CBR

Suzuki SX4 S-Cross First Impression, Berat Nih Tugasnya..

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. Suzuki roda empat tahun ini banyak menggelontorkan produk baru, setelah membahas Suzuki Ignis, sekarang kita menuju ke crossover Suzuki satu lagi yang masih di lokasi yang sama, GIIAS 2016, ini dia Suzuki SX4 S-Cross sang compact crossover!

Suzuki SX4 S-Cross 2

Adakah yang penasaran dengan cross over terbaru Suzuki yakni Suzuki SX4 S-Cross? Dulu sempat menjadi primadona karena menjadi satu satunya compact/ middle cross over di kelasnya.. Lebih besar dari hatchback namun dengan kemampuan setangguh SUV, ya itulah Suzuki SX4 sebelum generasi yang terbaru ini.. Namun karena pada akhirnya minim inovasi, SX4 pun akhirnya tergerus oleh SUV lainnya seperti Toyota Rush, Daihatsu Terios hingga Honda HRV.. Kini setelah sekian tahun absen, Suzuki SX4 S-Cross kembali hadir meramaikan pasar roda empat di Indonesia..

DESAIN SUZUKI SX4 S-CROSS

KBY sudah melihat langsung “binatangnya” di GIIAS 2016 kemarin lalu, jujur aja, wow effect nya minim alias kurang.. Suzuki SX4 S-Cross terbaru ini sebenarnya tidak buruk, tapi untuk sebuah produk baru penampilannya kurang membuat greget. Tidak ada sesuatu yang bikin “deg” di hati, bahkan Suzuki Ignis saja punya aura yang bikin greget loh.. Sementara saudaranya yang satu ini malah gak..

Suzuki SX4 S-Cross biru

Desainnya dapat dibilang datar, cari aman, tidak ada garis garis berani yang membuat penampilan Suzuki SX4 S-Cross ini terlihat stands out among the crowds.. Baik dari depan, samping ataupun belakang. Sekali lagi tidak buruk, tapi juga tidak greget.. Bentuknya lebih mirip wagon instead of cross over, panjang termasuk engine hoodnya. Kalau sekilas bisa kecele dengan Subaru XV. Untung bagian depan kini sudah menggunakan lampu HID projector plus DRL LED. Beberapa pernik chrome lumayan mengangkat kemewahannya.

Suzuki SX4 S-Cross belakang

Di bagian buritan desain lampu belakangnya juga kurang greget, kaya bingung mau dibikin gimana bentuknya.. Plus belum dilengkapi lampu rem LED kecuali hi-mount stop lamp. Kalau SX4 lawas itu lebih meninggi bentuknya, si Suzuki SX4 S-Cross ini lebih melebar. Bumper berwarna gelap dengan plastik anti baret dan diffuser berwarna silver mengukuhkan ketangguhannya.

INTERIOR SUZUKI SX4 S-CROSS

Masuk ke dalam kabin Suzuki SX4 S-Cross, aura wow nya juga belum dapat, desain dashboardnya plain tidak ada garis atau pahatan yang berani, cukup aman sih daripada spekulasi malah jadi aneh :D.. Bentuk dashboardnya mengingatkan pada Suzuki Baleno generasi terakhir.. AC sudah digital plus auto climate.. Speedometer juga biasa saja, baik tapi nothing special, terdiri dari 3 cluster dengan MID di tengah berbentuk kotak. Setir Suzuki SX4 S-Cross dilengkapi dengan multi fungsi dari audio hingga cruise control, fitur yang bermanfaat tapi wasted di Jakarta mah..

