Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. Secara resmi Yamaha Indonesia mengumumkan adanya recall kedua bagi pemilik Yamaha R25 dan MT25.. Ada dua komponen yang diganti kali ini.. Apa saja komponen tersebut? Cekidot..

r25 paling lengkap fitur speedometernya

Per hari valentine 14 Februari 2017 kemarin, Yamaha Indonesia mengumumkan recall Yamaha R25 dan MT25 yang kedua kalinya, diharapkan para pemilik kedua jenis motor sport 250cc tersebut dapat mengetahui dan segera menuju dealer resmi Yamaha terdekat untuk mengganti dua komponen yang disinyalir memiliki potensi merugikan bagi para pemilik R25 dan MT25.. Komponen yang diganti tersebut adalah Sub Main Switch dan Bracket Fuel Tank..

baca juga: Yamaha R25 dan MT25 Dua Kali Kena Recall

Meski hanya ada dua komponen yang di recall yakni Sub Main Switch dan Bracket Fuel Tank namun secara total ada 8 komponen yang terkait dari semuanya.. Lads bisa lihat di bawah melalui foto untuk mengetahui seperti apa sih part yang diganti tersebut.. Sayangnya KBY pribadi belum paham potensi merugikan apa jika kedua komponen tersebut dibiarkan tidak diganti.. Cuma yang tau dari nama sih bracket fuel tank.. mungkin rawan karat atau mudah kendor sehingga bisa copot lama kelamaan..

Dua komponen yang-di-ganti-dalam-Program-Recall-Yamaha-R25-dan-MT25
jangan lupa gratis 2 oli supersport yamalube

Recall sendiri tidak serta merta dilakukan jika suatu produsen menemukan kekurangan pada produknya, biasanya mereka terus menganalisa lebih dalam sehingga pada satu titik mereka akan menyatakan SAFE atau HAZARDOUS. Jika safe bukan berarti jika ada kasus didiamkan saja, mereka akan menanganinya case by case karena dari sekian juta unit persentasenya misal hanya 5%, persentase yang belum masuk kategori RECALL..

Sementara kalau sudah masuk ke Hazardous artinya komponen tersebut harus segera diganti karena berpotensi kuat merusak atau menimbulkan kecelakaan baik dalam waktu dekat atau lama.. Produsen pun memutuskan untuk melakukan tindakan RECALL.. Jadi, recall itu gak serta merta ada keluhan sekian puluh biji dari konsumen terus langsung melakukan tindakan recall, semua ada tahapannya lads…

Bagi yang sudah melakukan penggantian dua komponen ini boleh donk disharing pengalamannya, sukur sukur sekalian ada info tambahan seperti potensi apa sih yang diakibatkan oleh dua komponen ini ..

Terima kasih sudah bantu sharing.. Baca juga yang menarik lainya dan kunjungi blog mang saka www.sakahayangna.com :

Kontak kobayogas.com :

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube Channel: Yogas Erlangga
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

26 KOMENTAR

  1. Kalo recall apakah bakal menimbulkan cost/kerugian yang lebih banyak lagi buat pabrikan+diler kang? Harga komponen pengganti+kerugian jasa penggantian+free oli (dalam kasus ini)
    Kalo iya, knp ngga dari awal bikin komponen yang bagus ya kan, jadi kedepan ngga perlu recall dan menimbulkan biaya lagi bagi produsen+diler apalagi ini sampe 2x.

    • jelas, kalau bisa memilih untuk tidak recall (kamsudnya semua lancar) ya gakan ada yang mau recall.. biaya liability (tanggung jawab) itu costly damage banget mang.. rugi sebenernya pabrikan…

    • soal kenapa gak langsung bikin yang bagus ini kan masalah cost to reliability dan durability.. kasarnya gini, sudah dihitung materialnya kalau 100% bisa kuat 25 tahun dengan harga 1juta.. kemudian coba dikurangi jadi 60% dan mampu 10 tahun dengan harga 500rb.. 500rb x 1000 unit per bulan jelas lebih murah dibanding 1jt x 1000 unit..

      Bisa aja dikasih yang 1jt tapi tar harga jual meningkat, kalau terlalu tinggi siapa yang mau beli? ya kurleb gitu perhitungannya..

    • Kan ada time line produksi, batasan cost. Kalo harus dicoba dulu misal 100rb km, keburu barangnya basi, dah banyak spyshot tapi ga muncul2.
      Kalo produk masal gini ya wajar lah ada defect..
      Kecuali kalo produk prototype kaya motogp, bikin sebaik mungkin tanpa begitu memikirkan cost

  2. saya bertanya kepada bapak presiden dan kapolri; kalo komstir yg oblak kocak kapan di recall nya? bukankah ini penyakit lama yg menjangkiti hampir setiap type sepeda motor yamaha produksi lokal? tapi koq ga pernah di recall??? dan ga ada perbaikan dari model ke model berikutnya ya???

  3. Yamaha luar biasa. Tanggung jawabnya pada konsumen perlu ditiru pabrikan lain. Walaupun pasti Yamaha tahu recall berdampak positif dan negatif tapi tetap melakukannya. Tidak seperti pabrikan lain yg tetap mempertahankan tangki bocor,gir geal-geol dan klotok-klotok dibiarkan bertahun-tahun konsumen yg menanggung akibatnya. Mudah-mudahan yamaha tetap mempertahankan budaya perlindungan konsumen ini. Maju terus Yamaha..

  4. Kalau 1 sampai 2x recall itu mah bagus artinya perusahaan bertanggung jawab. 3x mulai ragu keseriusan bikin motornya. 4x jadinya gak percaya lg kualitas suatu brand.

  5. Recall mobil karena airbag takata yg bermasalah apa bisa dibilang kesalahan honda toyota dll?.
    Bisa jadi recall mt25 dan r25 kesalahannya ada di penyedia part.. dan ini bisa terjadi di merk apapun. Dan recall artinya pabrikan care terhadap konsumennya dan selalu mengawasi produknya.
    Smart dikit lah guys.

    • kritik kudu tetep ada, dan saya pilih untuk halus.. apa mau saya bagus bagusin Yamaha di artikel ini? Kira kira bagaimana kalimatnya yang bagus selain kalimat “sebagai bentuk tanggung jawab produsen” yang sudah ay pake berkali kali? 🙂

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.