CBR

Ergonomi dan Riding Position All New CBR250RR vs Kompetitor, Ke Arah Mana Sekarang?

ergonomi cbr250rr dengan tinggi rider 166 cm

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. All New CBR250RR jika kita melihat fotonya atau bahkan sudah melihat langsung, sosok dan aura sporty-nya begitu kental terasa.. Termasuk ergonominya juga terlihat..

inuma san rides cbr250rr

Pertanyaan Kang, melihat All New CBR250RR desainnya kini merunduk gitu dan kemudian setang dibuat/ dipegang model under yoke (dibawah segitiga atas) apakah model sporty tersebut berpengaruh kepada sisi ergonomi rider-nya? Kayaknya bakal lebih pegal dari CBR lainnya ya?

Persis! Itu juga yang ada di kepala KBY ketika pertama kali melihat posisi setang All New CBR250RR via teaser beberapa waktu lalu, begitu melihat langsung, ternyata benar saja, kuncian alias pegangan setangnya ada dibawah segitiga atas, mirip dengan Ninja RR Mono..

model under yoke, dibawah segitiga atas
model under yoke, dibawah segitiga atas

Karena tak boleh dinaiki, ya KBY hanya meraba raba sedikit saja seputar riding position-nya, posisi tangan kita sih tetap berada di atas segitiga karena bentuk setangnya naik ke atas, lagi lagi mirip dengan RR Mono, well paling tidak gak merunduk banget lah si All New CBR250RR ini..

Eh ternyata lads, lagi asik jeprat jepret ada big boss-nya AHM, Mr. Toshiyuki Inuma datang bersama TMC Blog, Inuma-san didaulat naik ke atas motor, karena big boss boleh dong haha.. Kesempatan! Sekalian aja KBY ikut jepret untuk mensimulasikan riding positionnya.

Lads bisa lihat segimana posisi Inuma-san ketika mengendarai All New CBR250RR, beliau mengaku punya tinggi 166 cm, dengan menggunakan sepatu kantor, beliau jinjit lumayan, setengah kaki lah ya.. Dari sisi ini paling tidak lads bisa tahu setinggi apa sang motor dengan ketinggian jok 790 mm..

ergonomi cbr250rr dengan tinggi rider 166 cm
ergonomi cbr250rr dengan tinggi rider 166 cm

RIDING POSITION

Nah kalau ini, KBY akan meminjam gambar dari sobat tua yang masih enerjik dan demen turing serta berwawasan luas akan motor sport karena kecintaannya pada roda dua khususnya tipe sport.. Leopold Sudaryono..

riding position cbr250rr

Dari foto di atas terlihat 3 motor sport kelas 250 cc 2 silinder yang semuanya sudah lads ketahui, kebetulan bro Leo sudah memberikan perbandingan ketiga motor diatas dengan cara meng-overlay ketiga foto motor diatas dan kemudian membaginya ke dalam dua perbandingan dengan satu musuh, all new cbr250rr sebagai pendatang baru..

CBR250RR vs Ninja 250FI

KBY akan quote beberapa kalimat dari bro Leo dalam artikelnya..

Ninja 250FI memiliki tingkat riding position yang paling tegak. Posisi tempat duduk lebih rendah dan posisi handle bar paling tinggi + paling dekat dengan pinggul. Artinya untuk long riding cukup nyaman.

Namun untuk kebutuhan sport yang agresif mungkin membutuhkan ubahan yang cukup signifikan. CBR terlihat posisi duduknya lebih ke depan, alias forward. Begitu pula posisi stang yang lebih rendah dan ke depan.

Secara teori ini mestinya membantu handling saat cornering apalagi dengan spesifikasi suspense yang upside-down. Posisi footpeg hampir identik. Dengan banyaknya dan murahnya footpeg custom, posisi kaki mudah disesuaikan.

Tak ada yang bisa KBY tambahkan disini, foto sangat jelas dan bro Leo menerjemahkannya dengan sangat baik.. Lalu bagaimana riding position antara CBR250RR vs YZF-R25?

cbr250rr vs ninja 250fi
cbr250rr vs ninja 250fi

CBR250RR vs YZF-R25

R25 punya slogan “A sport bike you can ride everyday” dan dulu saat KBY tes, slogan itu memang bukan sekedar kalimat. Ergonominya masih lebih nyaman di atas Ninja ditambah suspensi yang masuk kategori lembut. Secara performa mesin dan handling ternyata juga ada di atas Ninja..

Saat dibandingkan dengan CBR terlihat R25 juga sedikit lebih tegak riding positionnya, meskipun tidak setegak Ninja. Posisi pinggul sedikit lebih rendah dari CBR, begitu pula posisi stang lebih tinggi dan dekat ke pinggul dibandingkan CBR. CBR sekali lagi terlihat lebih maju ke depan (forward), dari titik seat position dan handlebar.

Pada R25 ubahan yang paling sering dilakukan, adalah menurunkan stang sekitar 2-5mm. Ini akan membuat posisi stang lebih rendah dan ke depan untuk membuat handling lebih sporty dan tajam. Juga ubahan menggunakan adapter footpeg.

cbr250rr vs r25
cbr250rr vs r25

THE VERDICT

Jika pada foto yang dibuat om Leo sang New CBR250RR terlihat seperti condong ke depan tidaklah salah, namun sebenarnya titik atau pusat di saat rider duduk ada di tengah tengah, artinya dari sisi balancing, CBR yang punya tagline Total Control memiliki center of gravity dan balance yang baik.. Demikian pula sebenarnya motor lain diciptakan pasti punya pengukuran masing masing..

Tentang riding position dan ergonomi, jelas New CBR250RR ini sudah tak bisa dikatakan sebuah moge entry level yang mengedepankan kenyamanan, CBR 250 cc 2 silinder ini bermetamorfosis menjadi sebuah motor sport yang berkarakter “supersport”! Ya, Honda kali ini lebih mementingkan arah racy dibanding comfort.. sudut segitiga gak bisa boong lah ya hehehe..

So, dari sisi pegelisasi, CBR ini pasti paling pegel diantara 2 lainnya. Wah kang jadi gak enak dong buat harian? Gak salah, tapi seperti om Leo sebut, semuanya kembali ke rider-nya.. Mungkin Honda berpendapat, CBR250RR diciptakan sebagai supersport, kalau mau nyaman, tunggu aja versi nakednya.. ups..

riding position cbr250rr 2

Baca juga artikel artikel lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Kunjungi juga blog mang Saka di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
tweetme: @kobayogasblog
Instagram: Kobayogas
Line: yogaskobayogas.com

About Kobayogas 3369 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

43 Comments

  1. Petinggi Honda bilang, “Ah… percuma dulu gue bela2in bikin CBR250R sebagai sport bike 250cc ter-comfort, toh lu org pada kaga beli2 jg, mending sekalian dah sekarang gue bikin sporty abis2an, biar yg pake pada pegel2 dan yg boncenger tersiksa ama jok yg seuprit itu…”, wkwkwkwkwkwkkkkkk……… Jalurnya udah bener, jgn dengerin konsumen2 lu yg bapak2 alim itu, krn a real sport bike is made for a real biker, dan a real biker never ngeluh kl diajak nunduk2 dikit. Cemen ah… dikit2 ngeluh, wkwkwkwkwkwkwkkkkkk…….. peace bro…

  2. Honda sudah semakin ke yamaha yamahaan skrg, wkwkwkwwk

    Bisnis is a bisnis krn emng market sport 250 cc disini mending gak usah nanggung, yowis dibikin lah like a supersemprot sekalian, maklum saza diindo > 250 masuk barang mewah ya ngakalinnya beli motor 250cc dibikin riding positionnya ama sizenya ngikutin supersemprot, jadilah moge mogean modal sticker bs naek jd 600cc mueheheh

  3. Tp sayang sekali kl varian wrn kebanggaan HRC, yaitu tricolore, kok gak ada. Padahal wrnnya seger gitu, saya demen banget tuh wrn, dan menurut sy itu wrn paling OK. Aneh ama selera pasar sini, yg laku justru wrn merah ama item di CBR150R. Sama kyk Ninja 250 yg laku justru merah. Ninja kok merah? Ninja itu ijo, kodok itu ijo, wkwkwkwkwkkkk….. Vote wrn item doff + aksen merah deh, garang…….

      • Setuju, harusnya yang warna merah rangkanya jangan dikasih warna merah, biar warna item aja atau silver almu gt hehe

    • Nih bro… prediksi disain versi nakednya:
      – tatunosin.tumblr.com
      – ennui-time.tumblr.com
      – mar-bee.tumblr.com

    • tenang, sabar, kalau terus terusan takutnya pembaca bosen juga wkwkwk, tapi gw juga bingung bahas apaan, bahan banyak cbr semua wkwkwkwk

  4. Ergonominya boleh dibilang mirip2 r15/rr mono gitu ya kang? Dengan versi tangki dan body yg lbh lebar?

    Seat height 790 mm berarti r15 masih jd sport seat height tertinggi ya 815 mm wkwkwk

    Kalo beli yg black matte dimodif velg orange plus cutting repsol putih keren. Kaya motor pramusim repaol honda

  5. Dear kanjeng pembaca sekalian saza,,,,,, blog juragan mati,,,,, mati karena banyak agency main ketempat juragan untuk dapat titah akhirnya blog juragan server paling murahnya overload saza,,,, sekarang pecah endashe juragan,,,, mau di aktivin kok yoo belom nemu celah bcnya saza,,,,, wagh makin bingung juragan,,,,, time will tell lagh,,,,,, ciaoo

  6. Ah… ente terlalu jujur bro Kobay, hahaha… Ahayyy… aye suka ama gaya ente yg jujur apa adanya. Merah gak asik, malah jd mirip adeknya, wkwkwkwkwkkkkk……. gengsinya turun berok, betul sekali….wkwkwkwkwkkkkkk
    AHM… brojolin yg tricolore dong, i book atu deh kl beneran ada, OK? sip……….

Yuk Tinggalin Jejak Lads..