Kobayogas.Com –Β Hola lads, salam geber.. Menghabiskan waktu selama beberapa hari di negara tetangga, KBY mencoba memperhatikan trend merek roda dua yang ada di sana, meski jumlahnya jauh dari Indonesia, namun pengguna motosikal tetaplah ada.. Dan Yamaha yang paling banyak loh digunakan disana..

Jupiter MX Touring Modifikasi

Paling tidak selama 4 hari KBY menghabiskan waktu di Kuala Lumpur Malaysia, yang sering terlihat di jalanan ya merek Yamaha, terlebih lagi jenisnya adalah Yamaha Jupiter MX Series lads! Dari mulai lampu rem rata njengat ke atas, Jupiter MX lampu segitiga hingga MX King yang disana bernama Yamaha Y15ZR. Ada juga biker yang mengganti dengan striping yang punya nama Exciter seperti nama MX King di negara Vietnam.

lihat di bengkel umum ini, dikuasai Yamaha!
lihat di bengkel umum motosikal kuala lumpur ini, dikuasai Yamaha!

Intinya, di negeri jiran yang dipimpin oleh Perdana Menteri Najib tersebut, motosikal alias motor sejauh yang KBY lihat memang dikuasai oleh Yamaha, tepatnya lagi Yamaha Jupiter lads.. Tak hanya di jalan loh, di iklan Televisi pun Yamaha Y15ZR alias MX King alias Exciter sering kali muncul.. sementara merek motor lainnya sejauh KBY lihat takde..

Lalu bagaimana dengan Honda? Nah ini yang unik lads.. Kebanyakan motor Honda yang KBY lihat justru yang sudah berumur alias dari jenis masa lampau wkwkwk, seperti Honda Astrea Prima, ada dua tiga kali KBY lihat tuh sliweran di jalan raya maupun jalan tol (lebuh raya). Sementara moge-nya kebanyakan Ducati. Untuk Suzuki dan Kawasaki di Malaysia gimana kang?

Oto Traveling: Otomotif Di Negeri Gajah Putih, Siapa Penguasanya?

Honda banyak yang lawas, tuh motor yang jauh jupiter MX juga
Honda banyak yang lawas, tuh motor yang jauh jupiter MX juga

Nah kalau Suzuki, sama seperti Honda, rata rata motor tua semua, pernah lihat Tornado lawas yang sebelum jadi Satria. Sementara untuk Kawasaki kebanyakan dari jenis moge dan model trail-nya, pernah liat Kawasaki Z800 dan ER6N serta KLX150. Yang artikel kemarin motor mogok ditolak (alias didorong) saja kolaborasi antara biker Yamaha Jupiter dengan biker Kawasaki KLX150 hehe..

Gaya Biker Malaysia Bila Motor Teman Mogok Ternyata Sama Sahaje!

motor apa ayo?
motor apa ayo?

Nah kalau ini memang lain padang lain belalang, meski jumlah motosikal alias motor tidak sebanyak Indonesia namun dari merek sih Yamaha yang menguasai, sementara di Thailand dan Indonesia kebalikannya.. Oia satu lagi, skutik juga jarang disana, rata rata pakainya bebek alias cub..

Terima kasih sudah bantu sharing.. Baca juga yang menarik lainya dan kunjungi blog mang saka www.sakahayangna.com :

Kontak kobayogas.com :

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

38 COMMENTS

  1. Memang bener mang, tiap negara emang punya trend masing2, untuk sepeda motor sendiri mungkin masyarakat Malay engga terpengaruh mindset kuno bahwa motor irit dan mesin bandel ya honda

  2. Malaysia masih katrok mang kobay, gak punya pride motor Honda jadul masih dipelihara kalah jauh sama selera orang Indonesia motor bagus semua

    • Maaf mas menurut saya orang malaysia bukanya katrok dan ga punya pride, cuma sifat orang indonesia yang sangat konsumtif, dan kwalitas SDM masyarakat malaysia yang masih diatas kita

      • Motor honda disana memang masih jadul2 modelnya makanya kurang laku beda dengan yamaha yg jauh lebih update disana. Bikers malay itu suka ngiri dengan indonesia karna di Indo suka launching produk2 baru dan jauh lebih banyak pilihan motornya

    • Karena dalam kotanya gak semacet di Kita (terutama Jakarta) orang sana lebih suka pake Mobil pribadi..

      • Nggak gitu juga kang.. Saya pernah kuliah di Kuala Lumpur, rata2 orang lebih milih naik transportasi umum (Bus, LRT, Monorail). Soalnya jauuuuuh lebih nyaman. Kalo naik motor, sereeem.. banyak highway nya + kalo ujan sering banget badai.. πŸ˜€

    • Intinya Malaysia orang terbelakang seleranya aki” jaman dulu, terlalu irit hidup warganya gk mampu beli motor Honda modern

  3. Lek tak lihat helm’nya ga ada yg sefty rata rata helm cetok apa kepala orang malay### lebih keras yaaa???

  4. honda astrea prima disana memang msh diproduksi kaleeeuuuusss!! mosok motor tua….
    motor baru tp model jadul ….tp msh disukai konsumen sana……!!! liat tuh di inggris model supra x125 lawas..innova125 msh disuka…..!!

  5. Motor honda di sini kan ahm. Yg laku ahm bukan honda… Supra gtr produk global honda mana laku di sini.. Hihihihi

  6. Dalam rangka apa om ke negeri jiran kerja apa jalan jalan… hehehe
    Batangan honda kaya tiger,glpro,glmax ngak ada disana ya…

  7. Malaysia Populasi Penduduk cuma brp puluh juta
    dibandingkan ama Indonesia yang diatas 250 juta

    ibarat Indonesia, Malaysia hanya 1 atau 2 pulau kecil.

    jadi minset seseorang tentang Motor , YAMAHA sudah menjalar ke setiap sudut masyarakat

    di tunggu Update tentang Negara lain.
    Asia sangat Luas,,,,,bagi blogger,,monggo,,,di cari Update nya..hehehehe

  8. bknye grub belang 150 jga bnyak bang brti fu ato belang bnyak dstu.
    .kyaknye ade fb*** kga trma ne klo sembahanye kga laku di mgri jiran ampe2 menghujat katrok lah apelh.. payah…. πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ cma org bodoh yg selalu mndewakn merek tertentu…

  9. Honda di Malaysia itu ATPM nya malas jualan kayak suzuki di Indonesia mang, makanya jarang nongol motor honda yang modern. Kalau yamaha disana banyak karena ATPM nya gigih kayak AHM vs YIMM disini

  10. Emang bener mang kobay. Saya pernah baca bon shiew honda (ahm nya jiran) buka pabrik aja baru tahun 2013 itupun variannya cuma 2 kalo ga salah yg paling top aja honda wave. Beda sama hong leong yamaha mereka punya lebih banyak varian yg paling top jupiter mx alias exciter
    Dulu malah punya primadona 125z jagoan road race di indonesia. Suzuki sebenarnya jg punya jagoan tempoe dulu produksi lion suzuki malaysia rg sport & fxr150 sebelum pabrik tutup baru baru ini.

  11. plat nomernya keren yah….kotak…

    reward kantor yah setahun sekali ke luar negri yah…heheh

Yuk Tinggalin Jejak Lads..