banner

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. Kini Yamaha makin pede dengan menambahkan embel embel VVA pada nama Yamaha Aerox 155 VVA, sesuatu yang seharusnya dilakukan sejak hadirnya NMax di Indonesia..

yamaha aerox 155 VVA

DESAIN YAMAHA AEROX 155 VVA

Menurut KBY pribadi Yamaha sudah sangat berani dalam hal mendesain Yamaha Aerox 155 VVA ini lads.. Tidak mudah bagi sebuah pabrikan melakukan spekulasi atas desain sebuah produk, apalagi mengingat Aerox 155 ini merupakan sebuah skutik bukan motor berjenis sport.. Kasarnya, skutik itu gak perlu sporty, yang penting enak dilihat dan nyaman!

yamaha aerox 155 VVA indonesia

Tapi salahkah Yamaha? Menurut KBY tidak, bahkan patut diapresiasi karena dapat konsisten mempertahankan karakter mereka yang kuat di desain sporty seperti Kawasaki. Apakah artinya Yamaha Aerox 155 VVA merupakan produk spekulatif? Disaat pabrikan lain mempertahankan sisi elegan untuk sebuah skutik yang dipercaya desainnya dapat bertahan lama tapi Yamaha malah memilih desain sporty yang kuat. Ini hanya masalah pilihan saja.

yamaha aerox 155 VVA indonesia

Yamaha sepertinya percaya bahwa disinilah karakter kuat mereka bermain, berkaca dari suksesnya penjualan NMax, serta orisinalitas karakter TMAx, XMax hingga Soul GT125, desain Yamaha Aerox 155 VVA dipertahankan aura kental sportynya. Tidak salah, mengingat skutik skutik Yamaha yang terkesan plain mengikuti arus malahan gaungnya tidak terlalu kuat. So, take it or leave itLove it or hate it..

yamaha aerox 155 VVA

Bicara kualitas material, built quality-nya termasuk cat, mayoritas sangat baik dan solid, hanya KBY temukan pada tuas smart key pada Yamaha Aerox 155 VVA tipe S terkesan ringkih tidak solid, semoga hanya terjadi pada model display saja ya. Ujung dudukan shock breaker non tabung juga kurang enak dilihat, andai disembunyikan di balik bodi.

KEKURANGAN YAMAHA AEROX 155 VVA

Kekurangan Yamaha Aerox 155 VVA – jika itu dilihat sebagai suatu kekurangan – adalah dari sisi akomodasi diluar bagasi.. Yamaha Aerox 155 VVA Indonesia tidak memiliki gantungan barang, tidak memiliki console diluar seperti NMax.. tentunya kalau sisi ini dibenturkan dengan Vario, tapi jika tidak, tak masalah, toh Honda PCX juga hanya punya laci di depan persis Aerox, bisa di buka dan terdapat pula socket charger. Ya, mirip.

terdapat laci plus socket charger
terdapat laci plus socket charger

Hanya saja kalau bawa minuman, harus yang ada tutupnya, kalau minuman kaleng disimpan di laci ya bakal tumpah kemana mana, hal yang sama KBY alami pada PCX hehe. Kedua, kekurangan Yamaha Aerox 155 VVA adalah dek tak rata, sama seperti di atas, mengurangi fleksibilitasnya. Ketiga, ruang kaki yang sempit, seperti Nuovo, kaki juga gak bisa selonjoran.

ruang kaki terbatas
ruang kaki terbatas

Tanpa behel belakang, sulit bagi membawa barang di belakang, untuk menggeser motor sih ada coakan di bodi bawah belakang. Dan terakhir rem belakang teromol seakan menjadi anti klimaks dari keseluruhan desainnya yang sudah sporty banget. Tapi rem teromol tersebut menjadi sebuah blessing in disguise yang menjadi kelebihannya. Gak percaya? Lanjut lads..

tanpa behel belakang tapi ada coakan untuk geser motor
tanpa behel belakang tapi ada coakan untuk geser motor

KELEBIHAN YAMAHA AEROX 155 VVA

Kelebihan disini sekaligus menjadi fitur andalan yang hadir pada Yamaha Aerox 155 VVA.

  • Berkat rem belakang teromol, Yamaha Aerox 155 VVA dapat memiliki Parking Brake Lock
  • Laci depan cukup dalam dan ada socket charger
  • Kapasitas bagasi besar, meski tak disebutkan pada spesifikasi tapi kapasitasnya ± 22 -23 liter
  • Desain sporty yang keren
  • Ban dan velg lebar
  • Speedometer full digital yang futuristis
  • Smart Key System
  • Tutup tangki bensin yang keren
  • Rem Depan ABS
  • Answer Back System
  • Immobilizer
  • SSS (Stop Start System)
  • Lampu depan dan rem LED

speedometer yamaha aerox 155 VVA

ERGONOMI YAMAHA AEROX 155 VVA

Ini merupakan first impression, untuk lebih jauhnya tentu harus dilakukan test ride alias tes jalan. Ergonomi alias riding position Yamaha Aerox 155 VVA tidak terlalu beda dengan kompetitornya, yaitu Vario 150. Joknya terasa sedikit lebih empuk, sementara ruang kaki tidak terlalu luas karena dibatasi back bone.

Sayangnya KBY lupa melakukan impresi berboncengan hehe. Hanya kalau melihat “undakan” unik pada jok yang naik di belakang, sepertinya feeling sporty bagi yang dibonceng, alias terasa seperti duduk pada motor berjenis sport.

ergonomi-yamaha-aerox-155-1

HARGA YAMAHA AEROX 155 VVA

Bocoran yang KBY dapatkan untuk harga Yamaha Aerox 155 VVA adalah mulai dari 19 jutaan hingga 22 jutaan. Konon dari YIMM harga off the roadnya adalah Rp. 17,3 juta.. Nah silakan dihitung hitung sendiri dah kira kira hehe..

yamaha girl

THE VERDICT

Seharusnya Yamaha Aerox 155 VVA tidak akan terlalu sulit untuk menuai sukses, dia akan asyik bermain sendiri di dunianya seperti Yamaha NMax. Hanya saja NMax mungkin bisa terancam kalau PCX lokal beneran hadir, sementara Aerox tidak ada lawan, Vario bukanlah lawan head to headnya. Jadi porsi kue di kelas ini akan terbagi bagi dengan porsi terbesar masih akan diambil kompetitor.

Bagaimana kalau harga Yamaha Aerox 155 VVA beneran mengejutkan kang? Akankah Vario tergerus penjualannya? Itu sangat bagus menurut KBY tapi ingat, Vario bisa disebut matik all rounder, termasuk kalau si empunya memakainya untuk dagang angkut angkut barang, sementara Aerox kapasitas angkutnya terbatas.. Yapi yang jelas Aerox 155 akan dapat menuai sukses di kelasnya..

penutup wkkwkwk
penutup wkkwkwk

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: [email protected]
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

64 KOMENTAR

    • tangki bensin jelas2 di dek, yg kata empunya blog “menghalagi” jelajahan kaki. emang mau seluas apa mang tempat kaki? emg situ naik motor kakinya 5? mau dibudayakan naik motor bonceng anak di depan? bahaya mang,,,

      • kalo udah pernah nyobain nouvo, pdhl biasa bawa vario/beat, pasti bakal ngertilah gimana rasanya ‘mnghalangi’ ini.. wkwkwkwk…

    • Pada ga ngerti maksud komennya ya. Wkwkwkwkwk
      Saya tau kalau lubang pengisian bahan bakar di di bagian leher, bukan di dalam jok. Sayang aja ga terekspose. Ini salah satu kelebihan yang paling kerasa dari Nmax maupun Aerox dan terasa berbeda dari matic mainstream. Ngisi bensin tanpa turun dari motor apalagi harus buka jok itu rasanya beda meskipun berbahaya jika dibandingkan dengan yang turun apalagi buka jok. Hahahaha

        • Iya om saya tau. Makanya saya bilang bahaya. Udah pernah salah nyetel pengapian di mobil tua waktu distarter di deket kepala keluar api dari karbunya. Langsung speachless. Apalagi yang kebakar motornya waktu isi bensin.

  1. Biasakan naruk barang bawaan dlm bagasi…klo dari segi safety harusnya sih ini bukan masuk kategori kekurangan…..imho sih

  2. selamat pagi selamat beraktivitas mang kobay ….uing mah moal ngabahas topik aerox 155 ah da geus ganteng , lain eta di foto nu terakhir panangan mang kobay nu sabelah kamana raib kitu kade tah……curiga hahahhahhaha….

  3. Aya aya wae nu boga blogg teh ung ah…jd saru nih.. Mn yg bakalan menuai sukses dikelasnya teh,yamaha dengan aerox nya atau mangkobay dengan anderox(bajurok) di penutup nya… Wkwkwwk… Lincah, gesit. Bkn hnya milik yamaha jg yah…

  4. Yamaha desain aerox lebih sporty juga ada dasarnya mang..
    Liat penjualan vario setelah make lampu led ngumpet, tambah moncer..
    Mx king juga penjualannya bagus.wajar lah aerox meninggalkan design elegan..
    Karena semua berdasarkan research pasar..

  5. First Impression, esppege blue mopistarrr di ulas jg mang … spesifikasinya gmn.. dari segi desain jg gmn.. kekurngan dan kelebihanya jg jgn lupa ya .. dasar aki aki mentell kau mang wkwkwkwkwk

  6. Sue itu foto terakhir bikin iri aja.
    bagasi aerox 25 liter mang.aerox ini ibarat motor sport yang versi fairing mang.mengorbankan kenyamanan demi sporty.mau nyaman ada nmax,mau sporty ya aerox.

  7. kalo yg terakhir nda boleh test pegang, ergonomi duduk apalagi digenjotin.

    btw mantab lah ni aerox cocok buat harian di dalam kota besar.

  8. Tipe2 Aerox ini tipe2 galak kalau dirumah, tapi nurut kalau di bilangin suami, suka ngumpul tapi hanya sama temen2nya yg sudah klop sama dia,…bisa masak, bangunya suka kesiangan.. san masih perlu banyak belajar….

  9. Kalo kata orang sanaah dek gak rata,sporty tapi rem belakang masih tromol adalah value
    Sekarang tinggal dilihat aja apakah bisa laku minjm 30ribu/bulan(tanpa export)?dan apakah ini bakal jadi matic capek dan boros bensin?
    Time will tell laaaghh

    Dan menurut saya bakalan rame nih velg belakang nmax beserta rem cakram dan komplitannya,sekali lagi time will tell laaaghh

  10. klo buat si aerox no coment lah… tinggal nunggu rezeki nya ada… do’ain ya YIMM, ane FBH yg pengen motor YAMAHA…. buat si teteh nya kurang atas belahan nya… wkwkwkwk

  11. Saya rasa ini adalah ” The Best Article ” so far dari om Kobay !!!
    Bukan karena liputannya, or bobot isinya …
    Tapi …
    Karena foto SPG-nya begitu menggoda wkwkwkwwkk ….

    The best article so far yaa …

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini