Blast From The Past, Suzuki Tornado GS Dan GX Series!

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. Kembali ke artikel blast from the past alias tema motor jadul.. Kali ini KBY akan bahas dari kubu logo S, no no bukan Superman, tapi Suzuki, tepatnya Suzuki Tornado GS 110 dan GX 100! Rugi kalau gak dipanteng loh! 😀

Suzuki Tornado GS 110

Sebagai mukadimah, KBY mau infoin, ini motor andalan komentator terkenal seantero blogsphere bernama Roy.. karena biasanya motor apapun dibandinginnya dengan Suzuki Tornado wkwkw.. Ayo ah kita bahas sedikit soal motor ini, kebetulan KBY masih pegang iklan alias brosur asli lawas langsiran dari Mang Andy sahabat di FB.. geber mang..

suzuki tornado GS 110

Sebelum benar benar beralih dari kesuksesan Suzuki Crystal, pada kisaran tahun 94’an, pabrikan Suzuki Motor Indonesia (Indomobil Group/ Suzuki Indomobil Sales sekarang -red) menelurkan motor 2 tak yang awalnya sebagai tandem Crystal dan kemudian secara perlahan akan dialihkan sebagai regenerator dari produk pendahulunya yakni Crystal 110. Itulah sang Suzuki Tornado!

Sebagai suksesor dari Suzuki Crystal, tugas Suzuki Tornado tidaklah mudah lads.. Crystal sangat harum namanya di kancah adu kencang nasional, salah satunya yang digeber oleh pembalap kawakan asal Solo, Dicky “Jambret” Setiawan pada saat itu.. kesuksesannya di area balap cukup selaras dengan penjualannya. Berat bukan tugas yang diemban oleh Suzuki Tornado ini?

suzuki tornado GS 110 dan GX 100

Suzuki Tornado tak hanya ada di Indonesia, Thailand sebagai negara yang dikenal menjadi barometer soal performa motor, nyatanya juga mengenalkan produk serupa dengan Tornado GS 110 hasil pabrikan Suzuki Indonesia, dengan nama Royal Crystal 110, sepertinya Thailand ingin tetap membonceng keharuman nama Crystal ya. Suzuki Tornado juga dapat dijumpai di negara Vietnam lads..

DESAIN SUZUKI TORNADO GS 110

Gak salah kalau cukup banyak yang bilang desain Suzuki Tornado GS 110 mirip dengan Robot.. desainnya campur aduk antara badan bebek konvensional dengan bagian kepala dari jaman film Star Trek alias futuristis.. Meski di depan bentuknya mengotak namun ke belakang dia cukup chubby dengan body rounded alias membulat.. Lampu rem-nya berbentuk khas, gakan salah tebak deh, palingan salah nebak jadi Shogun doang wkwkw..

warna gini yang dulu KBY miliki

warna gini yang dulu KBY miliki

Bagian rantai menjadi identitas motor jadul lads, masih dengan penutup lengkap yang bikin ribet perawatan namun relatif bersih dari kotoran. Begitu juga dengan suspensi belakang, tanpa ulir terlihat akibat shock yang punya model full cover alias bungkus..

Tapi berkat desainnya juga yang mirip dengan Suzuki RG Sport, KBY sukses manas manasin babeh buat beli ini Suzuki Tornado GS 110 yang dipake adik perempuan! Meski beli buat doi tapi tetep aja kalau KBY pulang ke Jakarta dari Bandung ya guweh juga yang make wkwkwk.. kenceng sih coyyy.. Desain speedometer juga enak diliat, futuristis dan terlengkap di jamannya..

suzuki tornado GS 110

Entah di tahun berapa KBY lupa, kayaknya 97′ Suzuki Motor Indonesia juga mengeluarkan kembaran Suzuki Tornado GS 110 dengan versi “pahe” alias paket hemat karena punya kapasitas mesin lebih kecil 10cc dengan beberapa detail part berbeda seperti knalpot yang masih menganut bentuk panjang… Namanya Suzuki Tornado GX 110..

FITUR SUZUKI TORNADO GS 110

Suzuki sih menyebutnya modifikasi, tapi lebih tepatnya fitur baru yang ada di Suzuki Tornado GS 110 versi tahun 1997.. Iya di tahun ini sesuai brosur ada beberapa fitur baru yang disematkan lads.. apa saja kah?

  • Striping baru
  • pillion handle berwarna chrome
  • spion chrome
  • muffler full chrome
  • tutup rantai setengah alias gak full
  • cover shock belakang full chrome
  • foot rest chrome
  • engine warna silver
  • sprocket polished white
  • kick starter polished white

Sementara desain Suzuki Tornado GS 110 lawas diturunkan ke Suzuki Tornado GX 100 lads…

fitur Suzuki Tornado GS 110

SPESIFIKASI TORNADO GS 110 dan GX 100

Ternyata tidak ada perbedaan signifikan untuk urusan mesin serta power yang dimuntahkan dengan produk sebelumnya, yakni Crystal 110. Masih sama-sama mengusung 13hp@ 7,500 rpm demham torsi sebesar 12.5Nm/7500. Dan juga untuk detil spek lainnya masih sebelas dua belas dengan varian Crystal Tune, Suzuki Swing, ataupun Suzuki Sprint, asal Thailand sana.

Sementara untuk Suzuki Tornado GX 110, dia punya tenaga sebesar 9.5hp @7500 dan torsi 11.5Nm di 5000. Keduanya sama sama mengusung pendingin udara khas teknologi Suzuki, Jet Cooled dan transmisi halus PECS 4 kecepatan andalan Suzuki..

spesifikasi Suzuki Tornado GS 110

Dengan segala prestasinya yang bersejarah di kancah road race termasuk ketika dijokiin oleh Asep Hendro, Tornado GS 110 tutup usia pada pada tahun 2004, artinya dia punya life span sangat lama dibanding motor motor jaman sekarang yang 2-3 tahun facelift hehe.. Seiring dengan menurunnya popularitas era 2 tak akibat tuntutan jaman, Tornado series sudah memiliki reputasi yang baik di eranya dan masih menjadi buah bibir diantara 2 stroke lovers hingga saat ini..

beberapa info diambil dari: dwinugros

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

About these ads

About Kobayogas

Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil
This entry was posted in Motor Jadul, Suzuki and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

39 Responses to Blast From The Past, Suzuki Tornado GS Dan GX Series!

  1. Pengendara Malam says:

    Mantappp.. Tornado angin puting bliung, arashi juga angin ribut…

  2. Ardiantoyugo says:

    Motor langka… Dulu masih sering liat di pasar…

    Yamaha R15 2017: http://wp.me/p7LBn5-2ez

  3. Supra 2002 ku awet rajet says:

    Kalo gak salah gx tu 100cc, rem depan tromol, knalpot model 4tak.

  4. UcupSALAH says:

    Ah ni mang kobay mengingat kan jaman jaya jaya suzuki, ampir semua bentuk suzuki jaman thn 90 an sama gk Rgr, ternoda, satria, shogun badak (sampai skrng cdi nya bnyk yg cari Cdi no limit coy wkwkw.

  5. amlbuton says:

    Ane malah punya crystal doang, setelah itu ganti satria 120s

  6. Argoz says:

    Ingat Tornado ingat Roy….dan jga King ny

  7. Ilmantul says:

    Pernah bawa tornado GX yang tromol itu saat masih SD

    Buset tenaganya liar… beda ama karisma yang saya bawa saat nge hits di masa saya SD dulu 😂

    • zzz says:

      coba dikomper dgn nova dash 🙂

      • Roy says:

        nanggung amad ama Nova Dash yg pk karbu PE24 + 125cc, skalian aja ama NSR250 MC28 buat GP250 yg powernya nyentuh 120hp berat 125kg, ato mw yg extrim sekalian ama NSR 500 2002 yg tembus 220hp + 135kg.

        :v

  8. Tedytenk says:

    Wewww… Om dwinugros yg kocak wkwkwkwk tp kliatane ud jarang nulis artikel ya kang?

  9. Tedytenk says:

    Weleh mode terasi hicks

  10. plat titanium says:

    anjir, fotonya diatas gunung kapur gilak keren nih motor bisa manjat. wkwkwkwk
    motor yg berbagi model sama 3 tipe berbeda, dulu tmn sd udh punya serasa primadona bawa motor kenceng

  11. apri says:

    pernah punya yg GS110..posisi berkendara’nya santai…

  12. paman tang says:

    duh jadi kelingan motor ibu ane dulu,RC 110 alias crystal,,waktu jaman SMP baru bisa naik motor,,udah berani ngasepin megapro yg bleyar bleyer di sebelah wkt lamer…syg aja remnya depan tromol,,gak berani bejek gas mentok…sayang tuh motor gak dirawat ama sepupu ane abis dibeli…pengalaman jatuh naik motor pertama kli dan semoga yg terakhir sama si crystal ini dulu…eh sorry OOT krn yg dibahas s tornado 😀

  13. Widhy980 says:

    di rumah ibuk masih ada RC80 😀

  14. ratno says:

    masih banyak penggemarnya nih br0 sis…. ada clubnya pula jakarta bandung solo lampung bandung jogja, bali,medan dan cabang lainya..https://www.youtube.com/watch?v=lKqf1VadOuk

  15. ratno says:

    masih banyak penggemarnya nih br0 sis…. ada clubnya pula jakarta bandung solo lampung bandung jogja, bali,medan dan cabang lainya..https://www.youtube.com/watch?v=lKqf1VadOuk

  16. Roy says:

    110cc 2 tak 13dk setara dengan verza 150 dan diatas CS1 yg kata mbek bisa mengasapi vixion. Ukuran karbu original nya cm vm16ss dibawah vega yg vm17. Gmpngnya gnt aja karbu yg gedean dikit dah naek tenaganya. Beda ama nova dash atau sonic yg ukuran karbunya sampai 28mm.

    Suzuki Flash yg pk vm22 an aja bisa 19dk.

    Msh ada yg brani bilang Tornado GS lemot?

    Wkwkwkwkwkwkwk

    • UcupSALAH says:

      To. ROY
      Kesalahan fatal ente jgn lo banding 2 tak sama 4 tak, (gk sekalian aja lo bandingkan cagiva mito yg speed /Gigi nya 7 itu cc nya cuma 125 cc, R25, n250 cbr 250 babay la)
      Honda nova dash itu 2 tak karbunya Pe 24, mesinnya sama kayak Honda Ls 125. /Nsr 125. (dash 125 cc 24 Hp)
      Honda Nova Sonic 4 tak karbunya Vm ukuran 28.(ni motor body setnya gile 6 jt 1 set) maklum motor cbu

      • Roy says:

        Bodyset 6jt karena langka. part daleman tornado GS ama tiger setara harganya tp dijalanan gak dianggap, biar kata motor lu kinclong jg. benerin nie motor gw sendiri abis 8jt msh blm puas.

        wkwkwkwkwkw

        biaya benerin RGR dan Tornado GS dah makan duid sampai 33jt setara ama All new CBR150R

        yg penting puas dan beken biar tuir jg…

  17. fireblade says:

    GX hadir…tenaga maknyuss…nyendal2.

  18. Maling says:

    Jadi bulan bulanan F1ZR di jalan ni, knpa kok gak ngeluarin versi kopling & velg racing? Secara cc udah sama dengan F1ZR.

  19. unyu2 says:

    asep hendro bukannya jokiin rg sport ya?? Satria versi 110

  20. kaw says:

    kang request fiz r full clutch dong ….

  21. send says:

    tetep kalah pamor ama fizr baik tampilan maupun performa.
    satria 2 tak juga dulu ga sebeken fizr.

    fizr kliatan jelek setelah muncul vega dan vega r.
    imbasnya, sisi positif satria ru jadi lebih terlihat.

  22. Hi hi hi says:

    Dulu zuzuki kalau beli kredit dapat 10 macam hadiah…. Sepeda gunung, kompor dll dll

  23. Jikun says:

    dulu pernah punya motor ini dikasih dari bapak. sekeluarga ada dua tornado GS satunya punya Om.
    ada yang aneh kalo inget, nih motor emang 2tak, tau sendiri kan konsumsi bbm 2tak, tapi ane seinget ane dulu nih motor iritnya kebangetan. dibawah Astrea dikit lah.
    kalo Satria R borosnya di oli samping, pernah punya juga soalnya.

  24. SuHaDi The Real JetBus says:

    paling asik liat hendriansyah merajai balap 110cc std pemula dengan Tornado dan juga Shogun 110 kelas 4tak pemula, (dan Suzuki RGR 150 besutan hendriansyah adalah satu2nya RGR yang bisa mengasapi kawanan Ninja 150cc di ajang roadrace Jateng/DIY dan kejurnas:: ini mah skill orangnya)

    gampang banget diajak wheelie

    sayang jaman itu belum ada internet, handycam juga masih mahal, jadi di youtube gak ada yang mendokumentasikan

  25. kenny says:

    wah ini temen sempet beli di tahun 1997, begitu ada temen beli, temen ane yang lain ga mau kalah dia saingan ikutan beli juga… tinggal gua yang ga bisa beli karena duit ga cukup mau minta ortu ga di kasih bawa motor… sue bener dehhh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *