Kalau Kena Begal, Apa Yang Harus Dilakukan?

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. Kawanan begal memang tanpa ampun, mau dimanapun lokasinya kalau menurut mereka Abisin Dan, ya akan dilakukan. Lantas harus bagaimana kita bersikap?

bocah-begal-motor-depok

Artikel ini terinspirasi dari kisah Seorang Pemotor Yang Dibacok Begal dan Motornya Dirampas Di Komplek Senayan Bintaro yang KBY baca di dulur Bonsai Biker. Merupakan cerita pengakuan dari Pami Adhitya (18/10/16) tentang kisahnya dibegal, dibacok tangannya hingga luka menganga.

Berikut ceritanya:

pagi tadi, sekitar jam 4 pagi. saat saya dalam perjalanan pulang dari Ciledug Indah 1… dan ketika saya sudah berada di jalan raya Senayan Bintaro, tiba-tiba dari spion saya melihat ada cahaya lampu motor menuju ke arah saya. di sini feeling saya sudah tdk enak. saya agak minggir ke kiri dan membiarkan dia lewat. ternyata motor ini tdk lewat, dia mencabut kunci motor saya dan berhenti tepat di depan saya (2 orang). dari sini saya juga bs tebak kalau ini orang pasti ada teman lagi. tdk lama kemudian, datang lagi 1 motor (2 orang). jadi total 4 orang.

sambil marah-marah 1 orang dr mereka menyuruh saya utk tdk teriak dan diam sambil dia memasukkan tangannya ke dalam jaket. cuma, jujur saja saya sudah muak dgn yg namanya begal! di sini saya berfikir kalau saya akan melawan apapun resikonya! tdk lama kemudian, 1 orang sudah siap-siap utk menaiki motor saya. tapi saya tahan behel motor saya sambil berusaha meminta tolong. knp saya berusaha meminta tolong? krn di TKP saya itu, di seberang saya ada Pos Security! saya cuma berharap dpt bantuan dgn keadaan saya yg terpojok.

saya teriak sebisa saya sambil tangan kiri saya menahan motor saya agar tdk dibawa, dan tangan kanan terus menangkis serangan dr para begal ini. karena saya terus berteriak walaupun tdk ada yg dengar, mereka makin marah dan berusaha ngebut dgn motor saya, saya tahan motor saya dgn 2 tangan sekuat tenaga saya akhirnya orang yg berusaha membawa motor saya ini jatuh dan motor saya dilepas, setelah dia jatuh, mereka siap-siap utk kabur.

saya fikir mereka akan kabur, ternyata mereka memutar balik dan datang seperti saat pertama kali datang. setelah balik lagi, mereka turun dan ada 1 dr mereka yg bilang: “UDAH TEMBAK AJA TEMBAK”. jujur mendengar itu saya panik dan mundur sedikit ke belakang. akhirnya 1 orang maju sambil mengeluarkan golok dan ingin menebas tangan saya tapi saya pegang tangan dia krn postur tubuh dia yg lebih pendek dari saya sambil tangan kiri saya berusaha mempertahankan motor saya. saya terjatuh, helm saya dipukuli pakai golok berkali2, saya bangun ketika motor saya mulai menjauh dan saya tahan motor saya sebisa saya.

di sini, tangan kanan saya ditarik lalu golok disabet ke lengan kanan saya. waktu disabet rasanya seperti dipukul besi tebal, mati rasa tangan saya. saya tdk tahu kalau tangan saya sudah menganga. sambil memegang tangan saya, saya tetap berusaha mengejar sampai salah 1 dr mereka terjatuh di trotoar. tapi di sini saya sudah tdk kuat lagi, kepala saya tiba2 pusing. dan akhirnya saya cuma bs melihat mereka lari dgn motor saya.