Mencoba duduk di belakang, ternyata cukup lega, jok juga empuk.. Kualitas material baik dengan perakitan yang baik pula.. Sayang plastik empuk berlapis busa di dashboardnya kurang punya warna yang berbeda, jadi meskipun saat ditekan empuk tapi warnanya mengesankan plastik lads.. Dari sisi driving position, Suzuki SX4 S-Cross ini cukup baik, joknya nyaman dan mampu memeluk tubuh dengan baik. Posisi pun dapat diatur senyaman mungkin berkat adanya seat height adjuster alias pengatur ketinggian jok.. plus setelan jauh-dekat setir (reach and rake)

dashboard Suzuki SX4 S-Cross

FITUR SUZUKI SX4 S-CROSS

Suzuki SX4 S-Cross memiliki fitur yang memadai, tidak heboh tapi sangat lebih dari cukup. Untuk fitur kenyamanan selain ada pengaturan ketinggian jok, di laci depan kiri juga ada 3 kabel yang ready to use baik untuk charge HP maupun auxiliary.. Pengaturan ketinggian sorot lampu depan juga ada, diatur secara manual di sebelah kanan setir. Suzuki SX4 S-Cross sudah dilengkapi juga dengan rain sensor lads.. mantep kan?

Untuk sektor keamanan, Suzuki SX4 S-Cross dibekali rem ABS dan EBD tanpa BA, dual airbags, empat rem cakram, plus penguatan body dengan TECT (Total Effective Control Technology). Sisanya ada fitur seperti keyless entry dan tombol start stop. Fitur standar yang sudah ada pada mobil modern pada umumnya.. Untuk versi matik dia sudah 6 speed dengan manual mode (tiptronic), mantep lah.. asiknya manual mode juga sudah ada fitur paddle shift di setir..

MESIN SUZUKI SX4 S-CROSS

Suzuki SX4 S-Cross dibekali mesin baru tapi lawas, yaitu M15A 1500cc 16 katup  dengan VVT khas Suzuki. Mesin tersebut menghasilkan tenaga sebesar 109PS/6000 RPM dan torsi 138 Nm/4400 RPM.  Tidak special tapi juga tidak buruk, cukup lah meski kompetitor yang memiliki mesin 1500 cc sudah bermain di angka 120 PS dan torsi 145 Nm..

HARGA SUZUKI SX4 S-CROSS

Suzuki SX4 S-Cross dibanderol mulai dari Rp. 246.9 juta untuk versi manual, sementara untuk versi matik 6 speednya Rp.259.9 juta. Dengan semua yang dimiliki KBY beropini berat bagi SX4 S-Cross untuk memimpin pasar, dia tidak memiliki nilai jual yang breakthrough dibandingkan produk lain di kelasnya. Apalagi semacam crossover wannabe seperti Honda BRV sudah 7 seater, Chevrolet Trax sudah turbo sementara Ford Ecosport punya versi titanium dengan sun roof.. Berat euy!

Spesifikasi Suzuki New SX4 S-Cross

DIMENSI

  • Panjang Keseluruhan 4.300 mm
  • Lebar Keseluruhan 1.765 mm
  • Tinggi Keseluruhan 1.590 mm
  • Jarak Poros Roda 2.600 mm
  • Jarak Pijak Depan 1.535 mm
  • Jarak Pijak Belakang 1.505 mm
  • Jarak Terendah 180 mm
  • Radius Putar Minimum 5.2 m

MESIN

  • Jenis M15A, DOHC, VVT
  • Isi Silinder 1,491 cc
  • Jumlah Katup 16
  • Jumlah Silinder 4
  • Diameter X Langkah 78.0 mm x 78.0 mm
  • Perbandingan Kompresi 10,3
  • Daya Maksimum 109 PS/6000 rpm
  • Momem Puntir Maksimum 138 Nm/4.400rpm
  • Sistem Bahan Bakar Multipoint Injection

TRANSMISI

  • 5 Speed Manual ( MT )
  • 6 Speed Automatic ( AT )

BERAT

  • Berat Kosong 1.145 (MT) 1.165(AT)
  • Berat Kotor 1.670 (MT) 1.670(AT)

RANGKA

  • Sistem Kemudi Rack and Pinion
  • Suspensi Depan MacPherson strut with coil spring
  • Suspensi Belakang Torsion beam with coil spring
  • Rem Depan Ventilated disc
  • Rem Belakang Disc
  • Ukuran Ban 205/60R 16

KAPASITAS

  • Tempat Duduk 5 Orang
  • Tangki Bahan Bakar 48 Liter

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

About Kobayogas 3435 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

31 Comments

  1. Ralat kang ya…itu M15A mesin jadul kang bukan mesin baru…dipake di generasi swift lama dr gt,gt2,gt3,gx,gl,st sebelom all new swift CMIIW

      • swift jadul pake mesin M15A om. swift yang baru pake K14B sama kayak ertiga. swift sport pake M16A plus turbo. mesin M15A yang dipake s-cross ini mesin M15A yang ‘sebenarnya’ karena mesin M15A seperti yang dipake SX4 lawas atau swift lawas itu sudah de-tune untuk disesuaikan bbm premium

      • Oia bener swift awal ya.. bener bener.. sori jadi belibet gini wkwkwkw .. M series kan seri lama ya

      • Swift sport mesinnya non turbo kali… 1600cc high rev… 2017 baru rencana pake turbo…
        Nikmat n/a swift sport kek honda asli bukan honda johnpeace…

  2. Kalo desainnya terlalu berani ntar jadi kayak juke
    Love it or hate 😂

    Tp untuk di kelasnya cross over 5 seat, sx4 jadi salah satu cross over dengan harga yg paling menarik

  3. bmw juga disain nya g tu gitu doang apalagi dashboard nya ganti generasi tetep mirip mirip versi lama nya . emang nya disain harus wow gitu terlalu advance nanti malah jadi norak. dasar mang kobay kamprett

  4. concept bagus tetapi realisasi masspro nya ancur, coba google suzuki r3 concept, futuristis keren sades, eh keluar ertiga seperti melihat pretty asmara tel@njang bulat dan kita dipaksa org@sme dengan pistol ditodong ke jidat kita, amit amit ancur! headlamp telalu besar gak proporsional, hal yang sama terjadi juga dengan splash, sx4 dan all new swift. lampu brake lamp ertiga yang lebih besar di sisi kiri dan kanan daripada di belakang, emang orang di belakang liat stop lamp dari samping kiri/kanan? not cool nor aesthetically acceptable, what the f….?

    im4 dan iv4 concept lumayan keren, dua jempol deh, tapi pas iv4 jadi escudo/vitara brezza kek nya kutukan buyuk yupa masspro masih berlanjut….

    s cross, hmm, liat fascianya aja udah mau muntah…. mungkin sebaiknya head of design suzuki mulai berpikir untuk bunuh diri, itu lebih baik dan lebih terhormat. apa susahnya sih menyewa designer sekelas peter schreyer (audi, kia dan hyundai) toh sekarang hyundai/kia sudah mulai memetik hasilnya…..

    by eks user escudo.

    • VES 1st gen is the best… Abadi parah dan mesin buadakkk..sayang bensin ngucur… Pernah melihara buat blusukan… Dipermak gimanapun ganteng itu mobil

  5. Desainnya ancur gini ya, suzuki oh suzuki nasibmu kini, pdhal suka ama karakter mesin suzuki yg pas buat perkotaan, tp modelnya makin ksini makin ancur ya,..dlu grand vitara dah bagus malah keluar versi barunya jd aneh, skr ini muncul tambah aneh lg, maunya main aman tp koq malah aneh ya….smoga suzuki segera berbenah, bosen juga liat mobil mobil kaleng berkeliaran….diselib ga bakalan bisa soalnya begitu diselib ada lg didepan,..tau kan mksdnya sikaleng krupuk yg mana

  6. Iya…malah yg baru baru ada swift gti 1300cc om…soalnya basis suzuki di india jd di india suzuki ini menjadikan swifft di kelas nya brio etios dll jd makanya ada penurunan cc dan ngejar efisiensi ya gitu deh klu di pegang indihe om.

  7. aku udah lihat langsung ke dealer suzukinya, menurut aku sih emang design nya kurang futuristik ya mas…tapi kualitas mesin suzuki lumayan oke.
    kalau harganya yg matic di kisaran 200 juta, mungkin saya lebih pilih ini.
    tapi kalau harganya diatas 250 juta, mending pilih sienta atau freed terbaru yg akan launching di indonesia tahun 2017.
    benar gak mas ?

Yuk Tinggalin Jejak Lads..