Kobayogas.com – Hola lads, salam geber.. Menjelang kelahiran New Vixion 2017 di tahun 2017 nanti, ada satu produk dari pihak yang sama yang banyak mendapatkan komentar terkait nasibnya ke depan.. Yamaha Xabre.. Akan kah dapat revisi?

Namanya bisnis, tentu produk dibuat untuk menjadi salah satu aset dagang yang dapat memberikan keuntungan, tidak terkecuali Yamaha Xabre saat itu.. meski banyak yang mencibir tapi tidak sedikit juga yang memberikan aplaus.. Saat itu kehadiran Xabre disebut sebut wasted alias sia sia lebih karena tidak adanya perkembangan signifikan dari sisi teknik alias mesin, harga pun disebut sebut cukup tinggi..

baca juga: Video Ketika Yamaha Xabre Bertemu Byson

Dapat dikatakan Yamaha Xabre merupakan manifestasi R15 ke dalam sosok sebuah street fighter dengan sentuhan supermoto.. mesin memang identik dengan R15 karena selain berbagi sasis dan mesin juga sama sama punya transmisi sebanyak 6 speed plus knalpot yang identik. Sisanya sebenarnya berbeda jauh, bentuk dan terutama suspensi depan yang sudah mengusung tipe inverted fork alias upside down sementara si fairing belum..

baca juga: Review Yamaha Xabre Di Atas Sirkuit Sentul Kecil

Nah rumor mengatakan kalau Yamaha Vixion sebagai tulang punggung penjualan motor sport Yamaha di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir akan segera berbenah full berubah di tahun 2017 mendatang.. Salah satu infonya mengatakan kalau New Vixion 2017 akan memiliki varian tertinggi berupa Special Edition yang mengadopsi suspensi upside down layaknya Xabre..

baca juga: Mencoba Kehandalan Suspensi Upside Down Xabre 150

model keren tapi kurang laris di pasaran

Saat Vixion belum berubah saja, penjualan Xabre megap megap lads, apalagi nanti New Vixion 2017 nongol plus ada opsi varian suspensi upside down? Padahal secara fisik Xabre tidak lah buruk loh, atensinya sebagai motor yang jarang terlihat di jalanan juga dapat.. Ditambah lagi kehadiran Duke 200 dengan harga baru makin membuatnya terdesak lads.. Kira kira apa sih penyebab sport supermoto ini tidak menghasilkan penjualan bagus sejak diluncurkan awal tahun 2016?

Apakah nasibnya akan memiliki kesamaan dengan produk sport Yamaha lainnya yang hidup segan mati tak mau seperti dulu Scorpio dan belakangan ini Byson? Malah kayaknya sama Byson masih lakuan Byson FI ya? (baca: Penjualan Byson FI dan Megapro FI Mengenaskan). Padahal saat meluncur para fans jasjesjos memuji sosok dan juga USD nya.. ternyata cuma sampe jasjesjos doang, beli kaga… 😀

xabre terpojok oleh duke 200

Terima kasih sudah bantu sharing.. Baca juga yang menarik lainya dan kunjungi blog mang saka www.sakahayangna.com :

Kontak kobayogas.com :

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube Channel: Yogas Erlangga
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

72 COMMENTS

  1. Satu lagi kesalahan yamaha menurut saya, gak bisa memaksimalkan potensi produk yg ada + terlalu banyak varian dalam kelas 150cc, padahal mesin sama… eh diitungnya satu apa dua jadinya? Haha

    • Yamaha sadar dia ga akan kuat kalo head to head langsung sama honda. Mau buat produk bagus kalo kalah secara capital, kalah secara brand image, kalah secara marketing ya sama aja boong. Strateginya gimana? Ya coba expand ke kategori2 baru dan ini terbukti di nmax toh? Saingan dari honda belom brojol eh udah mau muncul xmax.

      Selain itu yamaha juga bisa ambil kue dari segmen2 yang honda udah engga fokus lagi kesana. Berhubung honda udah jumawa dikelas matic kere & fokus ke sport, kelas bebek terlupakan, maka itu yamaha rilis mx king dan lagi2 terbukti sampe hari ini kategori bebek masih mxking rajanya. Hwehwehwe.

      Terkadang blogger2 indon cuma bisa komentarin produk tapi engga liat peta kompetisi secara garis besar. Hwehwehwe.

      • lu nulis udah panjang tapi ngelantur….MX raja bebek?
        MX King memang plg laku kalo dibandingkan dgn Satria FU,Sonic ataupun Supra GTR…
        Tapi masih kalah laku dibandingkan Supra 125 dan Revo

      • Trik yg kaya gitu memang harus berani mencoba, Dan Nmax itu trik yg jitu banget sehingga sukses berat.. karena ada benchmark nya, banyak yg pengen Pcx tapi terkendala harga.. NMax masuk disitu Dan booming.. XMax juga menggunakan strategy yg sama.. banyak yg pengen skutik bongsor tp masih di atas 55 jutaan..

        Kalau Xabre ini yg kurang jelas, di kelas itu pengennya konsumen apa? Mungkin motor sport 150cc dengan shock USD? Tapi sebanyak apa demand nya? Ternyata gak banyak

      • Kesalahan xabre adalah kurang marketing. Padahal kalo iklannya bisa lebih jorjoran saya yakin akan laku, karena perlahan tapi pasti mulai banyak terlihat dijalanan daerah. Untuk kita2 yang hidup di jakarta dan melek teknologi mungkin akan dengan mudah mendapatkan informasi. Tapi didaerah saya pati rembang tidak ada. Padahal disini banyak konsumen latah yaitu para pemuda2 nelayan. Nmax aja inden sebulan.

      • Nah ini nih kelakuan epbeyek, selain cuma bisa bece, jas jes jos tapi gak beli, mereka juga ahli dalam menyalahkan Blogger 😂😂😂😂

      • aduh sudah nulis panjang x lebar tambah bilang mx king raja motor bebek pula monggo kalo punya kuota lebih browsing deh bebek paling laris wkwk
        repopit ama supri keless
        ketawa dulu ah HAHAHA

      • ketemu gue..langsng gue tungkak tuh mulut.. ngatain indan indon…
        nyebut indonesia gitu gk bsa ya…??

  2. Kayanya masih mending xabre mang ketimbang byson
    Katanya sih jan-juli 2016 terdistribusi 16.973 unit

  3. Harga mas kobay yang buat Xabre terpuruk, meski dengan fitur USD tapi dengan harga yang mepet motor fairing membuat mindset konsumen yg susah menerima (motor naked harga harus dibawah fairing) ditambah dengan terpepet harga KTM Duke yang notabene produk dengan image Streetfighter yg kuat dan ada produk Yamaha sendiri yaitu V-Ixion yang lebih kuat untuk motor naked jadi makin susah xabre buat survive

  4. Kata terakhirnya ga enak amat mang…??

    Jas jes jos, beli kaga……

    Kelakuan siapa sih tuh..???

    #edisipurapuragatau

    • kalo di dunmay sih ya fby sama fbs om, jasjesjuuuuos komentarnya, tp gak beli, beda sama “konsumen kurang cerdas” seperti fbh, mereka beli, meskipun cuma mbit, tp beli!

      • Ya iyalah beli mbeat cuma modal ktp kagak perlu dp. Pake 2 – 3 bulan abis itu ditarik leasing. Hwehwehwe.

      • Ahh yakin mbak 2-3 bulan di tarik leasing..??

        D jalanan kok msh banyakan gen beat dan vario, daripada matik kere dan ampas merk yamaha….

        Tahunnya jg tahun lama, dan yg bikin jd pertanyaan itu yg 125 SKS AKS yg duluan nongol ga ada apa”nya sm new beat yg baru rilis kmaren…..

        Akui aj, FBY tuh kebanyakan GEMBEL yg banyak BACOT….

        Ngoahahahahahahahhhhh

      • mau (katenye) 2-3 bulan ditarik leasing kek, mau dijual kek, mau dibakar kek, faktanya mereka BELI, gak cuma koar2 jasjesjis doang!

        “konsumen kurang cerdas” aka fbh memang gitu, mau di bully kayak apa juga mereka tetep beli, yang bikin heran, tukang bully nya gak beli motor yg mereka kata lebih bagus dr mbit, menurut saya, itu yang bikin mbit jadi laris seperti sekarang

    • Ngapain ambil R15 seken 18jt? Mx king seken mesinnya sama cuma 14jt?
      Ngapain ambil mx king seken 14jt? m3 seken sama2 bisa gelinding cuma 9jt?
      Hwehwehwe. Mindset indon kalo beli motor ya begini. Ga punya taste.

  5. emang xabre diposisikan sebagai motor eklusif mang…bukan ga laku tapi sengaja diproduksi seimprit…
    #nyangpentingsmart

  6. Untuk motor yg harusnya “berotot”, Xabre ga berani “telanjang” mang.. Yamaha sadar diri meskipun superior “perut” Xabre kurang “sixpack”.. bbrp calon konsumen termasuk saya mempermasalahkan ini mang..
    Kl ganti helokitty icikiwir minimal ga perlu pake superior.. ne Xabre sudah berumur 1 taon d rumah.. hehehe

  7. IMHO, mungkin akan didiscontinue mengingat orang akan lebih memilih Vixion karena lebih nyaman untuk lalu lintas kota, terlebih lagi mau difacelift. Mending garis design Xabre dicomot untuk MT25 facelift wkwkwkwk

  8. Jas jes jos tok tapi kagak beli tuh kelakuan mbah Dharmo cs, miko, jimoo, Bone, roy, anigav, kanjeng doso dll fby n fbs, abab tok sing metu tapi duit ora gelem metu, gini ms mau naik :p

    • Bener banget.. Mbah dharmo Fby garis keras di dunmay.. Tapi motornya sayap.. Wkwkwk..
      Manfaatin playing fby buat kritik tunggangan sendiri..

  9. Saya ambil ini krn selera n motor ini pny karakter kang dn bukan pasaran. Emg d banding duke kalah ni motor tp berhub tgl d desa soal after sales ni motor yg terbaik. Trs ni motor emg bkn buat ngajak anak bini.

  10. Harusnya Xabre diberi CC lebih gede biar valuenya lebih jelas. harga mahal juga ada nilai lebihnya bukan cuma gimmcik.

  11. Harusnya xabre pake mesin scorpio, biarpun SOHC tapi bentuknya super gede karna masih aircooled, tenaganya jg jgn di tanya klo mesin scorpio.

  12. Yg beli sport 150 cc cuman pingin gaya doank, duit cupet mintanya selangit, pingin 250 duit cuma 150. USD lah abs lah, vva lah dohc lah cuman buat gaya tok, dikira di jalanan motor 150 yg paling keren paling kenceng. Noh keluar ktm sm kelas 250 yg kompetitif, apalagi yg dibanggain dr sport 150

  13. Ya mudah mudahan nasibnya tidak seperti yamaha xride, yang lain sudah dpt jatah mesin baru 125 cc, matic yg berenang sendiri di lautan biru ini masih percaya diri dg mesin 115 cc nya.

    • karena lom ada lawan mang, nunggu, mesin sih keknya udah siap, tinggal mindahin.. tapi salah kayaknya kalau nunggu ya, mendingan antisipasi.. jgn kaya mio lagi..

      • Itu dia mang, motor yg bermain di blue ocean market (tanpa lawan) rada males diupdate, apapun merknya.

      • Xride mau diupgrade kang (kabarnya).
        Jadi 155vva (kalo jadi). Cuma ya ragu jg soalnya di blog2 blm ada kabar itu. Tapi kmrn pas ke dds (orang dalem c) di tawarin inden. Tapi g tau kapan rilis. Bentuknya jg masi gelap. status xride skr jg ud di discontinue.

  14. Bentuk si ok, mesin cukup la tapi,Menurut, saya bantet nya itu gk bisa di terima, dan yg tinggi badan di atas 175 cm up, tersiksa bwk nya serasa kejepit biji salak kembar.

  15. iseng baru minggu kemaren tepatnya hari minggu browsing harga motor seken dan ketika cari cbr thailand, maupun cbr dual keen eyes ternyata harganya masih tinggi.

    iseng cari motor streetfighter pas liat ada iklan xabre, edan juga yah harga baru 30, pas liat seken pada jual di angka 25-24 malah ada yg 23 jt tapi jarang sih kayaknya jual butuh.

    kbtulan jg mau nanya mang kobay ttg harga seken xabre eh udah brojol aja tritnya.
    memang serba kebetulan ini. xabre seken lebih menggiurkan dari pada new, bnyak yg mulus mulus lagi baru kluaran 2016. R15 jg seken ajib sih tapi kan mau kluar v3 nya.

    bkin ngiler emg ini harga seken motor Y 🙂

    • Oh, NCB yang pake mesin superior itu ya? Yang katanya DOHC nearly square? Sayang ga pernah juara IRS. Hwehwehwe. Ternyata motornya cuma pake mesin sampah yang dipoles pake gimmick fitur.

      Lampu led, speedometer digital, dohc ga bisa membawamu juara IRS nak. Hwehwehwe.

      • Gwe jawab pke caption loe ya bro…”Hwehwehwe. Mindset indon kalo beli motor ya begini. Ga punya taste”

      • ini nieh’ kenapa alasan Ane’ sebut Gerombolan FBY itu ane’ sebut Golongan Marjinal’__
        Lihat noh anak2 Marjinal dipinggir jalan,
        Yg naik vespa Gembel dll,,
        Gag punya masa-depan,
        Padahal mereka punya orang-tua nd keluarga lho’_
        Mirip banget kelakuan FBY nd FBS Mindset’nya terlalu berlebihan suka sama benda mati atau sesuatu hal yg membuat mereka happy,,
        Dampaknya meng-exclusive kan diri pujaannya tanpa melihat fakta-2 yg berlawanan di masyarakat dengan yg mereka banggakan,,
        Contoh jelas 2-FBY atas ane’ ini,,
        R15 juara IRS 2016, Oke’ Fix,
        But, kalian juga harus tahu,
        Sonic_150 juga juara Motoprix_2016 ngangkangin MX-King yg notabe’nya mesin sama dengan R15 yg juara IRS,
        And semua juga tahu yg dijual umum’ bukan spek IRS atopun spek Motoprix,
        Pertanyaan saya, ??
        Budget yg dikeluarin buat meracik mesin juara lebih besar mana,??
        Mesin juara IRS,??
        ato juara Motoprix,,??
        Orang awam pasti paham,
        Orang yg ngaku *smart pasti bilang lebih murah bikin mesin juara IRS daripada Motoprix,,
        Hahahahaha,,
        FBY maksa sukanya’__

  16. Penyakit Yamaha AKUT salah satunya adalah BIKIN MOTOR SUKA2 DIA AJA; (Konsumen minta A, Dia kasih H, jauh kan?)…. Ntah niy motor hasil riset serius atau cuma sekadar ujicoba bikin segmen baru!?

  17. yamaha coba strategi honda, jepit ncb atas bawah
    atas pake xabre,bawah pake nva
    tapi gagal
    ekekekek

    ayo mana fby yang dulu ngoceh ahm sukanya jepit atas bawah
    tu yimm juga sama
    bedanya, ahm sukses, yimm gagal total
    itu dasar yimm yang budeg aja
    liat aja new r155, nasibnya ga akan lebih dari xabre

    maju pakai mesin sohc tu ibarat perang pake panah, sementara musuh dah pake pistol/cannon
    mau panahnya sekelas panah arjuna, tetap aja panah

    dah jelas kok, vixion baru datang, xabre suntik mati
    belum juga 1 tahun dah sekarat sekarang
    buat apa juga produksi motor yang ga ada pembelinya

  18. Masalah xabre menurut saya kang kobay:
    1. Desain knalpot gak match sama desain motor keseluruhan (kalau gak salah diakuin sendiri sama yimm dgn alasan gak cukup waktu buat riset; kurang serius emang nih yimm nya)
    2. Nama ‘xabre’ sama sekali gak menjual, coba kalau ‘MT’ pasti lebih mudah buat yimm memasarkannya
    3. Mesin yg sudah cukup jenuh sejak vixion 2007, sensasi engine dan suara ya gitu2 aja (bukan jelek/lemot, lebih ke jenuh aja)
    4. Emang positioning xabre bagi yimm gak diset sukses, mungkin hanya pancingan buat pabrikan lain atau bisa juga semacam test the water, sebelum yimm keluarin the real MT?

  19. di tempat ay wara wiri,,si xabre jauh lebih laris drpd bison fi…lhah wong ketemu 10an lebih,,byson fi?? zonk…sama zonk nya dgn aerox…setiap ngeliat xabre pasti kesannya wah,,tapi begitu barengan dan raungan mesinnya itu lhoh bikin ilfeel…cocoknya emang upgres mesin…

  20. YIMM terkesan salah tingkah, gerak gini salah, gerak gitu salah, jadi nggak rapi mainnya. Sementara Honda, meskipun di satu kelas CC bermain dengan banyak produk, tapi diversifikasinya jelas, pembeda antar satu produk dengan produk lain jelas, roadmap pengembangan masing-masing produk pun jelas. Jadi nggak saling timpang tindih. Pantesan aja divisi sport tahun ini bisa lebih woles daripada Yamaha.
    Sementara Yamaha tahun ini cenderung cuma mengandalkan produk blue ocean, yang belum ada pesaing dikelasnya (contoh Nmax 150cc dilevel kelas harga 20-30 juta). Sementara sisanya yang non produk blue ocean, digempur habis sama Honda.

  21. Xabre, knalpotnya bentuknya gak nyatu sama body secara keseluruhan, riding positionnya aneh ke arah nggak enak

  22. terlalu segmented emang nih motor kang.
    tapi ini juga memberi gambaran seberapa besar pasar motor hobi macem ini.
    bedanya dengan vixion atau cb150, bisa dipake kerja. yg jelas lebih tinggi kasta dari verza. jadi kerennya dapet lah. dan fungsionalitasnya juga dapet. vixion dan cb bisa dipake buat bawa rombong, boncengan juga enak. laen halnya dengan xabre yg passenger seat nya seuprit.
    hal yg sama mungkin bisa juga terjadi sama gsxs150. menurut penerawangan ane, pasarnya ngga akan banyak. macem byson lah. apalagi dengan harga yg ane yakin bakalan di 26 27. dijamin madesu.
    ditambah lagi bakal keluar r15 baru, yg bayangannya udah jos. tambah madesu dah suzuki. yah tinggal main diharga aja sih suzuki. kalo ngeliat rangka dan common parts sama satria, semestinya bisa mereka tekan diharga. ambil rugi juga ngga apa2 sih sebenarnya. itung2 investasi. soalnya suzuki motor lagi sekarat. ditempat ane tinggal satu, dibanding dengan dealer honda, bisa 1:20 atau bahkan lebih. ini serius loh. dealer honda ngejamur dimana2, sampe ke dalem2. dealer besarnya aja cuman berjarak sekitar 200 meter.

  23. kalo mo laku, sport yamaha harus di rentang harga under 35jt. coba aja lihat faktanya, harga di atas itu, yamaha paling kecil penjualannya. apa karena yamaha identik dengan motor murah dan murahan..

  24. kesalahan xabre karena harganya yg terlalu mahal, terus desain body belakangnya terlalu pendek dan nungging alias jelek kalau menurut ane. klo dkampung kampung mah model kaya gitu gak bakalan laku karena terkadang suka dipakai untuk mengangkut barang.

  25. kemampuan fby cuma sampai di jasjesjos doang om..beli mah kaga mungkin…
    fby itu kualat,dulu seneng mencibir fbh miskin cm mampu beli matic,..sekarang siapa fb yang miskin?? sport honda jauh lbh laku timbang sport yamaha..
    kemana hai kau para fby jasjesjos????
    sudah jatuh miskin kah???
    ngohahahahaha….

  26. Faktor yg pling kuat yaitu harga
    Xabre terlalu mahal untuk ukuran motor naked kelas 150cc klo 200-250cc mungkin beda lgi apalagi torsi badak.
    Jujur motor ini antimainstream banget.
    Tpi blakangan ini sering lihat sliweran juga coba di gali msnya trus bandingkan dari bulan2 sebelumnya

  27. menurut w, ni motor bisa d blg keren tp sayang bgt tempat duduk(seater’a) mepet bgt kesan’a gmn getu.
    w rasa dgn lahir’a all new vixion, memperparah nasib ni motor, hidup segan mati tak mau…

  28. Heran, padahal awal munculnya booming dengan tanggapan positif. Saya sendiri terkesima dengan desainnya (kagak beli tapi, wkwk). Eh tapi kok lama gak kelihatan di jalan? Ndilalah lihat data penjualan ternyata cuma sak emprit.
    Di lain sisi, lain kelas, lain waktu juga, Beat Street yang penuh cacian, saya juga ketawa pas pertama lihat.. Eh, udah nongol aja gak lama setelah launching. Diperhatikan kok manis juga ternyata.
    Faktor marketing? Ah entahlah . . . . .

  29. Seandainya YIMM Produksi WR150X, dgn Basis Engine yg sama dgn NVA, XABRE, R15, MX KING, trs Harga 25 sd 30 Jutaan, saya akan beli…tapi sayangnya YIMM lebih tertarik jual XABRE…

  30. Case xabre ni mirip supra gtr. Segmented bgt.
    Xabre cara nikungnya buat pro only,,, yg jago sliding ban belakang. Klo banyak yg bisa, y laku tuh.
    Bebek touring?mau diapa2in ya mending touring pake verza.muat bensin bnyk. Klo maksa pake bebek y mending pake mxking.murah…sekenan bnyk. Nek ra wong turah duit ra bakal tuku saber po supragtr.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..