kisah-seorang-pemotor-yang-dibacok-begal-dan-motornya-durampas-di-komplek-senayan-bintaro

tidak lama kemudian, darah mulai menetes dari lengan saya. walau muncul orang-orang dr berbagai arah, saya meminta tolong tapi tdk ada seorangpun yg mau menolong. sampai akhirnya saya lihat sepertinya seorang Security berdiri melihat ke arah saya dgn jarak sekitar 150 meter. dari situ datang lg seorang security dgn motor (orang ini yg akhirnya membawa saya ke rumah sakit).

saya blg kalau saya dibegal dan saya blg saya dibacok. dia cuma melihat sambil bilang: “AYO SINI KE POS”. bayangkan coba, dengan tangan yg bersimbahkan darah saya dibiarkan jalan sejauh 150m ke pos. setelah saya sampai di pos, saya blg kalau saya dibegal dan dibacok. melihat darah saya menetes bukannya inisiatif utk bawa langsung ke RS, dia malah sempat pergi selama beberapa menit. saya tunggu sampai dia datang sambil menahan sakit, sampai akhirnya saya yg meminta utk dibawa ke RS krn saya sudah tdk kuat. tdk usah saya ceritakan semua yg terjadi setelah saya sampai di RS.

dgn status saya ini semoga teman- teman bs menilai kalau daerah Senayan Bintaro tdk aman. iya memang itu salah 1 perumahan elit di Bintaro, tapi security di sana bs saya blg terkesan masa bodo. mungkin juga takut. kalau saja security keluar, mungkin ini semua bs dihindari. apa mungkin mereka komplotan? dan kenapa orang selalu ramai setiap pembegalan selesai? knp sebelum kejadian atau waktu kejadian sepi? scryptedkah? intinya saya kecewa dan marah. (edited – red)

==============================

KBY turut berduka cita, tapi tindakan masbro di atas seharusnya tidak diikuti oleh yang lain, bukan apa apa, BERBAHAYA! Ya motor memang ga murah, ya memang cari duit susah, susah banget kok saya setuju.. ya itu memang motor kesayangan dan atau hadiah dari ortu, istri atau pacar.. tapi satu yang harus diingat, motor bisa beli lagi walau mungkin kudu nabung lagi.. Tapi kalau nyawa hilang? bisa beli dimana? Alfa Mart? Indomart?

Menurut KBY, tindakan masbro ini tergolong nekat, untung hanya tangan yang disabet, bagaimana kalau yang ditebas bagian leher atau kalau begal ini punya senpi ya selesai sudah, ya motor ya nyawa ikut melayang…Lantas kita harus gimana Kang? Pasrah kah? Kalau situasi tidak memungkinkan ya, pasrah, serahkan saja harga benda kita.. Itu pun belum tentu selamat karena begal itu nekad! Kita menyerah aja belum tentu selamat lads apalagi melawan!

Kadang kita harus kembali untuk mengingat kalau harta itu hanyalah titipan Yang Maha Kuasa saja, tapi KBY paham kalau hal itu gak bisa serta merta kita relakan karena alasan alasan di atas tadi..harus belajar ikhlas dan itu sama sekali gak mudah.. Kehilangan motor/ harta benda insya Allah bisa diganti, apalagi kalau sukur sukur kalau ada asuransi, motor/ mobil hilang diganti.. Nyawa? Bisa juga diganti asuransi tapi yang kehilangan nyawa tak menikmatinya, lagi pula siapa yang senang menikmati uang santunan tapi anggota keluarga hilang?

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

About these ads

About Kobayogas

Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil
This entry was posted in Kriminalitas, Sharing and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

44 Responses to Kalau Kena Begal, Apa Yang Harus Dilakukan?

  1. eko says:

    setuju
    mending jangan nekat kalo ga ada ilmu bela diri

  2. Bolanhok says:

    jam 4 pagi ngapain saja tuh ? pikir saja sendiri layak atau tidak berkeliaran jam 4 pagi.

    • moot ( ͡° ͜ʖ ͡°) says:

      Bro bolanhok, banyak orang kantoran dan buruh pabrik yang mengerjakan pekerjaan dan tugas sampai pagi hari. Tuh yang namanya pegawai kalau udah kerja shift, ya mau nggak mau harus “keluyuran” on the way dijalan ketika hari masih pagi buta.
      Banyak juga anak kuliahan yang mengerjakan tugas dan proyek akademis sampai pagi hari.
      Yang namanya reporter, kalau memang ada kejadian yang sangat urgen untuk diliput, mau tidak mau juga harus on-the-way sekalipun ada hujan badai pada pukul 4 pagi.

      Kalau anda masih beranggapan ‘layak tidak berkeliaran jam 4 pagi’ mungkin otak anda memang sangat sempit, dan wawasan anda juga kurang luas.

      Sekian.

    • UcupSALAH says:

      Jam 4 pagi keluar ko heran, tgl di kota mana mas, kota2 besar bnyk brngkat kerja lebih awal, krn jarak tempuh jauh + ngindari macet.

      Syng yg di pos security lama tangkapnya. Emang tipe org kita ( ah buka urusan kita, diamin aja dulu) ini yg sering terjadi di lapangan. Seperti contoh polisi yg di tikam kemarin, mala ada yg rekam jrknya dekat dgn yg nikam polisi,

    • supra 2002 ku awet rajet says:

      Jam 4 pagi ngapain?
      1. Tukang sayur blanja ke pasar
      2. Tukang ojek yg abis nganter penumpang
      3. Pegawai kantor yg rumahnya dipinggir jkt kerjanya di tengah jakarta
      4. Tukang sampah yg mau ngantor
      Cukup?
      Kali2 maen ke kota besar bro, biar tau getir kehidupan sesungguhnya. Korban koq disalahin….

    • fahri says:

      sangat layak dek. nanti jg adek tau. kehidupan anak smp beda sama org dewasa dek.

  3. gowes says:

    sekuriti ad yg berani ad jg yg takut, mereka jg sayang nyawa.

    klo dipikir” sayang jg taruhin nyawa buat ngebelain motor org lain yg pemiliknya ga sayang nyawa krna lebih milih motor ketimbang nyawanya sndiri.

    beda sikon klo d tkp ga jauh dr pos polisi, krna emg itu tugas polisi

    • Hatma says:

      Tapi mas, itu sekuriti nolongnya juga kaya keberatan padahal darah udah ngucur. Kan kebangetan. Minimal gercep panggil bantuan kek. Buat apa jadi keamanan kalo gak mengamankan?

  4. tetanggasebelah says:

    kalo ngerasa dah ga enak d buntutin harusny ga perlu ngetes kasih jalan biar lewat.. begal kan pasti boncengan.. tancap gas lebih bijaksana kl motorny bs lebih kenceng.. kl motorny lemot ya kasihin za toh begalny masih “sopan” nyabut kunci dulu ga langsung bacok.. ngelawanpun 2 lawan 1 jg tetep kalah apalagi tu temenny nambah sepasang lagi + senjata pula.. security kn cm pajangan d perumahan.. cm bawa pentungan bs apa lawan senjata tajam..

    • supra 2002 ku awet rajet says:

      Kalo gw ngerasa lebih aman kasih jlan tapi liat kemana arah lampu dan liat spion. Kl coba mepet kaki siap nendang.

  5. hello says:

    artikel modus iki…endingx…nawarin asuransi…..

  6. Buset, senayan bintaro, kirain aman aja
    jaman kuliah sering lewat sana buat ke rumah sodara
    memang banyak sih cabe-cabean ama colay di sekitaran sana, dr sektor 9 sampai pondok jagung
    bawa senjata api ga mungkin
    kalo air taser gimana yak?

  7. slamet says:

    mati mempertahankan harta benda termasuk jihad, enak bisa masuk surga dgn mudah

  8. 💗💞 ™MB@H D@RMO™ 💞💗 says:

    ekekek ..

    dibuakaarr ae ..
    ora usah dimesakke ..

