Tips Bawa Skutik Di Musim Hujan Biar Gak Kecekik

Kobayogas.Com – Hola lads, musim penghujan telah tiba.. Kadang di beberapa area genangan airnya tinggi hingga bisa disebut banjir.. Nah sebagai pengguna motor tepatnya yang menggunakan skutik, ini ada tips bawa skutik biar gak kecekik di musim hujan

tips-berkendara-skutik-di-musim-hujan

Informasi tips bawa skutik ini KBY dapatkan atas kiriman dari Honda Yogyakarta via email dan menurut KBY bermanfaat untuk dapat menambah wawasan plus dijadikan praktek bagi lads yang sehari hari menggunakan skutik untuk wara wiri terutama di musim penghujan seperti saat ini, cekidot tips nya lads yang KBY edit dan tambahkan agar lebih nyaman dibaca.. Semoga bermanfaat..

Safety Riding Analyst Astra Motor Yogyakarta Muhammad Ali Iqbal mengungkapkan beberapa hal yang perlu diperhatikan agar pengendara aman selama perjalanan dan selamat sampai tujuan. Berikut ini beberapa hal yang menurut Iqbal patut mendapatkan perhatian saat berkendara dengan sepeda motor matic di musim hujan

1. Pastikan Sepeda Motor Matic dalam Kondisi Prima
Cek fungsi semua rem baik depan dan belakang, tekanan angin pada ban memadai, juga apakah ban sudah mulai botak atau belum. Taj lupa seluruh lampu dapat berfungsi dengan sebagaimana mestinya. Paling penting, stok bahan bakar mencukupi agar tidak kehabisan dalam perjalanan. Kan gak lucu dorong ke spbu sambil ujan ujanan wkwkwk…

2. Perlengkapan Wajib Berkendara di Musim Hujan
Pastikan helm lads dalam kondisi adequate untuk digunakan, visornya gak baret baret agar visual tetap mantap khususnya di malam hari. Kalau pakai dark visor, sementara ganti dulu dengan yang bening yo lads..

Jas Hujan jangan lupa, direkomendasikan yang tipe jaket dan celana yang berwarna cerah daripada tipe jubah atau ponco karena dengan penggunaan jas hujan tipe jaket dan celana kemampuan handling pengendara tidak banyak tereduksi. Apalagi skutik rata rata bagasinya besar, jas hujan doang mah cingcai.. Jangan jadi manusia goa ya hehe..

jas hujan respiro

Sepatu – pergunakan sepatu boots jika memungkinkan. Memang kalau bisa jangan pakai sendal doang, amot amit kalau celaka nanti pada dadas aliat beset kakinya. Cover sepatu kalau ada juga dipersilakan untuk dibawa dalam bagasi lads..

Sarung tangan – Ini agak susah, soalnya kudu punya yang tahan air, kayaknya KBY belum nemu yang harganya murmer.. Sarung tangan berguna agar cengkraman tangan ke setang motor tetap maksimal.

3. Pengereman dan Akselerasi
Saat hujan turun, permukaan jalan dan ban berada dalam kondisi basah sehingga cengkraman/grip ban ke permukaan jalan menjadi tidak maksimal. Sewaktu akselerasi maupun mengerem usahakan lebih halus dan hindari mengerem secara tiba-tiba, sebab roda akan lebih mudah mengalami selip.

4. Atur Putaran Gas
Sepeda motor matic dibekali sistem transmisi otomatis yang secara mekanis tidak menghasilkan efek engine brake sebesar sepeda motor dengan transmisi manual. Oleh karena itu sangat tidak dianjurkan bagi pengendara untuk menutup putaran gas secara penuh karena sepeda motor akan melaju tak terkendali terlebih saat menghadapi jalan menurun. Lebih baik pengendara mengurangi putaran gas namun tidak menutupnya secara penuh sehingga sepeda motor melaju dengan kendali penuh.

5. Melintasi Genangan Air
Saat melintasi genangan air, lebih baik pengendara mengurangi kecepatan dan melintasinya secara perlahan. Selain karena genangan air akan menghambat laju kendaraan secara tiba-tiba, genangan air juga bisa menjadi “ranjau” karena menutupi jalan yang berlubang.

jas hujan respiro

6. Patuhi Rambu-rambu dan Peraturan Lalu Lintas
Selain memenuhi kewajiban sebagai warna negara dan pengguna jalan yang baik, penting bagi setiap pengendara untuk mematuhi rambu-rambu dan peraturan lalu lintas. Terlebih saat cuaca sedang hujan dimana jalanan licin dan jarak pandang lebih terbatas. Dengan mematuhi rambu-rambu dan peraturan lalu lintas, artinya Kita telah berkontribusi bagi keselamatan di jalan raya baik itu keselamatan diri sendiri ataupun keselamatan orang lain.

7. Pelajari Situasi dan Kondisi Sekitar
Jika kondisi cuaca sangat ekstrim misalnya hujan lebat disertai dengan angin kencang, lebih baik berhenti dan tidak memaksakan diri untuk tetap berkendara. Karena cuaca yang ekstrim bisa memunculkan ancaman-ancaman eksternal seperti robohnya papan reklame atau pohon yang tumbang, tanah longsor, dan lain sebagainya. Jangan lupa sama emak emak atau cewek yang suka berhenti atau belok seenaknya 😀

Itulah 7 tips bawa skutik biar gak kecekik di musim hujan.. precaution lebih baik daripada sudah kejadian di jalan lads..

Terima kasih sudah bantu sharing.. Baca juga yang menarik lainya dan kunjungi blog mang saka www.sakahayangna.com :

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

About these ads

About Kobayogas

Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil
This entry was posted in Sharing and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

38 Responses to Tips Bawa Skutik Di Musim Hujan Biar Gak Kecekik

  1. Ardiantoyugo says:

    Pastikan motor anda bukan cbr250rr…

  2. Paijo says:

    Pastikan motor anda bukan sport atau bebek

  3. indut says:

    saat melintasi jalanan yg menurun memang ngeri kalau pakai metik,
    lebih sulit di kendalikan, teorinya buka gas sedikit, tapi prakteknya reflek tangan sering los gas dan ini yg bikin motor uncontrol.
    kalau saya lebih nyaman pakai motor bergigi, tinggal turunin gigi engine break bekerja

  4. unyu2 says:

    pastikan metic anda menggunan combi brake system… pitur yg bermanfaat mencegah ban depan ngelock

  5. AD says:

    Pastikan anda mengendarai motornya bukan malah membawanya, karena hanya akan menguras tenaga dan terlihat bodoh di jalanan.

  6. Pikolo says:

    Masih enak sepatu boot kang daripada cover sepatu. Cover sepatu yang 50rb-an kebawah pada pake alas kaya sendal hotel. Di aspal masih lumayan oke buat napak, nah kalo di keramik/semen/batu licin banget.

  7. Brandalz says:

    Pastikan perut jangan buncit..
    Biar motor ga keberatan…
    #liatphoto
    #ups

  8. Lord Duarte says:

    Pastikan tipsnya hanya dipakai saat hujan

    Jangan pas siang2 bolong malah pake jas hujan wkwkw

  9. eko says:

    sarung tangan yang anti air, rekomendasinya apa kang ?
    sayang kalau taichi buat ujan2an, lagian juga masih bolong2 nggak rapet

  10. setuju!
    kalau wet riding pengguna matic harus lebih hati-hati
    grip ban belakang lebih gampang ilang waktu akselerasi
    waktu pengereman juga gampang kehilangan grip karena tidak ada bantuan engine break
    pengendara harus mengerti karakter kendaraannya sendiri, harus membiasakan teknik penekanan rem dan pemutaran gas secara konstan (thresold), jangan mendadak

    sudah sering ketemu pengendara matic tiba-tiba jatuh waktu mengalami perubahan cuaca (ketika lagi berkendara di kondisi kering tiba-tiba hujan deras turun)

  11. mardiantoyudi says:

    Siap om

  12. DmNc says:

    nambahin jg kl nemu genangan air jangan langsung di libas kenceng, bukan cuma takut lubang tapi genangan air yg dalam bisa bikin efek aquaplanning alias ban kehilangan traksi ke aspal karena air yg berakibat selip atau bahkan jatuh. bisa di utub banyak contohnya

  13. handoyo25 says:

    Meski kendaraan ok, metode riding juga ok, namun sering ketemu kondisi macet iring2an ditengah genangan tsb, begitu didepan ada yg “fail” hasilnya malah jadi mogok berjamaah.

    Kalo nggak confidence hadapi banjir, mending matiin mesin dan dorong itu motor sampe selesai lewatin banjir.

    • Koko says:

      bener.
      Jalan kering aja kayak gak fungsi fitur CBS nya. tetep nyelonong wae.
      Padahal kampas rem masih sangat bagus.
      Kira2 penyebabnya apa ya? motor Vario 125 esp 2014.

  14. Roy says:

    kesimpulan yg gw dapet dr pelajaran diatas

    1. klo buat harian n hujan2an pake motor honda (2 gambar pake motor honda)
    2. pake jas hujan juga merek nya honda (kliatan jelas digambar no 2).

    so klo mw ujan2an pake merek honda ajah pst josss

  15. fari.fairis says:

    pastikan bensin di motor anda cukup..
    soalnya gak keren banget kalo hujan2 sambil nuntun motor cari bensin.. wkwkwkwk..!

  16. Bagja says:

    Mang foto na pake helm hejo stabilo deui ath hhe

  17. Archiee says:

    Om. .punya tips ngendarain motor matic pas hujan biar gak kena basah ?

  18. Aiueo says:

    Selain memenuhi kewajiban warna negara yang baik? Iki piye mang

  19. Raffi says:

    tips nya buat pemakai kacamata dong… 😔 maklum pemakai kacamata nih…

  20. Anggi Wirza says:

    pastikan bawa sarung jok, biar bujur gak basah wkwkwkwk 😆

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *