CBR

CBR250RR vs YZF-R25 vs Ninja 250FI.. Duel Maut Part I!

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. Karena spesifikasi CBR250RR sudah hadir, sepertinya untuk duel maut part I di kelas 250cc 2 silinder fairing sudah bisa dimulai ya? Paling tidak kita bisa adu dan bandingkan dari sisi spesifikasi resmi masing masing pabrikan dulu, setuju?

cbr250rr vs r25 vs ninja 250fi

Ya paling tidak sambil menunggu harga resmi CBR250RR dirilis dan juga hasil tes dari para media otomotif terkemuka di Indonesia.. hasil tes yang biasanya  komprehensif karena benar benar diadu kepala vs kepala alias head to head hehe.. Kalaupun salah satu absen, paling tidak awak media dapat mengambil data base dari hasil tes terbaik yang sudah  pernah dilakukan dari dua kompetitor CBR250RR yakni R25 dan Ninja 250FI.

So akan kita mulai dari mana? Dari dimensi dulu lah ya.. Mangga disimak perbandingan dimensi antara CBR250RR vs R25 vs Ninja 250FI

adu-spesifikasi-cbr250rr-vs-r25-vs-ninja-250fi

Melihat dari dimensi ketiga motor tersebut yang paling Panjang adalah Yamaha R25, kemudian CBR250RR dan terakhir Ninja 250FI. Sementara dari sisi Lebar, nomor satu CBR250RR, kedua R25 dan paling buncit Ninja 250FI. Tapi dari sisi tinggi, R25 juara, Ninja 250FI kedua dan juru kunci CBR250RR..

Karena CBR250RR lahir paling belakangan maka dia yang akan jadi sorotan, dari dimensi CBR seakan dibuat di tengah tengah antara Ninja dan R25. Mengapa KBY sempat bilang  si CBR250RR terbaru terlihat lebih bongsor? Karena efek lebar-nya dan kontur tubuh yang terlihat berotot..

Kalau dilihat dari wheelbase, secara teori sederhana makin pendek biasanya makin lincah bermanuver, maka hasilnya no 1 R25, kedua CBR250RR dan terakhir Ninja 250FI. Sementara untuk tinggi tempat duduk, CBR250R paling tinggi, kedua Ninja 250FI dan paling rendah si R25..

Dari sisi berat, ada dua penyebutan nih, berat kosong untuk CBR250RR, sementara berat isi untuk R25. Untuk CBR menyebutnya sih curb weight yang artinya berat kosong tapi sudah termasuk semua cairan dan full tank bensin, kayaknya sih sama dengan definisi berat isi dari R25. Dari sisi ini Ninja adalah yang terberat.

ninja 250fi paling berat di kelasnya
ninja 250fi paling berat di kelasnya

ADU SPESIFIKASI MESIN

Nah ini mungkin yang paling ditunggu, akhirnya spesifikasi mesin CBR250RR sudah bisa dimasukkan karena spesifikasi mesin sudah terungkap. So bagaimana jika dilihat dari sisi power dari ketiga sport fairing 250 cc 2 silinder tersebut? Cekidot lads…

Adu Spesifikasi Mesin CBR250RR vs R25 vs Ninja 250FI

spesifikasi mesin cbr250rr vs r25 vs ninja 250fi
spesifikasi mesin cbr250rr vs r25 vs ninja 250fi

Semua mesin memiliki jumlah silinder yang sama yaitu 2 buah dengan penempatan paralel, jumlah katup sama, juga sama sama memakai pendingin air alias radiator. Untuk ukuran bore x stroke, ninja paling overbore, kedua adalah CBR250RR dan ketiga R25.. Untuk rasio kompresi bedanya tipis tipis saja, semuanya bermain di angka 11. Bagaimana dengan power?

Nah ini yang paling bikin greget terutama antara FB wkwkw.. Di atas kertas, CBR250RR dengan tenaga sebesar 36,8PS dan torsi 22,5Nm menjadi yang terkuat, kedua adalah R25 dan yang paling bontot alias buncit adalah Ninja 250FI, mesinnya paling kuno alias paling lama masa pakainya di sektor ini lads…

Bicara akselerasi dan top speed dari ketiganya, untuk sementara mungkin hasil perbandingannya belum sahih, sumber info performa CBR250RR KBY ambil dari hasil tes internal AHM, sementara untuk R25 dan Ninja 250FI KBY ambil dari hasil test yang sudah dilakukan oleh Motorplus dan Otomotif. Cekibrot..

CBR250RR
Top Speed on GPS (Klaim AHM): 170 km/jam
Akselerasi 0-200 meter (klaim AHM): 8.65 detik

Yamaha R25:
Top Speed on Racelogic: 158.4 km/jam (otomotif), motorplus n/a
Akselerasi 0-201 meter:  9.7 detik (otomotif), 10.16 detik (motorplus)

Ninja 250FI
Top Speed on Racelogic: 161 km/jam (otomotif on speedometer), motorplus n/a
Akselerasi 0-201 meter: 9.9 detik (otomotif), motorplus n/a

Perbandingannya memang belum paripurna, oleh karena itu angka angka di atas adalah sebagai patokan sementara saja sampai ada hasil head to head. Untuk akselerasi terlihat CBR250RR unggul signifikan meskipun ia hanya mencapai 1 meter lebih dekat dari kedua rivalnya, kedua adalah R25 dan posisi juru kunci dipegang Ninja 250FI.

Begitu juga dengan Top speed, setau KBY racelogic pun berpedoman pada satelit, jadi bisa dikatakan hampir sama dengan GPS, sementara ini CBR250RR unggul dengan top speed 170 km/jam, R25 posisi kedua dengan 158,4 km/jam sementara Ninja tidak tersedia datanya. Tinggal nunggu hasil top speed dengan alat yang sama nih..

cbr250rr sementara ini memegang kendali performa
cbr250rr sementara ini memegang kendali performa

ADU FITUR

Kayaknya sih sudah pada tahu ya.. Kalau diulang kok kesannya gimana wkwkw.. tapi belum tentu semua tahu sih, misalnya ada yang baru berkunjung ke blog ini, terus bingung kok fiturnya gak disebutin? Oke deh coba kita list ya..

adu-fitur-cbr250rr-vs-r25-vs-ninja-250fi

r25 paling lengkap fitur speedometernya
r25 paling lengkap fitur speedometernya

LAIN LAIN

adu-spesifikasi-cbr250rr-vs-r25-vs-ninja-250fi

revisi: kolom suspensi depan antara R25 dan Ninja terbalik. R25 punya yang 41mm.

THE VERDICT

Lahir paling belakangan alias anak bawang, CBR250RR memberikan standar baru untuk kelas sport fairing 250cc 2 silinder.. Motor kelas ini gak cuma harus keren, tapi juga harus powerful dan full fitur.. Sebuah standar baru yang ke depannya bukan tak mungkin akan diikuti oleh kompetitornya untuk menjaga iklim kompetisi yang gak jomplang. Dua jempol buat Honda akan keberaniannya mendobrak kebiasaan lama yang konvensional..

Tinggal harga yang belum diungkapkan oleh Honda untuk sang CBR250RR ini, terlalu mahal mungkin akan tetap laku, tapi belum tentu laris manis.. Hanya Honda yang tahu akan dibawa kemana posisi CBR terbaru ini ke depannya..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

About Kobayogas 3431 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

86 Comments

  1. Wah..gawe artikel yg mnjurus panas, disentil om leo nanti lho… dan itu pict r25 item sama cbr250rr item kok dsainnya hmpir sama? Jangan2? Wah..wah..wah…

  2. Pertamax di blog phenomenal…syukuran2. Bakalan dpt hadiah new cbr250rr nih. Ntar tk ksh no.rek mang.

  3. Bantu koreksi data.
    R25 41mm, shock belakang adjustable.

    Speedometer full digital itu fitur atau bukan ya?

  4. Baru ngeh ga, dpt clue knp cmn 36,8 hp, cz terbentur aturan euro4 dieropa.. Cbr300rr nanti yg akgir

  5. Baru ngeh ga, dpt clue knp cmn 36,8 hp, cz terbentur aturan euro4 dieropa.. Cbr300rr nanti yg akhir taun dpn dilaunching di Eropa jga sekitar 41hp, alias naik 5hp dri cbr250rr..seumpama ni motor dpt 38/39hp cmn versi 300cc euro 4 dpt angka 41hp opo ora ngisin2i? Nambah 50cc kok cmn naik 3/2 hp????

    Lol
    Wkwkwkwk

    • Cerdas. Regulasi, krn ini produk lintas negara. Mskipun sepengalaman ai honda kl bikin motor kenceng malah ga laku.

  6. Motor paling atas sama yang tengah sekilas kalo dari samping full, garis desainnya terlihat sangat mirip, ya (kecuali tangki dan knalpot). Awalnya, saya pikir yang tengah modifan dari yang atas ! wkwkwk …..

    • Fix, anda tidak melihat bentuk detil tapi melihat warna dan grafis/striping. Mungkin kalau warna motor yang satu biru yang satu merah lain cerita. 🙂

  7. dari asal katanya duel itu untuk menggambarkan perkelahian antara dua pihak, dua kutub atau dua belligerents, alias-perkelahian-satu-lawan-satu, sementara di artikel ini terdapat tiga pihak/kutub, tiga belligerents yang saling berperang, menurut ay sih penggunaan kata duel engga cocok, mang…. lebih cocok istilah perang segitiga, kontestasi trilateral, atau apa ya?

  8. Dari segi panjang, kawi paling pendek karena spatbor belakang yang paling pendek, padahal wheelbasenya paling panjang

  9. orang ndeso tmptku klo lihat smua motor fairing itu…pasti bilang”HONDA NINJA”….bnyk yg gak mudeng mana R25/CBR…???

  10. Udah pake embel embel RR saja power cuma beda 0 koma sama yang belum pake R dibelakangnya. Mungkin yang RRRR bisa tembus 40HP.

    Kalau ane mah tunggu R25 R atau Ninja250 RR pasti lebih powerfull

    • Nama lu ngapain ngloneng punya dewa..??

      Padahal di mbah dukun namalu Babe Blancksak..

      Dasar banci…😜😜😜

  11. kok oli cbr250rr cuma 1,9 liter ya? selisihnya jauh banget dari r25 atau ninja yg 2,4 liter

    • Blok mesinnya emang lebih kecil, kalo ahm bilang “compact”. Kl sama2 ditelanjangi bakal kliatan beda dimensinya.

    • Yg penting mtr nya laku….
      Kurang oli masuk bengkel bkn urusan global…yg penting bonus dapat…

  12. Kalo belajar di contoh kasus CBR150 kmrn sih bahwa semua fitur LED dan tampilan yg lbh sporty itu sebenarnya bukan kelebihannya, tapi sejatinya untuk menutupi kekurangan nya.

    Fans fanatic CBR 150 kecewa karena generasi CBR 150 termutakhir cuma cantik luarnya aja, tapi dibalik lovely fairing itu AHM tega masang mesin yg sama pleq kya Supra GTR. Lho kan R15 juga punya mesin yg sama kya MX King mas? Ane gak peduli motor pabrikan tetangga. Yg ane tau CBR 150 skrng mesinnya sama kya Supra.

    Okay CBR 250 RR, mungkin sejatinya cuma berkemampuan 11-12 sama kompetitor, tapi AHM ngasih value lebih di fitur.

    Pertanyaannya gni, semua fitur itu mungkin emang pantes untuk bikin si cbr jadi berharga yg paling mahal dr antara kompetitor. Tapi apakah semua fitur2 itu bisa bikin CBR 250 layak nambah 2 huruf RR ? Itu pertanyaan yg layak kita berikan buat si new RR setelah era Ninja 150RR discontinue. Good luck CBR!!

    • Kl udah kesengsem beli mah woles aja dengan sgala kekurangn si RR. di negara antah brantah ini hanya motor yg ganteng yg laku,urusan power mah nomer sekian.. toh msh ttep yg paling besar power nya.

    • RR itu race replica mas. Fitur RBW + USD + ride mode yg bikin layak ditambahin RR. Itu doank? Ya namanya jg replica, ala2 kl bhs skarang. Kcuali kl nama cbr nya diganti jd rcv250 nah itu baru keterlaluan.

  13. Si cibi er er menang kemana mana lah kwkwkwkwk…udah guanteng puoooll dan kuat pula xixixxi. Kl pingin ngadu kekuatan sm si cibi, kalian harus minum jamu kuat dulu kl mau ngimbangin si cibi ini ekekeekek.
    Bener bener motor impian, yg lain udah jadi motor jadul 😀

    • Lihat akhir 2017….
      MSnya melorot….,mongtor nya pada di tabokin…
      Lihat cbr 150 si gepeng beralis keliatan culun dan norak di banding r15 v3
      Belum r25 new dan gsr 250..
      Cbr 250 bisa loss control….
      Tdk ada gunanya mode terasi dan paten alis lampu…

  14. Biasa na Honda mah berat kosong tuh Lom BB, oli, radiator coolant, dll.
    Klo Yamaha berat isi udah murni berat keseluruhan. Cmiiw.

  15. Biasa na Honda mah berat kosong tuh Lom BB, oli, radiator coolant, dll.
    Klo Yamaha berat isi udah murni berat keseluruhan. Cmiiw.

    (Pantes mode terasi, sala satu huruf)

  16. kalo urusan power/torsi, ga ada hubungan mesin makin kesini makin gede powernya, atau krn ninja paling tua jadi powernya yg paling kecil. mesin naturally aspirated mah gitu2 bae.
    coba cbr diset peaknya di 11.000rpm, ya powernya jd kurleb sama dg ninja. gitu jg kalo diset di 12.000 ya kurleb sama dg r25.

    kalo semua mesin udah identik set peaknya, ngebedainnya tinggal di cr. sederhana.

    • maksud ay lebih ke arah sini — mesin tua ninja bisa dibilang sudah mentok, usia edarnya sudah lama, butuh sentuhan riset kekinian, mesin R25 dan CBR adalah hasil riset terbaru yang bisa punya HP dan performa secara keseluruhan lebih baik. Sederhananya juga, kalau cuma setting RPM harus disamain atau CR yang diliat doang yah ngapain pabrikan pada riset lagi riset lagi.. bukannya dengan rpm lebih tinggi sudah membuktikan mampu berkitir lebih cepat dan lebih melengking? terus kalau semua motor peaknya disamain semua, tantangannya adalah maen gede gedean hp dan torsi di rentang RPM yang sama gitu? kenapa gak dibikin one make engine aja kalau gitu ya?
      tapi ini ay sebagai orang awam ya, mang fahri mungkin lebih mahfum dari saya..

    • Nambahin mang. Skarang bikin mesin bkn cm urusan power, torsi dan durability. Ada hal lain yg siap menjegal dan memomoki pabrikan, yaitu regulasi. Nah masalah pun nambah. Skarang naekin peak ke 12rb ato 14rb efek ke euro 4 nya gmana? Ato bahkan euro 5. Krn skarang baik Y, H, K dan S rata2 bikin motor lintas negara. Kalopun gak motornya ya basis engineny sama.

    • Cbr 150 di tabokin gsr 150, di kepret r15 vva
      Cbr 250 di gampar gsr 250,di cabok r25 new
      Obral power buat menarik perhatian….
      Tenyata sunatan masal itu ada maksudnya..

  17. klo w mh pilih cbr250rr……!!?
    power, w ga masalah besar kecilnya orang w pakenya jg ga pake kebut2an n ugal2an yg penting sampe k tempat tujuan dgn trlihat lebih bergaya……
    tp, AKU MAH APAH ATUH cm bisa berhayal pake motor impian wkwkwkwkwkwk…….

  18. coba diadu durabilitasnya. sama2 dipasang turbocharger trus digeber abis2an 24 jam berturut2. apakah mesin baru sudah teruji.??,,,

  19. saya pilih yg suaranya lebih “merdu” tanpa ganti muffler hehehe. karena riding itu passion cihuy!

  20. ee mbok gek ndang mengaspal pengen ndelok motore kepie wujud asline hmm kok koyo ne kemenyekkk haaa

    • Kl handing jgn lihat di gambar….
      Rata rata honcus tampang doang…
      Umbar power di atas pesaing adalah trik…
      Rata rata tiap produsen 1 prototype punya 3 data power terendah,menengah,atas…
      Yg di jual dlm batasan CR,power/torsi,performance dll (batasan aman harian )
      batasan aman racing /top performance di koar koar spek ya….
      R25 dan kwsk…umbar power….baru honcus terdiam….lumayan harga segitu cukup untuk 2 tahun.
      Beda dgn yg teruji 2 tahun dan baru beberapa bulan blm sd 2 tahun

  21. Mang kobay ada yg kelewatan ni, Ada fitur di ninja 250 yg g ada di cbr terbaru sama r 25..yaitu eco drive…hehe.fitur ini tertanam di spedo ninja 250 fi

Yuk Tinggalin Jejak Lads..