Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. Ini adalah artikel hasil modifikasi lanjutan New Honda PCX 150 yang sudah mengganti bagian CVT-nya seperti kanvas kopling dan per sentri…

puli-papasan-pcx.jpg.jpg

Mengapa disebut modifikasi lanjutan? Karena pada artikel modifikasi PCX 150 sebelumnya KBY sudah melakukan 3 modifikasi yang mencakup sektor mesin dan pengereman meskipun kadarnya masih ringan, pertama adalah mengganti air filter dengan punya Ferrox dan busi iridium milik Honda CBR250R.

Loh bukannya businya PCX pake Denso Iridium IU22 kang? Hehe, iya belum sebulan kok KBY ganti pakai busi iridium NGK SIMR8A9 punyanya Honda CBR250R. Modifikasi PCX yang kedua adalah mengganti kanvas CVT dengan model kanvas pantekan berikut per sentri pakai milik Vario karbu.. Yang ini tujuannya menghilangkan gregel/ getaran pada tarikan awal..

puli-papasan-pcx-da-roller-spin.jpg.jpg

Yang ketiga mengganti kanvas rem PCX dengan merek Elig tipe premium (standar) di depan dan belakangnya.. tentu agar lebih safety mengingat potensi performanya sudah lebih baik dibandingkan dalam kondisi standar…

baca juga: Nyoba Kanvas Rem Elig Di Honda PCX

Nah, problem datang setelah mengganti kanvas pantekan (relining) dan mengganjal puli dengan baut custom buatan Lentera motor.. Tenaga awal hingga tengah mah joss tenan lah, eh top speednya seperti dikebiri alias seperti kena limiter.. sebelumnya kalau trek panjang itu jarum speedo bisa mencapai 110 dan masih mau lebih, ini mentok dan speedometer naik turun…

Setelah kembali berdiskusi dengan Aki Hero Bike Custom (Herodion Ally – 082225207118) yang memberikan masukan akan kanvas relining, akhirnya disetujui untuk menggunakan Puli bubutan dan mengganti roller dengan yang lebih ringan milik Suzuki Spin!.. Kembali pemasangan dilakukan di Lentera Motor Penggilingan. Kali ini baut ganjal dicopot untuk mencoba performanya.

puli honda pcx

Hasilnya? KBY nyesel banget.. Nyesel kenapa gak dari dulu ngelakuinnya! Kini sang New PCX tenaganya sudah sangat mumpuni! Beginilah seharusnya performa dari sebuah Maxi Scooter 😀 Tenaga bawah, tengah dan atasnya mantaappp.. akselerasi yahuuddd.. power untuk nyalip pada mid speed josss.. top speed gak terkebiri lagi dan bisa lebih dari 120 km/jam kalau treknya panjang ..

kamera casenya udah retak malah ngalangin top speed :D ini yang paling jelas
kamera casenya udah retak jadi malah ngalangin top speed 😀 ini yang paling jelas

Tenaganya untuk memutar ban yang memang ukurannya sudah naik sebanyak 10mm (90 menjadi 100) di depan dan 20 mm (100 jadi 120) di belakang jadi lebih dari sekedar pas, gak terasa seperti dipaksa bekerja agak keras saat mesin masih standar ting ting dulu..

Bukan tanpa kekurangan lads hasil modifikasi tersebut, yang pertama area CVT jadi lebih berisik yang kedua konsumsi bbm jadi agak boros, drop jadi 40 km/liter, lah gimana mau hemat, bawaannya mau ngegas mulu wkwkkww.. Sekarang diadu sama si Frozen tengah dan atasnya mah hayu lah.. Eh tapi gak tau juga sih kalau si NMax frozen per cvt sama rollernya ikutan diganti juga mah 😀

nih video top speed PCX 150 diadu sama Moge 😀 klik sebelah sini via hp

Baca juga artikel artikel lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Kunjungi juga blog mang Saka di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
tweetme: @kobayogasblog
Instagram: Kobayogas
Line: yogaskobayogas.com

25 COMMENTS

  1. bener2 motor yg ga value… cm mau naikin performa sekelas nmax saja ribetnya bukan main.

  2. Pulley bbutannya merk apaa mang???saya pernah pake jg yang bbutan..landasan roller dipapas awalan sama akhir jd landai bgt…kombinasi roller spin juga
    Awalan sih enak karna ada pemapasan diawal jalur rolernya dan juga masih kasar jalurnya jd gerakan roller dihambat alhasil tarikan awal enak bg..
    Tp wktu jalurnya dah halus malah drop di 70-100km/jam dan berat
    Itu akibat pemapasan jalur akhir roller yg jdi landai banget..
    Skrang pake pulley std dgn perataan sdikit diujung jalur..alhasil 65-110 km/jam brasa kaya mesin overbore cpwt naiknya..dan top speed jdi 128km/jam..
    Note ujung landasan yg landai bikin roller terus kelur dan bkin pulley dpan lebih gampang ngembang hasilnya lebih berat..
    Tp dgan pemapasan sdikit(menyesuaikan jalur awal) bkin roller ketahan dikit buat ngumpulin rpm jadi lebih nendang karna pulley gak gampanh ngembang…
    Vario 125 mang cm ganti koil kawahara sama busi denso iridium
    Pulley papas sndiri make kkir sam roller ktc12gr kyaknya lebih ringan dr spin..

    • Wah kok Komen ini kelewat ya buat direspon.. pulley buatan bengkel RRI Mang..
      Kalau kata Aki hero nanti akan terasa gak Enak kalau roller udah peyang akibat papasan itu nah setelah peyang harus diganti terserah pake punya spin lagi atau merk lain yg lebih baik..

      Wah menarik juga modif nya si mamang, keren euy

  3. 40 km/liter mah irit banget.apalagi dipake kenceng terus.
    Tapi kalo si frozen sekrg konsumsinya sdh 30 km/liter.kalo digituin juga, bisa 25 km/ liter kah?

  4. Hehe dah bosen maen cvt ane. Power beda dikit.
    Perbedaan cuman di transfer tenaga yg lost powernya kurang dan responsif doang. Sugesti sih….
    Dari pada maen cvt mending bore up…….

  5. Da bocen modip pcx. Nabung sapa tau Ahm ato Yimm mau brojolin big skutik baru lagi taun dpan.

  6. pcx irit bener ya mang, nmax saya aja 1:40 cuman pas lebaran lewat kalimalang cikarang ampe bekasi gapake ngerem rata2 di 60-70 km/h. pas normal sih 1:37 juga udah bagus. motor standaran.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..