GSX

Kobayogas.Com –  Hola lads, salam geber… Produk baru dari sebuah pabrikan pastinya ditujukan untuk terjual sebanyak mungkin. Salah satu caranya adalah dengan melakukan promosi gencar seperti yang dilakukan oleh sport fairing 250cc 2 silinder terbaru Honda, CBR250RR..

Pada dasarnya Honda CBR250RR merupakan produk yang termasuk ke dalam kelas hi-end atau flagship, ya karena melihat harganya yang sudah di atas 60 juta, tentu tidak menjangkau semua kalangan untuk membelinya.. Selain itu, kelas 250cc 2 silinder sudah bermain di kelas mewah, meski tak semewah dulu jaman Ninja 250 2 silinder karbu baru diperkenalkan di Indonesia..

Promo gencar pun diberlakukan oleh Honda (AHM) untuk Honda CBR250RR, tak hanya melakukan ajang test ride di berbagai dealer di daerah atau melakukan acara launching, ternyata dealer Honda pun merambah hingga ke area yang sebenarnya kurang mendukung untuk pembelian CBR250RR 2 silinder tersebut.. maksudnya, lebih ke daya beli konsumen di area tersebut lads..

Seperti yang dishare oleh Mang Prasetyo, pemilik blog prasetyo676 di grup whatsapp, dia melihat Honda CBR250RR dipajang di salah satu area yang menurut opini pribadinya sih kurang tepat untuk melakukan promosi sebuah sport fairing 250cc 2 silinder yang punya harga di atas 60juta.. Apa pasal? Karena motor sport terbaru Honda itu dipajang di satu area di tenda kecil pinggir jalan.. dengan sisi kiri kanannya ada tukang jualan sayur dan gorengan gerobak dorong.

Beliau tidak bermaksud mengucilkan daya beli masyarakat, hanya saja dia beropini rasanya kurang afdol sebuah motor seharga 60 jutaan ke atas dipajang di lokasi yang menurutnya kurang representatif untuk sebuah motor mewah dan mahal.. Ya KBY sih paham maksudnya, Honda CBR250RR merupakan produk buatan AHM termahal dan tereklusif saat ini.. seharusnya diperlakukan sebagaimana produk ekslusif. Jangan sampai pamornya jadi sama dengan produk yang kelasnya di bawahnya..

Jadi ingat era tahun 2006 ke bawah dimana jika kita masuk dealer, motor motor yang harganya masuk kategori mahal ditempatkan pada posisi tinggi dan utama…tambahnya. Well, jaman memang sudah berubah, saat ini produk pabrikan sudah banyak banget dan memang agak berbeda perlakuannya tidak seperti jaman dulu. Pun begitu di beberapa dealer besar masih ada perlakuan sama seperti dulu kok.. motor mahal disimpan pada posisi yang ciamik dan eye catching…

Pun begitu, meskipun setuju dengan pendapat mang Pras, namun KBY melihat ada faktor lain dengan dipajangnya CBR250RR ditempat semacam itu.. Tujuannya tak semata mata jualan, hanya sebagai awareness kepada masyarakat bahwa Honda punya sport terbaru selevel ninja loh.. Ini barangnya.. Maklum nama Ninja kan sudah kuat banget di kalangan masyarakat saat ini jadi perkenalan nama CBR sepertinya memang harus disosialisasikan.. Dan kalau ternyata sampai ada yang tertarik inden juga ya itu dianggap sebuah bonus saja..

Kalau menurut lads gimana?

Terima kasih sudah bantu sharing.. Baca juga yang menarik lainya dan kunjungi blog mang saka www.sakahayangna.com :

Kontak kobayogas.com :

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube Channel: Yogas Erlangga
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

78 KOMENTAR

    • Sebar brosur ga papa sih..ketimbang sebar BC yg bisa jadi malah tambah nyungsep jualannya karena fokus ke BC lupa jual produk xixixixi

  1. sy rasa sih…..mau gimanapun…sales honda pasti punya perhitungan yg matang….kalo nggak…nggak mungkin bisa nguasai pasar wkwkwkwkwk…..

    • Wah saya malah bersyukur motor seprot sekarang ga bisa buat dagang. Jangan lecehkan dia si kuda elegan dengan di tunggangi dagangan, hormatilah dia…

  2. segala cara pun dilakukan guna menumbangkan dominasi ninja250, termasuk ikt dangdutan di pasar. ?

    yap biarpun sah2 aja tp mnrut ane cara ini kurang elegant untuk motor dengan harga se mahal itu. ?

