CBR

Motor Sport Jepang Yang Terkena Dampak Harga Motor KTM CKD.. 

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. KTM memberikan efek shock therapy  terhadap produk yang berada di rentang harga yang sama yang diberikan oleh KTM saat ini.. Siapa saja mereka?

KTM RC200 depan

Kita bahas soal KTM Duke dulu sebagai tulang punggung street fighter atau yang kerap disebut naked bike.. KTM Duke tersedia dalam dua pilihan, Duke 200 dan Duke 250, angka dibelakang nama menyiratkan kapasitas mesin motor tersebut. KTM Duke 200 dijual Rp. 31 jutaan, sementara Duke 250 Rp. 44 juta. Nah di kelas 200 hingga 250cc ada produk apa saja sih disana?

harga motor KTM
ini harga update motor KTM

Yang pertama kena adalah produk Jepang berkapasitas 150 cc di rentang harga yang kurang lebih sama, yaitu Rp. 30 jutaan. Ada Yamaha Xabre 150 cc dengan harga Rp. 29,9 juta di sana, mau gak mau dia yang kena duluan karena genrenya sama, naked bike. Kedua ada Honda CBR150RR dengan harga mulai dari Rp. 32,5 jt, kemudian Yamaha R15 dengan harga Rp. 31,3 jt. Tapi dua motor sport ini relatif aman karena genrenya yang berbeda..

xabre terpojok oleh duke 200
xabre terpojok oleh duke 200

Yang kedua, kelas KTM Duke 250, di genre yang sama ada (sesuai alphabetical order) Kawasaki Z250SL dan Z250FI, dari Suzuki ada Inazuma dan dari Yamaha ada MT25 (ada yang kelewat gak?). Semua harga kecuali Z250SL ada di atas Rp 44 juta. Z250SL mungkin lebih murah tapi dari fitur? Sama seperti yang lain, kalah total lads..

Z250Fi kena tohok Duke 250
Z250Fi kena tohok Duke 250

Sekarang kita beralih ke sport fairing yang diwakili oleh KTM RC200 dan RC250 dengan harga masing masing Rp. 35 juta dan Rp. 48 juta. Di kelas 200 cc, RC200 bermain sendirian, sehingga mau gak mau dia yang turun ke bawah. Nah di sini barulah Honda CBR150R dan Yamaha R15 kena hantam, hanya menambah 3 jutaan sudah dapat sport fairing yang lengkap! Gak harus KBY ulang kan spesifikasi KTM RC200?

cekidot: spesifikasi KTM RC200

duo jepang yang kena toyor KTM RC200
duo jepang yang kena toyor KTM RC200

Sementara di kelas 250cc, KTM RC250 lebih banyak lagi memakan korban, dengan harga Rp. 48 juta, RC250 memborbardir Honda CBR250RR yang saat ini punya senjata terlengkap sekaligus harga yang diprediksikan termahal, kemudian ada Kawasaki Ninja RR Mono, Ninja 250FI dan Yamaha R25. Tak hanya harga dan fitur, spesifikasi pun cukup membahana! Meski silinder tunggal, DOHC 4-Valve, dengan teknologi NiCasil Cylinder Coating, tapi mampu menghasilkan output power 31,3 PS di 9.000 rpm dan  torsinya 24 N.m @7.250 rpm! (versi luar negeri).

unggul sih tapi harganya jauuuhh dengan KTM RC250
cbr250rr unggul sih tapi harganya jauuuhh dengan KTM RC250

Praktis dari sisi tenaga, trio Jepang memang masih menang, tapi dari torsi, RC250 tidaklah kalah lads! Belum lagi power to weight ratio sang RC yang terbaik dari semuanya. Beralih ke fitur, cuma Honda CBR250RR yang bisa mengimbangi atau mengungguli tapi wajib ditebus dengan harga jauh lebih mahal! Lha 48 juta vs 70 juta gitu loh..

Dan ini adalah yang terakhir, siapa korban dari KTM RC390 yang ternyata juga mengalami penurunan harga dari Rp. 120 jutaan ke Rp. 99 juta. Yang kena adalah Kawasaki Ninja 300 lads.. Ah kayaknya KBY gak harus panjang lebar disini, harga Ninja 300 sudah Rp. 87,9 juta, perbedaannya hanya pada kapasitas mesin dan performa. Lainnya? Kalah telak oleh RC390.. dari mulai performa hingga fitur.

KTM RC390 menggetok Ninja 300
KTM RC390 menggetok Ninja 300

Namun dari semua pabrikan Jepang mereka memiliki keunggulan yang sama, ya, bicara 3S mereka menang, juga resale value.. Sejauh ini sudah terbukti sih ya, mau gimana lagi faktanya begitu. Sebagai tim yang kalah, senjata andalan mereka yang akan diangkat ke permukaan dalam menyikapi harga yang diberikan oleh KTM pasti akan berada di sekitar 3S.. dimana hal tersebut memang masih menjadi kekurangan KTM.

Oia satu lagi, menurut info harga motor motor KTM tersebut merupakan produksi atau VIN lawas, 2014-2015. Ada yang mau menambahkan? Siapa tau ada produk yang terlewat dan belum terbahas..

penurunan harga motor KTM sudah ada sejak bulan juli 2016
penurunan harga motor KTM sudah ada sejak bulan juli 2016

Baca juga artikel artikel lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Kunjungi juga blog mang Saka di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
tweetme: @kobayogasblog
Instagram: Kobayogas
Line: yogaskobayogas.com

About Kobayogas 3425 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

86 Comments

  1. habis beli
    ada problem
    – konsumsi bbm
    – penyakit ini dan itu
    – terjatuh
    – dll
    cari bengkel
    gak ada bengkel
    beli Sparepart – susah
    akhirnya di jual
    harga Purna Rendah karena bukan motor pasaran

    endingnya kecewa karena belum di kenal masyarakat

    harga segitu bisa dapet Second Ninja atau R25 untuk DP
    sisanya kredit tapi gak terlalu menguras kantong bukan..???

  2. Bahasan terakhir itu tadi yg tidak dimiliki KTm layanan purna jual yg mumpuni jelas orang pasti mikir ulang beli motor harga murah nanti nyervice sama spare partnya beli dimana?

      • Mang dah megang langsung apa belum?pegangin mang kayak gimana kualitasnya?bagus ndg
        Lumayan minat sama rc 250 hahaha apa duke 200

      • jangankan megang, gw geber di jalan ampe brebet juga udah wkkwkkww… kan ada di artikel artikel sebelumnya, mau duke 200, rc200 sama 390 udah.. yg belum rc250 sama duke 250 tapi penampilan sih sama…

      • wajar saja klo konsumen masih mikir2 mo ambil apa gak.

        Secara ni merk yg baru nongol di mari

        Klo mikir soal 3s, jualan motor via importir nyatanya jg laku.

        Lagian ini kelas 250cc, bukan under 200cc.

        Klo CBR250RR bisa ngalahin RC 250, kog aneh ya, dari pabrikan aja belum nongol spek power, torsi n bobot

        baiknya tunggu spek resmi CBR250RR dari pabrikan, so bisa menyimpupkan CBR lebih unggul apa kagak

      • Kalau ay pribadi sih positif speknya lebih baik atau paling tidak sama dengan R25, spek R25 saja sudah lebih baik dari RC250 om..

        kenapa positif? soalnya Honda ini yakin banget sih pas ditanya, spek memang lebih dari kompetitor.. nah bisa diartikan seperti apa kan, paitnya beda 0,0001 aja sebenernya bisa dibilang lebih baik kekekee…tapi apa iya cuma segitu bedanya?

      • bener jg , misal beda 1 hp sj cbr lebih unggul.

        Namun melihat rekam penjualan motor sport pabrikan jepun, keknya yg laris justru tipe RC200 dan Duke200.

        Hal ini mungkin saja soal prestige dan kemampuan beli calon konsumen.

        Yg prestige pasti pilih ninja/r25/cbr
        Namun soal mampu beli, mungkin calon penyemplak sport 150cc yg bakal kabur. Mereka lebih memilih Duke200cc/RC200.

        Tp kembali ke 3s, keknya penjualan gak mungkin mepet pabrikan jepun. Dikarenakan minimnya jumlah dealer. Sama nasibnya dg pabrikan Suzuki.

        Mepet penjualan Viar sj keknya berat.

      • prediksi awal, masyarakat mungkin sangat tertarik dengan harga yang ditawarkan, tapi karena tidak semua konsumen tahu KTM maka kebanyakan akan menunggu dan lihat sikon..

        Menurut ay mereka yang membeli akan datang dari yang sudah melek merek dan gak terlalu peduli 3S, tujuannya juga sepertinya lebih kepada weekend warrior…

  3. satu2-nya nilai minus cuman ketempelan nama bajaj. coba kalo cuman tertulis ktm, pasti laku keras kek kacang goreng. ga perduli 3s-nya susah

  4. Semoga ktm sukses jualan dimarih…pabriknya ga cuma satu …bosen liat motor jepang mulu.giod job ktm

    • Setuju, Roda 2 itu boring Motor kelas ekonomis’y jepang mulu, cuma 4 pabrikan pula.

      Klo di roda 4 ga usah ditanya ada brp pabrikan jepang, blm lagi pabrikan eropa,amrik,korea yg mempunyai harga kompetitif jg. Pilihan model’y pun beragam.

  5. walau harganya murah tapi tetep khusus untuk yang duitnya segudang saja..
    yang duit pas2an cenderung cari aman aftersalenya..

  6. Baru saja booming berita CBR250rr, sekarang ada shock therapy dari KTM dengan harga yg jauh lebih wajar, saya juga ngikutin berita tentang kartel harga yamaha-honda. Nunggu info lebih lanjut dari mang kobay, soalnya kepincut sama Rc250 🙂

  7. Mang kobay mo ikut nimbrung nih, kalo saya gak salah ingat, saya sempet baca dulu kalo Duke/RC 200 itu udh stop produksi mengikuti stop produksi nya p200ns di India,(makanya di India duke/rc 200 n p200ns udh gak di jual lg dr tahun lalu) kemudian diganti dgn duke/rc 250, kalo itu benar berarti duke/rc 200 yg di jual disini itu sisa stok? Atau msh akan di produksi terus? Bisa konfirmasi ini gak mang kobay?

    • Pulsar 200 ns mati karena digantikan pulsar 200 AS (half fairing kayak pulsar 220).
      Nah di india fairing ituh penting soalnya kalo lewat jalan tol berasa banget. Nah harga antara NS dan AS beda tipis makanya dimatiin NS.

      • Ns yg injeksi g d itung ya? Mkanya blng di stop? D luar indonesia ns injeksi msh produksi kyknya

    • Ada gitu motor dijual malah tambah mahal? (Kalo klasik iya).
      Lu mau infestasi beli tanah aje yak.

    • dikasih 250 nawar 125, dikeluarin 125 nanggung nunggu 250, klasik banget ya, ujung2nya beli sujuki sepin 2nd di stikerin ktm deh hahaha

  8. nunggu ketauan minusnya dimana aja deh
    soalnya motor dengan cc lumayan tapi kok harganya cuma segitu
    pasti ada udang dibalik banyu :v
    ditunggu info updatenya mang

  9. KTM RC200 cuma 35jt???
    Sangat layak untuk kantong. Cuma ya masalah 3S. Kalo kualitas gimana mang Kobay? Dibandingkan CBR150 sbg baseline, build quality dll dari RC maupun Duke ini bijimana mang? 😅

    Btw, itu mang Kobay lagi ngeker SPG pake silincer ya? 😂😂😂

  10. Banyak yg kelojotan mikirin 3S harga jual bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla blabla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla BULLSHHIIIITT.
    silahkan dibeli ploduk overpriced japan punya okeeh.

    • kl alasan jual lg hrga murah itu bkn alasan, kita beli motor bkn untuk di jual lg tp lbh untuk di nikmati, kl untuk 3s wajar kl jd alasan bro, misal nya tiba2 mogok atau jatuh bingung dah mau cari bengkel dan part nya

    • lah kok bullshit… dimana2 mau individual ataupun korporasi namanya beli barang produk teknologi ya dipertimbangkan jg after sales servicenya lah.. napsu amat belainnya bang?? wkwkwk

      • Bullshit lah. Itu yg ngemeng 3s harga jual emang mau beli? Udah gitu aja.
        Bilang aja duitnya gk ada, ngono ae. Sama aja kayak cbr 250 rr. Ahm lah, overpriced lah, moge seken lah. Duit kgk ada.

      • hahahahahahaha sabar bro..
        kita kan ga tau kondisi keuangan orng lain, yaa siapa tau kl 3s nya menjamin orng2 pada ga takut beli produk nya
        siapapun jg pasti lebih senang kl 3s nya terjamin apalagi kl mtr nya masih di pake buat harian bkn orng yg beli mtr hanya karena hobi

      • Eh tong, ane bisikin sini.
        Kalo ente mau 3S enak, ente ga cocok pilih merk eropah.
        Dimari merk eropah masih jarang yg pake, knapee? Mindsetnya jepun semua, gamau repot.
        Kalo ente suka eropah ya ambil aja, namanya barang pasti ada plus minusnya, ga di kualitas sama pelayanan. Ntar kalo KTM dah laris, itu dealer juga sebelahn sama Y & H

      • hahahahahaha eh tong sabar dl dong, apa ada ane tulis kl ane itu antipati sm merk eropa, apa ente ga suka kl 3s merk eropa berkembang di indonesia, hahahahahaha mk nya ting eh tong kl bls komen itu pikir2 dl jgn sok2an deh, ente sdh pernah ada blm mtr buatan eropa? kl blm jgn bnyk cincong deh
        berpikir nya cara orang kebanyakan, pasti semua org pgn punya mtr eropa dan jepang, kl jepang 3s nya sdh bgs knapa ga boleh berharap kl 3s nya eropa jg bgs, kan bagus untuk semua nya, gitu tong cara berpikirnya jgn egois dong, ane tanya lg nih sdh pernah punya blm motor buatan eropa????
        mau merk apa aja yg laris ga ada hubungannya dgn ane ya tong…

      • sudah sudah sabar lupakan saja jangan ditanggapi, banyak yang galau dan banyak yang gampang tersinggung. lebih baik dinikmati saja komentar yang galau2 dan tersinggung. hahahaha

  11. dibanding ngambil 150cc kenapa ga mau nambah dikit biar dapet 200cc? betul tidak ?|
    tapi lihat dulu pertimbangan aftermarket ama kuualitas produk nanti..
    pantau dulu beberapa bulan ini ah 😀

  12. Ternyata barang kadaluarsa.
    Pupus udah harapan tuh tersebar ke nusantara.
    Kalo vin 2014 2015 berarti stok terbatas.

    Padahal lumayan tuh 30 juta dapat 200 cc. Daripada beli klx.

    Ntar ada pabrik di sini, vin 2017, jangan-jangan harga naik. Blm tau saweran di sini dia.

    • katanya sampai kedepan harganya segitu. yg cbu. kalo stok habis ya jadi ckd yg harga segitu. “katanya” loh. tidak mengikat kalo tiba2 pemerintah ngeluarin pajak baru lagi atau tiba2 dollar naik banyak

  13. Klo MT25 gk terkena dampak ah mang, secara harga tipis bgt bedanya yg 1 silinder dgn 2 silinder jelas beda sensasinya,. :p

  14. kalo ktm duke, mungkin akan jadi dampak utk motor2 jepang tp dengan syarat spare part nya tersedia.

    untuk rc250 kayaknya yg bakal kena dampak ninja SL series atau motor 250cc yg single silinder, kenapa?karena rc250 masih single silinder (CMIIW)
    utk 250 2 silinder sepertinya masih aman.
    tp balik lg keselera masing2

  15. harga yang bagus untuk mengkoreksi harga motor jepang.
    harga tsb hanya untuk komunitas? bagaimana dg non komunitas?

  16. ngabisin stock? mending yg ktm ina kalu jadi,

    masalah kualiats , ina msh lebih baek dari india, dari sisi material ato kualitas pekerjaan

    ini real , baik di produk ato di proyek engineering

  17. menyan says:
    August 12, 2016 at 07:38
    Secara gk sngaja malah makin menguat soal dugaan kartel pabrikan jepang. Mugkin

    Klo menurut aye seh secara sengaja gitu loh.. mafioso jepun injak duri kartel setelah itu durinya dihantam sama palu org indihe…
    world premier ceboker jg dihantam sama palu indihe
    bener bener sweet revenge 😈

  18. Yup bnr mang, klo sama MT25 mepet harganya beda dgn z250 yg harganya beda sampai 8jtan, secara material memang KTM lebih ok, cuman ya itu balik lg ke orgnya sensasinya suka yg mana? klo gw sih asal boleh bawa pulang spgnya bs jd pertimbangan buat bungkus, ahihihihi

  19. kelas 150 mgkn yg kena dampak nya, apalagi kl ktm gerak cpt thn dpn sdh bnyak dealer dan bengkel di kota2 besar di luar pulau jawa (sbnrnya ane sih yg ngarep hihihi) kl 250 agak berat mang, sensasi 2 silinder susah di bantah, ketersediaan part dan bengkel, keseriusan dari atpm, durability nya, ane pernah di tawarin r25 vin 015 diskon 5jt naah jd bgs bgt kan harga nya

  20. ternyata produksi 2015 ya kang
    ngabisin stock di indihe dibuang kesini, rada kampret jga ya….

    • Inget bajaj pnya 48% saham overall ktm sah2 aja d sruh jual pulsar dan line up bajaj

  21. Haiya… Bikin tidur gak nyenyak aje nih KTM. Lha…pada ributin jualnya, tipikal bnget dah, beli aja belon udah mikir jualnya. Mau cuan banyak ya beli property Agung Sedayu/Podomoro, wkwkkkkkkkk….. Beli brg ginian buat dinikmatin, hidup cuma sekali, kpn lg ada KTM murah begini??? Jiah… Lg lg jiah… Kualitet KTM dipertanyaken, sono brain wash dulu, wkekkkkkkk…… Baca noh artikelnya bro Leopold!

  22. om, kalu material nya dari ngerofah sono 95%, percaya dech.

    kita juga banyak pake material erofah sono,

    tapi ngak pernah mau pake material made in india u/ jangka waktu pemakaian yg lama.

    ini kita bicara mesin industri yach.

    sama aja kaya grand astrea jadul, mesin msh impor jepun, 95 msh impor materianya.

    ilmu metalurgi msh dipegang ngerofah am jepang

  23. kita bicara real di lapangan aja yach,

    kalu produk gelondongan dibuat di india, tambah ongkos transport tambah pajak dll,

    itu harganya msh lebih murah dari pada produk tsb dibuat di indonesia.

    jadi org india itu lebih seneng impor dari negaranya sono langsung utuh, karean lebih murah.

    plg mungkin ktm ina buat pabrik dimareh u/dirakit doang kaya kawak.

  24. stok penunggu gudang yang dilepas duluan
    yang VIN 2016 belum keluar yak?

    btw, penyakit Duke 200, pernah baca di media cetak,seputar spidometer yang berembun, dan tidak ada sparepartsnya

  25. Motor ky ktm atau brand Eropa itu udh pasti motor koleksi krn masalah reliable nya yg rewel serta spare-parts nya susah tp selama ada duit n kemauan cari partsnya kynya engga susah deh. Klo mau yg aman y motor jepang lebih bandel.

  26. dulu waktu harganya masih 74, ngelihat sama ngeraba produknya nggak banget deh segini 74 juta. sedikit merasa laslasannya kurang rapi. tapi kalo 48 mah bungkussss. sayang sekarang maennya triple silinder. telat dah. hehehehe. padahal sempet minat sama RC390, apalagi showroom n servisnya deket, ruko samping danau sunter.

  27. om,

    ane sih masi keingetan dagangan nyang pake embel-embel “PRIDE”
    pan sama dulu ngebulshit kalo udah ada nyang ngucap 3S sama harga barang seken.

    tapi liat hasil saat ini,

    banyak banget apa nyang ga peduli sama 3S sama harga jual gitu? @_@

  28. Simple bgt…

    Yg bingung pasti Sales

    Yang seneng pasti Konsumen

    Wkwkkwwk

    Belajar dr cina bro di kasus hp…
    Mereka di kasih produk overprice ga mau…
    Akhirnya Samsung bikin edisi khusus area cina yg harganya jauh lebih murah… bahkan dr produk samsung sendiri yg punya spek di bawahnya…

    Konsumen… mari berpikir smart…
    Sales… im so sory :p

  29. Motor punya ente brp lama pemakaiannya bro?punya saya pulsar baru melihara 7tahun sejauh ini gak ada masalah sama 3s,mungkin krn emang kualitas motor dan sparepartnya bagus kali ya jadi jarang ganti2 part,gak seperti mopang punya saya…

  30. Semoga harga all new cbr250rr di kisaran 55-60 non abs, pengen nambah 1 lg deh, skrg ckup pake ninja 150rr aja menjelang hrga pasti si cibi 250rr.

  31. Makanyaaa punya motor jangan cuma satuuu.. haree genee masih mikirin Purna jual. please deh jgn kek org susah 😋

  32. kira kira versi 125 nya keluar di indonesia ga ya? kalo misalkan bener keluar apa konsumen mau beli, soalnya kan cc nya nanggung dibuat 150 mungkin ga ya hehe

  33. Naksir berat sama rc200 selain powernya top model juga ga biasa. . . . Mungkin bisa di ulas msalah biaya servicenya serta harga spare partnya om

Yuk Tinggalin Jejak Lads..