Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. Pada acara official test ride Suzuki GSX-R150 di Sentul hari Kamis tanggal 26 Januari 2017 lalu, ada juga acara lainnya yaitu sesi kualifikasi para pembalap yang akan berlaga di ajang Suzuki Asia Challenge 2017.. Berapa top speed yang diraih para pembalap tersebut?

top speed Suzuki GSX-R150 oleh pembalap di sentul

Seperti yang sudah KBY ceritakan dan ulas pada artikel sebelumnya (cek: Top Speed Suzuki GSX-R150 Di Sentul), setiap motor yang digunakan sudah menggunakan atau terpasang transponder, alat ukur mengukur performa dari motor yang digeber saat itu.. Yang terekam oleh transponder antara lain, lap time, best lap time, top speed (best top speed), average speed hingga perbedaan waktu antara satu motor dengan motor lainnya.. Caranya seperti apa KBY kurang paham.. yang jelas jeda waktu dari motor masuk hingga pengumuman hasil cukup cepat, sekitar 10 menitan..

Kualifikasi Suzuki Asia Challenge Sentul
petinggi suzuki mengawasi motor yang akan digeber peserta QSAC

Nah, sebagai informasi tambahan, motor yang digunakan oleh media, blogger dan motovlogger serta pembalap SAC, itu sama semua.. yang digunakan oleh pembalap adalah motor yang bekas digunakan oleh kami, standar kecuali ban yang sudah menggunakan IRC fasti tipe slick.. Jadi sejauh pengamatan KBY tidak ada yang diutak atik, hanya pengecekan singkat apakah ada keluhan maupun error.. So, artinya, jika ada yang lebih cepat maka itu memang faktor joki dari motor tersebut.. selain memang motornya sendiri sudah kencang lads..

top speed Suzuki GSX-R150 oleh pembalap di sentul

Menurut informasi dari transponder, top speed yang dihasilkan oleh para pembalap SAC tersebut bermacam macam, tapi yang terbaik diraih oleh Ahmad Saugi dari tim IJMG Jakarta.. sesuai data yang diperoleh, Ahmad Saugi mencatatkan top speed 101.796 m/h alias dalam satuan mil, bukan kilometer.. Jika dikonversikan maka 101.796 x 1.609 = 163.789 km/jam!! Beuhhh ini mah bukan kenceng lagi lads.. edun hehe.. Sementara catatan waktu terbaik Ahmad adalah 2:07.314…

Ahmad Saugi menjadi yang tercepat dan terkencang

Dengan demikian, di luar faktor transponder memiliki data eror nih, secara resmi top speed Suzuki GSX-R150 di sirkuit Sentul adalah 163.789 km/jam.. Pembalap versus pembalap lads.. No pitc hoax? Yah ini cuma ada data resmi panitia lads.. 😀

bonus biar ga baper lads..

Terima kasih sudah bantu sharing.. Baca juga yang menarik lainya dan kunjungi blog mang saka www.sakahayangna.com :

Kontak kobayogas.com :

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube Channel: Yogas Erlangga
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

59 COMMENTS

  1. Oya, antara race 1 dan 2 motornya diacak lg ngga ya buat pembalapnya?
    Kl ga diacak, siapa tau ada yg apes dapet motor yg performanya udah menurun. Soalnya itu motor kan udah dibejek bergantian, dengan karakter dan skill pengendara yg berbeda-beda. Ditambah udah berapa lap tu motor digilir rame2 seblm dipakai sama peserta SAC.

    • nah itu gw kudu cari tau … tapi bicara fatigue, semua motor pasti fatigue.. hanya beda beda levelnya ya?.. wong motor habis dikerubutin gitu hehehe..

    • Iya pasti beda-beda. Justru itu, kl misalnya dapet bekas yg pakai karakternya agresif dgn bekas yg karakternya smooth ya tentu beda.
      Performa di sini bukan hanya soal mesin ya, bisa jg perangkat remnya dan yg paling penting adalah kondisi BAN-nya.

      Lha ini satu lg pertanyaan yg muncul; BAN-nya diganti dulu apa ngga buat peserta SAC?
      Kalau tetep pakai ban yg sama alias ban bekas pakai dari peserta test ride, ya amsyong aja kl kebagian motor yg hbs dipakai test rider yg karakternya agresif atau skillnya udah advance. Misal, hbs trek lurus jarak 200m udah mulai ngerem, dibanding sm jarak 150m baru ngerem, begitu terus selama beberapa lap tentu kondisi ban-nya akan berbeda.

    • dg lap time yg mepet2, bisa disimpulkan semua motor relatif sama kondisinya.
      walaupun penggunaan sebelumnya pasti beda.

      • Betul jg. Berarti cuma masalah konsistensi aja knp itu pembalap gab-nya ada yg jauh. Ok, thx ats pencerahannya.

  2. gileee…..
    itu Suz digilir habis. dihajar sama blogger + vlogger, disikat lagi sama pembalap.

    • Wajar mas sdh full racing. Tune up kelas 110 CC itu tenaganya tembus 17-18 dk on wheel lho, ditambah bobot motor cuma 100an kg. Tenaga GSX150 dan R15 yg on crank 19 dk paling cuma 14-16 dk on wheel

    • kenapa harus jupiter z1?
      jupiter z burhan & kawasaki edge bisa 1:56 lho di sentul besar.
      karena jualannya sekarang cuma z1?

  3. Rumus top speed dan refiew gampang.

    Bloger + duit = motor jos..

    Liat aja iklan suzukinya langsung gas jos jos…

  4. Jasjesjos aja… Beli dunk om Kobay..
    Pake sebulan, upgrade performa kyk om loe.. Jual separo harga ke gue…. Wkwkwk

  5. Mang…coba bahas liburan kang rossi di labuan bajo….blog pabalatak tp teu aya nu ngabahas….pan lumayan jd ajang promosi pariwisata gratis….

  6. coba bayangin kalo “livery biru putih” tembus pandang …… hi…hi….hi….. pictor ah….

  7. Dimensi sesuai dgn kubikasi yang diusung, perfoma, akselerasi, handling, braking =overall balance, tahan geber rpm tinggi 12-13000 oleh blogger, vlogger, dan pembalap =durability/endurance baik, power dan top speed sangat berpotensi untuk racetrack, kesimpulannya ini motor bisa dibilang “jujur” dan ngga lebay, harga sesuai dengan apa yang ditawarkan kepada konsumen, jika memakai part eksotik seperti usd, diecast arm, sasis perimeter, maka harga bisa melonjak, memngingat ini penetrasi awal suzuki ke market sportbike 150cc maka alasan knp suzuki hanya memakai part konvensional bisa dimengerti, mungkin nanti apabila laku suzuki bisa saja menghadirkan gsx-r150 SP dgn part eksotik.

  8. nanti pasti ada bc-an baru,”de papa ga setuju kalo kamu beli motor kenceng2″ bales si ade “kan kalo pulang sekolah biar cepet pulang ke rumah pa,bapa nya geleng2 terus bilang ” iya de emang lebih cepet pulang,tapi pulang ke mana ?? ke rahmatullah de” si ade : #%@#@%

  9. anjir 150cc 1silinder bisa secepat ini lama2 jambret pindah haluan dr rx king ke motor ini wkwkwkwkwk

  10. anjayyy..ktm simkuring liwat topspeedna ku motor 150cc… suruffffff..mang kobay simkuring teu tarima :v :v :v

  11. kalo langsung dikonversi ke satuan km/h bisa diangka 163 memang,,,tapi entah kalo dari putaran bawah ke atas itu apa akan sama jarak dan perputarannya.

  12. sayangnya kemunculannya terkesan diulur-ulur, jadi keburu kompetitor ngeluarin produk yang hebat juga. hemmm…suzuki selalu kalah start.

    • masih ada waktu 2 bulanan buat geber penjualan sebelum R15 resmi dijual..
      tapi yang agak panik justru r15, saat ini sedang berdaya upaya nahan penjualan gixxer..

  13. Pa ia 163 toopnya,,klu gini pindah haluan ah,,,xabre ku terduduk dirumah,,suspensi usdnya bengkok gara2 masuk lobang jalan,,
    Nampakny bakal di jual ini xabre,hehehehe
    Gak pa pa dikatakan FBS yg blikn gue,bukan mereka.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..