Dexlite, BBM Diesel Baru Selevel Pertalite, Diesel Hemat Bertenaga!

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. Dexlite, Diesel Hemat Bertenaga! Itulah tagline dari Dexlite, produk bbm khusus diesel terbaru dari Pertamina yang resmi diperkenalkan pada publik tanggal 18 Agustus lalu.. Seperti apa sih produknya?

pertamina dexlite

diesel dexlite

Tri Yuswijayanto dari ITB menjelaskan Dexlite

Pertamina memperkenalkan sebuah varian baru Diesel Fuel yang merupakan bahan bakar untuk kendaraan bermesin DIESEL yang memiliki Cetane Number minimal 51 dan mengandung Sulfur (Sulfur Content) maksimal 1200 ppm. Ya, tak seperti mesin gasoline (bensin) yang menggunakan angka Oktan, untuk mesin diesel bbm-nya menggunakan kode angka Cetane. Jadi makin tinggi angka Cetane nya ya makin baik..

SPESIFIKASI DEXLITE

Sedangkan untuk kandungan Sulfur (Sulfur Content) malah sebaliknya. Makin tinggi malah semakin buruk karena bisa membuat injektor kotor. Dexlite memiliki kandungan Sulfur (Sulfur Content) maksimal hanya 1200 ppm lebih baik dari Solar 48 yang mencapai  3500 ppm. Sebagai informasi Cetane Number pertamina Dex sudah mencapai 53 dengan kandungan sulfur paling rendah yakni maksimal 300 ppm.

Dexlite vs Solar vs Pertadex

Pertamina, perusahaan raksasa di bidang oil dan gas nasional tersebut memberikan tagline untuk Dexlite yaitu “Diesel Hemat Bertenaga”; sebuah produk bahan bakar diesel berkualitas dengan harga terjangkau. Pertamina mencoba mengakomodir kebutuhan mesin diesel modern yang sebenarnya tidak membutuhkan Cetane Number setinggi Pertamina Dex namun harus di atas Solar biasa.. Itulah mengapa Dexlite dibuat lads..

DEXLITE UNTUK MESIN DIESEL MODERN

Pertamina juga memonitor bahwa telah terjadi peningkatan populasi kendaraan bermesin diesel dengan teknologi common rail di Indonesia yang memerlukan bahan bakar “lebih bersih” dan memiliki angka cetane lebih tinggi dibandingkan dengan Solar biasa. Selain itu, terdapat disparitas/ gap harga yang cukup jauh antara Solar Subsidi (biasa) dengan Pertamina DEX sehingga Pertamina merasa diperlukan adanya produk “ANTARA”. Dexlite lah produk “ANTARA” tersebut lads..

Untuk memperkenalkan serta mensosialisasikan BBM diesel Dexlite, Pertamina mengundang media dan blogger serta komunitas roda empat yang menggunakan mesin Diesel lads.. Tim Pertamina juga sudah melakukan sosialisasi ke ATPM/ APM terkait yang menjual mesin kendaraan bermesin diesel modern tentang bbm diesel Dexlite ini, tak hanya petinggi, bahkan hingga level sales.. Tujuannya agar sales dapat merekomendasikan bbm diesel baru ini kepada konsumen karena sudah sesuai dengan minimum spesifikasi mesin diesel modern..

Untuk sementara bbm diesel Dexlite ini memang sudah sampai sudah luar Pulau Jawa meskipun belum sebanyak solar biasa. Ditargetkan tahun 2017 Dexlite akan ada di 1000-1500 SPBU seluruh Indonesia..

Bapak Tri ITB (kiri) dan Bapak M Resa (Pertamina)

Bapak Tri dari ITB (kiri) dan Bapak M Resa (Pertamina)

SOLAR BIASA TETAP ADA

Menurut Bapak Muhammad Resa dari Asisten Manajer Brand Communication untuk Pertamax Series dan Tri Yuswijayanto dari ITB, sejauh ini Pemerintah belum ada intruksi untuk menghilangkan Solar Subsidi, dengan demikian solar biasa akan tetap ada, sementara Dexlite hanya sebagai tambahan yang menjembatani kebutuhan mesin diesel modern dengan angka cetane yang sesuai spesifikasi yang dianjurkan.

Pertamina juga memiliki tujuan untuk menyediakan produk baru yang lebih berkualitas bagi konsumen yang menggunakan kendaraan bermesin Diesel modern terutama yang sudah menggunakan teknologi Common Rail dimana kualitas DEXLITE lebih tinggi dibanding Solar 48, namun masih di bawah kualitas Pertamina DEX. Cocok toh? Mesin lebih bertenaga, emisi lebih rendah tapi kantong juga aman..

HARGA DEXLITE

Harga Dexlite saat ini adalah Rp. 6.450, lebih murah Rp. 1.650 dari Pertamina Dex.. Terjangkau kan?

harga Dexlite

Baca juga artikel artikel lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Kunjungi juga blog mang Saka di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
fb fanspage: @kobayogas
path me: Yogas Kobayogas.com
tweetme: @kobayogasblog
Instagram: Kobayogas
Line: yogaskobayogas.com

Advertisements

About Kobayogas

Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil
This entry was posted in Sharing and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

7 Responses to Dexlite, BBM Diesel Baru Selevel Pertalite, Diesel Hemat Bertenaga!

  1. ardiantoyugo says:

    coba diisi di pcx… nanti torsinya berasa mitsubishi fuso…

  2. fiesta7 says:

    Bbm yang ramah lingkungan

  3. mind90 says:

    Kemarin pas mudik udah nyobain di mobil tahun 2000 😀 . Namun gak semua SPBU sedia Dexlite terutama didaerah, somoga dapat diperluas lagi.

  4. subaru says:

    Tujuan utama penerintah jelas pelan2 menghilangkan premium dan solar. Semoga sukses biar diesel canggih makin banyak yg masuk. Di deket rmh gw premium cuma sisa 1 slot d motor. Mobil pertalite smw

  5. fari.fairis says:

    bbm makin baik.. josslah.. asal duit subsidinya gak masuk kantong pribadi aja..
    di jogja sudah mulai ada bbrpa spbu pasang banner bakal gak jualan premium lagi..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *