Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber… Project knalpot Prospeed Black CNC untuk Honda PCX 150 sudah kelar.. Saatnya kita naik ke mesin dyno untuk mengetahui sebesar apa peningkatan ketika knalpot buatan ProSpeed ini dipasangkan pada Honda PCX 150 LED.. Yuk digeber mang..

knalpot prospeed black CNC untuk Honda PCX

Prospeed, produsen knalpot lokal ternama telah membuat knalpot seri baru yang didedikasikan untuk skutik bongsor milik Honda yang berstatus CBU asal Vietnam, Honda PCX 150 LED.. Bro Bie Hau selaku juragan prospeed merasa demand alias permintaan akan knalpot aftermarket untuk skutik elegan berkapasitas 150cc ini cukup tinggi.. Oleh karena itu beliau membuat knalpot dengan perhitungan khusus yakni ProSpeed Black CNC dengan tipe full system..

knalpot prospeed black CNC untuk Honda PCX

Setelah janjian di salah satu bengkel tuning daerah rawamangun, sportisi motorsport, Honda PCX 150 LED tersebut sudah berada di dalam area dyno test milik sportisi dengan mesin dyno jet.. Tentu test pertama kali dilakukan dengan knalpot standar bawaan PCX, bukan ProSpeed Black CNC, berapa sih tenaga yang dihasilkan dalam keadaan knalpot standar? Mangga digeber hasilnya..

dengan dB killer terpasang

Hasil Dyno Honda PCX LED Knalpot Standar: 11.09hp Torsi 10.46Nm. Sebagai perbandingan, spesifikasi mesin standar Honda PCX 150 adalah tenaga 13.6PS dan Torsi 14Nm. Di atas mesin dyno tentu yang dihitung adalah power on the wheel alias pada roda, jadi tentu saja ada pengurangan atau defisit akibat kerugian transfer dari mesin ke roda..

Lantas setelah diganti oleh knalpot Prospeed Black CNC adakah perubahan? Running test dilakukan beberapa kali, kalau gak lupa sih sekitar 8 kali.. 4 kali running dengan knalpot standar kemudian rehat menunggu mesin dan knalpot dingin baru kemudian dipasang knalpot Prospeed black CNC.. di awal knalpot full system tersebut dipasang tanpa menggunakan dB killer.. Berapa hasilnya?

knalpot prospeed black CNC untuk Honda PCX

Hasil dyno pada dyno jet menunjukkan tenaga naik lebih dari 1hp! Tepatnya 1.06hp lads.. Tenaga dan torsi yang dihasilkan knalpot ProSpeed Black CNC untuk Honda PCX adalah 12.15hp dan 11.05Nm. Torsinya sendiri naik sebesar 0.59Nm, Angka ini termasuk baik hasilnya, rata rata sih ganti knalpot naik sekitar 0.5-0.9hp, torsi pun sekitar 0.3-05Nm. Lalu bagaimana saat dipasang db killer?

hasil dyno knalpot prospeed black CNC untuk Honda PCX

Db Killer pun kemudian dipasangkan pada Prospeed black CNC honda pcx.. Mesin dyno kembali dinyalakan.. Suaranya sedikit lebih mendem dibandingkan tanpa dB killer, iyalah wong dibekap hehe.. Hasilnya adalah 11.99hp dan 10.93Nm, kenaikannya hanya 0.9hp dan 0.47Nm.. Jelas tanpa dB killer tenaganya meningkat lebih baik..

TARIKAN ATAS EDAN!

Testing is believing.. Apalah arti angka angka pada dyno jika setelah dicoba tidak terasa adanya perubahan.. Angka pada dyno jelas sahih tapi kita juga harus merasakan adanya perubahan tersebut.. Knalpot Prospeed Black CNC Honda PCX 150 tersebut sudah KBY gunakan berhari hari ke kantor.. hasilnya? Pada tarikan awal hanya terasa sedikit saja perubahan, seperti standar saja.. tapi begitu kecepatan meraih 80 km/jam lebih.. jarum speedometer bergerak cepat ke angka 100, 110 dan 120! Betotan tenaganya sangat terasa jauh dibanding knalpot standar lads..

tes knalpot prospeed black cnc honda pcx 150 kobayogas

Sebelumnya, angka 117 km/jam mampu diraih tapi tidak secepat sebelum dipasang knalpot prospeed black CNC.. Untuk top speed di mesin dyno sendiri, Honda PCX mampu meraih kecepatan 122km/jam dan tak bisa lebih karena dibatasi limiter, RPM pun hanya mampu berkitir hingga 10ribu saja.. Menurut penuturan om Bram sportisi, memang kalau mau maksimal hasilnya ya harus pasang piggy back.. angka 13hp sudah pasti ditangan, ujarnya..

Knalpot Prospeed Black CNC full system dijual seharga Rp. 1,7 juta.. Bentuk dan desainnya menarik dengan kualitas sangat rapi, warna hitam Harley Davidson yang kata Bie Hau anti ngelotok.. Bagian tip (ujung) cetakan ala karbonnya juga sangat rapi. So, jika lads tertarik membuatnya, om Bie Hau juga sedang merancang tak hanya untuk PCX 150 namun juga Vario 150..  Bie Hau Prospeed dapat dikontak melalui facebook lads..

many thanks: bro Bie Hau Prospeed dan Om Bram Sportisi

mangga cek videonya

link via hp

dengan db killer

link via hp

Terima kasih sudah bantu sharing.. Baca juga yang menarik lainya dan kunjungi blog mang saka www.sakahayangna.com :

Kontak kobayogas.com :

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube Channel: kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

33 COMMENTS

  1. Saran mang kobay, pakek wrx naek nya lebih tinggi dari itu,Tapi suara agak lebih kuat mau pln pasang Dbnya. 1 pabrik nya rx8 kurng bagus utk power.utk gaya 2 ok la sama kayak procepit 😁

  2. kalo untuk old cb150r ada gak ya om? yg ada db killernya, kalo yg asli pro speed carinya dimana om? takut yg aspal

  3. tornado GS gw berapa yak… OS200 (Ada 2 mesin ini yg 1 dah korekan OS100), Karbu VM22 (VM20SS reamer 2mm), Knalpot Handmade Freeflow, CDI Satria 2 tak kelistrikkan DC Fullwave… hmmm

    • tarok di tpa aja deh. mesin ngebul gitu dipiara, beli yg baruan dikit, biar asapnya gak buat sesak napas yg di belakang, ini bukan tentang kau aja, tp orang2 di sekitar kau juga, kecuali kau buat sambungan dari ujung kenalpot ke dalam helm mu, jd kau sendiri yg isep itu asap motor kebanggan kau, paham?

      • Lah dia mau naek 2 tak napa, 2 tak juga bisa low smoke. 4 tak juga ada yg berasap krn rusak di bwk jln juga ada+ bauk sangit asap nya.
        Negara aja gk larang 2 tak jalan, 2tak juga bayar pajak tahunan.
        Ente kalo belum lahir di era 2 tak, bagus mingkem aja, ( mknnya gk tau sensasi di atas 2 tak), Terimakasih

      • ane gak tau sensasi 2 tak? hahahah.
        noh di rumah ada ninja r, udah ane pake dari masa SMA, kuliah, sampe cari kerja, sekarang dah dipensiunkan karena make 250cc, udah hapal dah ane motor 2 tak, kalo lagi macet pikirin yg belakang hirup itu kau punya asap motor, kau enak di depan, yg di belakang? motor 2 tak kalo gak diapa2in sama aja, gak ada rasanya, harus lepas honey combnya, ganti ini itu, masih mau berharap low smoke? mati aja kau
        jgn bilang yg rusak, otak kau kalo rusak pun ngebul. paham?

      • asep knalpot 2 tak? O_o
        lu pake oli murahan x ato minyak goreng makanya berasap. Bisa jadi sil kruk as lu rusak makanya asap nya banyak. gw pake castrol low smoke kok gak berasap ya. so far fine2 aja asap tipis, digeber jg tipis.

        klo lu gak sanggup miara 2 tak ya jangan piara mas, jual aja ngapain di simpen. kan dah pake Ninja 250? betul? bisa jadi Ninja 250 lu terlalu pelan karena ya DOHC emang pelan brow… tau sendiri lah DOHC kapasitasnya seberapa.

        wkwkwkwkwkwk… motor lu ada honey comb nya + oli murahan ya ngerongrong… makanya mas klo gak bisa miara 2 tak mending dijual aja jangan dipake. kasian klo gak bisa miara, jadi kek ente… guoblok kuadrat…

    • Uda mas Roy, dari komen terakir konsumen aja, uda nampak dia tak, paham 2 tak mungkin ngaku2. Sampai sebut2 hartanya, apa gk mikir dia harta org lebih dari dia.
      Kasih dasar aja deh. 2 tak jika asap nya gebul lari nya berat(bagus nya tipis, baru ringan larinya, gk ada asap pun bahaya)mknya ada stelan olsam di bikin.
      Ninja mu x pakek olsam druman ya makanya bauk dan berasap sangat.
      2 tak kalo gk diapa apain gk ada enaknya? Namanya Stdr tong, Stdr 2 tak ya lebih ringan dari n250 Stdr mu. Coba lo test Yamaha rx 125 twin, atau mito 125, uda nangis ninja mu tong.
      Low smoke 2 tak kesannya mitos lo buat (perna nonton gp 125 dan 250 gk, ada yg ngebul kayak ninja mu gk tong)

      • bisa jadi ngebul berat karena setelan oli terlalu boros, bisa jadi karena campur ditengki, bisa jadi pakai oli murahan yg bikin cepet ngerak di ruang bakar ujung2nya pembakaran gak sempurna bikin asep makin banyak, bisa jadi sil kruk as nya bocor makanya banyak oli yg masuk keruang bakar n asep parah bikin pedih dimata.

        2 tak std gak ada larinya? bisa jadi karbunya kecekek (spuyer), setelan karbu gak pas makanya larinya ngeden atau knalpotnya kebanyakan kerak gara2 gak pernah dibersihin.

        by default std ninja 2 tak bejaban ama Ninja 250 FI, top speed Ninja R std di GPS main di 155kph. speed sgt dah lumayan kenceng kok. Klo dibandingkan ama CBR250RR sih gw yakin kencengan Ninja 250 RR.

        Ninja 2 tak by default dah euro 2 harusnya dah gak ada asap krn dah std Euro 2 pun jg king. Klo RGR gw emg berasap krn teknologi jaman dulu itu jg tifis klo pake castrol, klo shell atau evalube sih gak usah tanya dah…

        wkwkwkwkwkwk

        2 tak gw jg ngebul berat klo gak dinyalain seminggu lebih tp dah 30menit lewat jg udh tifis asapnya biar di geber jg.

      • CBR250RR sih gw yakin kencengan Ninja 250 RR.
        ————————————————————
        RALAT

        Kencengan CBR250RR Std…

        -_-“

  4. rumah pinggir jalan raya lagi nyanyi smule sama si shima ada knalpot racing lewat jadi ngeganggu ey

Yuk Tinggalin Jejak Lads..