CBR

Suara Klakson Buat Moge Harusnya Sesuai Dimensinya, Setuju Gak?

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. Kadang kala kita suka merasa kalau bunyi atau suara klakson itu sebaiknya disesuaikan dengan dimensi atau body motor.. Masa bodi besar suara klaksonnya kaya banci kejepit.. ngiikk 😀

Klakson FER
Klakson FER

Well, opini ini berdasarkan pengalaman pribadi sih ya.. Terutama insiden terakhir yang nyaris mengalami kecelakaan ketika sedang riding bersama Honda CBR650F dipepet Toyota Avanza hingga hampir ndlosor membuat KBY berpikir, harusnya suara klakson motor segede ini sesuai dengan dimensi dan powernya..

baca juga: Pasang Klakson FER di Yamaha NMax

Kenapa begitu? Silakan tonton videonya sekali lagi deh, klakson CBR650F ini kaya banci kecekek, mirip motor bebek …tiiinnn (bukan entin ye), begitu bunyinya.. Dan gak cuma CBR650F aja sih, MV Agusta bahkan lebih parah.. kecil banget dan gak nyaring pula. Hanya saja MV Agusta knalpotnya berbunyi nyaring, dari jauh orang bisa denger, dan dibleyer orang bisa aware.. 😀

CBR650F vs Avanza 4

Lah Moge Honda semuanya adem ayem, bahkan CBR1000RR SP FireBlade aja sama…suara klakson kecil dan suara muffler anyep.. Nah diluar kejadian kemarin yang sejak awal juga sudah merupakan kesalahan sang motovloger pekok (untung ay bukan motovloger ya lads wkwkw) KBY berpikir, kalau suaranya lebih lantang pasti kendaraan di depan terutama yang selonong boy pasti akan lebih aware…

baca juga: Video CBR1000RR SP Fire Blade, Mengenal Lebih Dekat Superbike Honda 

Sejauh ini penggunaan klakson bersuara lantang yakni FER di PCX dan NMax membuat KBY puas banget, apa? arogan? egois? Jiahh gimana orangnya kali, gunakan klaksonnya dengan bijak dong, masa ada motor pekok keluar dari gang atau mobil pindah jalur sembarangan membahayakan gak dibunyiin klakson lantangnya? Kecuali depan rumah sakit iseng bunyi bunyiin klakson telolet nah itu baru idiot! 😀

Setuju gak kalau moge suara klaksonnya harus lebih lantang ? Treeett Treeettt

klakson hella disc

Baca juga artikel artikel lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Kunjungi juga blog mang Saka di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
tweetme: @kobayogasblog
Instagram: Kobayogas
Line: yogaskobayogas.com

About Kobayogas 3359 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

53 Comments

    • ane pake hella supertone.. 132 watt, bebek2an/memetikan yg keteyep2 di tengah jalan dijamin langsung minggir seminggir2nya, ga ush dibunyiin panjang, sekali “dinggg” cukup
      kalo bunyi fer, stebel, denso org dah pada ga peduli, tau itu mah biasanya motor..

  1. Mungkin emang dinegara asalnya harus gitu kali mang, jepang kan biasanya mengedepankan sopan santun… CMIIW

    Ane pernah nonton pelem jepang pas orang lewat jalan lumayan rame, motornya gak dinyalain, tapi didorong, padahal CBR1000RR yang berat 😀

  2. Diluar negeri klakson = tidak sopan makanya suatanya mini
    Disini…dikasi klakson gede…. petanda jantung gw ga bakalan sehat, kuping gw nambah sakit karena kebiasaan orang sini apa2 klakson…

    So..ga setuju…

    • Bukan apa2 bro, orang Kita itu kbanyakan slonong boy, baik berbelok, memotong, atau berhenti. Beda habit sama orang luar. Itulah perlunya klakson, untuk komunikasi…

      • Nah ini maksudnya hehe.. Sbnrnya fungsi klakson akan berkurang kalau habit dan karakter berkendara nya juga Baik

    • Keknya dari screenshot avanza vs 650, dua duanya melanggar garis putih tidak putus-putus… Kalo memang seperti itu, bukan masalah ukuran klakson. Dua duanya memang salah..

  3. Ya mestinya klaksonya di kasih dua seperti milik honda tiger , kan enak kedengerannya….. masa klakson moge suaranya nya ntiiiit

  4. seperti yg dibahas oleh blogger juragan, banyak bgt fitur mubazir yg dipasang di motor dolariah. buat apa klakson kl msh bs triak? halik siah pekok…

  5. Sindiran disini kan “masa motor rambo, klaksonnya hello kitty?”. Saya pasang hella malah jarang dipake kang, lebih sering rev bomb. Kecuali kalo mau masuk jalan yang banyak orang / nyusul yang arusnya lalu lintasnya lumayan kenceng

  6. Jarang pake klakson …Malah hampir Ga pernah pake …semua serba standar baik klakson dan knalpot

  7. Klakson saya sering mati malah gara2 kena air pas nyuci
    Mau pasang knalpot racing sbagai penanda takut d tilang
    Padahal suara motor sya lbh kecil ketimbang suara rantainya
    +_+

      • Ns saya ge rantena gandeng mang 🙁
        Tapi soal dimensi mah juara, berarti boleh pake klakson gede 🙂

      • Cbr 150 cbu om
        Setelah ganti rantai aftermarket ya senyap dah d bawa jalan, cma ridernya aja yg denger suara mesinnya

    • Motornya cbr muka sempak bukan bro???
      Wkwkwkwk kayak motor ane. Suara engine ma rantai besaran suara rantai haha
      Problem dari awal beli mpe sekarang dah hampir 4 tahun besok oktober

      • 4 taun rantenya diganti gak? soalnya k45 baru dipotong skali langsung putus, umur baru 20bln.

      • Gak sampe 4 tahun om, tahun ketiga saya ganti karena agak risih sama suara gemriciknya
        Belum pernah d potong tuh rantai semenjak turun dr showroom

  8. klo di jepang pake klakson tuh ga sopan..makanya ga ada/jarang yg pake klakson..kecuali klo bener2 darurat..
    rasanya dulu pernah di bahas tp lupa di blog mana…

  9. Karena jika di beberapa negara lain ada regulasi soal kebisingan kendaraan, bukan hanya klakson tapi hingga suara mesin dan knalpot, regulasinya biasanya max 85dB – 120dB tergantung kebijakan dan kondisi di masing-masing negara,
    efek dari regulasi tersebut pasti banyak penyesuaian pada kendaraan standar, contohnya tone horn/klakson (ini sebenarnya merk tone horn buatan perusahaan di inggris yang bernama klaxon) yang tidak boleh lebih dari 120dB dan hanya boleh dipergunakan pada saat-saat tertentu, lalu mungkin masih banyak yang ingat ketika Ducati Panigale masuk ke Jepang, disana tiba-tiba muffler panigale jadi bertambah panjang karena dengan muffler aslinya tidak bisa memenuhi standar regulasi kebisingan di Jepang.
    jadi tidak perlu heran jika kita memiliki kendaraan produksi masal dengan standar global maka tingkat kebisingannya rendah karena hal tersebut untuk memenuhi standar di negara-negara lain, untuk di Indonesia sendiri standar kebisingan sebenarnya sudah ada peraturannya tapi sepertinya lebih banyak yang tidak tahu daripada yang tahu soal aturan tersebut 😀

  10. Kalau ngomongin dimensi, berarti tidak dibenarkan motor segedhe apapun menggunakan/diganti klakson untuk mobil.
    Lah memang udah punya dimensi mobil? Sampai merasa berhak pake klakson mobil?

    Wkwkwkwk…..

  11. Salah satu tujuan diterbitkannya artikel ini, disinyalir adalah untuk jualan klakson FER…
    piss oom Kobay…

  12. Setuju Kang, ganti pakai BMW punya aja…. suaranya bagus. Di Ninja juga udah pasang, tapi jarang dipencet juga sih… lebih sering ngedim sama ngalah…. hehehe

    • nah soal ngedim.. andai itu pass beam di telunjuk pasti sudah reflek .. ini di lampu deket kudu diteken jempol..

  13. klakson kalo mati saya jadi ga pede bawa motor..apalgi kalo hujan ..bagi sayaH klakson sama pentingnya kayak lampu sein buat ngasih tau saya ke orang lain apalagi kalo mo nyalip..kayak bilang : punteunnnn. Sering sayaH kalo disalip orang kagetan..suddenly : suwingggg !!! deg2an euy..

  14. Bangga n merasa cool euy naik moge…
    Kapan yah ane bisa naik motor gituan..
    Mtor yg 250 sesehh ajh blm prnh nyobain

    Sib nasib…
    Lain nasib saya lain juga nasib mang kobay..

    SUKSES MANG !!!

    • tanggung jawabna ge gede mang, contohnya ya gak boleh salah kaya di video sebelumnya hehehe..

  15. yang lucu yang pake motor bebek, klaksonnya bunyi klakson mobil, sedikit2 klakson biar motor depan minggir disangka mobil padahal dia masih bisa nyalip dari kanan, itu tangan udah dari lahir nempel di tombol klakson kayaknya

  16. klo di indo gk bs disamain sama luar lah apalagi yg udah maju, jalannya segede bagong lah disini jalan segede sedotan dua arah pula blm lg tamiya suka nyebrang.. nyahahhaa
    ane setuju klo klakson agak besar, yg penting pemakaiannya harus sesuai,. pake punya mercy keren jg mang bunyinya sroot teet hihihihi

  17. menurut ane gpp pasang klakson dgn suara gede, asal penggunaanya bijak, gak semena mena telolet teloleett…. er6n ane juga ane pasang itu bung kobay…. di jalan juga gak pernah ngebut diatas 110km/h soalnya jalanan solo ud rame…

  18. kalo klakson dikencengin mah gapapa asal masih masuk akal dan nggak kebangetan kecengnya, plus makenya juga ga sembarangan seenak dengkul….
    kalo knalpot baru relatif, masalahnya di banyak tempat kalo suara knalpot kekencegan juga malah dinilai arogan

  19. Cek negara vietnam… terkenal dgn negara sejuta klakson… jualan klakson di vietnam pasti omsetnya gede… 😀

  20. Mending punya nmax klakson nya kayak bawa mobil,kalo d Honda mah kurang kenceng ,buktinya k45A saya aja kurang greng klakson nya.

    • namanya jg produk downgrade. tiger klakson stereo, megapro jg stereo, koq cbr150 cm single? padahal harga lebih mahal. tujuannya tdk lain dan tdk bukan adalah spy ga banyak bikin dudukan klakson dan ga perlu nambah klakson.

      time will tell laghhh…

Yuk Tinggalin Jejak Lads..