Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. Membuka lembaran baru menjelang akhir tahun 2016, pabrikan dengan logo S yaitu Suzuki mempersiapkan gebrakan baru yang akan di mulai sejak tahun 2017 mendatang. Apa saja amunisinya?

gsx-r150 indonesia

Dengan semangat, Seiji Itayama, Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales mengemukakan bahwa Suzuki harus berubah di tahun 2017 nanti.. Kami sudah terlalu lama tidak melihat dunia luar dan selama ini hanya mendengarkan info apa yang dimau, bukan apa yang harus dilakukan untuk berkompetisi.. Semua dipikir baik baik saja, begitu mata terbuka ternyata kami dalam kondisi tidak kompetitif.. Itulah yang tersirat dari  ucapan beliau sebagai orang lama Suzuki di Indonesia..

Gebrakan yang dicetuskan tak hanya sekedar wacana, itu mengapa PT SIS butuh masukkan yang obyektif, tidak hanya dari satu sisi saja tapi juga mendapatkan input dari sisi konsumen lain bahkan kalau perlu dari kompetitor..! Ingat pasar di luar sana demanding dan banyak ragam, mengetahui keinginan pasar adalah salah satu cara sukses yang diambil hasilnya oleh kompetitor..

Jadi apa yang dicanangkan oleh Suzuki Indonesia di tahun 2017 nanti? Nah ini adalah bocoran yang malah dipersilakan oleh petinggi Suzuki untuk diinfokan kepada konsumen, agar konsumen di luar sana tahu apa yang akan dilakukan oleh kebangkitan Suzuki!

Motor Sport

Sudah pada tahu pastinya kan Suzuki GSX-R150 dan GSX-S150? Keduanya bisa dikatakan produk perdana terbaru bagi Suzuki setelah Satria FU 150 injeksi. Desainnya memang Suzuki banget, cenderung kalem. Tapi bicara spesifikasi mesin, beuh paling buas di kelasnya! Mesin GSX-R150 dan GSX-S150 mampu menghasilkan output sebesar 19,1PS!

Dua produk inilah selain Satria FU injeksi yang akan menjadi andalan penjualan Suzuki Indonesia ke depannya sambil menunggu produk produk lain dalam proses riset.. KBY cukup yakin dengan promo dan penetrasi yang tepat, baik GSX-R150 maupun GSX-S150 dapat menuai sukses..

gsx-r150-motogp-livery-kobayogas.jpg.jpg

gsx-S150 indonesia

Motor Sport Adventure

Nah kemungkinan paling kuat yang kedua adalah motor sport adventure alias petualang alias penjelajah.. Suzuki punya V-Strom 250 disini.. akan ada pilihan selain Inazuma yang sport turing banget, V-Strom akan menjadi pilihan ultimate bagi pencinta Suzuki khususnya namun juga akan mendapat perhatian khusus bagi pencinta adventure bike..

Lalu bagaimana kalau kelas 150cc juga diisi dengan motor sport Adventure? Ya malah lebih keren lagi dan bisa menjadi pionir! Saat yang lain mau masuk ke kelas 150cc, Suzuki sudah duluan bermain, apalagi kalau basisnya ngambil dari V-Strom 250.. Ajib!

suzuki-v-strom-250-front-view

Motor Sport Scrambler/ Bobber/ Classic

Di kelas ini sebenarnya Suzuki punya bahan bernama Suzuki VanVan.. pasarnya gak besar tapi lumayan potensial.. Yamaha absen, Kawasaki punya Estrella 250cc, Honda baru akan memasukkan CMX500 alias Honda Rebel 500cc.. Kesamaan dari keduanya adalah harga yang tinggi! Jika Suzuki mau, Suzuki VanVan 200cc bisa jadi pilihan dengan harga jauh di bawah Kawasaki Estrella.

suzuki-vanvan-200-metallic-triton-blue-kobayogas
suzuki vanvan

Sport Cub/ Bebek Sport

Ini adalah salah satu pilihan yang dikemukakan Itayama San, mungkin karena melihat Honda punya Supra GTR 150 dan Yamaha punya MX King 150.. Bebek memang belum benar benar ditinggalkan pencintanya kok, meski tergerus oleh skutik namun pengguna bebek tetap ada.. Hanya saja Suzuki kudu berhati hati bermain di kelas ini, karena trend nya sudah mulai menurun, maka soal desain harus benar benar melakukan riset..

Paling bener itu ambil desain MX King di belakang dan depan boleh membangkitkan kembali wajah Suzuki Arashi yang dulu dirasa kurang pas timingnya tapi sekarang bisa diterima konsumen.. Untuk kaki kaki. Supra GTR 150 yang kokoh boleh dijadikan inspirasi. Dengan perpaduan tersebut, bebek sport Suzuki bisa bejaban, apalagi dengan harga kompetitif dan pemilihan nama yang mudah diingat, misal Shogun 150R SP..

shogun-sp125

Skutik

Jika bermain di kelas 110-125cc dirasa sulit karena kompetitor terlalu kuat, maka naik kelas lah, trik yang dilakukan Yamaha sudah sangat baik, paham PCX 150 bermain sendiri, banyak yang ingin tapi harganya mahal, NMax pun masuk dan sukses! Nah Suzuki bisa mengambil inspirasi dari situ, pilih skutik berkapasitas 150cc atau 200cc dengan desain yang masuk akan selera konsumen Indonesia dan harganya kompetitif.. Misal Suzuki Burgman 200 yang dilokalkan..

first-ride-suzuki-burgman-kobayogas

THE VERDICT

Yang harus digarisbawahi, bold dan italic adalah, sebagus apapun performa dan fitur, kalau desainnya gak disukai maka akan percuma. Tidak ada yang salah dengan melihat desain yang dimiliki kompetitor, bukan berarti harus mencontek.. Tapi kenali desain yang disukai oleh pasar, karena pada dasarnya konsumen Indonesia melihat desain lebih dulu..

Tidak mudah memang usaha Suzuki Indonesia untuk berkompetisi di ajang pertempuran yang bisa dikatakan sengit, bahkan dengan rendah hati Itayama San berkata, “kami paham posisi kami saat ini ada dimana..”  Namun lads, tidak ada kata terlambat, Suzuki punya modal cukup kuat terutama dari sisi performa dan kehandalan mesin. Dengan tim yang solid, eyes open wide, terbuka akan masukkan bahkan kritikan sehingga didapatkan perspektif serta masukkan yang obyektif, maka Suzuki akan siap tempur!

Terima kasih sudah bantu sharing.. Baca juga yang menarik lainya dan kunjungi blog mang saka www.sakahayangna.com :

Kontak kobayogas.com :

  • Email me: [email protected]
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

27 KOMENTAR

  1. Mang … selain produk yg variatif, desain menarik dan harga kompetitif … Suzuki juga tidak boleh melupakan faktor 3S

    Armada marketing yg militan kudu punya tuh, jangan sampe pake baju Suzuki tapi nawarin produk kompetitor … trus mekanik juga diajarin senyum dan kemampuan komunikasi, udeh bau olie pas ditanya kenapa part harus ganti eh bukan jelasin malah ambekan

    Suzuki juga harus support komunitas dan klub … bikin OMR lagi sebagai ajang riset buat persiapan berprestasi IRS dan AARC, bikin acara kayak HBD nya Honda

    Ayo Suzuki … kamyu bisa !!!

    (maaf Mang klo kepanjangan)

  2. Segmen moge jgn lupa dong Suzuki. Pelopor ATPM moge pertama loh di Indonesia. Penggemar fanatiknya buanyak loh. Gw tu milih Kawak krn keseriusannya, harga reasonable, usernya banyak, jadi parts dan asesoris pun banyak. Kalo motor xoxo ajalah kalo buat di jalanan, buat keren2an aja koq. Kalo Suzuki bisa bikin pesaing, wah dunia permogean bisa berubah.

  3. Jelas vanvan mau masuk mang, ane deman ban blkngnya 180/80 14.
    Suda bnyk motor scorpio, tiger modif aliran vanvan atau Tw250.

  4. sayah setuju sekali yg inih : sebagus apapun performa dan fitur, kalau desainnya gak disukai maka akan percuma. Tidak ada yang salah dengan melihat desain yang dimiliki kompetitor, bukan berarti harus mencontek.. Tapi kenali desain yang disukai oleh pasar, karena pada dasarnya konsumen Indonesia melihat desain lebih dulu. dan jangan lupa juga dealer yg tutup bukain lagi 😀

    http://warungasep.net/2016/12/02/adu-performa-dan-topspeed-honda-cbr250rr-vs-yzf-r25-dan-ninja-250-fi/

  5. Kelamaan mikir….sebagai penggemar suzuki jadi mulai berubah haluan…termasuk dilernya…hahaha… Biar kesindir, biar buruan keluarin vstormnya

    • Wahh, nanti klo udh bnyk yg pake, udh sering liat malah keren, gsx-s punya potensi yg bagus, looknya mirip” sma sugomi. Kliatan aneh karna baru ada di mocil yg kompetitor blm make.

  6. gila, powernya di atas motor legendaris yamehek 2tak rx-katrok. padahal beda kubikasi mesin cuma 15 CC dan juga GSX 4tak yang mestinya harus 2x kubikasi mesin 2tak untuk menyamakan powernya.

  7. Tadi nya ane mau ambil CBR 150. Tapi karena buatan AHM, dan berhidung pesek, ane jadi mundur teratur..

  8. Konsumen nyamar:
    FUFI keluar, ntar aja nunggu sport batangan fairing Suzuki.
    Sport keluar, ntar aja nunggu maxi scooter.
    Maxi scooter keluar, ntar aja nunggu bebek super.
    Bebek super keluar, ntar aja nunggu 250.
    Ujung2nya beli revo sekon. Karena nnti gampang dijual kembali.

  9. pake nama besar Shogun 150R SP. bagus bener kalo jadi.
    pake shock belakang double juga ngga apa2 asal kaki2 bebek gambot, bagasi muat full face helmet. mesin turunan satria fufi yg powerfull.

    gara2 liat matik yamaha Aerox 155 yg stylingnya elegan sporty, mesin bagus, gambot & bagasi luas.
    paket impian untuk sebuah bebek super.
    semoga ditanggapi oleh SIS.

  10. Pembahasan yang ramai
    Menurut pendapat pribadi nih disain pabrikan H itu sebenarnya ga ada yang bagus ,ada yang bagus tapi cuma beberapa
    Kalua untuk pabrikan merk Y rata rata tuh disainya lebin bagus tapi ada juga yang srek di hati,tapi penjualanya kok kalah ,ane juga bingung sama konsumen indonesia nih.
    Kalau untuk pabrikan S kususnya untuk produk yang sekarang setelah edisi sogun sp yang blok engin warna emas brahir gak ada yang monyos kecuali FU.

  11. Sayang ga ada dlm list motor Trail 150 sd 200CC..kyk DR200S…harus diakui dlm Hal ini cm KMI yg berani jualan Trail / Supermoto 150 CC…AHM & YIMM cuma banyak bacot aja…Padahal diluar sana ada WR125R/X..yg basic Engine sama persis dgn Vixion…Udh lama bgt mimpiin YIMM lokalin trs jadi 150CC..dijual dgn Harga 25 sd 30 Jutaan…behh saya rela jual Honda OLD CB150R..

  12. Utk maxi scoot kelas 150an cc suzuki sdh pernah punya avenis tinggal desainnya disesuaikan biar kekinian serba meruncing, bakalan joss…. Burgman? Sdh pny pasarnya sendiri…dilokalin tp naik jd 250 sekalian…

  13. “Lalu bagaimana kalau kelas 150cc juga diisi dengan motor sport Adventure? Ya malah lebih keren lagi dan bisa menjadi pionir! Saat yang lain mau masuk ke kelas 150cc, Suzuki sudah duluan bermain, apalagi kalau basisnya ngambil dari V-Strom 250.. Ajib!”
    itu yang daku tunggu-tunggu.. hohohoho 😀
    semoga semoga semoga…

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini