CBR

Suzuki Ignis, Mengenal Lebih Dekat Si Mungil Yang Modis!

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. Pada ajang GIIAS lalu, KBY mampir ke salah booth satu raksasa otomotif Jepang yaitu Suzuki.. Terdapat banyak model baru yang memang tidak familiar di jalan raya.. Itu sebabnya KBY tertarik untuk membahas produk Suzuki di awal.. Stop Inovasi di roda dua tapi tampaknya tidak untuk roda empat.. Yuk kenalan dengan Suzuki Ignis si mungil yang modis!

Suzuki Ignis

DESAIN SUZUKI IGNIS

Meski diakui kalau Suzuki Ignis ini masuk segmen crossover seperti halnya Honda HR-V, Ford EcoSport dan Nissan Juke, namun secara dimensi sejatinya Suzuki Ignis yang punya platform Suzuki Baleno ini lebih mungil dibandingkan kompetitornya yang lain. Melihat size nya langsung, Ignis hanya sedikit lebih besar dari Suzuki Celerio, atau Suzuki Amenity. Mobil terbaru garapan Suzuki ini akan hadir dengan menawarkan kemodisan alias style dan kehandalan yang tidak kalah dari mobil crossover garapan pabrik lain.

Suzuki Ignis Indonesia

Suzuki Ignis ini sebelumnya sudah dirilis di Jepang pada 18 Februari 2016 lalu dan kini akan dirilis untuk pasar global. Suzuki Ignis ini merupakan model crossover terbaru yang dirancang dengan mengombinasikan antara SUV dan City Car sehingga menjadi sebuah mobil mini SUV yang lebih kompak dan lincah serta nyaman dikendarai di perkotaan. Bahkan, ia pun juga handal jika dikendarai di medan jalanan offroad ringan seperti di jalan pedesaan atau lokasi camping. Berarti fungsinya kurang lebih mirip dengan saudaranya si SX4 S-Cross ya..

Suzuki Ignis

Desain eksteriornya diklaim memiliki kemiripan dengan Suzuki Alto terbaru. Desain Suzuki Ignis memberikan kesan gagah sekaligus tangguh tanpa menanggalkan kesan stylish modis yang terlihat pada bagian depan. Foglamp Suzuki Ignis ini terlihat masih menggunakan desain membulat. Sedangkan, untuk tampilan bagian samping akan tampak velg berwarna hitam yang terbalut dengan ban berukuran R18, hmm gede juga ya. Kalau dilihat dari samping akan ada kemiripan dengan bentuk Fiat Uno.

Dari belakang sekali lagi seperti melihat Fiat Uno dengan ukuran bumper yang cukup masif, desain belakang Suzuki Ignis bukan selera semua orang meskipun tak dapat dibilang buruk. Dari samping ada ciri khas tiga garis di pilar C yang menyerupai logo merek sepatu olahraga, sayangnya motifnya gak jelas buat apa.. Kalau sebagai icon atau ciri khas seharusnya bisa diberikan warna yang berbeda, mau funky ya sekalian toh si Suzuki Ignis ini hehehe..

tiga garis ini gak jelas motifnya apa
tiga garis ini gak jelas motifnya apa
Bagian buritan dengan bumper tebal dan besar
Bagian buritan dengan bumper tebal dan besar

INTERIOR SUZUKI IGNIS

Di dalam kabin belakang kita akan disuguhkan tampilan yang minimalis namun nyaman. Dari sisi akomodasi Suzuki Ignis ini hanya mampu menampung hingga 4 orang saja di mana pada kursi belakang hanya terdapat 2 seat yang cukup lega, bisa bertiga tapi bakal sesak. Di bagasi Suzuki Ignis ini terdapat bracket bagasi sehingga akan menjadi lebih leluasa ketika membawa barang. Di area depan kesan minimalis langsung buyar, berganti dengan tampilan dashboard yang modern dihiasi banyak tombol plus monitor lebar  7″ bermodel floating (ngambang) untuk mengontrol mobil mulai dari wiper, sistem audio, AC, dll. Sementara pada lingkar kemudi juga ditambahkan switch audio control.

kesan modern langsung di dapat di area depan
kesan moderndan hitech  langsung di dapat di area depan

Mencoba duduk di cockpit supir, impressi KBY untuk Suzuki Ignis adalah tidak jauh dengan Suzuki Swift, artinya positif, driving positionnya cukup sporty dengan sayap pada jok dikiri kanan yang mampu menopang tubuh dengan baik.. Pandangan ke depan cukup luas sementara ke belakang lumayan. Speedometernya termasuk minimalis dengan 3 cluster dengan MID ada di paling kanan..

speedometer Suzuki Ignis

FITUR SUZUKI IGNIS

Di sisi safety, sistem pengereman Suzuki Ignis ini menggunakan ABS dan EBD serta Air Bags yang juga di lengkapi dengan fitur lain seperti teknologi ESP, Hill-Hold, dan hill descent control – perkiraan versi Indonesia mungkin gakan selengkap ini. Suzuki juga telah menyediakan velg dengan ukuran 18 inci yang telah di balut dengan ban yang keren. Fitur lain yang ada pada Suzuki Ignis 2016 ini adalah AC dengan automatic climate control, cruise control, dan keyless entry yang telah di lengkapi dengan tombol start mesin di sebelah kanan pengemudi.

Dengan bodi yang lebih kompak dibanding cross over lain, mobil terbaru besutan Suzuki ini cukup mengandalkan mesin K 12C Dualjet VVT-I dengan kapasitas 1.250 cc 3 silinder 12 katup FWD yang mengeluarkan tenaga sebesar 89.75 HP. Di Jepang, Suzuki Ignis ini juga dibekali dengan teknologi mild-hybrid yakni paduan mesin bensin dan listrik. Ada pula hal yang cukup menarik yaitu dilengkapinya dengan sistem AWD yang memiliki rasio konsumsi bahan bakar hingga 19.8 Km/ Liter. Tenaganya tidak terlalu besar namun tergolong irit dan tetap powerful. Kayaknya si Ignis ini lebih cocok disebut sebagai mini cross over ye?

HARGA SUZUKI IGNIS

Harga Suzuki Ignis yang KBY dapatkan adalah Rp. 182 juta untuk tipe manual dan Rp. 194 juta untuk tipe otomatis, harga tersebut on the road wilayah Bandung lads.. Jadi di Jakarta kemungkinan bisa jadi lebih murah sekitar Rp. 2 hingga 4 juta. Melihat harganya kok masih masuk akal ya, apalagi kalau melihat area dashboardnya yang keren serta kualitas perakitan yang solid.. Cocok lah Suzuki Ignis buat anak muda atau keluarga kecil yang demen plesiran bin blusukan berpetualang.

SPESIFIKASI SUZUKI IGNIS

Dimensi
p x l x t 3700 x 1660 x 1595mm
Jarak Ke Tanah 180 mm
Jarak Poros Roda 2435 mm
Turning Radius Min 4.7 m
Ukuran Roda R 18
Suspensi Depan Penopang Tekanan MacPherson
Suspensi Belakang Multi-Link
Mesin
Sistem bahan Bakar MPFI
Katup/Silinder 12/3
Tenaga Maksimal 89.75 hp
Transmisi 5MT
Volume Mesin 1250 cc
Eksterior
Headlamp Otomatis
Velg Alloy
Interior
Kapasitas Kursi 5
Entertainment LCD Multiplayer
Keamanan dan Keselamatan
Sistem Rem F/R Ventilated Disc/Disc, ABS, Brake Assist
Airbag Depan, Penumpang, Samping

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

Advertisements
About Kobayogas 3226 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

55 Comments

  1. Speedonya kok terlihat menyedihkan ya, desain mobilnya jugaa.. ah sudahlah memang ciri khas brand satu ini

  2. Di wikipedia generasi 1-2 namanya suzuki swift, punya saudara beda merk yang bernama chevrolet/holden cruze. Hmm… ribet nih “keturunan” ignis aslinya, berarti suzuki swift current sebenarnya ignis juga dong

  3. yang bilang disain nya menyedihkan apa anda hebat bisa mendisain lebih bagus dari ini. dasar kamprett bin kutu kuprettt

    • Kalau lo punya mobil atau sering nyetir mobil pribadi (bukan angkot apalagi truck) lo pasti bisa banding desain speedonya dengan mobil pribadi lain yg sekelasnya.
      Tapi sayangnya gw yakin lo cuma jongos yg bermotor Sa’eF atau malah cuma fake adress jadi menurut lo speedo gitu udah canggih banget.
      Cihuuuyy…. Buahaha :v

  4. lucu jg ni mobil. gw suka desainnya yg fresh & sporty. tp nanggung ga sih AWD tp cm 1200cc 3 cyl? ntar diajak ngobak di lumpur nyangkut lg 😀

  5. Beneran yang mau dipasarkan di indo yang versi AWD? Kok dulu pernah ada rumornya keluar versi 4WD, kan lumayan alternatif selain jimny…

    Awalnya minat incer nih mobil, tp kalo liat reputasinya akhir2 ini jadi meragukan jg…..

  6. awd di negara asal nya bukan buat maen lumpur tapi buat penggunaan di musim salju . mini pickup juga di sono nya pada pake awd

  7. Saya kira cuma display. Dijual juga toh?
    SPGnya pilih yg cakepan atuh mang
    Itu mah selera yg tua bukan yg muda, hehehe.

  8. 1250cc powernya 89 hp terpaut tipis dari calya/sigra yg bisa nembus 88hp padahal lebih rendah 50cc..?
    Apalagi getaran 3 silinder cukup ngerih…

    Are you kidding sisuka..?

  9. Yg dark silver cakep..
    Desain dashboard keren sih jadi kayak liat mobil keluaran mamarika jadul…neo klasik ane liatnya.

  10. Sektor depan keren
    Sektor belakang…stop lampnya harusnya bikin simpel…gak jebeber…tarikan2 garis miring harusnya diindari…gak matching ama depan. Malah lebih keren kalo cuma pake stop lamp bulet..dua biji dimasing2 kiri kanan.

  11. om itu kotak 4 biji sebelah tombol start/stop apakah bisa difungsikan..?? kalo resmi dijual disini, saya rencana akan ambil sebiji nih. saya suka desain nya soalnya, cuma belakang aja sih yang agak kurang tapi masih acceptable lah hehehehe

  12. entah kenapa designnya bikin kepincut apalagi yang dark silver buat jalan2 atau sekedar hang out asik banget ini ibarat cewek ini kayak cewek tsundere.
    minusnya: bumper belakang sumpah jelek perlu di revisi designnya, speedometernya juga ga dapet kesan minimalis tapi malah ke apa-adanya.

  13. info nya tahun depan baru beredar disini si ignis ini. kok di atas sudah ada harga nya ya..??

Yuk Tinggalin Jejak Lads..