Proton Iriz First Impression, Hatchback Menarik Dari Proton

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. Pada dasarnya KBY itu suka mobil dengan desain atau berbentuk Hatchback.. alasannya simpel, bentuknya kompak (compact) dan biasanya punya handling superb apalagi kalau ada bonus performa mantap.. gurih gurih nyoy lah.. Itu mengapa KBY tertarik untuk membahas Proton Iriz ini..

Proton Iriz kuala lumpur

Dari dulu, sejak tertarik akan dunia otomotif dalam hal ini roda empat, mobil bermodel hatchback selalu punya tempat di hati KBY, seperti Proton Iriz ini.. Gak tau ya, mungkin kebanyakan baca literatur majalah roda empat juga terutama yang membahas mobil luar dimana mobil model hatchback berlabel hot hatch itu punya performa di atas rata rata dari mulai handling hingga tenaganya..

Itu mengapa VW Golf, VW Scirocco, Audi A3, Seat Leon Cupra, Ford Focus dan Escort, Renault Megane dan Clio, Toyota Will hingga Honda Civic Type R selalu punya perhatian lebih dari KBY..  Gak harus hatchback, model lift back juga KBY suka, contoh Mazda Astina, Toyota Celica, Renault TL, Citroen BX hingga Honda FCX Clarity juga KBY sukai. Di mata KBY mereka punya desain unik sih hehe.. Yuk kembali ke Proton Iriz..

DESAIN PROTON IRIZ

KBY melihat Proton Iriz pertama kali di Bandara Kuala Lumpur International Airport (KLIA) sebulan lepas lalu.. Lihat iklannya gede panjang dan langsung berdecak kagum, keren euy desainnya.. Aura hot hatch terlihat dari desainnya..  Kalau lihat dari bagian buritan ada desain eropa di sana seperti milik Citroen atau Renault lads.. Chubby chubby gimanaa gitu 😀

Proton Iriz kuala lumpur

Proton Iriz kuala lumpur

Dari depan, ciri khas desain Proton modern juga terlihat, tampang Proton Iriz ini keren dan ganteng, mata sipit mengesankan tubuh tipis dan pipih. Total empat buah head lamp plus DRL menghiasi seputar grill dan kap mesinnya. Tipe yang KBY lihat ini sepertinya yang terendah mengingat spion tidak sewarna bodi dan fog lamp pun absen..

Proton Iriz kuala lumpuresainnya memang gak wow banget kaya Scirocco atau Golf, malah ada garis desan hatch back Hyundai seperti i10 atau i20 disana.. Tapi bukan tidak mungkin Proton Iriz akan menjadi rival bagi pemain lama di segmen Small Hatchback Tanah Air. Pasalnya, nama Proton Iriz didapati terselip di daftar Tanda Pendaftaran Tipe Kendaraan Bermotor (TPT) Kementerian Perindustrian, Rabu (15/9). Apabila benar akan beredar di Indonesia, tentunya Proton Iriz menjadi opsi hatcback terjangkau.

HARGA PROTON IRIZ 

Berdasarkan TPT terpantau akan ada dua tipe Proton Iriz yang masuk Indonesia. Status pendaftarannya pun telah dinyatakan selesai. Dua tipe tersebut antara lain Proton Iriz 1.3L M/T Executive dan Proton Iriz 1.3L CVT Executive. Dari namanya saja sangat jelas kalau sistem transmisi menjadi pembeda kedua varian tersebut. Sepertinya untuk fitur dan kelengkapan interior akan mirip, ya jangan nanggung lah ya, berikan varian terbaik.

interior-proton iriz

Selama ini produk Small Hatchback di Indonesia dipasarkan mulai Rp 160 juta hingga Rp 250 juta. Produk yang bermain di rentang harga di bawah 190 juta antara lain ada Honda Brio RS atau Daihatsu Sirion, ada juga Suzuki Celerio dan kemungkinan Ignis. Memang, belum ada gambaran pasti harga Proton Iriz di Indonesia. Namun, apabila melihat banderol di negeri asalnya, mobil ini lebih murah.

bagasi-proton iriz

Sebagai perbandingan harga Proton Iriz di Malaysia, untuk varian transmisi manual (M/T) dijual Rp 147,3 juta dan Rp 145,9 juta (warna solid). Sementara, varian transmisi otomatis (CVT) dilepas Rp 156,7 juta dan Rp 155,2 juta (warna solid). Proton Iriz disebut juga sebagai Proton Compact Car (PPC) dan GSC (Global Small Car). Selain Brio dan Sirion, produk ini akan head to head melawan Mitsubishi Mirage, hatch back Suzuki  dan hatch back Hyundai juga lads..

FITUR dan SPESIFIKASI PROTON IRIZ

Proton Iriz dilengkapi banyak kelebihan. Yang pertama adalah dimensinya. Iriz memiliki panjang 3.905 mm, lebar 1.720 mm, tinggi 1.550 mm dan sumbu roda 2.555 mm. Volume bagasi mencapai 215 mm. Daihatsu Sirion berdimensi 3.690 mm, lebar 1.665 mm, tinggi 1.545 mm, dan sumbu roda 2.440 mm. Luas bagasinya 208 mm. Artinya, Iriz punya modal awal baik untuk bersaing di segmen tak ramai ini.

speedometer-proton iriz

Kedua, Proton Iriz mendapatkan lima bintang ASEAN NCAP untuk perlindungan orang dewasa, sementara untuk perlindungan anak-anak mendapatkan empat bintang. Not Bad! Kunci keberhasilan Iriz mendapatkan hasil bagus dalam uji tabrak tak lepas dari kehadiran fitur enam airbags untuk varian termahal Iriz. Fitur merupakan kelebihan ketiga Iriz, dimana tipe standar sudah dilengkapi dengan ABS, EBD, Brake Assist, Hill Hold Assist, dual airbags, dan ESC. Apakah yang masuk sini semuanya ada? entahlah..

interior-proton-iriz-belakang

Dari sisi performa mesin, Proton Iriz punya kapasitas mesin 1,3 liter bertenaga 94 hp pada 5.750 rpm, dengan torsi maksimal 120 Nm pada 4.000 rpm. Cukup besar untuk sebuah mesin 1300cc. Katanya bakal ada tujuh warna yang ditawarkan Proton, yakni Citrus Green, Silver Moon Dust, Tranquility Black, Fire Red, Genetic Silver, Atlantic Blue dan Proton White. Jadi pengen test drive nih!

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

About these ads

About Kobayogas

Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil
This entry was posted in Proton and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

27 Responses to Proton Iriz First Impression, Hatchback Menarik Dari Proton

  1. Pengendara Malam says:

    Klo dilihat dari blakang koq mirip sirion ya mang?

  2. handoyo25 says:

    Kayaknya score NCAP belum “menjual” utk market Indonesia ya?

  3. andre says:

    depan agya, samping satya, belakang sirion

  4. ardiantoyugo says:

    pak kaji, kok blogmu saiki berat dibuka…

    Spesifikasi dan harga GSX R150: http://wp.me/p7LBn5-2dP

  5. eko says:

    gileee… 156,7 jt dapet 6 air bag
    fitur safetynya manteb banget kang
    ini berapa silinder ya ?

    btw, di jok belakang kayaknya udah support ISOFIX juga ituh

    klo di jual di mari dengan harga & fitur yang sama, josss banget

  6. fari.fairis says:

    kalo sama Mirage 2016, lebih value yg mana mang? coz, ane tertarik bgt sm Mirage yg baru..
    Sprtinya fitur2nya mirip, dan ANCAP bintang 5..

  7. Yht2506 says:

    Masih mau masukin ke indonesia? Po ora kapok? Atau mungkin masuk dgn merk Asemka? Eh Esemka? Secara sdh ada penandatanganan mou huehehe

  8. DmNc says:

    hmm ane malah lebih tertarik hyundai i20 crdi new, apalagi versi wrcnya syedh ganteng pol. kira2 masuk sinih ga ya mang?

  9. vario125 says:

    fitur safety nya bagus untuk harga di bawah 200 juta. cuma kalo saya masih lebih demen ignis karena model nya unik plus kabarnya pake ban 18. interior juga lebih unik ignis. terbayang ingin memboyong ignis ke rumah hahahahaha

  10. budi says:

    Nice try, brilliant effort, but somehow area fascia (dan headlamp terutama) masih tercium aroma yaris yang kental (bukan kentil)

  11. ryumi says:

    ajib boleh juga ya

  12. gaplek mania says:

    emang masih mau beredar dimari? nmbukannya atpmnya udah tutup

  13. kutukupret says:

    Mobnas mana mobnas???? Sedih liat bangsa ini, cuman jadi konsumen. Semua barangnya merek luar smua

  14. hr15de says:

    Itu knob2 AC kok mirip punya Triton/Pajero Sport lama ya?
    Jujur ane mending sirion deh kalo ngeliat modelnya.

  15. ken39 says:

    ABS, EBD, Brake Assist, Hill Hold Assist, dual airbags, dan ESC, 160jt? Wew deh…

    Sirion segitu cm dapet dua airbag. Jual sirion, eh bentar, merk nya protol yah? Wkwkwkwkwk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *