banner

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. Pada artikel sebelumnya, KBY sudah membahas CBR250RR saat digunakan turing keliling Bali dari sisi ergonomi dan kenyamanannya, kali ini kita bahas sisi performa dan handling-nya! Geber lads..

turing bali cbr250rr

PERFORMA CBR250RR

Mana dulu yang mau dibahas? power dulu? Oke.. Dengan mengusung mesin DOHC 8 katup 2 silinder yang mengeluarkan tenaga sebesar 38.7PS/12.500 dan torsi 23,3Nm/10.500, melesatkan CBR250RR dari keadaan diam hingga mencapai kecepatan 100-120 km/jam ini sangat sangat mudah! Bobot yang ringan membuat akselerasinya nampol! Silakan baca artikel top speed CBR250RR sebelah sini..

Kalau performa rem gimana Kang? CBR250RR punya ukuran disc di depan 310mm dengan dual piston serta ukuran 240mm single piston di belakang. Secara teori, dual piston sih umum ya, tapi karena ukuran discnya lumayan besar yang KBY rasakan remnya sih bagus! Tidak terlalu responsif feelingnya tapi dependable. Kemungkinan karena rem depannya belum terlalu bedding in (menyatu), maklum ini motor kinyis kinyis banget! Unit tes ini sudah pakai ABS, tapi gak bekerja..ya iyalah wong gak pernah panic braking wkwkw..

Banyak juga yang bertanya, gimana dengan performa ban IRC Road Winner standar? Ban ini memang cukup terkenal gripnya kurang mantap buat speeding/ cornering.. Tapi somehow, si IRC ini kok ya enak enak aja ya dipasangkan pada CBR250RR.. entah apa yang berbeda, yang jelas grip nya oke punya lads..

ban IRC nya oke juga gripnya
ban IRC nya oke juga gripnya

RIDING MODE

KBY mencoba semua mode, comfort, sport dan sport+.. Seperti di atas, Comfort lebih cocok untuk efisiensi bbm, jalanan licin atau turunan ataupun bagi rider yang demen berpose saat JJS. Sport lebih responsif, bisa dibilang ini default mode alias normal, sedangkan sport+ cocok banget buat overtaking atau pecicilan 😀

becek-ujan-geber-pol-cbr250rr

EFISIENSI

Soal kehematan, ini bicara dalam koridor turing, bagi KBY untuk sebuah motor sport si CBR250RR ini ya masuk kategori irit.. Perlu pembuktian lebih lanjut kalau digunakan sebagai kuda pacu harian terutama treknya sering terjebak macet, seberapa drop efisiensi BBM-nya dari 1:32 km/liter..

baca juga: Konsumsi BBM CBR250RR Saat Dipakai Turing

konsumsi bbm cbr250rr

HANDLING CBR250RR, SUPERB!

Power is nothing without control! Lari kenceng tapi gak bisa belok alias kaku kaya celeng ya bisa gawat hehe.. Kemudahan CBR250RR berbelok baik pelan maupun hi-speed cornering tentu meringankan tugas bagi ridernya! Stamina pun dapat terjaga alias rider tidak akan cepat lelah akibat harus terus menerus mengontrol sang motor di tikungan.. Ini merupakan keunggulan mutlak dari sang CBR250RR 2 silinder, Total Control!

top speed cbr250rr gigi 3 kobayogas

Di trek lurus, desain bodi CBR250RR membuat rider leluasa “memeluk” sang motor, membuat rider seakan akan menjadi satu kesatuan dengan motor dalam membelah angin.. Feeling in bike sangat kental saat KBY mencoba nunduk dan menaruh helm di atas tangki ketika CBR250RR melesat di trek lurus, setang under yoke juga memberikan andil besar disini, siku dengan leluasa menjepit tangki atas sementara paha menjepit tangki bagian bawah.. Mantap!

tmc-1

Posisi foot peg yang agak ke belakang juga membuat posisi kaki lebih pas. Secara singkat, para circuit dan speed freak bakal demen banget sama riding position serta handling superb yang dimiliki oleh Honda CBR250RR ini! Sangat mudah bahkan bagi para pemula sekalipun! Tentu perlu pembuktian lebih paripurna di sirkuit soal handling ini..

handling oke banget
handling oke banget

Di area yang penuh kelokan, di sinilah kapabilitas handling dari CBR250RR dibuktikan, handling dan agility-nya mantap! Suspensi depan upside down dan bagian belakang swing arm aluminium gull dengan pro-link benar benar kombinasi luar biasa yang dapat memuaskan dahaga bagi mereka yang suka kelincahan! Stabil dan penurut! Desain tangki yang meninggi juga membantu lengan rider untuk bersandar ketika menikung..

Tapi ini soal selera, dulu KBY senang senang saja menaklukkan si Z250FI di tikungan, namun akibatnya stamina memang cepat terkuras hehe.. Di sini kadang definisi Fun To Ride bisa berbeda.. Motor pembangkang mungkin menantang dan bisa mengasyikkan tapi kemudahan dalam menaklukan tikungan juga menjadi pilihan utama banyak rider..

turing-cbr250rr

THE VERDICT

Honda sudah sangat sangat sukses membuat CBR250RR, dari sisi desain, fitur hingga handling dan performa sangat jempolan! Tujuan idealis Kawai San sang desainer sudah dapet banget, cocok menyandang nama RR di belakang CBR. Dia bagaikan motor berjenis supersport dalam sosok yang lebih kompak.. Bukan untuk dicari kenyamanannya, karena CBR250RR memang diciptakan untuk menikmati sport feeling yang kental!

jangan cari kenyamanan dengan motor ini
jangan cari kenyamanan dengan motor ini

Apakah artinya motor merunduk gini kurang cocok buat turing jauh? Bagi KBY sih iya, masih banyak motor yang lebih cocok dari segi ergonomi jika yang dicari adalah kenyamanan posisi riding. Tapi bukan berarti gak bisa dibawa jauh, bagi para rider yang sudah terbiasa atau punya stamina berlebih, ergonomi CBR250RR ini tentu gakan jadi masalah..

blogger

Harga mulai Rp. 63.2 juta – 69,8jt  yang kata orang kemahalan, menurut KBY sudah pas dengan semua keunggulan yang diusung, meskipun dengan status produksi lokal, harganya secara teori bisa lebih ditekan lagi.. So, sehebat itu kah CBR250RR? KBY cuma bisa bilang, kalau ada kesempatan silakan tes, karena testing is believing! Oia sekali lagi buat Mas Abdul, mohon maaf KBY sudah membuatmu kecewa, huahaha..

halo mas abdul :D
halo mas abdul 😀

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: [email protected]
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

21 KOMENTAR

  1. Yg paling matching sama motornya wak haji. Jaket hitam spatu merah, helm corak hitam dan merah. Ksimpulannya klo mau nyaman naik mobil.

  2. Cuma sayang..dlm touring ini g ada yg pke utk boncengan. Pngen tau gmn feel boncenger dlm touring ratusan kilo.

  3. Kata mang alki irc road winner ada yang bagus juga kok kang,saya juga pakai alhamdulillah gak ada masalah juga kok.
    Terus mau bilang nih tapi buat lucu2an aja, buat touring juga gak masalah kok kan jadi olahraga beneran jokinya masak namanya aja motor sport nyari nyaman,naik metik ajalah,tuh aerox murah bagus katanya. Cuma aerox patutnya buat yang pakai rox 😀

  4. Abdul nya kagak muncul kang, mungkin dia cuma mampir lalu pergi. Bukan pembaca setia dia kliatannya, sotoy komennya.
    Atw kabur gara2 malu.. haha.. peace bro

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini