Kobayogas.Com – Hola lads, salam geberrr.. Salah satu produk andalan Suzuki di roda empat kelas MPV yakni Suzuki Ertiga bakal menanamkan mesin bertorsi besar, apalagi kalau bukan diesel, yoi lads Suzuki Ertiga Diesel akan segera hadir!..

Suzuki Ertiga Diesel

Produk terlaris Suzuki roda empat, Suzuki Ertiga, akan menanamkan mesin diesel di versi terbarunya..tak sekedar diesel biasa, melainkan diesel turbo direct injection hybrid! Suzuki Ertiga Diesel akan menjadi satu satunya dan yang pertama di kelas MPV merek jepang yang menggunakan mesin diesel hybrid.. Kalau merek lain sudah ada Chevrolet Spin yang sama menggunakan mesin rudolf diesel ini.. Tapi hybrid diesel? Ertiga Diesel akan menjadi satu satunya saat ini di Indonesia..

MESIN HYBRID SUZUKI ERTIGA DIESEL

Suzuki Ertiga Diesel disebutkan menggunakan sistem hybrid yang bernama Smart Hybrid Vehicle by Suzuki alias SHVS.. SHVS memiliki tiga komponen utama yang bekerja secara synergy yaitu: Mesin utama Diesel bertipe D13A DDiS DOHC, Baterai khusus 70Ah dan Integrated Starter Generator (ISG). Ketiga komponen ini lah yang menunjang kinerja dari sistem SHVS Suzuki Ertiga Diesel..

Suzuki Ertiga Diesel menggunakan mesin diesel turbo direct injection berkapasitas 1300cc dengan teknologi DDiS (Diesel Direct injection System) hasil kerjasama dengan pabrikan mobil FIAT Italia. Sayangnya dari semua literature yang KBY dapatkan, mesin ini hanya menggunakan turbo konvensional tanpa adanya tambahan semacam variable geometri maupun variable Nozzle seperti mesin diesel canggih saat ini.. Tak aneh jika output dari mesin Suzuki Ertiga Diesel ini hanya sebesar 89PS dan 200Nm saja, kurang lebih sama dengan milik Chevrolet Spin..

Tapi yang spesial dari mesin Suzuki Ertiga Diesel ini adalah teknologinya yang ramah lingkungan plus efisiensi bbm yang mantap.. Mesin diesel sendiri memang sudah terkenal hemat, ditambah dengan adanya sistem hybrid SHVS maka efisiensinya lebih baik lagi dengan angka 22.6 km untuk 1 liter.. So ketebak sudah kemana tujuan dari Suzuki Ertiga Diesel ini.. hemat energi lads bukan ke performance oriented.. Well bagi KBY sendiri sih kurang greget, maklum demennya geber hahaha..

CARA KERJA SHVS SUZUKI ERTIGA DIESEL

KBY hanya akan menjelaskan secara singkat gak pake ribet biar kita semua yang membacanya dapat memahami kinerja dari Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) ini.. Seperti apa sih interaksi dan sinergi antara mesin diesel direct injection DDiS, Baterai khusus dan Integrated Starter Generator (ISG) tersebut? Yuk cekidot bentaran..

Mesin Suzuki Ertiga Diesel- ddis direct injection SHVS
ini adalah mesin sebagai komponen utamanya..sementara yang biru biru itu adalah pendukungnya..

Mesin utama Suzuki Ertiga Diesel, 1300cc DDiS DOHC ditunjang oleh unit ISG (integrated starter Generator) yakni unit alternator (pengubah energi gerak menjadi listrik) atau bahasa umumnya disebut dinamo ampere, menjadi satu dengan unit Motor starter (pengubah energi listrik menjadi gerak), tuh fotonya yang biru di kanan.. atau bisa cek foto di bawah..

Setelah ISG, mesin Suzuki Ertiga Diesel juga ditunjang oleh adanya Baterai berkapasitas tinggi sebesar 70 Ah, tujuannya untuk menyimpan daya listrik yang telah di bangkitkan dan siap di pakai saat di perlukan dengan waktu cepat seperti akselerasi misalnya.. So apa yang dihasilkan oleh dua supporter ISG dan Baterai daya besar yang disebut sebagai SHVS tersebut? Hasilnya adalah sbb:

Regenerative Braking 

Sistem Hibrid SHVS ini prinsipnya mengubah daya atau energi yang muncul saat mobil melakukan pengereman dimana energi kinetik saat Suzuki Ertiga Diesel melambat akan di konversikan menjadi energi listrik dan disimpan pada aki berkapasitas besar tersebut dan ini akan terus menerus bekerja selama mobil bergerak. Ini teknik yang lazim digunakan dalam system hybrid sebenarnya..

IDLE STOP/START SYSTEM

Suzuki Ertiga Diesel bakalan seperti skutik, yakni memakai Idle Stop Start System (ISS), saat berhenti dilampu merah atau saat macet dengan kurun waktu tertentu, mesin akan mati sendiri untuk menghemat bahan bakar, saat lampu hijau atau lepas macet, tinggal tekan pedal gas saja, mobil langsung nyala berkat ISG ..Katanya sih AC tetap hidup juga saat mesin mati. Ini mirip dengan milik Mazda2, CX5 dan Mazda6 yang sudah pernah KBY test selama beberapa hari..

