Yudha 180 cm, mentok atas bawah :D
banner

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber… Daihatsu dan Toyota memang sudah merilis resmi kendaraan MPV 7 tempat duduk kelas LCGC andalannya, yaitu Daihatsu Sigra dan Toyota Calya.. Bagaimana impresi tempat duduk baris ketiganya? Nyaman kah untuk penumpang bertubuh tinggi?

Toyota Calya G

Nah lads, ketika KBY mengunjungi event International di BSD sana yaitu GIIAS kemarin lalu, dua produk yang KBY kebelet ingin melihat langsung pertama kali adalah Daihatsu Sigra dan Toyota Calya. Mengapa demikian? Ya namanya juga produk baru dan pemberitaannya heboh banget kan di dunia maya, termasuk kobayogas.com juga ikut menerbitkan banyak artikel kedua mobil tersebut..

So, ketika melihat Toyota Calya terlebih dahulu, KBY langsung melihat lihat dengan detil, kepengen tahu dong kualitas mobil yang diset sebagai kendaraan roda empat “murah” ini.. Nah sebelum menuju ke impression review, Kobayogas.com akan membahas dulu akan akomodasi dari kedua mobil tersebut. Meskipun yang jadi unit tes adalah Calya namun dari sisi dimensi tidak ada perbedaan dengan Daihatsu Sigra.. Let’s get it on..

kabin toyota Calya

KBY yang punya tinggi badan 163cm versi meteran rumah sakit dan tubuh tambun 70 kg tidak terlalu kesulitan dan cukup nyaman duduk di belakang Toyota Calya (dan Daihatsu Sigra seharusnya sama saja). Dengkul mentok namun tidak sampai mengeluh, toh kalau sudah duduk pasti pahanya ngangkang wkkkwwk..

dengkul KBY nyentuh jok tengah, padahal itu sudah paling maju loh
dengkul KBY nyentuh jok tengah, padahal itu sudah paling maju loh

Yang jelas posisi duduknya cukup nyaman, tidak nyaris jongkok seperti pada Toyota Rush 7 tempat duduk yang pernah KBY coba sebelumnya.. Tapi bagaimana kalau yang duduk di paling belakang itu orang yang tingginya 180 cm? Nah ini dia.. Kebetulan banget di lokasi KBY bertemu lek Yudha Kusuma, punggawa Koboys dan Kars TV, dia bilang wah duduk di belakang kepalaku pas banget mentok atap Om.. ujarnya.

Penasaran KBY minta tolong lagi agar lek Yudha duduk di belakang agar bisa terlihat sejauh mana sih mentok, well ternyata benar adanya, kepalanya pas banget nyentuh atap Toyota Calya lads! 😀 Belum lagi dengkul yang mentok membuat dia harus menekuk atau membuka kedua pahanya lebar lebar.. Ya mana nyaman laahhh..

Yudha 180 cm, mentok atas bawah :D
Yudha 180 cm, mentok atas bawah 😀

SUSPENSI AMBLES

Selain ngetes posisi duduk terutama untuk yang punya tinggi badan jangkung, kita juga coba melihat sejauh apa turunnya suspensi belakang Daihatsu Sigra dan Calya ketika diisi bobot besar di paling belakang.. Menurut penuturan teman teman Koboys sih turunnya banyak dan ambles. Hanya saja soal gesrot atau tidak ke spakbor dalam ya kudu dites lebih lanjut.

di tengah kalau jok supir mundur ya mentok
di tengah kalau jok supir mundur ya mentok

THE VERDICT

Pada dasarnya, kapasitas dan akomodasi Toyota Calya sudah mampu membawa 7 orang dengan memadai, tentu selama badan penumpangnya gak sebesar Yudha semua ya hehe.. Idealnya di paling belakang memang untuk penumpang berperawakan kurus atau anak anak ABG..

Jika lads jadi memiliki diantara Daihatsu Sigra maupun Toyota Calya ataupun hanya sekedar nebeng punya teman/ famili, harap sadar diri saja, kalau merasa tubuhnya punya tinggi lebih dari 170 cm, ya jangan duduk di belakang lah, kecuali jarak dekat dan terpaksa.. daripada nyiksa? 😀

Baca juga artikel artikel lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Kunjungi juga blog mang Saka di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: [email protected]
fb fanspage: @kobayogas
path me: Yogas Kobayogas.com
tweetme: @kobayogasblog
Instagram: Kobayogas
Line: yogaskobayogas.com

30 KOMENTAR

  1. Dengan tinggi 175cm, harusnya ane memang di tengah atau depan, kalo dibelakang ya siap2 duduk bersila 😀

  2. Mending lah itu, daripada go panca jok paling belakangnya yaampun kepala nunduk abis dan kaki kejepit jok tengah ?

  3. Menurut ogut mah masih lumayan itu sigra/calya..coba itu pajero bangku ketiga lebih sempit..padahal dimensi mobil lebih besar..
    Mau nyaman atau lega mah pake alphard, biante, serena, bus, l300, zebra bisa tuh buat selonjoran 😀

  4. sebenernya yg tingginya 180cm bisa juga muat di baris belakang boss.. syaratnya, jok baris-3 dilipet terus orangnya masuk lewat pintu bagasi belakang, dan duduk lesehan deh, nyender di kiri/kanan pilar.. wkwkwkw…

  5. om itu yg duduk di kursi supir siapa ? kasian kalo naik calsig kepalanya engga ketopang, blm lagi kesundul dari blkg

  6. menurutku semua mobil keluaran sekarang kok ga sempit baris ketiganya…yang sudah saya coba…avanza,panther (yang hadap depan), lgx, livina…masih nyaman mobil espass saya…baris ketiga sangat legaaa..

    • Banyak sih faktornya, door trim yg lebih tebal, busa Jok yg lebih tebal, pelipatan bangku yg lebih fleksibel, penanaman seat belt, adanya Ruang penyimpanan yg lebih Banyak (cup holders).. coba cek espass nya mas deh, apa di dindingnya ada cup holder? Seat belt 3 titik?
      Ya kurleb gitu deh lek ochim hehe

        • hahaha, iya paham, kenapa sempit kan? ya itu alasannya, karena door trim dan jok busa yang lebih tebal..bikin kabin lebih sempit..
          kalau misalnya dibikin sama kaya espass misalnya, door trim rata gada tempat apa apa. Saya yakin kurleb leganya bakal sama..

  7. Ingin nyawam dan kelihatan tidak murahan walau mobil tahun 97, saya pake Mazda E2000 Nyaman bisa buat tiduran, fitur tidak kalah dengan mobil baru, jok bisa muter 360, banyak tempat penyimpanan, kabin super lega, pokok e juos tenan.

  8. Yg relevan la kalau mau buat konten, emang yang tinggi 180 cm kalau masuk avanza, dll tidak mentok?

    Secara bentuk fisik sigra dah kecil dimasukkan gaboh ke dalam, anak TK pun tau pasti sempit.?????

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini