual – diluar harganya yang bagi sebagian orang sudah gak masuk angka psikologis.

Dengan harga berbanding fitur yang ok banget, yaitu Rp. 34,5 juta, All New R15 2017 V3 kalau gak laris sih kebangetan.. Laris disini bukan berarti langsung jadi nomor satu namun laku banyak – tak peduli nantinya ia ada di posisi 1, 2 atau 3 pada market share.. Karena setelah dipikir pikir, ketiganya bermain sendiri sendiri. CBR150R dengan desain dan nama Honda, GSX-R150 dengan harga termurah dan mesin powerful serta All New R15 2017 V3 yang punya fitur seabrek plus performa mantap..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

80 COMMENTS

  1. Asal ga ada upping price sama dipaksa kredit dijamin laris, karna masalah begini yg bikin saya ga jadi beli mio m3 dulu

  2. tibatiba kesadar.. k45g pengembangan desainnya kearah r15 v2 yg slip dengan pahatan pahatan sporty tajamnya sama ergonomi sporty.. r15 v3 pengembangan desainnya kearah k45a yang laris itu, dengan bodi besar dan mulus mulus gitu sama ergonomi yang pas.. honda ngejar gaya, yamaha ngejar laris kah ? haha gada yg konsisten

  3. Lah kemaren emng gk ikut test ride?? Ah masa sih blogger besar gini gk di undang?? Udah banyak bannernya padahal loh.

  4. dibanding samaheda masih jinjitan mana kang? masa 815 mm dibilang jok rendah sih? apa angkanya ngibul ya? beda jauh loh dari cbr250rr yg 790 mm

  5. Cat item di USD nya kok keliatan cheapy ea,,
    space tabung inverted sama cover USD yv item juga terlalu tinggi/lebar,,
    jadi terkesan biasa saja USD’nya,,

    Coba dikasih warna gold nd stiker showa/kyb pasti lebih yakin,,

    Hanya berdasar yg saya lihat,,

    eeekkkeeekkk

  6. Ya laris nya kyk xabre lah
    Mayoritas konsumen mikir soal ke fungsi, di sumatera jadi 35 juta lebih untuk motor 155 cc ini. Ga jauh pautny ama ninja mono.

  7. gw yg salah liat apa emang tulisan nya CBR150RR?

    “Posisi duduk mirip dengan Honda CBR150RR, sementara posisi setang mirip dengan Suzuki GSX-R150, “

      • Maksudnya uper atau under yoke itu stangnya di clip di atas atau di bawah yoke, jadi segimanapun tingginya stang klo di clip di bawah segitiga atas ttp aja under yoke.

      • Mungkin di pikiranny si b king itu stang underyoke itu kyk yg dipake di drag race, jadi kudu bener2 nunduk. Klo ga nunduk itu upperyoke.
        Weleh weleh weleh

  8. Laris ato tidaknya bukan karena fitur yg melimpah mang, semua kembali lada konsumen, mau pilih yg mana, kalopun nantinya CBR150 masih yg paling laris, ga salah to meski bikin dongkol…

  9. Malah ga keliatan usd nya pada first sight impresion.
    Mungkin nanti akan ada versi special edition yg berwarna gold

  10. Sayang hargane menurut bocoran d tempat q sudah tembus 36 Jeti wkwkwkwk 😂. Tapi Joss lah sebanding dengan fiturnya. tapi kalau saya pribadi lebih condong k klan MT-nya,moga2 ada facelift nya.

  11. Jadi gak berkesan all new karena basis mesinnya masih sama.
    Gak ada wow effect.
    Yg ada poles sana permak sini.
    Dan semoga petinggi yamaha khususnya abidin pada tobat.

    • Yang bikin wow effect itu VVA, assist & slipper clutchnya.
      Kalo ini aje lo bilang ga ada wow effect, apalagi si CBR 150r. Fitur sampah cuma modal LED, muka gepeng, plastik ember. Harga cuma selisih 500rb, fitur udah beda bumi langit, kalo ini produk masih ga laku bukan salah produknya tapi salah konsumennya yang bego masih diperbudak ahm. Hwehwehwe.

      • yg pasti salah FB nya gembel…..

        kaya lu, jas jes jos doang, belimah kaga….

        GOBLOK…..

        BRUAKAKAKAKAKAKAKAKKKK

      • Beli pake duit sendiri kok dibilang bego, emg duit minta bapakmu, yg bego itu kalo sampe ga laris, secara motor paling lengkap…

  12. Haha, ujung2’ya cbr laris cuma karena nama brand ny aja, tapi kualitas honda skrg gk kayak dulu bagusnya, mgkn cm diindonesia aja.

    • Maenan ninja maksudnya? Hwehwehwe. R25 versi awal rilis aje harga 2ndnya terendah masih 37-39an, apalagi ninja.

      Kecuali lo beli ninja 2 tak kropos bekas alay. Hwehwehwe.

      • Di jateng aja hargany hampir 36 juta. Klo r25 second di rentang 37-39juta pas lah itu, nambah dikit udah dapat yg lebih kencang dan gaya. Ninja mono second aja di 30 jutaan dapat.
        Btw suka2 konsumen duitny mo dikemanain.

      • @conoco…

        awas ntar dibilang goblok sama sales panik ntar…..

        yg punya duit mereka, yg bikin produk tukang jajan mesinnya yamaha, yg kebakaran jem*ut sales lavarrr nya.

  13. Mahal itu relatif, kalo kantong kempes itu absolut. Hwehwehwe.
    Kalo FBH ya jamin deh kagak mampu beli, lha wong beli beat aje harus jual ginjal. Hwehwehwe.

  14. Penasaran ama sosok asli r15 di bwi unit msh blm dipajang. Apakah lbh big bike look apa engga ya soalnya sepengalaman ane naik kokpit motor mnrtq kokpit dengan bigbike paling berasa ya r15 old. Fairing melebar dan mengotak disudut lampu, saking lebarnya fairing sein depan sampe g bs di intip krna keturup layer2 sirip. Cm diliat orang r15 old kurus. Kokpit menarik ke 2 yakni ninfi dengan posisi duduk paling relax tp kepala fairing g selebar r15. Selanjutnya kokpit cbr k45 mnrtq biasa aja agak lebar jg tp tangkinya ky gentong klo dr atas. Klo k45g tipis motornya keinget ane pas naik minerva vx dulu. Tp jika dipikir2 beli r15 new buat hobby harus pertimbangin ke 250cc 2nd. Beda tipis namun muasin kuping dan speednya sangat jauh diatas 150cc sy rasa borosnya sebanding dengan kepuasan yg dberikan

  15. yamaha gagal bikin motor jadi ganteng, knalpotnyaa lhoo ceperr ketoe wagu buat motor sport fairing,,ajur kii r15

      • Mungkin memang maksudnya bikin underbelly itu.. Tapi kepanjangan, jadinya ya gitu deh

      • Knalpot underbely juga ada kaitannya sama performa motor, krna ini motor sport makanya di buat panjang supaya tenaga putaran atasnya ngisi, bukan sekedar buat gaya aya, lagian ruang di bawah mesin r15 sempit jdi katalik converternya agak susah di tempatin.

  16. Headlampnya jg kurang bagus mang, ya setuju jg sama bagian hitam disamping itu agak kaku dan kegedean, mirip jg sama k45g yg bagian sampingnya mirip garis asal2 tarik jadi berantakan

  17. kang, besok pas mau test ride r155, ke diler yamaha bawa samehada yang dah full pake part SARP.
    Biar greget! wkwkwkwk

  18. ah ente kan emang fbh kan mang kobay, jdi pastilah nyari klemahan lawan, biar pnghalang pnjualan

  19. ayo dibeli, jgn fbh yg d suruh beli…..

    ga mampu beli apa para fby, masa sampe segitunya nyuruh fbh beli, sampe dibohongin beli honda ntar goblok… lol…

  20. Mantap ! setuju dgn reviewnya mang kobay..tetep ada plus minusnya, CBR150R dgn desain sport slim, after sales & nama besar Honda, GSX-R150 dengan harga termurah dan mesin powerful serta All New R15 2017 V3 yang punya fitur seabrek plus performa mantap tapi harga lebih mahal..

    Btw bengkel servicenya ditempat yg sama dgn R15 v2 ane mang..Deta Pondok Bambu.
    Sepengetahuan ane service disana punya value khusus buat owner Nmax (komunitas/ club), Service bisa tanpa antri, dan diskon sparepart, yg ini syarat ketentuan berlaku. Cmiiw.

    Tapi lama2 ane gak kuat juga krn motor yamaha selain Nmax antriannya jd semakin lama (disalip terus)… pernah brgkt jam 08.30 kelar jam 13.30. Mungkin ini dirasain oleh konsumen lain yamaha juga diluar Nmax yg service di tempat ini.. Gk tau apa skrg masih diterapin system tsb apa gk mang…

  21. Apa hanya ane reader dimari serasa baca tulisan mang eno .? Tp mang kobay masih agak hati hati nih buat ngulas nya kwwkwkk .”

  22. Astaghfirullah, ada yg bilang FBH harus jual ginjal biar bisa beli motor, lupa ya kalo motor paling laris itu CBR150 yg katanya overprice, itu FBH pada mampu beli, yukk kita do’akan bareng2 biar yg bilang FBH harus jual ginjal nanti bener2 beli ginjal buat dirinya…

  23. Kang, knapa ente kaga sekalian mintain lembaran skema kreditnya, kan kalo di masukin di artikel ini jadi lebih informatif…
    😀

Yuk Tinggalin Jejak Lads..