  3. Jangan remehin tempat seperti itu lho, org indonesia itu unik, biar keliatannya kere tp liat aja dijalan jalan kampung pun kadang ditemuin motor gede n mobil mobil mewah berkeliaran, mungkin honda juga sadar kalo kelas 250 ss udah bukan barang semewah dulu waktu ninja bru keluar, jd yah menurut ane wajar aja mereka jualan disitu sapa tau bisa terjaring potensial buyer yg ga punya waktu buat jalan jalan ke dealer, liat juga tuh mas sayur yg empuny bakulkangkungjpr, dia aja punya cbr 250r yg secara hrg ngga bs dbilang murah, ???

  4. Pernah liat kondisi toko orang madura yang kecil dan hanya tinggal di pinggiran kota Jakarta nggak?
    Meski kesannya nggak seberapa keuntungannya, tapi faktanya, mereka hanya butuh 8 s/d 10 bulanan lho buat ngumpulin uang 60 jutaan, makanya nggak heran kalau sekarang sudah banyak yang punya mobil.

  5. Kalo itumah memang bukan niat jualan tapi niat SHOW saja biar masyarakat pada tau kalo cbr250r itu skr dah jadi cbr250rr alias dua silinder.
    Kalo gak diperkenalkan ke tempat keramaian umum… kan kagak pada tau masyarakat awam.

    Jangan pada remehkan para pedagang jajanan atau orang pasar lho ya… income mereka sangat JAUH diatas gaji UMR. Orang jualan jajanan itu rata2 sehari dapat 500rb.
    so…. OM TOLELOT OM ?

  6. Kalau dianalisis, itu sebenarnya bumbu-bumbu penyedap buat mengangkat motor kelas dibawahnya mang 🙂

  7. Didaerah saya malahan sangat pelit infonya kang, launching aja hanya utk teman marketing yg terdekat saja,insyaAlloh saya calon pembeli yg kecewa dgn marketing honda cbr rr, saya batalkan aja daripada nambah kecewanya

  8. Teman saya yang jualan sayur keliling komplek, omset tiap harinya berkisar di angka 500ribu, untung brsih tidak kurang dari 150-200ribu. Lalu beranjak ke pedagang pasar emperan jalan yang bukanya cuma tiap malem, omsetnya lebih gila, bisa 1juta ke atas. Dan temen yang jualannya di pasar punya kios, dalam sehari bisa nabung 500hari, itu sudah ngasih makan anak istri dan gaji karyawannya 2 orang. Lalu apa kabar kita yang kerja di kantoran?

    • Manusia berwawasan sempit nd pemuja benda mati ea’ kayak prasetyo_gitu cara berfikirnya Mas-Bero,,
      Apapun cara dan opini dilakukan hanya untuk memuaskan hasrat fanatiknya’__

      Bos’2 tempat kita kerja awalnya juga dari usaha kecil dulu,,
      Gag mikir kesitu dia,,

    • Malah ad tmn sy yg memgundurkan diri fokus jualan pecel lele lamongan skarang dh banyak cabang.

      Pendapatanya 60jutaan dlm 1bulan.

      Syp sangka bro.. dr skedar cari tambahan.. skrg ank buahnya banyak.. bahkan gajinya mepet sy.. gaji ank buahnya 3jutaan bro..

      Tapi mertua tmn sy peternak bebek. Or ikan lele..

      Tetap sj sulit dipercaya 60jt dlm 1bulan..

      Cuma smw itu proses yg panjang.. or butuh ketekunan.

      Hujan panas badai dilalui.. hasilnya luar biasa… boss sy aj cuma 19jutaan gajinya..

  9. Wong di-depan ruko pinggir jalan kok sudah bisa mendiskreditkan masyarakat sekitar golongan tidak mampu,,
    Dipinggir jalan itu siapa aja bisa lewat, bahkan artis ato pengusaha muda yg duitnya berlebih bisa melihat nd nengok stand,_
    Fix_
    Prasetyo kui blogger Marjinal, Kere’ pengagum Rudi_Triatmono,
    ingin meruntuhkan mental calon pembeli CBR250RR tentang proud produck,,

