banner

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. Masih ingat akan sebuah sedan dari Suzuki yang cukup terkenal di era-nya jaman dulu karena memberikan value for money yang baik. Kini jangan harap bentuknya masih serupa karena New Suzuki Baleno terbaru sudah bertransformasi tak lagi sebuah sedan melainkan menjadi sebuah Hatchback! Kini salah satu sedan legendaris Suzuki tersebut hadir di GIIAS 2016 sebagai unit display dan showcase produk Suzuki. Apa keistimewaan Baleno hatchback tanpa bagasi ini? Yuk geber kita cari tahu..  

new suzuki baleno terbaru

Sedikit flashback, sebelum menjadi All New Suzuki Baleno hatchback, Suzuki Baleno hadir tahun 1995-an mengganti Suzuki Esteem sekaligus menemani kompetitor di kelas sedan kecil (Small sedan) seperti Honda City dan Toyota Soluna. Baleno Gen 1 yang bermesin G series 1.6L sama dengan Escudo saat itu cukup digemari karena punya harga yang bersahabat dan tidak pelit fitur dibandingkan rivalnya. Lampu depan gen 1 yang mengotak justru lebih digemari ketimbang Baleno facelift  (1999-2002) yang sedikit membulat (curving) dengan desain yang masih mirip.

suzuki-baleno-1995

Didesak oleh kejayaan penjualan Honda City dan Toyota Vios (dulu Soluna), Suzuki kembali menghadirkan New Suzuki Baleno Next G (2002-2007) alias gen kedua.. dengan basis dari Suzuki Aerio, Next G gagal total karena bentuknya lebih mirip hatchback yang dipanjangkan ketimbang sedan, padahal performa dan fitur tidak kalah dengan rivalnya.. Baleno generasi ketiga lahir tahun 2008 dengan desain yang sebenarnya lebih baik dari sebelumnya tapi kelihatan banget basisnya dari SX-4 yang berbentuk cross over,  sehingga lagi lagi penjualannya gagal total bahkan lebih buruk dari Next G..

ALL NEW SUZUKI BALENO BERTRANSFORMASI MENJADI HATCHBACK!

Kapok kah Suzuki? Ternyata tidak.. Sosok generasi keempat yaitu All New Suzuki Baleno terbaru kini hadir dan mungkin mengingatkan kita pada sebuah hatchback asal Jerman dengan lambang lingkaran bulat empat biji, iya, Audi, tepatnya Audi A3 lawas.. Siluet dan garis depan New Suzuki Baleno major change terbaru ini bisa dikatakan 90% ada kemiripan dengan sosok hatchback yang terkenal punya handling mantap tersebut. Terinspirasi dari situkah si Suzuki Baleno hatchback?

New Suzuki Baleno 2017
kini berubah menjadi hatchback

Bicara model hatchback sebenarnya bukanlah hal yang pertama bagi New Suzuki Baleno 2017, dulu hanya versi sedan saja yang dijual di Indonesia, contohnya Baleno 2008 itu disebut juga sebagai SX-4 sedan di luar sana. So sepertinya Suzuki Indonesia Sales saat ini mencoba peruntungannya dengan memilih wujud Suzuki Baleno 2017-18 terbaru sebagai hatchback instead of sedan.. Bakal cocok kah mobil kiriman India ini dengan konsumen sini? Tergantung..

DESAIN NEW SUZUKI BALENO 2017-2018

New Suzuki Baleno 2017-2018 punya desain yang baik meskipun tidak terlalu wow efeknya, sepintas lalu selain mirip Audi A3, dia juga ada kemiripan dengan Subaru XV bahkan sekilas ada aura milik Lexus CT dari depan..Secara keseluruhan modelnya tidaklah mengecewakan dan patut untuk dilirik. Lampu depan HID sudah menganut sistem proyektor dengan day-time running light di bagian bawahnya agar kekinian. Grill besar siap menangkap banyak udara ketika melaju. Sementara bumper bagian bawah terlihat memiliki dua layer yang manis. Dari depan tidak ada masalah dengan desainnya.

new suzuki baleno 2017-2018

sudah pakai proyektor
sudah pakai proyektor, bumper bawah ada dua layer yang manis

Bagian belakang, desain lampu remnya bisa lebih baik lagi meskipun yang sekarang ini juga fine fine saja sih – yang penting sudah LED hehe. List chrome horisontal membentang di tengah tengah, lumayan, meski kalau dikasih list mika seperti Honda BRV sepertinya bakal tambah oke. Desain bumper belakangnya juga keren punya, ada fake lubang honeycomb seperti milik All New Jazz GK5..

dsc09271

INTERIOR NEW SUZUKI BALENO

Punya mobil gak cuma dilihat eksterior saja, diusahakan interiornya juga kudu sedap dipandang, sukur sukur gak bikin bosen.. Interiorr New Suzuki Baleno kurang punya feel disini, tidak buruk tapi lama lama membosankan.. Dashboard nya cenderung neat dan clean tanpa ada pahatan terutama sebelah kiri, which is lama lama liat ruang kosong begitu bakal bosen juga. Untungnya bagian tengahnya cukup modern dan ada banyak tombol untuk dimainkan.

interior new baleno

Bentuk cangkang speedometer New Suzuki Baleeno juga gak dramatis, biasa saja, untungnya speedometer nya sendiri enak dilihat dengan warna latar biru dan ditengahnya ada MID yang siap menginformasikan status mobil kepada driver.  Setir dengan multi fungsi untuk audio serta ada tombol untuk menelepon.. Well buat KBY sih fitur yang gak berguna terutama kalau lagi pergi sama pasangan kekekee.. siapa juga yang mau ngangkat telp dari cemceman dalam situasi kayak gitu? 😀

interior new baleno indonesia

NEW SUZUKI BALENO DRIVING POSITION

Beralih ke impresi mengemudi dan sebagai penumpang. As a driver joknya agak ketinggian, feelingnya seperti mengemudi SUV, untung ada seat height adjustment yang membantu mendapatkan posisi mengemudi ideal untuk New Baleno hatchback ini..KBY lupa euy apa setirnya sudah teleskopik atau belum ya.. Kayaknya sih sudah. Joknya sporty dan mampu menopang sayap tubuh dengan baik..

Sebagai penumpang juga kaki aman sentausa, kepala juga cukup jauh dari atap. Posisi punggung cukup rileks. Sayang seingat KBY jok belakangnya gak bisa di reclining. Kapasitas bagasi diinfokan sebesar 355 liter, lebih baik 1 liter dari New Jazz. Hanya saja bibir bagasinya cukup tinggi, lumayan kalau kudu angkat barang bawaan yangberat. Bicara fleksibilitas kabin, jok belakangnya tak bisa dilipat rata, unlike Jazz.

joknya agak ketinggian euy
joknya agak ketinggian euy

jok belakang new baleno

FITUR NEW SUZUKI BALENO HATCHBACK 

New Suzuki Baleno hatchback punya fitur yang setara dengan mobil modern lainnya saat ini, sebut saja:

  • ABS, EBD
  • Bluetooth connection
  • Duar Airbags
  • HID projector
  • Start Stop
  • MID
  • sensor parkir
  • setelan ketinggian lampu depan

dsc09278

NEW SUZUKI BALENO’S RIVAL

Saat masih berbentuk sedan, New Baleno 2017 pastinya punya lawan semacam Honda City, Ford Fiesta sedan, Mazda 2 sedan hingga Toyota Vios. Namun karena sudah menjelma menjadi hatchback, rivalnya antara lain Honda Jazz, Ford Fiesta, Mazda2, Nissan March hingga saudaranya sendiri, Swift.  Sementara jika ingin sukses, seperti artikel sebelumnya, sudah sangat pas bila New Baleno Hatchback diset di bawah 200jt.

VERDICT

Apakah tidak berbahaya bagi mobil hatchback Suzuki lainnya kang? Bisa ya bisa gak, tergantung jago tidaknya Suzuki. Bicara sedan soalnya Suzuki sudah punya Ciaz (artikel menyusul mang brooo) jadi sementara Ciaz akan menghadapi Honda City dan Vios. Kerugiannya, bakal ada hazard bagi Swift yang notabene “sekelas” dengan Baleno.. Hanya jika ingin ruang kabin lebih besar dan lega serta bagasi lebih muat banyak, konsumen akan diarahkan kepada New Baleno.. sementara si Swift lebih mengincar pasar anak muda..

SX-4 dan Ignis gimana? Nah ini hehe.. SX-4 diset sebagai all rounder bagi mereka yang pengen punya hatchback terampil dan dinamis kemana aja hayo sampai terabas juga dijabanin. Sedangkan Ignis lebih kepada pengguna di perkotaan sebagai city car di bawah Swift.. sama sama anak muda tapi lebih funky.. Ah memang agak membingungkan setingan dari SIS ini.. 😀

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: [email protected]
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

10 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini