CBR

Seberapa Ngaco Speedometer Honda CBR250RR? Ini Jawabannya..

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. bicara kecepatan yang berdasarkan speedometer apalagi urusan top speed alias kecepatan maksimum, pertanyaannya gakan jauh jauh dari, “berapa deviasi (selisih) speedometer dengan GPS?”..

tmc-1

Ya, pertanyaan skeptis yang seringkali dilontarkan jika ada suatu produk menghasilkan top speed yang tinggi alias kencang.. seakan akan kepengen tahu kesalahan produk tersebut dengan berharap speedometernya ngaco abis hehe.. Jadi jagoannya gak kalah dari sisi top speed real time by GPS wkwkw.. Nah seberapa ngaco sih speedometer Honda CBR250RR ketika dihitung menggunakan alat yang berdasarkan sensor satelit?

Speedometer motor Honda cukup dikenal deviasinya tinggi, alias faktor ngaconya besar lads.. Nah sudah bisa ditebak dong ketika Honda CBR250RR bisa meraih top speed 179 km/jam reaksi yang muncul seperti apa? Untunglah media media kawakan di Nusantara seperti otomotif ini memiliki gadget atau device seperti RaceLogic.. RaceLogic sendiri merupakan alat standar perhitungan kecepatan kendaraan dengan menggunakan perhitungan satelit seperti GPS namun dengan akurasi yang lebih baik..

top-speed-honda-cbr250rr

So berapa deviasi speedometer Honda CBR250RR ketika dihitung menggunakan RaceLogic? Ini KBY kutip dari Otomotif seperti apa dan bagaimana mereka melakukan tes top speed CBR250RR..

“Pengambilan data kecepatan pakai Racelogic sudah jadi standar OTOMOTIF dalam melakukan pengetesan motor baru. Ternyata di alat yang didatangkan dari Inggris ini mencatat angka 167,4 km/jam, sedang di spidometer seperti yang sudah dibahas sebelumnya, dapat 179 km/jam.

Nah berapa sih deviasinya? Kalau dilihat angkanya, maka ada beda 11,6 km/jam, atau kalau dipersentasikan perbedaannya sebesar 6,48%. Cukup kecil ya?

Sebagai tambahan, kecepatan 179 km/jam ini diperoleh pada jarak sekitar 1 km, diraih pada gigi 6 dengan putaran mesin 12.400 rpm. Oiya sebenarnya kalau treknya lebih panjang, kecepatn masih bisa naik kendati perlahan”

cuma 6.4% saja ngibulnya
cuma 6.48% saja ngibulnya

Wah ternyata speedometer Honda CBR250RR ngibulnya cuma 6.48% saja.. jadi saat top speed 179 km/jam diraih oleh Otomotif, maka realnya adalah 167,4 km/jam lads.. Lumayan kecil, karena biasanya Honda punya bisa di atas 9% semua wkkw.. (lihat tabel). Malah kompetitor yang lagi panas dingin, Yamaha R25, punya deviasi lebih tinggi yaitu 7,3% lads..

tabel-deviasi-speedometer-motor-di-indonesia

Paling ajib sih milik Ninja 250FI, deviasinya cuma 1.6% saja, makin tinggi makin akurat (lihat foto di bawah)! ..memang pake GPS biasa tapi biasanya speedometer Kawasaki kecil deviasinya kecuali Ninja 150 2 tak ye hehe. Terbesar dimiliki oleh Z250SL dengan angka 6.6%.. Deviasi biasanya diberikan dengan alasan safety, agar rider tidak terlena dengan kecepatan yang diraihnya..

So udah gak penasaran lagi kan berapa deviasi speedometer Honda CBR250RR? Mangga digeber lads..

punya ninja 250fi paling kecil deviasinya
punya ninja 250fi paling kecil deviasinya – sumber: leopold

Terima kasih sudah bantu sharing.. Baca juga yang menarik lainya dan kunjungi blog mang saka www.sakahayangna.com :

Kontak kobayogas.com :

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

Advertisements
About Kobayogas 3157 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

48 Comments

  1. Wkwkwk.. Saboodo teuing mang nya.. Rek on top speed, rek onthespot ge.. Nu penting mah ulah onTOHOD biker we.. .wakwaw ah nikmati aja geber motor dgn semilir hembusan angin, bari buka kaca helm smbil udud rokok ,

  2. Ini saya nggak habis pikir.. kenapa spedometer dibikin ngibulin biker.. punya mobil bisa dibikin bener sesuai kecepatannya kok motor nggak. Alasannya safety.. parah.. ngebohongin kok safety.

  3. Gk mungkin…, SONIC aja bisa 178 KMh.
    Masa CIBIER 250 cuma segitu.
    NGAHAEM…ah bercanda kamu.
    Honda THE POWER OF NGIBUL.

  4. Accel 0-100kph 7.7s standart lah yah. 250 twin cyl dohc paling lambat 8s di ninja 250. Selisih kurang dari 0.5s gak begitu jauh.
    Ninja 150rr di mplus 7s ( pokoknya dibawah 8s ).

      • Kalau di gang masa kecepatan gak boleh 5km/j… sama orang jalan kaki cepetan dia.
        Ga bisa bayangin kalau bawa motor2 gede macam z800 apa gak oleng…mending didorong…wkkkk

  5. Ciakakakak
    Benul kan sis kogay kena placebo effect 😉
    Yg jadi pertanyaan apakah otomotifnet jg berubah jadi dukun sunat ++ karena placebo effect ?? 😆

  6. ngitung deviasi nggak bisa cuman dari top speed. tapi harus dari bawah, 10km, 20km dst. baru dicari rata2. semakin banyak sample semakin bagus.

  7. đulu pernah pake honda SupraX 125. bensin maun habis monitor digitalnya penuh. kebalikan waktu habis ngisi bensin monitornya blank……mudah error

  8. Nah akhirnya ada yg test pake racelogic.
    Kalau cuma on speedo sih gak yg sebenarnya…
    Real lebih dr 165km/j ngeri bawanya.

    Kadang kalau liat yg debat cenderung alay “di motor gue segini” ,”gue kemarin bawa sampe segini”, “gue gigi 5 aja udah segini”, dll -> jadi ingat deviasi speedo motor… damn memalukan klo tau…wkkkkkk

    sodara saya sempet pinjem motor z250 buat test bedanya dr motor dia r15 (biasa anak sma, kepo).
    Katanya waktu dia bawa z250 di 125km/j => temennya yg bawa r15 di 131km/j.
    Ga tau bener ato gak, sy gak tahu & gak penting bagi saya karena Jarang bawa dikecepatan segitu takut……hehehe

  9. selingkuh speedometer itu sebetulnya merugikan konsumen dari segi kepemilikan produk,,, odometer jd cepat naik, makin gede selingkuh nya makin banyak dirugikan, belum waktu nya mencapai batas km garansi berhubung ada perselingkuhan jd lebih cepat tercapai.. masa penyesuain mesin 500km baru liat odo udah 501km motor test gebar geber padahal aslinya br 450, pantesan cepat ambrol…

    • Nih bro tak kasih link biar ente ga salah kaprah.
      Di speed memang selalu ada deviasi. Tapi utk odometer itu hampir atau malah bisa dibilang akurat. Karna utk perhitungan service dsbg.

      tmcblog.com/2015/03/06/membandingkan-speedometer-dan-tripmeter-yamaha-nmax-dengan-gps-garmin-60csx

      tmcblog.com/2015/09/10/membandingkan-speedometer-dan-odometer-honda-new-cb150r-dengan-gps

  10. alat ukur dg akurasi tinggi itu mahal, ada deviasi aman (bisa dibawah aslinya) , kalau polisi nilang pake speedtrap……

  11. Coba main ke suramadu ngabar community
    Motor 2klep 1 silinder 5 percepatan rata2 180 on gps trek 1200m
    Naikx tengkurep,bayangin motogp 300km/j cuma duduk nyante

Yuk Tinggalin Jejak Lads..