    • Adah salah kah tenda? maen 2 ke kota gede mas, turutama Medan ni
      Tau motor Bmw harga nya yg gk ada puluhan juta tu , maen ke jln siswondo parman, petisah hulu, medan baru,. Sumatera utara
      BMW aja ada di jual di Tenda, Apa salah.
      (pribadi gua lebih bagus motor 250 cc up juga ada di pasar kayak itu, supaya mencerminkan kalo org indo itu rata rata mapan, terimakasih)

  10. @prasetyo : blogger Marjinal Sok Uyeh’_
    Kalo gag suka sama Honda gag usah pakai opini ngawur kayak gitu,,
    Gag paham marketing diam zaza’_
    Dasar blogger Kere’ wawasan sempit,
    Semua juga tahu kalo CBR250RR itu produk baru yg notabene’nya gag semua dealer kebagian buat product display’nya,
    itu dealer beruntung bisa dapat satu unit display’nya,,
    Disandingkan sama product low-end itu sebagai maskot product,
    Bahasa marketingnya Brand Ambassador product,

    Dont judge’ a book from the cover’_
    Itu pepatah mbok coba kamu makan,
    Biar melek wawasan kamu,,

  11. Bagi AHM segala cara bakal dihalalkan, yg penting jualan laku banyak, bodo amat ama image prestis dkk. Astra group dilawan… noh… boilnya banyak dijadiin taksi, bahkan sekelas Alphard. Jualan skrg susah, makanya makin menjadi2 aja, Mercedes aja bela2in turunin pamor imagenya demi jualan. Skrg bahkan Honda yg tadinya anti banget malah ikutan relain Mobilio-nya dijadiin taksi.
    Tinggal kita aja sebagai konsumen yg ambil keputusan. Kl merasa image prestis produk tsb jd turun akibat tindakan yg dilakukan pabrikan, ya kaga usah beli produknya. Kl aye mah mending Audi or Jag atau minimal BMW, gak bakal pilih Mercy. Lha… bkn krn dijadiin taksi, tp krn disainnya kiblat ke om2 culun, pake supir lg, bkn nyetir sendiri, hahaha… Kl merk Jepun ya Mazda dong, lihat aja disain sedan full sizenya Mazda 6 yg sporty amit pake bingitz, bandingin aja ama Accord atau Camry, jauh bro… wkwkwkkkkk

    • desain dan prestise boleh joss…tapi kalo penjualan memble?? Mazda6 emang juoss bingit,,tapi org dgn duit segitu,,kbanyakan disupiri,,apalagi mobil sedan….inget sekali lagii,,pasar yg menentukan…gue baru nemu mazda6 5 biji doang…jauh lah dibandingin accord,,apalagi camry

  12. Klo motor Suzuki di situ, kasihan Suzuki, dealernya banyak tumbang, sampe harus jualan di pinggir pasar.
    Tpi CBR 250 ini kn dijual di Big Wing. Tidak semua dealer dapat jatah. Apa pihak Jepun atau AHM tau soal ini. atau delaer tidak izin dulu ke ATPM.

  13. jgn liat dari satu sisi, itu dilakukan agar cbr 250 rr dikenal disemua lapisana masyarakat.

    benar tdk semua bisa membelinya,

    tujuannya; mereka mengenal, itu pointnya.

    jadi mereka sedang berusaha u/ mengikis image ninja berlahan-lahan

  14. jgn liat dari satu sisi, itu dilakukan agar cbr 250 rr dikenal disemua lapisana masyarakat.

    benar tdk semua bisa membelinya,

    tujuannya; mereka mengenal, itu pointnya.

    jadi mereka sedang berusaha u/ mengikis image ninja berlahan-lahan

  15. jadi anak kecil juga bisa liat, itu toh motor yg dipake MM, anak kecil juga mulai kenal MM selain vr

  16. ini bdt yg ane tahu dulu bukan’ ya,,??
    Wah udah insyaf ternyata ente’ Mas-Bero,,

    Jouussss,,,,

  17. kemarin sensus ekonomi 2016 kebetulan di pasar ane survei pedapatan pedagang di daerah saya. kaget gan penjual sayur yg punya kios emperan sebulan bisa 8-11jt kadang bis lebih .

  18. Masalah tenda sih menurut saya gk masalah lah.
    Biar nampak org 2 asing oh org2 indo rata rata mapan ya.

    Di Medan aja Bmw motorrad ada di jual Di tenda, dpn Ruko lagi…
    Apa salah,

  19. Kadang orang di daerah yg aye sangka gak sanggup daya beli nya ternyata lebih tajir dripada aye
    Pas mudik di bikin bingung, rumahnya gak gde tapi ada HD 2 biji
    Gak lama lewat zx6r di trondolin lewat pinggiran sawah ..
    Asemm

      • Pokoknya G ush belagu..

        Ap lg meremehkan org.. lain.

        Mereka itu memang identik dg penampilan sederhana..

        Rata2 pengusaha g banyak gaya.

        Padahal pendapatan na jauh diatas kita..

        Klo ad org jualan sayur bisa beli ninja mah sangat tidak heran.

        Lah tmn sy jualan ketoprak 1 tahun beli Rumah… pdhl dikampung rumahnya tingkat..

        Karna males ngontrak ahirnya beli rumah sendiri.

        Sumpah bro saya jujur… buat perenungan aja.. Agar kita g sombong.. or meremehkn org lain..

  20. Majapahit Episode-1 kekuatan FBH masih lemah Pak,,
    Gempuran FBY saat itu massive banget, Jaos, Nobita, Peyek nyerang sporadis,
    Yg saya ingat dari kubu FBH hanya Marwoto yg masih sanggup subtain di garda terdepan,
    Sekarang FBH lumayan’ lah,
    hehehehehehehe,,

    • kata sapa FBH dulu lemah lemah,

      FBH dulu itu smart-smart :
      yg punya Warung, Kurher. Eiscell, Gus pur, blog rider tua, Salman pedrosa,

      FBY yg smart itu cuma Jaos

      sisanya netral kaya Yahosukawa

    • kata sapa FBH dulu lemah lemah,

      FBH dulu itu smart-smart :
      yg punya Warung, Kurher. Eiscell, Gus pur, blog rider tua, Salman pedrosa,

      FBY yg smart itu cuma Jaos

      sisanya netral kaya Yahosukawa

  21. Ironic… Keluarga BIG WING terpaksa jadi SPICY WING, yg dijajain sales ke rumah-rumah … “Ayo beli 2 gratis Beat !!!” (Kabur ah… takut ditimpukin FBH)

  22. Ngga sekarang ane nanya deh. Kira kira bapak mak yg di pasar itu tau R25, R15 ngga? Ngga tau? Nah kl ngga tau, gimana mereka mau mbeliin anaknya itu motor. Coba kl anak mereka ngerengek minta Ninja, trus gegara ada stand beginian mereka jawab, ngapain Ninja, tuh Honda punya CBR RR! Mampus ngga tuh. Wkwkwk

  23. Jor2an emang marketing honda..
    Sekarang motor ga cuma kebutuhan aj sih, tp jg gaya hidup..
    Ga heran ane jg pedagang2 bs beli motor sport 250cc ke atas,, money cycle-nya lbh bgus dr org kantoran yg statis penghasilannya..

  24. Mang orang pasar rata2 duit nya banyak. Mereka sibuk, ga sempet internetan, ga sempet browsing, ga sempet youtube-an, ga sempet dateng ke pameran. Jadi mereka ga tau oooo Hondul punya motor keren juga nih.., githu mas prasetio…

  25. Setuju mang….sama opini sampean..
    karna ninja sudah mengakar kuat..
    hehehe..
    tp mbok ya jgn d jejerin sama embit rek… -_-

  26. coba sekali-kali jalan ke pasar induk kramat jati kang…
    tukang sayur aja ambil jualan sehari bisa 10 juta terus dijual ke pasar-pasar kembali bisa dapet laba bersih 1- 3 jutaan kang
    1-3 juta * 20 hari lah = 20-60 jutaan sebulan, cash, no riba, no ribet
    siapa sih yang gak kenal kumuhnya pasar induk
    justru tuh marketing pinter banged…
    bisa2 tuh cbr diambil cash
    btw bener kata juragan rebon atas ane
    tukang ketoprak di jkt aje yg biasa2 aja
    wong di kampung aza rumah dan sawahnya guede kok
    #fakta
    dont judge the book by its cover lah

  27. jangan meremehkan pedagang kecil gan, tukang ketoprak dan tukang sayur dikomplek saya pada punya mobil, suerrr dah. saya aja yang buruh pergi pagi pulang sore cm bisa beli matic kredit.

  28. artikel ini menggemparkan dunia dech. hihi… gk apa lah, tak ada masalah. pasar rakyat tuch lebih mudah jd tempat promo.

  29. di manokwari yang notabene lebih pada prefer jenis trail saja cbr nopekgo dobel er dipajang tuh. 😀

Yuk Tinggalin Jejak Lads..