    HAHAHA

    😁😁😂😂

  9. 💗💞 ™MB@H D@RMO™ 💞💗 says:

    ekekek ..

    dibuakaarr ae ..
    ojo dikasih ampun ..

    HAHAHA

    😁😁😂😂

  10. aero says:

    Ngeri juga, mungkin siapin taser sama senter 1000 lumen kali ya buat jaga2

    Biasanya motor yg kredit ada asuransi tlo tapi ga tau bisa claim krn begal apa engga

  11. keong says:

    security punya tugas dan kewajiban mengamankan yg membayar dia”security” kejadian itu sudah diluar batas tanggung jawab security..disini jangan menyalahkan security..apakah anda tau tugas tanggung jawab security..

  12. DIRMAN banjarnegara says:

    Waspadalah dan selalu berdoa…

  13. bagolmeong says:

    Gw mau nulis beberapa trik malah takut menambah pengetahuan begal. Begal sekarang kan juga baca2 blog. Ntar begalnya makin pinter. Repot juga…

  14. aobay says:

    ini halaman kenapa refresh melulu ya… lagi baca refresh lebih dari 6 kali. pusing bacanya. tolong di perbaiki mang kobay

  15. ms says:

    – jangan keluar malam/dini hari
    – jika harus keluar, gunakan safty gear lengkap untuk antisipasi.
    – jalan dengan kecepatan tinggi jika memungkinkan
    – jika ada pengendara yg mencurigakan, jangan biarkan dia didepan kita.
    – jika dia berhasil didepan dan menghalangi, ajak adu tabrak aja.
    begal nggak akan ngotot sampe crash sbb motor akan bernilai rendah/tidak bisa langsung dipakai dan beresiko buat dia.
    jika banyak yang pasrah dibegal,maka begal akan merajalela.

  16. jbat says:

    Gws brader.. semoga diganti Allah swt dengan yang lebih baik lagi amiin..

  17. supra mx says:

    tetangga saya juga bulan lalu dibegal di daerah jatake-cimone tangerang…sama ceritanya pagi2 jam 4 an…begal yg motor pertama berhasil dilawan dan dipukul jatuh dua-duanya…eh tiba2 dari belakang satu motor lagi menembak dia pakai senpi…untung yg tertembak kakinya…padahal di sekitarnya udah ada aktifitas orang tukang sayur dan satu orang warga setempat…minggu depanya ditempat sama seorang karyawati dibegal ditebas lehernya…yg jadi pertanyaanya kenapa polisi tidak serius untuk turun tangan…padahal daerah situ hampir tiap minggu kejadian…harusnya intelijen turun…memetakan target operasi…dan tempatkan beberapa sniper…habisi saja begal2 itu…

    • Kobayogas says:

      Harus nya sih iya ya

    • LesPaul Custom says:

      fly over taman cibodas juga ngeri tuh.
      taun 2013 saya dibegal disitu ditodong senpi semeter didepan muka, akhirnya cuma bisa pasrah motor diambil :p

      yang namanya begal mestinya emg kudu ditembak ditempat aja deh

    • koejil says:

      Di negara antah brantah ini apa yg di harapkan dari penegak hukum? Dulu pernah kejadian, sodara saya kena tipu mobil nya di bawa kabur..stelah lapor polisi stempat dengan segala upaya akhir nya stelah bberapa bulan mobilnya di ketemukan lagi di ciamis dan mobilnya sudah di gadai kn sm seseorang, stelah pencarian pelaku akhirnya ketemu,trus di gebukin dan pelaku di bawa pulang dan di serahkan ke kantor polisi dimana sodara sy melaporkan kehilangn sebelum nya. stelah proses introgasi akhirnya sodara sy di panggil dan di tawari dua pilihan yaitu pelaku bisa di tahan dengan jaminan sodara sy yg membiayai selama pelaku di tahan atau pelaku di bebas kn klo tidak ada jaminan..akhirnya dengan segala kedongkolan hati sodara sy memilih tawaran yg kedua karena sodara sy sudah keluar biaya banyak selama pencarian serta sewa polisi untuk pencarian.. Aneh, kok si korban yg harus nanggung biaya selama pelaku di tahan di sel.

  18. Rangga says:

    Semoga yg tertimpa musibah di beri ketabahan.
    Dan yg membegal di beri hidayah.
    Kalau ga dapet hidayah, semoga ketangkep warga lalu di bakar rame2.

    Kesal setengah mati, masa yg kaya begini dibiarin.
    Gua jamin kalau jaman soeharto udah abis nih cencunguk2 macem gini sama petrus.

  19. fahri says:

    case kalo udh yakin dikuntit:
    -yg yakin motornya lebih kenceng, tinggal gaspol tapi rutenya diganti, jgn lewat yg biasa.
    -yg yakin motornya lenje, buka retslting jaket stgh, tgn kiri masukin ke jaket, pelanin motor sambil noleh2 ke arah motor yg nguntit.
    -yg yakin motornya lenje tapi tau motor begalnya pake ban cacing, gaspol lewat rute yg banyak belokan.
    -yg bawa senpi (airgun jg cukup) pelanin motornya, pas dicegat tembak mati semua, periksa saku begalnya, ambil barang2 berharga kalo ada. mayan.

  20. huhuhu says:

    kenapa tidak dilawan begal nya kalo bisa matiin aja begalnya kasih racun tikus

  21. trebor says:

    Bagi pengalaman yak om 😀
    Pas masi kuliah di malang, sekitar taun 2012 ane juga pernah kena begal di daerah Pakisaji, tepatnya di depan kantor jawa pos cabang malang. Ane berangkat subuh mau pulang ke kampung(Trenggalek) lewat jalur Gadang, nyampe pertigaan Gadang ane di pepet ama matic mio merah & jupi mx(masing2 motor 2 orang) tp ane berhasil lolos.

    Nyampe depan jawa pos ada motor sein kekanan, ane kira mau nyebrang, tp ternyata itu komplotan si begal. Ane ditabrak tp ane masih sempet lompat, berhubung ane ane udah kondisi siap lgsg dah ane pukulin(sempet ikut beladiri pas SMP-SMA). Nah pas mau berdiriin motor 2 motor begal yg mepet sebelumnya(mio & mx) dateng sambil bawa celurit model madura yg gede2 gitu. Secara logis klo lawan 4 orang bawa celurit(dg kondisi temennya udah ane pukulin sebelumnya) pasti abis ane mah. Motor ilang bisa beli lagi, kalo kepala ato tangan ane ilang beli dimana coba??? Lgsng ane lari masuk ke pos keamanan kantor jawa pos & untungya tu begal ga ngejar ane

    Di pos satpam malah diwawancara wartawan radar malang, abis itu di anter ke polsek buat bikin laporan kehilangan & surat untuk pihak asuransi kendaraan. Hasilnya pasti udah pada tau, ga ketemu motornya..hahahaha (tp dapet asuransi..hehehe)

    Pelajaran yg bisa diambil:
    -jangan mencolok/kliatan bgt klo bawa barang berharga
    -selalu waspada klo riding sendirian, sering2 cek spion
    -klo ngerasa ada yg buntutin coba belok 3-5x, kemungkinan ente emang di buntutin *saran dari pak polisi
    -klo jelas emang dibuntutin, berhenti di kantor polisi terdekat ato tempat yg rame (kodim, masjid, pos kamling, warung dll) *ini juga dari pak polisi
    -bawa senjata(agak ribet sih)
    -jangan lupa berdoa

    semoga bermanfaat 😀

  22. peringatan buat kita2 jg nih, mgkn sebaiknya pakai motor tua atau merek yg tidak terkenal. klo merek terkenal emg rawan pembacokan atau begal.

    TVS bisa jd opsi nih atau suzuki. Klo MS mengkeret kemungkinan begal jg enggan untuk membegal.

    hmmm…

    fix deh pakai motor yg MS nya mengkeret

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *