CBR

The Legend Suzuki Jimny Akan Reborn, Penampakan Ada Di GIIAS!

penampakan di GIIAS

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber..  Ada gosip asik seputar roda empat, apalagi bagi lads yang demen terabas pake roda empat.. Suzuki Jimny yang legendaris akan reborn alias lahir kembali tak lama lagi!

Suzuki Jimny 2016

Bagi lads yang berusia nyaris setengah abad, atau middle 30 hingga early 40 tahunan, pasti hapal banget sama mobil ini, Suzuki Jimny! Mobil model Jip yang sempat hype dan booming di jamannya. Mobil anak muda yang relatif terjangkau harganya dengan tampang lumayan keren dan gagah.. Jip yang sering kali disebut Banci ini (karena penggerak rodanya 4×2) memang menjadi pilihan yang masuk akal bagi kawula muda saat itu..

jimny jangkrik, dulu si babeh pake ini jaman ay SD
jimny jangkrik, dulu si babeh pake ini jaman ay SD

Meskipun tenaganya pas pasan, handling buruk, suspensi keras dan rem ABS (alhamdulillah bisa stop) tapi untuk sekedar city driving, Suzuki Jimny sudah lebih dari cukup! Tongkrongannya pun cukup macho apalagi kalau dimodif ala jip beneran. Beuh, gagah! Tak heran hingga saat ini Suzuki Jimny masih cukup banyak yang mencari untuk dijadikan sebagai mainan lelaki alias boy’s toys dengan merubah kaki kaki dan juga performanya agar lebih ajib dalam menghadapi jalan berlumpur…

Suzuki Jimny ada beberapa model, dari Jimny Sierra dan Jimny Katana, yang terakhir disebut adalah model paling akhir yang dijual oleh Suzuki mobil Indonesia.. Usia hidupnya sekitar 24 tahunan, dari 1982 hingga 2006 dan pada tahun 2007, Suzuki Jimny resmi stop dijual di Indonesia lads.. Padahal di negeri asalnya, jip mungil ini sudah bermetamorfosis menjadi lebih cakep dan lebih canggih dengan mesin DOHC dan transmisi 4×4 yang lebih pintar..

Suzuki Jimny dimension

Ya memang kalau Suzuki Jimny terbaru dipaksakan dijual disini dengan status CBU, harganya gakan kompetitif lagi, yang beli sih akan ada saja, tapi kalau cuma segelintir? Ya rugi juga dong Suzuki Indonesia.. Tapi lads, dikabarkan untuk tahun 2016 ini PT. SIS justru siap untuk menjualnya dengan status CBU! Wah pastinya ada sesuatu yang dipercayai oleh tim disini..

Dari segi eksteriornya Suzuki Jimny masih memiliki tampilan legendaris dari pendahulunya, bumper besar dengan grill kecil berpalang enam secara vertikal. Kesan peninggalan klasik pada Suzuki Jimny terbaru ini juga masih terlihat jelas di sektor lampu yang berbentuk bulat sedangkan di bagian lampu belakang ke bawah.

Suzuki Jimny GIIAS 2016
sudah hadir di GIIAS 2016

Sisi “jadul” juga hadir di buritan mobil, yaitu nempelnya ban cadangan yang menambah gagah tampilan mobil offroad mungil tersebut dan mengesankan jip sejati. Kaki-kakinya terpasang ban tangguh yang melapisi velg alloy berukuran 15 inci. Untuk menambah ketangguhan Suzuki Jimny menggunakan suspensi berbentuk ladder frame yang pastinya sangat mumpuni ketika digunakan di medan berat.

Interior Suzuki Jimny

Ruang kabin pada Suzuki Jimny juga terlihat klasik, masih kental nuansa kotak kotak namun sudah dibekali teknologi yang canggih, sebagai contoh di bagian panel instrumen terdapat Tyre Pressure Monitoring System (TPMS) untuk mengetahui tekanan ban pada kendaraan tersebut. Selain itu terdapat pula Gear Shift Indicator (GSI) yang membantu pengemudi dalam menghemat bahan bakar. Tidak ketinggalan fitur ESC (Electronic Stability Control) turut disematkan guna menambah kesan modern.

interior suzuki jimny

Mesin Suzuki Jimny

Sementara itu untuk urusan dapur pacu Suzuki Jimny terbaru ini memakai mesin berkapasitas 1.3 liter yang di dukung oleh dua transmisi yaitu manual lima percepatan dan otomatis empat percepatan yang diklaim mampu menghasilkan daya hingga 83 hp pada putaran 6.000 rpm serta torsi puncak 110 Nm pada 4.100 rpm. Well namanya jip gak perlu ngebut juga sih ehehe…

Harga Suzuki Jimny

Harga dari Suzuki Jimny yang hadir di GIIAS 2016 ini memang masih gelap, tapi di Inggris model SZ3 dibanderol 12.195 poundsterling atau setara Rp 235 juta, sedangkan untuk tipe SZ4 untuk manual dibanderol 13.645 poundsterling atau Rp 263 juta dan tipe otomatis 14.454 poundsterling atau Rp 279 juta.

Hanya saja kabar gembiranya adalah Donny Saputra selaku Kepala Pengembangan Produk SIS mengatakan pihaknya akan menjual Suzuki Jimny jauh lebih murah ketimbang harga jual Importir Umum (IU). Saat ini mobil SUV mungil tersebut dipasarkan oleh IU dengan harga mencapai Rp 450 juta sampai Rp 500 jutaan. Edan!

Pesaing Suzuki Jimny

Nantinya Suzuki Jimny akan berhadapan dengan Jeep Renegade yang saat ini dibanderol Rp 599 juta. Hanya saja mobil asal Amerika tersebut memiliki jantung pacu lebih besar yaitu 1.4 liter MultiAir Turbo empat silinder dengan dukungan transmisi 9 percepatan yang dapat menghasilkan tenaga mencapai 160 hp dan torsi 249,4 Nm

Namun Suzuki Jimny memiliki keunggulan tersendiri yaitu dari sektor harga yang sudah dipastikan bakal lebih murah sehingga tidak menutup kemungkinan akan menarik lebih banyak konsumen dari kalangan premium.

Hmmm ingat Jip imut ini kok jadi inget mantan yah.. ups.. Ditunggu kehadirannya ya Suzuki Jimny terbaru!

sumber: Google, Indra Fathan

Baca juga artikel artikel lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Kunjungi juga blog mang Saka di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
tweetme: @kobayogasblog
Instagram: Kobayogas
Line: yogaskobayogas.com

Advertisements
About Kobayogas 3231 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

26 Comments

  1. Hahay..ABS.. 😀 eh tapi jaman katana, buat mobil 1000cc itu cakram depan paling besar loh mang.. bokap ogut punya katana dulu jaman sd

  2. Mahal ya padahal powernya cuma segitu. Ini mah untuk colector item aja kayaknya. Kalau mau kerenan sih beli sedan sport dah lebih oke, lancer civic dll modif sikit blarrrr da pada melek semua cew.

  3. Ajegile harganya. Jadi ingat dulu keponakan ane beli katana country second sehat mulus cuma 30 juta.
    Btw yg pendahulunya yg versi 4×4 konon sangat-sangat tangguh di off road medan lumpur tapi rentan hanyut kalau menyeberangi sungai.

    • bescorpio
      August 9, 2016
      Sudah 4×4? Gak banci lagi donk

      ======
      Jelas bukan ini manly tulen …kategori banci itu kalo pake FWD sedang yang ma(c)ho itu yang pake RWD (menurut petinggi ngastra waktu rush facelift pertama)

  4. Aduh aduh ganteng dipake trabas ini.. 😍😍
    Yang lama sasisnya ntap ga kalah ama FJ seriusan..cuman ya ringannya bikin kurang tangguh

    Oya..jimny 4×4 kalo ga salah, yang versi 4×2 baru ganti nama ke katana…

    Bangkitin vitara 4×4 dong sekalian jangan bawa vitara brazzer india yang jelek itu

  5. Dirumah masih ada Katana GX 95. Emang bener suspensi keras (terutama belakang) terus radius putar lebar banget, sama rush aja masih lebih matah rush. Enaknya di mobil mesinnya sederhana banget, jadi gampang nyari bengkel.

    • Dulu bokap punya. Kalo sekeluarga naik buat mudik udah kayak naik delman, mental mentul. Tapi selalu bikin kangen jimny. Mesinnya awet bahkan kalo rusak mekanik merem juga bisa, kalo cari parkiran tinggal mak plung.

  6. Liat desainnya bikin ngantuk, serasa kembali zaman penjajahan. Suzuki oh suzuki meskipun sudah 4wd bisa kalee bikin desainnya yg lebih sangar / gagah gak unyu2 gitu

  7. Mau pertahanin ciri khas kali. Liat aja land rover defender ato mercedes benz g class. Garis desain utamanya ga jauh sama produksi awal. Kalo mau contoh perubahan radikal, ya liat aja toyota land cruiser fj40 jaman dulu sama yang buatan taun 2012, beda jauh banget.

  8. “Jip yang sering kali disebut Banci ini (karena penggerak rodanya 4×2) memang menjadi pilihan yang masuk akal bagi kawula muda saat itu”
    Ini maksudnya apa yak? Suzuki jimny 4×4 yaitu jimnh trepes jimny siera , yang 4×2 ituh katana. Aneh juga suzuki jimny atau katana dibilang banci, blom tau potensinya aja yg bilang banci

    • Lha Iya sebutannya di Dunia roda empat emang gitu, jip 4×2 itu istilahnya jip banci.. 4×4 baru real jip.. Diluar potensi ya.
      Katana Kan juga masuk Jimny Series…

      Kaya twin cam lah sering disebut dohc banci

      • Bener kl jip 4×2 disebut jip banci, tp Jimny mah ngga termasuk atuh. Kl Feroza tu baru dah disebut jip banci. :mrgreen:

Yuk Tinggalin Jejak Lads..