Dengan semua system yang terintegrasi di atas, Suzuki Ertiga Diesel diklaim punya bbm yang sangat hemat mencapai 1:24.52 km dan 1:22.6 km. Tapi tidak disebutkan lebih lanjut apakah hasil tersebut merupakan hasil test di jalan raya atau sepanjang tol.. Yang jelas meski outputnya hanya 89PS dan 200Nm namun sedjatinya mesin diesel memiliki potensi yang dahsyat jika diulik.. Cukup tambahkan piggyback, maka tenaganya bisa naik sekitar 20-40Ps dan torsi sekitar 20-30Nm..!

Bisik bisik tetangga sih katanya Suzuki Ertiga Diesel Hybrid SHVS ini akan dijual dengan harga yang value.. tak lebih dari 250juta.. Kita tunggu saja info lanjutnya lads!

SPESIFIKASI dan FITUR SUZUKI ERTIGA DIESEL

– Torque assist Function ” ISG memanfaatkan Energi dari baterai untuk berperan sebagai Motor, ISG membantu kinerja mesin dengan memberikan tenaga Dorong
– Gear Shift Indikator ” memberikan petunjuk posisi gigi transmisi yang optimum
– ABS & EBD
– Dual SRS Airbag
– Head Lamp with Leveling Feature
– Rear defogger
– 4 poin parking sensor
– SVHS system dan ISG
– AC Heater
– Day Night Mirror
– Gear shift Indikator ” memberikan petunjuk posisi gigi terbaik saat berkendara, meningkatkan kenyamanan pengemudi dijalan.
– Power Maximum : 89 Ps/ 4.000 rpm
– Maximum Torque : 200Nm / 1750 rpm
– Piston displacement : 1300 cc
– Transmisi. : Manual

kredit: Indra Fathan, Pertamax7

Terima kasih sudah bantu sharing.. Baca juga yang menarik lainya dan kunjungi blog mang saka www.sakahayangna.com :

Kontak kobayogas.com :

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube Channel: Kobayogas Channel
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

34 COMMENTS

  1. membandingkan suzuki r3 concept tahun 2010 dengan current suzuki ertiga adalah seperti…

    ketika lu (dalam kondisi waras dan sadar) pernah menid*ri salah seorang model victoria secret, let’s say, alessandra ambrosio, or behati prinsloo or maybe gisele bundchen or maybe erin heatherton, in short, you’ve been to heaven before,

    lantas tanpa sebab yang jelas, lu mendapati diri lu bangun dengan cabe-cabean gak jelas, entah itu sudah tangan keberapa, lu berharap lu bisa membalikkan waktu dan menganggap tidak pernah terjadi apa apa antara lu dengan cabe-cabean dimaksud……. but sadly, thing (baca: shit) happens……

  2. infonya yg diluncukan hanya transmiSi manual ajahhh… trus kalo iss nya kerja, bagaimana tuh mang? Apa injek pedal kopling dulu?

    • Faktor utama ISS aktif adalah pedal kopling dan gas dilepas 100%.
      Logikanya pedal kopling hanya bisa dilepas kalau gear posisi Netral.

      Kalau duitnya ada, sangat ingin tukar tambah Ertiga GX Gen 2 dengan Ertiga ZDi.

      Fiturnya terlalu jauh lebih lengkap, ISS, SHVS, Headlamp Levelling adjuster, Rear Defogger, Parking Sensor, A/C Heater, ada dua tombol sebelah tombol buka tutup ventilasi luar yg masih belum diketahui fungsinya.

      Muka depannya tetap Gen 3, belakangnya sayang tidak Gen 2 kayak New Mazda VX-1.

      Versi AT-nya kayaknya gak bakalan keluar secara di negara asalnya pun belum ada.

      Harga rilisnya pun ternyata masih ada diskon atau bonus.

      • dexlite blm ada di semua pom bensin.bisa trouble klo mobilnya sering dipake jalan jauh.baca2 sebelumnya suzuki sebelum masukin ini mobil sempat banyak mempertimbangkan soal kondisi solar tanah air.yg jelas tahan banting mah innova diesel,solar apa aja diminum,and still…no trouble at all

  3. Mesin diesel emang irit, tangguh dan bandel. Sy msh setia pake mobil diesel. Biarpun cc-nya hampir 3000cc. Tp FC nya klo luar kota bisa 1:14an hehehe…. Sy klo ke bandung dari Sby paling hbs solar 45literan hehehe…

  4. Torsinya itu loh khas diesel di awal gas dikit udah bisa buat nanjak malahan.. Makanya bisa irit, gas dikit di top gear bisa maju anteng

  5. Torsinya njengat juga tuh om, 200 nm @1750. Kalo mesinnya alus dengan fitur yg minimal sm ky ertiga bensin & harga yg masuk akal, laris nih boil.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..