CBR

Rahasia Marquez Menyelamatkan Poin Demi Poin Di MotoGP 2016

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. Pencinta MotoGP ada yang gak kenal Marc Marquez? Wah kebangetan kalau iya hehe.. Pembalap berdarah Spanyol yang menjadi andalan di tim Repsol Honda ini adalah juara dunia dua kali berturut turut 2013-2014..

marquez-almost crash2

Yah kalau itu sih sudah tahu kali kang hehe.. Iya ya.. Well yang mau KBY ceritakan ini adalah tentang bagaimana berbedanya Marc Marquez sang baby alien ini dapat berbeda dari kondisi MotoGP musim 2015 dan 2016.. Bukan dari sisi skill ya, karena itu tidak ada yang berubah, tak ada yang meragukan kehebatan seorang wonder boy asal Spanyol ini.. Lalu apa? Adalah kemampuannya membaca situasi dan lebih bijak dalam mengambil keputusan di musim 2016 ini..

SKILL MENGHINDARI JATUH

Menurut berbagai sumber, Honda RCV 2015 memiliki tenaga yang besar sekaligus liar, Marquez sendiri saat itu masih bertipikal push to the limit, padahal dengan kondisi yang liar membuat motor sulit dikendalikan, hasilnya sudah bisa diketahui oleh kita bersama, MM93 mengalami crash di tiga seri, Argentina, Italia dan Spanyol.. Dengan demikian Marquez kehilangan poin penuh dan harus menutup keinginan menjadi juara dunia ketiga kalinya berturut turut di musin 2015..

keluar gravel posisi melorot ke 9
keluar gravel posisi melorot ke 9

Musim 2016, paket Honda sudah membaik tapi masih belum seoptimal tim lain.. Salah satu penyebabnya adalah one make ECU dari Magnetti Mirelli yang belum dapat dioptimalkan oleh tim Repsol Honda. Kendala akselerasi Honda RCV213 masih menjadi pe-er Marquez dan Pedrosa.. Lemah disisi motor malah membuat Marquez menonjol di sisi lain di musim 2016 ini..

Yaitu kepiawaian membaca situasi, tidak terlalu bernafsu (emosional) untuk melewati limit dan yang terakhir yang paling ciamik, skill menghindari crash! Skill ini sudah menyelamatkan Marquez dari raihan Nol poin di beberapa seri, seperti di Assen, Sachsenring dan Brno.. Selain menyelamatkan poin, apa yang dilakukan MM93 ini juga telah menyelamatkan dirinya dari cidera lads..

MOMEN PENYELAMATAN

Seri Assen, Belanda, Marquez sedang melaju kencang namun ketika menuju tikungan, Honda RVC213 nya oleng, ban motor sudah mengeluarkan asap putih tebal tanda gesekan (pengereman) yang dahsyat saat itu.. Namun kondisi yang hampir membuatnya hi-side (jatuh dari posisi tegak) tersebut dapat ia kontrol dengan baik hingga selamat..

Sachsenring Jerman, kondisi race saat itu hujan dan Marc tergelincir di tikungan 8 yang membuatnya masuk ke gravel, banyak pengamat yang memprediksikan Marquez akan jatuh dan tidak dapat melanjutkan balap.. Hebatnya, MM93 mampu mengendalikan motornya dan keluar dengan selamat hingga dapat melanjutkan balapan! Tak hanya itu, tak lama dirinya masuk Pit untuk ganti motor, kembali balapan dan menang!!

marquez gravel

Beda lagi saat di Brno Ceko, sang baby alien nyaris jatuh dalam kondisi  low-side (jatuh dari posisi miring/menikung).. Melihat dari foto, bahkan kaki kanan Marquez sudah terangkat dari foot peg, dimana dia dalam kondisi siap melepas motornya jika beneran jatuh. Namun sekali lagi, skillnya yang brilian mampu membuat motor kembali stabil dan melanjutkan race.. Amazing!

RAHASIA TIDAK JATUH

Apa sebenarnya rahasia Marc Marquez terutama pada ketiga race tersebut di atas yang membuatnya tetap berada di atas jok Honda RCV213v nya? Berikut penuturan joki andalan Repsol Honda tersebut..

“Di Assen, begitu ban depan terkunci, saya langsung mengendurkan rem. Sementara di Sachsenring saya menjaga agar mesin motor tidak mati dengan tak mengendurkan gas sama sekali.. Untuk situasi di Brno, saya tak akan melepaskan motor hingga benar benar tak bisa mengendalikannya, (saat itu) saya menyelamatkan diri lewat siku saya..”

marquez-almost-hi-side-at-assen-2016

Selain skill penyelamatan, dari sisi pengambilan keputusan Marquez pun sudah semakin dewasa dan bijak, akibatnya banyak poin yang berpotensi hilang diselamatkannya musim 2016 ini. Dia sadar kalau tidak bisa juara, maka podium adalah suatu keharusan, tentu salah satu cara untuk bisa podium adalah memiliki seni dan skill bagaimana menyelamatkan diri dari kecelakaan..

Oia kalau ada yang bertanya tanya kenapa bahas Marquez? Kenapa gak bahas Rossi? Pertama, adakah yang meragukan skill sang legenda? Pengalaman bejibun membuatnya tak perlu disangsikan lagi lah, sudah belasan tahun membalap.. Kedua, bahan yang ada emang tentang Marquez, wkwkkw.. Sumber: Bola Edisi 8-9 September 2016.

marquez-pole-position-sachsenring 2016

Terima kasih sudah bantu sharing.. Baca juga yang menarik lainya dan kunjungi blog mang saka www.sakahayangna.com :

Kontak kobayogas.com :

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube Channel: Yogas Erlangga
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

About Kobayogas 3361 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

24 Comments

  1. Yupp marquezz terlihat jauh lebih dewasa dibanding musim lalu, namun ciri khasnya tidak hilang.
    Sahabatku yang super, hidup itu adalah belajar untuk terus menjadi dewasa, masalah hidup akan datang silih berganti..yuk kita liat sisi positifnya ya, bila kita berhasil melewatinya satu persatu niscaya pribadi kita akan lebih piawai dengan masalah lainya.

    Yuk adik adik kita lihat mems nya ya !!!

    Tuhan, mulai hari ini jadikanlah aku ini pribadi yang penyabar..
    yang setiap langkahnya engkau rahmati, engkau berikan solusi atas setiap permasalahan yg aku hadapi,sehingga aku bisa bisa memberi manfaat bagi orang2 disekitarku.
    Aamiin

    MARIO TANGGUH SUPER WEY….

  2. Data dan Fakta:juara race MM 3X,JL 3X,VR 2X. Lalu AI,JM,CC,MV dan DP 1X.jadi mana mungkin mengatakan MM main aman kalo dia paling banyak memenangkan Race???Ngoahahaha.

  3. Kemarin itu yg paling Mlempem siRossi.kenapa??posisi Poin tertinggal jauh lalu kenapa ngalah dari DP.sudah tahu DP mendekat kok ndak ngePush cari poin penuh.disalip koq ngak balas,Rossi main Aman dong???Ngoahahaha.

    • ilmu lu msh dangkal cung, motogp skrng bkn cm skill tp ban jg nentuin limit yg bs d ambil si rider. lu bilang rossi melempem?? dr semua yg pilih ban medium-medium siapa yg paling cepat? bahkan di 5 lap akhir rossi sempat dekati pedro dg 2 lap lbh cpt krna push over limit, tp rossi sadar itu ga akan mungkin krna pedro pake ban soft, so psti dia bs lbh kncng. lu liat si marquez, imbangin rombongan depan ajah kaga mampu, cm bs jaga jarak dr pos 5 ajah untung

      • Nama gue bukan Cung,Bego ndak bisa baca.Oke Rossi sudah limit tapi bisakah Rossi pakai ban depan Hard naik RC213V secepat Marquez.atau Marquez pakai M1 yg katanya no problem dgn ban Medium.jadi Marquez bukan ndak ngePush cuma dibatasi Limit.jadi jangan nyalahin Marquez dong kalo Rossi ndak mau disalahin.Ngoahahaha.belajar baca nama orang ya Nunu.

  4. hati2 gan ne bicara , umat ntr pada ga terima , tp kenyataan e si tua emang main aman .. ekekekee

  5. Jatuh adalah salah pembalap.artinya dia tidak tahu batas limit Motor dari Setingannya.jadi kalo Rossi jago ndelozor itu salah Rossi terlalu ngePush.jangan lupa Rossi juga salah tidak masuk Pit saat disuruh masuk.jadi Rossi bukan pembalap hebat kalo ndak bisa mengendalikan EMOSI.sama aja kaya FBRossi yg Baperan.apalagi”katanya”M1 motor SEMPURNA!!!Ngoahahaha.

  6. Pernah lihat Rossi bawa Motor sampai geol2 melebar??itu artinya Marquez push to the limit.kalo ndelozor Marquez cuma saat latihan,kalo Rossi ndelozor saat Race artinya sembrono.jadi menilai Pembalap tidak bisa berpatokan pada 1race.tiap Race akan berbeda2 hasilnya tergantung banyak Faktor(Sirkuit,Motor,Cuaca,Setting dll bahkan Pacar juga mempengaruhi).Ngoahahaha.

  7. Stttttt,buat FBRossi saya bisikin,tempel telinga lo jangan kedengaran orang.Emang MM main aman koq soalnya unggul terlalu banyak poin.cuma belum ngepush aja sudah unggul banyak apalagi MM ngepush bisa2 kita Fans Marquez sudah pesta JurDu.Ngoahahaha.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..