Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. Seperti kebiasaan dari pabrikan berlogo D ini, Daihatsu selalu menghadirkan mobil mobil konsep andalannya di ajang akbar tahunan Indonesia seperti GIIAS 2016 ini. Kali ini yang hadir dan menjadi pusat perhatian adalah Daihatsu Cast Activa! Ayo kita gali lebih lanjut mobil mungil yang gagah ini..

Daihatsu Cast Activa samping

Pada dasarnya, Daihatsu itu jago dalam membuat mobil mobil middle to low segment, kelas menengah ke bawah plus mobil penumpang. Desain mobil kecil pabrikan yang sebagian besar sahamnya dimiliki Toyota ini biasanya ciamik punya, tak terkecuali Daihatsu Cast Activa.. Coba kita tengok mini cross over yang gaol abis di mata KBY ini, let’s get it on!

sosoknya funky, imut sekaligus gagah!
sosoknya funky, imut sekaligus gagah! mobilnya lah masa SPG nya gagah 😀

Melihat sosok Daihatsu Cast Activa apalagi berwarna green lime ini alias hijau terang (eh apa sih warna yang tepat? fufufu) sulit untuk tidak berhenti sejenak meski hanya sekedar menatap sekelebatan.. untuk kemudian tertarik mendekati dan tambah lama dilihat tambah keren aja cross over mungil yang masuk kategori Kei-Car di Jepang sana ini.. Desainnya bisa dibilang imut namun untuk tipe Daihatsu Cast Activa sport ini – juga bisa dibilang gagah!

Dalam keadaan standar, Daihatsu Cast Activa mungkin sekilas akan mirip dengan bentuk mobil MINI dari BMW, ya karena memang bentuk dan dimensinya mirip mirip sih. Tapi untuk tipe sport, Daihatsu Cast Activa sport ini menjelma menjadi mobil imut nan gagah.. Sepertinya asik buat city driving, dibawa ke kampus kuliah atau ke tempat kerja dan juga cafe’ untuk melepas penat seusai belajar atau bekerja.. Style- nya funky sekaligus gagah lads..

Daihatsu memberikan tambahan aksesoris yang sekiranya dapat mengakomodir perubahan tema Daihatsu Cast Activa standar menjadi sport, atau tepatnya light offroad kei-car.. Akibatnya dimensi sang Kei-Car pun menjadi bengkak dengan aksesoris ala SUV yang siap terabas ke medan off road ringan.. Bumper depan belakang lebih tebal dengan warna abu plus diffuser belakang dan pelindung bumper depan lengkap dengan over fender. Belum lagi pengaplikasian roof rack serta ban all terrain berdiameter 15″ yang cocok dengan tema sport dan active.

Daihatsu Cast Activa belakang

Bicara tema desain, Daihatsu Cast Activa memiliki tema rounding alias membulat, tengok saja dari mulai lampu depan atas bawah termasuk fog lamp hingga di belakang, semuanya serba bulat lads..Penasaran dengan bagian interiornya KBY pun masuk ke dalam kabin, masihkah interiornya memiliki pesona yang sama dengan ekteriornya?

INTERIOR DAIHATSU CAST ACTIVA SPORT

Ternyata Daihatsu cerdas memainkan imajinasi para anak muda dengan menerjemahkannya ke dalam desain interior Daihatsu Cast Activa ini lads.. Di bagian luar catnya boleh saja hijau terang, ternyata di bagian dalam gak kalah centilnya! Warna biru dipadupadankan dengan warna netral seperti hitam dan abu muda membuat kesan chic pada interior Daihatsu Cast Activa sport ini.. Tak hanya permainan warna belaka, desain kabin belakang dan dashboard depan pun bergaya anak muda bingitz!

Daihatsu Cast Activa interior depan

Meskipun tidak mengurva dan cenderung persegi namun desainnya menurut KBY sih ciamik punya lads.. Kisi kisi ac di pinggir berbentuk bulat, sementara di tengah malah mengotak, terkesan gak kompak tapi justru gak jadi berantakan, cocok saja dengan tema yang diusung oleh Daihatsu Cast Activa ini.. Layar besar di tengah dashboard mengingatkan pada Suzuki Ignis meski tidak floating. Sentuhan hi-tech dan modern juga tak ditinggalkan pada mobil mungil ini..

Lihat panel AC-nya lads, sudah digital auto climate dan posisinya serta bentuknya mengingatkan pada Toyota Nav1.. termasuk juga penempatan tuas transmisi matiknya.. Sementara lebih ke bawah lagi ada slot USB dan socket tambahan untuk sekedar melakukan charge HP. Penempatan tuas transmisi di atas juga membuat jok depan Daihatsu Cast Activa menjadi luas seperti pada Sigra dan Datsun Go.. Tiada jarak antara kita, asik juga kalau sama yayang nih 😛

funky endess
funky endess

Daihatsu Cast Activa dashboard tengah

Bagaimana dengan akomodasi mengingat Daihatsu Cast Activa ini bentuknya compact tidak jauh dengan Suzuki Karimun Wagon R.. Ternyata bagasinya masih cukup untuk menampung dua buah gallon air mineral lads.. Duduk di jok belakang juga kaki masih nyaman dan lega untuk mobil sejenis ini, joknya pun empuk dan cukup tebal serta bisa dilipat meskipun tidak sampai rata lantai.

Daihatsu Cast Activa bagasi

Posisi mengemudi khas MPV, cenderung tegak dan tinggi meski tidak sampai mengganggu.. Hanya saja adanya tambahan sudut untuk socket pada dashboard membuat dengkul mentok kalau tidak hati hati hehe.. Melihat speedometer Daihatsu Cast Activa ini juga tidak membosankan, bentuknya cakep dengan latar warna silver cerah. Bicara fitur, jangan sembarangan merendahkan loh meskipun ini mobil mungil..

FITUR DAIHATSU CAST ACTIVA

Mesin Daihatsu Cast Activa boleh saja hanya berkapasitas 658cc yang memproduksi tenaga sebesar 64 hp dan torsi 52 Nm tapi fiturnya lengkap banget dan bahkan cenderung useless atau wasted! Kaya CBR250RR lah yang fiturnya banyak tapi dianggap wasted wkwkkw.. Simak nih fitur Daihatsu Cast Activa, ada autonomous city braking system, CVT gearbox dan penggerak AWD sebagai opsional.

Belum lagi ada engine start stop, DAC (semacam hill descent control), traction/vehicle stability control serta mode eco.. Tuh mesin gak sampe 1000cc dikasih fitur yang kelas di atasnya aja belum tentu punya lads.. ora umummm.. hehe.. Sementara fitur keselamatan seperti Airbags, ABS dan EBD sudah menjadi standar.. Sayang tidak ada bocoran harga dan sepertinya Daihatsu hanya sekedar show off saja untuk Daihatsu Cast Activa ini.. Tapi kalau peminat banyak bisa saja diproduksi lokal.. Kalau harga terjangkau sepertinya bakal laris manis nih mobil…

berlimpah fitur
berlimpah fitur

Baca juga artikel artikel lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Kunjungi juga blog mang Saka di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
fb fanspage: @kobayogas
path me: Yogas Kobayogas.com
tweetme: @kobayogasblog
Instagram: Kobayogas
Line: yogaskobayogas.com

18 COMMENTS

  1. Lawannya suzuki hustler nih. Kalo kei car gini masih CBU dari jepang ya jangan harap murah. Contoh daihatsu copen yang tembus 400jt-an. Padahal di jepang sendiri kei car termasuk mobil yang dapet keringanan pajak

  2. Mini cooper versi low budget…
    Tinggal bawa ke tukang stiker jadi nih…
    Hahaha

    Asal komen belum baca teksnya

  3. ahhhh sial cuma pajangan. dilokalin kan asik. mobil imut cakep gaya crossover cocok buat cewek hehehehe

  4. Wus mantap keren lucu bentuknya.. tapi masuk indo berbagai fitur disunat untuk mengurangi harga jual wkwkw

  5. masupin dan lokalin dimarih … kasih mesin Sigra … bisa jadi Suzy Ignis killer nih
    eh blom loncing yak si Ignis xixixixi

  6. Kei car cbu wah dah pasti mahal dan kalau masuk pasti limited nasibnya kayak copen. Tapi dilema sih daihatsu dulu pernah bikin kei car lokal lewat ceria boro-boro disambut malah diledekin karena cuma 800cc. Mestinya ya LCGC itu dibikin antara 600-800cc saja biar lebih murah tapi disediakan upgrade kit luar dalem buat yang mau….

    • Pandangan orang saat itu: cc kecil=gak kuat nanjak+power lemah
      padahal pembuat mobil sekarang udah mikir gimana caranya bikin mesin kecil tapi powerful
      Lihat copen, 660cc turbo powernya kayak agya/ayla 1000cc
      Ane malah bayangin kalo daihatsu ngelokalin keicar jepang buat lcgc yang lebih murah lagi (kurang dari 100 juta)

  7. yaaah.. kan biar ky liputan d luar2 negeri gtuh.. sy pling sng liat video walk around drpda test ride..

Yuk Tinggalin Jejak Lads..