lampu dekat setelah diatur ulang
GSX tekiro

cara mengatur sorot lampu depan Honda CBR250RR

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geberr… Honda CBR250RR 2 silinder sudah mengadopsi teknologi lampu yang kekinian yaitu LED (light emitting diode). Nah meski sorot lampu kadang sudah disetel dari pabrik atau dealer, namun masih saja ditemukan atau dirasakan sorot lampu depan terlampau tinggi.. Nah ini ada cara mengatur ketinggian sorot lampu depan atau setel sorot lampu depan Honda CBR250RR lads… Mangga digeber

Jika sorot lampu depan terlalu tinggi atau jauh, kita tak dapat melihat obyek yang dekat dengan motor, karena sorot lampunya terlalu jauh.. dan itu berbahaya apabila melewati jalan yang notabene kita belum tahu medannya, apakah banyak lubang atau jebakan betmen lainnya. Selain itu, sorot lampu yang terlalu tinggi tentu mengganggu pengendara lain dari depan, membuat silau dan dapat membahayakan pengendara tersebut.. Bagaimana cara mengatur sorot lampu depan Honda CBR250RR?

Kadang kita berpikiran kalau lampu depannya sudah LED maka sulit atau bahkan tak bisa diatur sorot lampunya.. Gak kok lads, pasti ada caranya di buku manual. Nah cara mengatur sorot lampu depan Honda CBR250RR cukup mudah kok, ini buat yang malas membaca buku manual ya, kalau yang rajin mah silakan dibuka buku petunjuk milik CBR250RR hehe.. Ayo dicoba..

Cara mengatur sorot lampu depan Honda CBR250RR

  1. Siapkan obeng philips (obeng plus, obeng kembang) yang tipis dan cukup panjang sekitar 15-20cm
  2. Siapkan  Honda CBR250RR nya, iya lah kalau gada apa yang mau disetel coba wkwk
  3. Kardus atau papan triplek setidaknya ukuran 2×2.
  4. Siapkan cemilan dan rokok kalau merokok, juga kopi susu atau segelas air yang menyejukkan tenggorokan..
  5. Intip dari atas setang posisi kiri dan kanan lubang pengaturan sorot lampu sbb

posisi pengaturan sorot lampu depan Honda CBR250RR

cara mengatur sorot lampu depan Honda CBR250RR

Ada yang berbeda dengan buku petunjuk Honda CBR250RR nih lads, kalau menurut buku, putar ke kanan itu menaikkan, tapi yang ada justru malah menurunkan. Jadi untuk menurunkan sorot lampu depan putar ke kanan ya, bukan ke kiri.. Sementara untuk menaikkan ya putar ke kiri.

cara mengatur ketinggian sorot lampu depan Honda CBR250RR

Nah agar keliatan sejauh mana posisi turun/ naiknya sorot lampu, sambil diputar itu setelannya, hadapkan si motor ke tembok atau gunakan papan triplek/ kardus tadi sebagai dinding pengatur ketinggian. Hadapkan kurang lebih 3 meteran.. Atur hingga sesuai dengan keinginan. Berikut contoh hasil setelan KBY pada sisi kanan, karena yang kiri sudah cukup sementara yang kanan ketinggian.. cekidot

lampu dekat sebelum diatur ulang
lampu dekat setelah diatur ulang
lampu jauh sebelum diatur ulang
lampu jauh setelah diatur ulang

Terima kasih sudah bantu sharing.. Baca juga yang menarik lainya dan kunjungi blog mang saka www.sakahayangna.com :

Kontak kobayogas.com :

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube Channel: Yogas Erlangga
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

28 KOMENTAR

  1. Kyanya petunjuknya udah bener deh mang, gmbar anak panahnya itu dibawah screwdriver jd putar kiri untuk menaikkan dan kanan untuk menurunkan. Cmiiw

  2. Kalo melihat gambar arah panah pada buku manual, menurutku ya sudah benar.
    Putar searah jarum jam berarti menurunkan sorot lampu dan putar berlawanan arah jarum jam berarti menaikkan sorot lampu.

  3. Maaf Kang, banner kanan kiri tetep mengganggu jika window browser dikecilin meskipun udah direfresh berulang kali. coba bikin kayak di IWB atau TMC aja kang. makasih.

      • Sama aja kang, saya coba di mozila sama chrome, dua-duanya sama aja, seolah olah tuh banner nempel di tepi kiri-kanan jendela browsernya, jadi kalo di resize jendelanya, bannernya nutupin area putih yang otomatis nutupin tulisan. kalo di IWB sama TMC bannernya kayak jadi satu sama backgroundnya di belakang area putih.

    • sama nih masalahnya sama saya, harus resize window dulu kalo di komputer atau engga ya gak keliatan tulisannya… jujur jadi jarang/suka lupa buat buka warung ini, yg lain bisa 5 kali sehari, kby biasanya malem2 gini satu kali… mohon di perbaiki mang

  4. arahan nya sudah benar mang kobay, manual book kan sudah melalui proses sunting dan QC, itu kondisi putaran searah jarum jam (kanan) seperti mengencangkan skrup, maka lampu akan turun, sebaliknya jika berlawanan jarum jam (kiri) maka lampu akan naik.

  5. Gitu dong biar g mmbhykn kndrn didepanya…
    Rasanya pngin bandem boto klo lht kndrn yg bikin serab….

  6. Menurut saya malah bang kobay yang gak ngerti cara baca gambar panduan yg ada dibuku manual, gada yg beda koq, bner sesuai.
    Itukan gambar panah nya melingkar atau memutar, buakn mengarah ke kiri atw kanan.
    Jadi ya antara gambar n maksud kang kobay itu cocok,. Putar kekiri buat naik, putar kekanan buat nurunin.
    Kumaha ah kan kobay gagal fokus.

    • oiaaaaa akhirnya setelah dilihat lagi, gambar si obeng itu ada di atas gambar panah, bukan di bawah gambar panah, jadi bener si mamang, iya saya salah fokus wkwkwkkw…

      sip lah tar di revisi mang

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.