GSX tekiro

Kobayogas.com – Hola lads, salam geber… Modifikasi adalah masalah kesukaan dan juga selera meskipun akhirnya kadang menjadi salah kaprah akibat ketidaktahuan atau justru faktor kesengajaan dari si empunya.. Contohnya seperti di bawah ini..

modifikasi Honda CBR250RR pakai deltabox plastik
motor udah keren malah jadi keliatan cheap..

Terinspirasi dari mang komeng pemilik blog mind genesis yang menyebutkan bahwa setidaknya info yang beredar di dunia maya tentang kelas 250cc itu (terutama kelas 2 silinder) biasanya merupakan konsumen yang sudah paham akan motor, paling tidak dasar dari history sebuah motor diciptakan.. Tapi ternyata gak juga.. Tidak semua konsumen di kelas 250cc sudah paham seluk beluk motor.. mau tau buktinya?

Buktinya masih ada saja yang gak terima kalau motornya memang tidak menggunakan sasis twin spar atau delta box dan kemudian “menghukumnya” dengan memberikan delta box abal abal alias cover delta box yang terbuat dari plastik untuk menutupi “cacat” tersebut.. Sehingga seakan akan terlihat “nih motor gw pake delta box loh”.. Padahal? Di mata KBY sih malah nambah cacatnya hehe.. di mata KBY loh..

yamaha r25 pakai cover deltabox plastik
begitu juga dengan yang ini..

Di matanya mungkin kalau gak delta box atau belum twin spar gak keren padahal produsen tentunya sudah memperhitungkan agilitas serta kemampuan maksimal dari sebuah sasis ketika membuatnya.. Salah satu alasannya adalah faktor cost, karena membuat sasis delta box “beneran” untuk menghandle power yang keluar dari mesin 250cc misalnya 2 silinder, tidaklah murah..  Akibatnya agar terlihat menjadi motor sport yang mahal maka delta box plastik menjadi pilihan, padahal justru malah keliatan cheap..

modifikasi ninja 250 FI pakai deltabox
kalau yang ini bisa disebut total untuk keperluan kontes

Kalau untuk kontes modifikasi gimana kang? Boleh dong? Nah kalau yang itu menurut pandangan KBY sih beda lagi.. kontes modifikasi biasanya dilakukan total, nyaris semua part body bahkan kaki kaki dapat sentuhan ubahan, tak hanya memasang cover delta box plastik dan selesai.. yang ada dibully alih alih dapat apresiasi hehe..

Well modifikasi memang selera dan terserah yang punya, tapi dengan melihat hasil modifikasinya kita bisa jadi mengukur seleranya.. no offense..

Terima kasih sudah bantu sharing.. Baca juga yang menarik lainya dan kunjungi blog mang saka www.sakahayangna.com :

Kontak kobayogas.com :

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube Channel: Yogas Erlangga
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

88 KOMENTAR

  1. hehehe…ya ya betul juga….salah satunya yg kurang paham soal otomotif ya ay ini….tapi kalo masalah estetika masak sih pada ngga ngerti…huehehe

    • tapi ada juga vixi yg udah pake deltabox malah ditambahin asesoris rangka kandang ayam,padahal itu hal yg diharamkan tHabib nDharmo

      • Dasar cinbab, bisa bedain gak kndang ayam sama teralis, klo pipa selidi ya wajar di bilang kandang ayam, cb contohnya gembar-gembor teralis kluar kandang ayam.

        crοοtt

    • Kelihatan cheap atau tidaknya tergantung yang modifnya. Memang tuh cbr kelihatan jelek krn dia pake cober warna putih. Coba klo dia bisa menyelaraskan warna pasti jadinya tambah cakep bukan cheap.

  2. Wah, berarti kalo all new R15 vva pake rangka tubular, harganya jauh lebih murah dari kompetitornya ya?

    • yg bikin mahal bukan sasisnya.. biaya risetnya..
      pulsar ns ane bisa murah tuh pake deltabox gede berat kaya gitu

  3. Parahnya… dah gak paham otomotif ditambah gak paham safety…
    Liat aja bang Kobay… banyak user sport fairing yg spionnya dilipat ketika berkendara. Nah trus spion yg tdnya berguna jd gak ada gunanya kan?
    Contoh lagi… pihak produsen tentunya udh ngitung ketinggian stang. Gitu ya msh aja ada yg diturunin dan ditekuk pula. Gak mikir efek negatifnya thd safety di jalanan umum.
    Blm lagi yg doyan ganti mika lampu rem dgn yg bening. Itu klo malem bikin silau yg di belakang…

