banner

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. sedikit demi sedikit “senjata rahasia” yang bakal disematkan pada Yamaha R25 2017 terkuak, setelah penerapan suspensi depan yang bakalan pakai upside down alias inverted fork, kini R25 2017 disebut sebut bakal pakai teknologi kopling slipper clutch!

Meski bukan yang pertama, karena Kawasaki Ninja 250FI Special Edition (SE) sudah lebih dulu menerapkannya, namun jika dipasang pada Yamaha R25 2017 nanti ya tetap saja kudu diapresiasi.. Apa sih binatang slipper clutch itu? Nah mangga dibaca KBY kebetulan sudah pernah membahasnya pada satu artikel mengenal teknologi slipper clutch pada motor..

Opini KBY pribadi penerapan kopling model slipper clutch pada Yamaha R25 2017 nanti tentu ada plus minus.. plusnya bagi yang demen riding di track day, engine brake berlebihan yang biasanya terjadi pada motor standar ketika melakukan down shift alias penurunan gigi ke yang lebih rendah dapat merugikan ketika menghadapi tikungan karena ban bisa loss traksi.. nah dengan slipper clucth gejala ngepotnya ban alias ban loss traksi tersebut bisa diminimalisir lads..

Sementara sisi minusnya sliiper clutch, justru jika motor lebih sering digunakan untuk harian, dimana momen engine brake besar justru lebih dibutuhkan jika menghadapi situasi darurat seperti harus berhenti mendadak misalnya, dimana pengereman saja tidak cukup.. Bagi rider yang sudah masuk kategori expert, minimnya engine brake ga masalah, tapi bagi rider novice justru engine brake besar lebih diperlukan..

Lebih menarik lagi kalau nanti Yamaha juga menambahkan Assist Clutch pada Yamaha R25 2017 sebagai duet yang tepat bagi Slipper Clutch.. Assist Clutch bikin kopling jadi enteng dan ringan sementara slipper clutch-nya mencegah momen engine brake yang berlebihan, pas kan ya?

Ya itu lah yang namanya penerapan teknologi tentu ada plus minusnya, mungkin akan ada juga yang komen gak bakal berguna seperti komen komen pada riding mode dan throttle by wire pada CBR250RR..  Tapi yang jelas, memberikan sesuatu yang lebih akan memberikan nilai tambah (added value) bagi suatu produk seperti Yamaha R25 2017 nantinya.. Lebih baik ada daripada tidak toh? Daripada kudu nambah alias pasang sendiri misalnya, mendingan sudah bawaan standar hehe..

sumber info: Mariodevan.com

Terima kasih sudah bantu sharing.. Baca juga yang menarik lainya dan kunjungi blog mang saka www.sakahayangna.com :

Kontak kobayogas.com :

  • Email me: [email protected]
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

25 KOMENTAR

  1. Bikin artikel yamaha om..??
    Nanti dikira fbh ada amvlopnya…
    Dan juga sebaliknya…
    Kwkwkwkkwkk
    Klo menurut ane sih oke2 aj..lah wong kasih inpoh ke pembaca dan juga cari rezeki dimari.. sing pemting halal…
    Xixuxuxuudu

  2. “Lebih menarik lagi kalau nanti Yamaha juga menambahkan Assist Clutch pada Yamaha R25 2017 sebagai duet yang tepat bagi Slipper Clutch.. Assist Clutch bikin kopling jadi enteng dan ringan sementara slipper clutch-nya mencegah momen engine brake yang berlebihan, pas kan ya?”

    AFAIK (bisa cek di google maupun presentasi kawasaki)
    yang namanya slipper clutch itu sudah 1 set dengan sistem assistnya..kenapa? karena fungsi ketika deselerasi adalah slipping the clutch, dan fungsi ketika akselerasi adalah assisting (engaging) the clutch.. perhatikan deh gambar mode slipping dan assist

  3. kalo gini baru bener kalo sim buat 250 mesti beda, mesti bener2 pro/semi pro bukan novice yg cuma punya uang tp gak bisa cara ngendarainnya

  4. ane kebetulan mke ninja 250 se yg ada slipper plua assist clutch nya, kelebihan nya tarikan kopling enteng sekali ga bikin pegel, minusnya kampas rem cepat abis solanya engine brake berkurang banyak, dikit dikit rem ga ada engine brake nya

  5. dari artikel ini, gue jadi tau, gue masuk kategori expert…. wkwk…

    #candaah

    1st comment gak sih di blog mang kobay…… @_@

    test ah.

  6. sekalian quick shifter, kopling hidrolik, launch control, tcs, keyless, immobilizer, titanium valve, trus throttle body gede, riding mode, usd, deltabox, full led, tbw, gyroscope sensor mang

    etuk salam dr teteh melody

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini