Piaggio

Kapan Kendaraan Bermesin Diesel Bisa Murah Di Indonesia?

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. Sebenarnya mesin diesel modern terutama yang sudah berteknologi common rail memiliki emisi yang jauh lebih rendah dibandingkan mesin bensin..

ertiga

Ya, menurut Bapak Tri Yuswijayanto dari ITB yang menjadi pembicara pada saat perkenalan produk bbm diesel terbaru dari Pertamina yaitu Dexlite, dikatakan sebenarnya emisi yang dihasilkan oleh mesin diesel modern hanya seperlima (1/5) saja dari emisi yang dikeluarkan oleh mesin berbahan bakar bensin. Hanya saja, gas buang diesel lebih terlihat dan lebih berbau.. Makanya banyak yang salah kaprah kalau mesin diesel menghasilkan emisi lebih tinggi dari bensin..

Menurut literatur yang KBY baca juga, ketika gas buang dari knalpot bermesin diesel keluar – bicara mesin sehat ya – itu seharusnya tidak menghasilkan warna hitam pekat, tapi putih tipis.. Pun begitu, asap hitam yang dihasilkan dari pembakaran solar memiliki berat yang lebih dibandingkan asap mesin bensin. Asap diesel akan langsung jatuh ke tanah sementara asap bensin akan melayang dan menghasilkan polusi yang lebih tinggi..

mesin_Suzuki_Ertiga diesel

Nah lads, karena emisi yang 5x lebih rendah dari mesin bensin modern sekalipun, di luar negeri terutama eropa, pemerintahnya memberikan insentip berupa keringanan pajak (dan di beberapa negara mobil mesin diesel dijual lebih murah daripada bensin). Alhasil karena lebih murah di harga jual dan pajak, konsumen pun berbondong bondong membeli kendaraan bermesin diesel.. Itu mengapa dalam satu dasawarsa ini, mesin diesel di luar sana lebih populer dibandingkan bensin..

Lalu mengapa di Indonesia kendaraan non komersial terutama dijual lebih mahal? Ya itu tadi, pemerintahnya belum dapat memberikan keringanan pajak untuk mobil bermesin diesel.. Kalau kenapa kenapanya sih KBY gak paham ya.. Tapi yang jelas, dari sisi daya tahan mesin, kehematan bbm serta rendahnya emisi, mesin diesel lebih baik dari bensin. Itu juga mengapa mobil diesel harganya lebih mahal lads..

mobilio-facelift-tipe-rs-kobayogas

Nah akibat dari tidak adanya insentip dari pemerintah tadi, ATPM/ APM pun jadi berpikir dua kali untuk membuat/ menjual varian diesel di produknya.. Padahal diluar negeri sendiri produk tersebut memiliki varian bermesin diesel, contoh mudah Suzuki Ertiga Diesel dan Honda Mobilio Diesel.. Padahal diesel modern dari sisi tenagapun sudah bisa lebih powerful dari bensin berkat pengaplikasian teknologi common rail dan Geometri Turbo..

Kalau harga jual lebih mahal padahal variannya sama, sudah jelas dari sisi bisnis mana yang bakalan lebih laris kan? Ya varian yang murah lah.. Akibatnya varian diesel pun jadi gak laku.. Sayang banget ya lads.. Semoga pemerintah dapat mempertimbangkan akan hal ini dan memutuskan untuk memberikan keringanan pajak bagi kendaraan bermesin diesel..

Baca juga artikel artikel lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Kunjungi juga blog mang Saka di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
fb fanspage: @kobayogas
path me: Yogas Kobayogas.com
tweetme: @kobayogasblog
Instagram: Kobayogas
Line: yogaskobayogas.com

Advertisements

About Kobayogas

Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil
This entry was posted in Diskusi, Opini and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

31 Responses to Kapan Kendaraan Bermesin Diesel Bisa Murah Di Indonesia?

  1. unyu2 says:

    Jual mesin diesel kalo rusak, part lebih sedikit dibanding mesin bensin…
    Udah gitu mesin diesel lebih bandel karena kompresi tinggi pasti pakai part bagus….

    Dari sisi bisnis kurang menguntungkan produsen. Udah gitu pemerintah tidak peduli pula…

  2. Fachrytebe says:

    Yang ane sering baca alesan Atpm mikir 2x ngejual mobil dengan mesin diesel bkn karena masalah pajak tpi karena kepentok masalah kuliatas bbm solar di Indonesia yg masih dinilai buruk, ada pertamina dex itupun penyebarannya ga sampe pelosok2 di indonesia, (googling aja kenapa isuzu ga jual mesin 1.9 terbaru mereka di isuzu mux)
    Mesin2 diesel sekarang udah bergerak ke standart euro 6, sementara kualitas bbm solar dikita yg paling canggih(pertamina dex) baru memenuhi standar euro 3. Makanya atpm2 pada ga mau jual mesin diesel terbaru mereka disini. CMIIW