      • # Untung matic ane udah pake Projie,
        # Jadi kalo ketemu yang beginian pasti ane selalu HIGH-Beam kalo ane di belakang nya (selama dari arah berlawanan gak ada kendaraan melintas)
        # Sampe saat ini pada minggir kasih ane jalan :hammer:
        # Belum ada yang marah2 gak terima ane HIGH Beam permanent
        # Hmmm

    • ” pihak produsen tentunya udh ngitung ketinggian stang. Gitu ya msh aja ada yg diturunin dan ditekuk pula. ”

      jangan pernah berpikir motor yg keluar standaran dari pabrik itu “sempurna” atau “yang terbaik utk semua rider”.
      semua balik lagi ke rider nya sendiri nyaman nya gimana, toh motor mereka, selama gak merugikan org lain. sah sah aja.

      • klo lampu belakang mika putih kekx emang niat nyelakain, selain dr itu paling ban cacing, n lampu HID tanpa projie didepan. sisanya sih terserah orang nya

      • pernah ampir jatoh gr gr mika belakang bening, tiba2 nongol aje gw kira dr lawan arah krn lampu nya putih, alhasil panic brake.

        cuman bisa ngelus dada (teman) #eh
        begokk kok di piara.

        ya ada lagi alayer sok2 pake lampu LED atw HID, tp arah sinar nya nyebar kemana2 / ke arah atas.
        bukannya keren malah kliatan dongo nya.

      • Bener om saya pake stang standarnya cbr250 malah pegel2 setelah saya ganti stang dengan kemiringan 15 drajat malah pegel2 nya ilang tp ya itu kalo macet ga bisa nyelonong seenak jidat

    • pabrikan gak melulu bikin yg sempurna.. tapi penggunaan part yg bisa ‘universal’ juga jadi pertimbangan. IYKWIM.
      hazard dikasih bawaan jg blm tentu terbaik. tau laylay sekarang di jalan kebelet boker semua.. hazardnya nyala terus

  4. di mata gw, semua soal modifikasi tampilan itu soal selera masing2. tampilan motor ente belom tentu ane suka, ente belom tentu suka motor ane.

    kcuali ban cacing, ga ada toleransi. jelek.

  5. Yang lagi marak bin hapening skrng itu penggunaan lampu projie diluar headlamp motor , pernah liat ga mang??
    biasanya di taro di area stang entah sblh kiri ato kanan, dan biasanya itu projie buat lampu dim mana silaunya ga ketulungan, trus ada lagi yg lampu headlampnya diganti ama yg kedip kedip.. Helooww ini headlamp loh yaa buat nerangin jalan kalo malem bukannya yg terang ini malah yg kedip kedip kaya sein, letak safetynya dimana??

    • Biasanya alayer (sok2an gaya turing tp gk pernah jauh) lampu tembak taruh di stang kanan kiri, lampu sorot led taruh shockbreaker kanan kiri, besi kandang gorilla nutupin body motor (padahal motor bebek), lampu sein nyala kanan-kiri gantian (minta di tabrak)

  6. Yang motornya teralis dipakein deltabox, yg motornya deltabox dipakein teralis, itumah terserah yg punya duit. Kalo mnrt ane sih yang punya duit tololnya ngga ketulungan. Terserah aing, mulut mulut aing.

  7. opini pribadi, kalau soal rangka CBR 250 RR dibuat mirip delta box, dengan cara ditutup cover plastic yang membuat terlihat seperti rangka delta box, menurut saya itu sih hanya sekedar personal taste semata. Mungkin itu yang punya berpikir biar motornya mirip motor balap, superbike, ato MotoGP.
    Selama tidak merubah rangka asli, tidak mempengaruhi unsur safety motor, kemampuan berkendara, jalanan & orang lain, menurut saya sah-sah saja.
    btw, cie..cie..cie… mang kobay yang udah punya CBR 250 RR juga nih 😀

  8. Hahahah itu mah terserah yg punya lagian namanya juga modifikasi ya selera dong tp yg parahnya itu mereka yg beli motor 250cc tp turing masih bawa helm bawaan kalo ga helm murahan

  9. kalo mika lampu belakang warna putih gak selamanya menyilaukan.
    asal lampu belakangnya LED yang mengeluarkan cahaya merah. contohnya seperti lampu belakang all new CB 150 R.
    yang salah itu kalau Mika lampu belakang bening, ato gak pake Mika sama sekali. Terus lampunya Masih lampu bohlam (bulb). Kalau yang begitu sih sama aja kayak ngarahin senter ke orang dibelakangnya.

  10. yang sasisnya teralis dikasih cover deltabox, yang sasisnya deltabox kayak vixion, sering liat tempelin teralis2an warna merah. hadehh

  11. nampak murahan gimana,,? itu relative lah!!.
    pemilik dikasih deltabox karena pingin nampak mirip moge R series lainnya, jadi kalo tampilan gak usah maksa deh, masing2 orang beda!

    • Emang selera tapi buat yg tau ngerasa gimana gitu,
      Kaya motor murahan malah jatuhnya paham!
      Kaya vixion/cb dikasih fairing pinggir jalan , pixen cb dikasih stang jepit , soo itu semua emng modif sah sah aja cuma ya itu td ngelawan kodratnya sbg mana semestinya

    • Ya sama juga kaya gw bilang modifikasi pcxnya mang kobay warna warni norak malah merusak unsur elegan dari si pcx. Terus gw ngejudge mang kobay ga ngerti otomotif gitu. Hwehwehwe. Message yang sama dari perspektif yang berbeda. Hwehwehwe.

  12. Setuju kalau soal frame tempelan. Yg trelis ditempeli deltabox plastik ember, yang perimeter ditempeli truss kek pager. Norak kalo kata ane.
    Apalagi kalo tempelan itu asli pabrik, contohnya motor yg inisialnya suzuki gsx 150. Norak kuadrat.

    • 1 lg. Motor yg ga pede dengan ukuran mesinnya. Contoh vixi yg pakai half fairing, emang orang sini pada suka keker2an. Versi pabriknya ya sebut saja saber. Saya pribadi bukan orang yg suka big bike, sebab saya sendiri jg kurus & pendek. Lebih suka motor 150 cc ke bawah, dan sesuai kodratnya kalau light bike ya mesinnya kecil berbodi ramping. Acuan modif favorit motor macem moto3 atau gp125, kalo cafe racer macam dream 50, motor mass pro fav nsr 150.

      • Selera orang yang suka motor 150 big bike look ada 10, yang demen motor 150 cungkring cuma 1. Kira2 pabrikan ngikut kearah yang mana? Hwehwehwe.

  13. Kalau saya suka malah. Dapat tampilan keren nya. Tp warna gak suka kalau putih. Jadi murahan kesannya. Asal finishingnya rapi dan pas duduk di rangka dan warna pas, sy malah suka. Kesan kekar jd keliatan dr cbr.

  14. gimanapun, yang namanya “fake” ya gak bagus.

    kalo diganti deltabox beneran, baru…….

    ….gak bagus juga sih, kalo bukan yang super ahli yang ngerakit. weight distribution pasti berubah drastis, blm soal agility, dst dst…. pake yg standar aja 😀

  15. Jika kita menyampaikan pendapat subjektif di dunia maya pasti pada panas. Kelihatan dari cara penulisan bbrp orang di kolom komentar yg nahan2 emosi….mungkin. Hahahaha santai aja kali jal… Ini motor, bukan harga diri. Wkwkwkwkwk
    ..

  16. Kalo soal modif itu adalah soal taste, ane ga akan menjudge itu taste murahan apa engga asal itu masih dalam kaedah2 safety

    Walau menurut gw rangka deltabox abal2 di next r25 adalah ide super duper ultra stupid

  17. rame ya. Nggak sekalian bahas fake “air scoop” nya Yamaha R15?

    Sama sama dari plastik, yang fungsinya niru niru yang sungguhan.

  18. Bikers vixion loba nu alay marake stang jepit nunduk jeung fairing nu nutupan bagian sisi na hungkul duka nanahaon namina hehe

  19. Ane mah yg gasuka tuh kang alayers yg pakek matic ban cacing mika lampu rem di ganti bening ,udh gtu knalpot di brong lagi ,knalpot bawaan lagi ,trus arogannya di jalan ngalahin org pakek moge gtu sok bngt jalan kyak punya dia gtu (serius kanh di kota ane banyak yg kayak gtu ,khusus nya malem minggu ) trus ada lagi kang user 250 cc (khusunya 2 silinder)
    Yg pakek knalpot lingga gtu lah ,ane mah gk nyalahin pakek knalppt aftermarket tpi mbokya motor dah mahal masak beli knalpot yg agak bagusan dikit gabisa udh gtu knalpot lingganya massyaallah suaraaanyaaa … Maaf kang curhat ?

  20. gak semua rider itu biker kali ya om tepatnya?

    gak masukin photo CBR atau R yang pake ban cacingan om?

  21. Lha motor juga punya si empunya kok. Kenapa jadi sewot sampe ngejudge yang bersangkutan ga ngerti otomotif. Hwehwehwe. Mau dia modifikasi kayak gimana selama sesuai selera ya silahkan. Pake cover delta box? Kalo empunya merasa itu bagus kenapa engga? Toh buat estetika semata. Ga suka ngeliatnya? Motor jadi keliatan murah? Ya gausah diliat. Gitu aja repot. Hwehwehwe.

  22. Biaya produksi rangka deltabox memang lebih mahal dibanding rangka model teralis. Memang sih ane ngga bisa jabarin bukti itung2annya tapi kalo mau contoh, ada kok.

    Bisa lihat kan kenapa CB150R ngga pake rangka deltabox. Karena biaya produksi mesin DOHC itu sudah mahal. Kalo ditambah dengan rangka deltabox, mau dijual berapa tuh? bisa ngga kompetitif lawan kompetitornya. Kalo ngga mahal, kenapa ngga sedari awal pakai rangka deltabox? kan katanya basicnya dari kompetitor yang pakai rangka deltabox.

    GSX S150 juga bisa kita jadikan contoh juga, kenapa pula rangkanya ngga deltabox? kalo memang murah, seharusnya dipakai lah. udah mesin DOHC, rangka deltabox…beeuuhhh…memperkuat value kan? Tapi kenapa ngga dipakai? Ya itu tadi…biaya produksi mesin DOHC sudah mahal, kalo ditambah rangka deltabox yang mahal, mau dijual berapa? harga jual lebih murah dari kompetitor aja belum bisa bikin motor Suzuki lebih moncer penjualannya, apalagi lebih mahal?

    • cbr150r lawas muka syempak padahal udah twin spar, kenapa gak berbasis dari situ ya apa karena bahan materialnya sudah makin mahal??

      • CBR 150 Thai emang deltabox, klo pakai begituan margin keuntungan AHM bakal setipis silet. Mana mau mereka. lagian klo naked bike itu bagusnya trallis keliatan keren. Apalg basis CBR150RR trallis begitu, di sinyalir CB250 naked bakal moncer… power gak usah gede main di 34ps aja tp torsi naikkin.

        wkwkwkwkwk

  23. bicara tentang tempelan samping plastik, mari kita arahkan ke desain GSX 150 series (terutama S),,, menurut saya memang perlu desain ulang, walaupun kita tahu rangkanya diamond mini-twinspar kecil tapi bisalah ditampilkan, masih pantes kok

  24. Setuju mang, bukan kelihatan keren, malah kelihatan aneh, hahaha. Sama halnya kaya GSX-R150 juga sih…

  25. saya pakai MT25, tutup rantai aslinya yamaha modelnya seperti “garpu banana” norak nggak?

  26. Brati biker yg berduit dan tau dan faham akan modif cenderung punya rasa sombong dan selalu memandang rendah modif yg tdk sefaham dg selera dan fikiranya

  27. Gak semua blogger motor paham motor jg loh 😉
    yang ada dibully alih alih dapat apresiasi hehe.. 😆

  28. kalo pada mikir modifikasi adalah sebuah kesalahan yang merugikan diri sendiri dan membuang keselamatan.. yawdah beli motor standar ga usah d utek2 HARGA MATI !!!!!
    ga perlu lah bang berfikir ngasih cover2 itu membuang estetika dll… toh ya d liat enak2 aja.. tapi itu ya kan pendapat kang kobay aja. pendapat setiap orang yang bebas dan boleh di hargai.. sebenernya yang paling penting adalah “kenyamanan untuk yang menggunakan”..

  29. Kalo menurut pendapat ane.. modifikasi bagus dan tidaknya itu subjektif kang..
    Ada yang menurut dia bagus, tapi menurut org lain jelek.. begitupun sebaliknya..

    Nah utk menilai modifikasi itu sendiri bagus dan tidaknya ya gk ada yang baku sperti 1+1 udh psti 2..
    So kembali ke selera msg2..

    Klo pendapat ane modif diatas masih sah2 saja.. pake cover deltabox, menurut ane bkn brrti dia gk ngerti otomotif..
    Malah mgkn dia terispirasi dari RCV honda kan pake sasis twinspar juga..

    Kecuali klo emang modif ban cacing atau lampu rem bening.. nah itu baru.. hehhe..

  30. Oooh… jadi ‘Gak Paham Otomotif’ itu yang selera tampilan motornya rendah atau seleranya gak sama spt om Kobay gitu ya om?…….. hehehe

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.