    • fahri says:

      s7, andai kualitas bbm solar udh euro 5 bmw bisa jual x1 lebih murah dr skrg karena ga ada biaya “penyesuaian”
      dan konsumen bs dapet x1 tanpa sunatan yg 2000cc 184hp/380nm 20kmpl aksel 0-100 8 detik
      diluar negri x1 2016 upgrade jd 400nm disini malah kena sunat jadi 350nm

  3. Faxhrytebe says:

    Ane diesel lovers om komeng dikit boleh yak, sebenernya kenapa ATPM mikir 2x ngejual mesin diesel di indo bkn karena kepentok masalah pajak tpi karena kepentok standart kualitas bbm solar di indo masih dinilai buruk, ada pertamina dex itupun penyebarannya ga sampe ke pelosok2 di indo.
    Mesin diesel keluaran sekarang udah bergerak ke standart euro 6 sementara di indo kualitas solar yg paling canggih pertamina dex cuman bisa memenuhi standart euro 3 jadi balik lagi kepentok masalah kualitas bbm, sangat2 disayangkan padahal mesin diesel banyak bejibun kelebihannya dibanding mesin bensin

    • Faxhrytebe says:

      Sorry dopost om dikira komen pertama ga ke post -_-, komen pertama hapus aja om hehe

    • Kobayogas says:

      sebenernya bbm sih bukan masalah terbesar kalau kata pertamina, pemerintah siul mereka siap..

      bbm kualitasnya belum mantap karena memang supply mobil dieselnya sendiri belum banyak.. Dexlite sendiri hadir karena di pasar mesin diesel udah mulai banyak hadir..

      ya intinya sih memang saling terkait sih ya.. Kalau pemerintah kasih insentif, APM rame masukin, pertamina akan ngembangin bbm solar baik distribusinya serta varian barunya baik diminta pemerintah atau tidak..

      • Shacti says:

        Jadi kayak telor/ayam mana duluan.. pertamina blm produksi solar bagus krn populasi mobil diesel blm banyak. Produsen blm mau jual mobil diesel krn solar yg blm bagus.. btw nyari innova diesel 2nd susah benerr, ada juga harganya ga masuk akal

  4. mind90 says:

    Kendaraan bermesin diesel menurut saya cocok untuk digunakan terutama di daerah luar Jakarta, tetapi juga cocok untuk di dalam kota karena rata-rata mobil diesel sekarang sudah dilengkapi dengan turbo dan lain-lainnya.

    Untuk mobil bermesin diesel harus benar-benar dirawat karena kalau sampai ada yang rusak cukup menguras kantong, karena part lebih mahal dibanding yang bermesin bensin. Namun part mesin diesel biasanya bagus-bagus (bandel) dan tentunya jarang terjadi kerusakan jika dirawat dengan baik. 😀

    https://mind90.wordpress.com/2016/08/15/bagaimana-jika-next-mt-25-seperti-ini/

  5. Robert says:

    begitu juga dengan Pajak bermesin ganda (Hybrid) dan penggerak depan belakang (yang sebenernya urusan safety dan memperhatikan daerah plosok yang belom terjamah infrastruktur

  6. DmNc says:

    jadi penasaran sama Hyundai i20 CRDi yg sempet keluar disini. sayang ngga ada penerusnya..

  7. handoyo25 says:

    Berarti kendaraan mesin diesel baru akan “murah” setelah ada insetif pajak, dst, dst….

    Dengan kata lain, secara production cost, mesin diesel tetap lebih “mahal” dari mesin bensin.
    Poin ini saya masih percaya, mengingat konstruksi mesin diesel (hingga ke level part) memang jauh lebih “tough” ketimbang mesin bensin.

    Namun demikian diesel yg “High cost-high durability” ini masih dinilai “ekonomis” bila utk keperluan komersial (angkutan penumpang atau barang) meski tanpa insentif pajak dan semacamnya.

  8. Dari dulu lebih demen Diesel, soalnya pake mobil pasti buat dibawa lama/jauh,
    sayang, bau emisinya aja kagak nahan, belum lagi tangki yang kudu dikuras
    kalo soal suara berisik, sekarang mah sudah banyak mesin diesel yang sunyi
    moga-moga aja ya bisa segera lebih murah, hehehe

  9. Vario kinclonk says:

    Dulu jaman hyundai i20 pabrikan hyundai kena protes mulu ama ownerny gara2 filter solar apa apanya gitu ane lupa sering bgd rusak, emng mindset org indo sih susah mo dikasi diesel se advance apa jg ttep aja diisi solar, nah kalo rusak tinggal diklaim ke beres, akhirnya pabrikan mikir 2x masukin engine diesel dimari lah pabrikan rugi blm BEP udh suruh ganti part2 yg atas kesalahan user sendiri, akhirnya di stoplah penjual i20 dimari

  10. motorideweb says:

    aku ngga senang diesel mengingat sebaran pom dieselnya sedikit,lhaa wong mau beli duke aja mikirin purna jual…apalagi kalu bensinnya susah hi hi
    https://motorideweb.wordpress.com/2016/08/22/brand-awareness/

  11. Har_on says:

    Mesin diesel secara biaya produksinya lebih mahal dari mesin bensin, itu sebab varian panther di Indonesia masih direct injektion lum common raill, klo pakai modern harganya bisa sama dengan innova diesel tipe q,hingga g worth lagi harganya bagi pasar Indonesia dan lagi masyarakat Indonesia menilai mesinya terlalu berisik dibandingkan mesin bensin.

  12. ardiantoyugo says:

    Captiva diesel mantep…

  13. ademadan says:

    sekarang malah ortu minta kendaraan yg diesel, soalnya tau kalo diesel lebih bagus, pernah pengalaman (true story) perjalanan balik dari surabaya ke malang, bawa kia pregio (itu lho yg kayak ikan lohan) kondisi udah mulai gelap, akhirnya pake lampu, eh kok lama lama makin redup lampunya, ane sama bapak cuma mikir “wah ini alternator nya udah tewas ini, nggak ngecharge sama sekali” akhirnya perjalanan tetep dilanjutkan, masih 20km++, lanjut terus akhirnya sampai rumah dengan selamat, meskipun kondisi mobil gelap gulita, pas sampe rumah, ibu tanya “yah, kok bisa sampe rumah? padahal bulan lalu pake kia carens mogok nggak bisa jalan gara gara alternatornya” dengan yakin bapak ane bilang ” diesel powaaa 😂”

    tapi kurang tau sih sama mobil diesel yg baru, apakah se tough diesel yg lama *lirik Panther 96 yg beli dari baru udah jalan 300rb km nggak pernah ada masalah sama mesin

    • bocah_koplak says:

      Berarti concernnya mesin kan?
      Coba saja dilirik dan nanya2 mengenai mesin diesel hilux, strada dan ranger yg jadi andalan di perkebunan.
      Kan ada versi buat penumpangnya, tinggal cocok mesin yg mana dan di mobil penumpang jadi yg mana.

      • ademadan says:

        pajero & fortuner sudah tanya, sudah test drive, kurang memuaskan. dan keduanya pasaran, banyak kembaran di jalan, bisa dibilang “rich man’s avanza Xenia”

      • Kobayogas says:

        Wkwkwkw sedap

      • bocah_koplak says:

        Isuzu Mux, Captiva, AN ford everest, trailblazer.
        Banyak kok pilihan, masalahnya cuma satu seberapa banyak downgrade-nya begitu masuk indonesia. Hehehehe

  14. fari.fairis says:

    padahal diesel awet pake banget lho.. mobil udah bobrok tapi mesin masih oke..

  15. Ripcord99 says:

    IMHO, ngomongin BBM duluan vs Mobilnya duluan, ini sih kayak ayam vs telur.. Klo dari ATPM bilangnya BBMnya yg jadi kendala. Kalo dari Pertamina bilangnya mobil2nya yg butuh BBM Diesel bagus belum ada/belum banyak. Lah? Gimana itu? ATPM mikir lagi, dia jualan diesel canggih ga ada yg beli, ya percuma coz orang yg mo beli juga mikir klo mo beli mobil diesel bagus/canggih, ntar kasih solar biasa cepet rusak, rugi dunk beli ratusan juta/milyaran..
    Mbulet ae to? sampe belasan tahun.. Akhirnya ketinggalan dari negara tetangga..

  16. ChUruTzZ says:

    Menarik nih, sepertinya emang dr pemerintah ama pertamina yg mulai duluan jalan kasih diesel kualitas bagus, toh tar seiring waktu juga produsen lebih berani ngeluarin varian diesel yg butuh solar kualitas bagus, jaman skr banyak koq org org kaya, jd ga msalah buat nyeluarin solar bwrkualitas, ane kdang heran yg punya mobil mewah kayak alphard, harrier , tp isi bensinnya prwmium, gayanya aja tp makan subsidi rakyat kecil, untung skr dah ga disubsidi lg, bmw pun sampek sedannya pun dah pke diesel, i love diesel yg pake turbo , krena kami suka turbo (ngikutin gayanya motomobi kwkwkww) suara sulingnya itu lho bikin gahar n macho

  17. Ripcord99 says:

    Sama kayak kasus listrik PLN vs daerah luar jawa yg masih byar pet listriknya. PLN ga mau bangun pembangkit disana, lantaran berkilah disana konsumennya ga ada (atau cuma sedikit). Sementara pengusaha mo buat pabrik disana juga mikir, listrik disana aja sering byar pet, gimana pabriknya mo jalan normal? Pake genset biayanya tinggi.. Dan akhirnya mbulet maneh.. Sampe si pengusaha memutuskan bikin pabrik di jawa lagi yg pasokan listriknya gede dan stabil..

  18. Aero says:

    rindu ford focus tdci & i20 crdi

  19. sucahyoaji says:

    Mau bagaimana lagi, masyarakat pinginnya mesin diesel yang tenaganya setara dengan mesin bensin. Nggak mikir lebih iritnya.

    https://kupasmotor.wordpress.com/2016/08/05/mengapa-banyak-yang-pakai-oli-diesel-untuk-mesin-motor-padahal-spesifikasi-tidak-banyak-berbeda-dengan-oli-motor/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *