CBR

Bagaimana Nasib Kawasaki Ninja Dan Yamaha R25 Pasca Kehadiran CBR250RR 2 Silinder?

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. Munculnya teaser dari All New Honda CBR250RR 2 silinder memang bikin heboh.. rata rata tidak menyangka kalau kemunculan perdananya ternyata lebih cepat dari dugaan..

teaser-cbr250rr.jpg.jpg

Tak terkecuali KBY, perkiraan pribadi, sang CBR250RR 2 silinder tersebut baru akan muncul teaser -nya paling cepat pertengahan bulan Agustus 2016.. Ternyata bulan Juli belum lagi usai, Honda sudah memperlihatkan sosok motor sport 250 cc terbaru Honda ini melalui video berdurasi singkat!

Melihat cuplikannya, AHM ternyata tidak main main dan terlihat serius ingin memperlihatkan apa yang mereka buat untuk sebuah motor 250 cc 2 silinder dengan nama CBR250RR tersebut.. Entah apa yang dipresentasikan oleh AHM terhadap prinsipal di Jepang yang jelas mereka sukses membuat prinsipal ketuk palu bahwa CBR250RR harus hadir dalam spesifikasi 2 silinder, full fitur dengan desain sporty!

Mungkin belajar dari kegagalan penjualan CBR250R 1 silinder yang miris di Indonesia, juga melihat bahwa Kawasaki dan Yamaha bertahan dan menikmati penjualan manis dengan mesin 2 silinder baik di Indonesia maupun negara lain meski kapasitas mesinnya berbeda 50 cc menjadi 300 cc.

Artinya, mesin 2 silinder memang pada dasarnya tetap digemari oleh konsumen di kelas 250-300cc daripada mono silinder. Jadilah Honda berbenah dan ikut arus membenamkan dua buah silinder masa mesin terbaru mereka K64A di CBR250RR..

NASIB NINJA DAN R25

Paska hadirnya Yamaha R25, Kawasaki ternyata masih bisa bernafas lega dan ongkang ongkang kaki, produk motor sport 250 2 silinder milik Yamaha tersebut ternyata belum mampu mencakar penjualan Ninja yang namanya sudah kuat mengakar di konsumen kelas sport 250 cc..

new kawasaki ninja 250 4 silinder

Sementara Yamaha pun tidak terlalu khawatir dan cemas akan penjualan R25, meskipun di domestik tidak terlampau besar dan masih kalah dari Ninja, namun jangan lupa, YIMM itu melakukan ekspor karena merupakan basis pembuatan Yamaha R25 dan R3 di dunia.

Namun, disebut sebut AHM pun mengusung lisensi yang sama akan Honda CBR250RR, yakni merupakan produk global yang basisnya akan diproduksi di Indonesia! Artinya, AHM akan mengantungi dua benefit, penjualan domestik dan ekspor! Opini KBY ini berbahaya bagi kubu Kawasaki dan Yamaha..

Anggaplah semua yang telah bocor itu benar, dari sosok yang keren, moge look banget, fitur lengkap termasuk USD berwarna gold, ride by wire plus power yang konon mencapai 40 PS, ditambah lagi handling superb khas klan CBR maka CBR250RR bakal menjadi motor sport yang nge-hits!

Kawasaki memang sudah lama diprediksikan lebih ngeri pada sayap kepak dibandingkan pada Yamaha, apalagi jika Honda sudah serius terjun ke kelas ini.. Dan terbukti CBR250RR terbaru gak cuma polesan kosmetik lanjutan dari CBR 1 silinder semata, it’s totally a brand new product!

baca juga: Kawasaki Cuma Kawatir Pada Honda!

Kawasaki jauh jauh hari sudah diprediksikan membuat gerakan, selain Ninja sudah saatnya melakukan facelift, mereka konon menyiapkan Ninja ZX250R 4 silinder! Lalu Yamaha R25 gimana? Usia edarnya sudah 2 tahun, meski kecil kemungkinan melakukan facelift karena relatif baru namun jika dalam keadaan terdesak, bukan berarti R25 tidak akan ada perubahan..

Pe-Er terbesar memang ada pada Yamaha, apalagi mereka baru saja kena musibah adanya global warning alias recall untuk produk R25, MT25, R3 dan MT03, paling tidak melihat dari karakter konsumen Indonesia, kepercayaan akan sedikit memudar, meraih kembali kepercayaan konsumen menjadi fokus utama menurut KBY.

Yamaha R25 kobayoga

Mungkin dari sisi keuntungan penjualan Yamaha tidak akan terlalu drop, karena itu tadi, mereka pun dapat untung dari penjualan ekspor.. Tapi jika bicara Pride alias gengsi, berada nomor buncit setelah CBR250RR dan Ninja 250FI ya jadi masalah. Belum lagi jika di market global ternyata CBR mampu diterima sangat baik, pesanan ya jadi berkurang.

Lalu apakah dengan demikian Honda CBR250RR akan melenggang sebagai nomor satu begitu saja? Eits belum tentu, problem utama mereka adalah kepercayaan terhadap kualitas buatan, mengingat bicara model sih dari skutik hingga sport sudah oke, tapi finishing serta kualitas mesin belakangan dipertanyakan..

Jika AHM mampu membuktikan produk yang ini layak mendapat 2 jempol, maka saat itulah Kawasaki dan Yamaha benar benar wajib waspada.

Baca juga artikel artikel lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Kunjungi juga blog mang Saka di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
tweetme: @kobayogasblog
Instagram: Kobayogas
Line: yogaskobayogas.com

About Kobayogas 3425 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

64 Comments

    • Laris nggaknya menurut ane tergantung beneran jd produk global apa nggak? Tar kaya ncbr150 yg ceritanya doang first release di Indonesia.. pridenya gak ada kalo cuma barang lokalan

      Kualitas material dan finishing mah bakal ngikutin, kl bener jd produk global mah udh pasti bagus..

      40hp? Sekitaran 35 aja dah bagus bgt

    • tapi kalo perbedaan harganya trlampau jauh, bakal jadi segment yg berbeda, mang.. jadi ninin sama r25 jg nyantai aja lah..

  1. Kawak sih udeh persiapan Mang … antara Ninja facelift ato Ninja 4silinder akan tergantung dengan harga sang New CBR250RR … bisa jadi facelift dulu trus lanjut dengan yg 4silinder
    Nah kalo Yamaha … asal gak baperan, mungkin petinggi YIMM bisa mikir jernih strategi apa buat “sambut si anak baru” … agak mumet juga … bisa sih facelift R25 dengan lampu LED dan full fitur lainnya, tapi klo gak nampol lawan anak baru yah bakal amsiong juga

    • iya sih.. bingung juga, r25 mau diapain yak.. kalo mau kasih riding mode kyknya masih jauh buat yimm.. paling juga facelift yg plug n play doank..

  2. Kok ane malah kepikian bahwa ahm cuma mau bikin flagship yang masal aja, jualan sebenernya bakalan di 250 single silinder, cb dan cbx 250 yang bakal gerogoti market share. Cbr250rr cuman pengalihan, kartu joker bukan cuman kartu as. Cuman mikirin skenario alternatif kalo-kalo market nolak karena over priced.

  3. YIMM cukup unlock performa R25 dan MT25 supaya performanya sama seperti motor yang pertama kali dites dyno oleh otomotif. Power max ada di 12.000 rpm bukan di 10.500 rpm pada motor produksi masalnya.

    YIMM bilang pembatasannya hanya pada timing pengapian yang diset supaya mesin lebih “awet”. sangat disayangkan, padahal mesinnya sudah hampir spek balap dengan tenaga max di 12.000 rpm.

  4. Kl hrgnya..maksimal 60juta..jamin laris manis..tp kl 70jutaan..ya laris tp g manis…tp kyny ninja msih santai..n r25 jg santai,facelift sdkit aja dh keren..usd misalnya..n led headheadlight..

  5. Kl hrgnya..maksimal 60juta..jamin laris manis..tp kl 70jutaan..ya laris tp g manis…tp kyny ninja msih santai..n r25 jg santai,facelift sdkit aja dh keren..usd misalnya..n led headlight

  6. Terima kasih konsumen Indonesia karena tidak membeli CBR250R hingga sekarang AHM memunculkan CBR250RR. Coba kalo yg lawas laris, gak bakalan keluar yg ini wkwk

  7. kita lihat gajah nanti pak, soalnya dikita mah motor semprot 2 piston itu ya motor si boy, selain motor si boy itu pasti KW wjwjwjw, terus CBR itu motor sempak bertanduk, pas lihat wah ini kok CBRnya guanteng banget, pasti moge Ninja baru nih, kata mereka di pedalaman hutan belantara wjwjwjw cuma IMHO jangan baper

  8. tinggal nunggu harga.. kalo 70 keatas udah berat
    ngasi fitur wow pun orang bakalan liatnya masih di kelas 250 cc dengan suara yang 11-12 ama rival
    laku tapi ga laris
    yang diliat wow di 250 cc itu kalo silindernya nambah lagi jadi 4 kek rencana KMI

    R25 kalo masih pake body sekarang ya miris…emang handlingnya enak tapi tampilannya kurang wow…

    ninja yang putih di spyshot itu keren tapikalo ditambah versi 4 silinder dan harga beda max 10 juta dari CBR 250 keknya malahan bisa laris

  9. Bener harga n kualitas mesin bakal ngaruh banget buat pertimbangan, ahir2 ini mesin buatan ahm bnyak komplain mungkin krena prinsip motor sekali pakai itu biar yg baru laku trus. Buat yg pengen naik klas ke 250 mending sabar dlu jgn keburu nafsu n motor 250 seken seharga motor fairing 150 baru juga da mulai banyak. Kalau ane pribadi sebagai pemakai 250 da bosen pengenya ya naik klas yg 4 silinder atau msin V kalao ngga big skutik 250cc. Motor fairing 250 cc da terlalu biasa skrg n imagenya jadi motor anak sma gara gara sinetron.

  10. klo modelnya emang kayak teaser atau replikanya ,ya pasti disukain mang, tinggal harganya aja nanti gimana, kalau r25 menurut ane disainnya kurang, masih kalah sama ninja, powernya oke memang,

    ane nungguin momen cbr 250rr dirilis biar nanti harga cbr 1 silinder dual keen turun juga harga secondnya, mayan kan itu buat harian & touring mah wkwkwkwwkk

    • Second-nya yg dua mata agak susah barangnya bro, hahaha… Kyknya pada sayang ngelepasnya, krn dipakenya enak terus kl mau dijual pun hrgnya nyakitin ati banget, wkwkwkwwkkkkkk……..

  11. Apakah jaminan CBR250RR ngak kena recall ini buatan AHM loh!!

    kalau AHM tidak buat untuk produk Glogal sperti R25 dijamin cuma silent recall lihat saja adiknya CBR150 dengan masalah klotok2 dan tensionernya ngak ada recall karena bukan produk global. Yang kasihan konsumen kalau ngak ada recallnya karena masalah bawaaan ngak terselesaikan

    • Kayaknya kalo urusan safety aham/yimm pasti recall… toh saat kasus cb gear starter dan juga arm protol pihak ahm melakukan penggantian dan perbaikan. Walau ga di umumin di media massa tapi setiap ada servis unit pasti di cek dan diganti langsunh..

      Yang ane itu vixion.. ngebul dan harus ganti sparepart kenapa ga recall? Walau silent recall ya…

    • Posisi konsumen di Indonesia emang terlalu lemah. Walau ada lembaga YLKI, tp kaga efektif juga kan? Mau ngarepin blogger utk jadi penengah/ujung tombak buat ngadepin para produsen motor, eh….. malah pada kebagian amflop 8 jt jadi diem deh tuh….. wkwkwkwkwkwkkkkkkkkkkkkkk…………. nasib………..

  12. iya nih tolongin dong punya metik vario, cvt kok bunyinya kaya mesin parut kelapa, lampu2 udah selusin kali diganti putus terus gk depan gk belakang sama aja yg awet cuman sen aja T_T

    • Berdasarkan pengalaman dari temen nih ya bro, dijual aja deh mendingan, drpd pusing2 mikirin. Temen saya punya BeAT karbu, setelah dipake hampir 3 thn mulai muncul mslh sering mati mesin mendadak, dan setelah bbrp kali bolak-balik ke AHASS mslh tsb blm jg terpecahkan, akhirnya dia tukar tambah tuh BeAT karbu ke BeAT FI. Maklum aja temen saya tuh emang FBH sejati, krn jg punya VarTech 125 dan Mobilio, hahaha… Udah One Heart mah susah deh dipisahkan…..wkwkwkwkwwkwkkkkkk

      • ada kemungkinan dapat barang “cacat”, mending jual dan kalau suka produknya beli lagi.. kalau gak ya pilih merek lain…

  13. Motor cuman 250CC 2 cyl dikasi fitur selangit tapi harga selangit ya mikir2 lah secara skuitk maxi aja udah di 250CC juga. Masih masuk akal harga tinggian 5-10jt tapi 250cc 4cyl. Nampoll…..gak perlu fitur selangit mending 4 cylinder zwing zwing…..rentang harga 75-80jt 4 cyl masuk akal lah daripada 2 cyl 250 cc fitur elektronik dewa sekalipun.

    • Tapi jgn lupa bro, tipikal konsumen di sini kan emang doyan beli fitur, walau kadang sering kaga kepake fiturnya. Contoh aja HP Samsung Galaxy S series yg berfitur seabreg, emangnya kepake berapa persen doang tuh dari semua fitur yg ada? Palingan cuman buat bangga2in doang ke temen atau sodara, nunjukin fitur2 canggih di HPnya, realitanya mah banyakan di off-in tuh fitur2nya krn bikin boros batere, hahaha…

      • Dapet nama broo kaya Iphone
        Pasti pd nganggepnya keren krn “merk” dan yg lain ikutan beli.
        Samsung mending ada harga ada kualitas. Noh si ipon harga selangit dibandingin sama samsul yg harga jauh lebih murah kualitas ttp jauh apalagi kalau dijejerin sony

  14. T5E02R11L0 MT –> CBR150 NJKB 22.500.000
    P5E02R22M1 MT –> new CBR150 NJKB 19.500.000
    old cbr lebbihh weww, drpd new cebong led 2016.????

  15. 96. Gayus – July 13, 2016

    T5E02R11L0 MT –> CBR150 NJKB 22.500.000
    P5E02R22M1 MT –> new CBR150 NJKB 19.500.000
    old cbr lebbihh weww, drpd new cebong led 2016.????
    Reply
    97. Gayus – July 13, 2016

    BG7 MT –> XABRE150 NJKB 22.500.000
    2PK —>>> R15 NJKB 26.800.000
    Nah.. LOh..????
    Reply
    98. Lucy Wirtono – July 13, 2016

    Apa Mungkin ini yg disinggung” ke honda..??
    soal monopoli…?
    Reply
    99. gAyus – July 13, 2016

    H5C02R20M1 MT —>> New CB150 R NJKB 19.800.000
    Reply
    100. gAyus – July 13, 2016

    2TP –>>> NEW viXion Advanced NJKB 22.400.000

  16. Gimana nasib kompetitor setelah CBR250RR hadir??

    R25 Otr 54jt (non abs) dan 60,5jt (abs)
    Ninja FI Otr 58,5jt (non abs) dan 68,5jt (abs)
    CBR250RR otr range diperkirakan 70-80jt (abs)
    Ninja300 otr 85jtan

    R25 tetap akan main dipenjualan 500unit sebulan yang biasanya 500-700 unit seperti saat ini. (R25 cocok buat yang naik kelas dan budget terbatas + mikir cicilan).
    R25 selain keunggulan power yang diperkirakan beti dengan CBR250RR juga sparepart saya jamin pasti lebih murah R25 dibanding produk honda. R25 didesign lebih ke track day oriented lebih ringan dan tangki kondom jatuh ditrack biaya perbaikan tidak banyak. Yang menyukai performance ditrack day spareparts racing R25 sudah banyak beredar berkat Yamaha Sunday Race. R25 udah terbukti menguasai semua podium kejurnas dari 2015 dan 2016 padahal motor launching Juli 2014 tapi langsung digjaya. R25 juga terbukti menguasai ARRC AP250 2016. R25 juga menguasai Dragwar 201meter di Surabaya dan udah banyak juara disabet. Untuk yang masih kurang power dan berduit bisa langsung upgrade block R3 dan sudah banyak yang melakukannya rata-rata bisa tembus diatas 40HP on wheel di dyno.

    Ninja250FI akan mengalami penurunan 800-1000 unit sebulan yang biasanya 1000-1200unit.
    NinjaFI menang tongkrongan bodi bak moge finishing lebih baik dari R25. Tapi kalah tenaga dan handling dengan R25 dan kemungkinan juga dari CBR250RR yang akan hadir. Walau katanya sudah dilokalkan tapi harga NinjaFI OTR tidak turun. Image Ninja sudah mengental sejak 2008 komunitas sudah banyak + sinetron menambah menaikkan pamornya. Di kejurnas melempem jauh ditinggal pasukan R25 best lapnya malah di IRS250cc 2016 seri 1 dan 2 yang sudah berjalan pasukan ninja semakin sedikit terlihat berpartisipasi karena ngak bisa ngimbangi R25.
    Di ARRC AP250 geng Ninja masih bisa fight dengan satu-satunya Tim yaitu Trickstar dengan pembalapnya Yamamoto. Kendala Kawasaki aftersales Yamaha dan Honda lebih baik karena dealernya tersebar di berbagai pelosok daerah.

    CBR250RR saya prediksi (walau baru lihat gambar dan denger suara sekilas seperti R25 yang tersebar) akan main di 300-500 unit sebulan dengan kelebihannya harga pasti akan lebih mahal dari kompetitior. Daya beli masyarakat Indonesia kedepannya akan menetukan nasib dari CBR250RR. Karena di range harga tersebut anda banyak pilihan ambil Ninja300cc yang seharga 85jtaan power lebih nampol atau moge-moge sekend 500cc sampai 600cc yang masih keadaan baik dan bisa parkir di Mall parkiran 400cc keatas tongkrongan teman2 kopdar dan gaul juga lebih wah dan akhirnya kasta terkerek naik.
    Parts racing untuk CBR250RR akan lebih mahal karena ECUnya lebih kompleks dengan adanya throttle by wire. Dan kalau diproduksi AHM sedikit was-was takut penyakit klotok-klotok dan tek tek dari adiknya menular dan tidak di recall sebagai pertanggungjawaban pabrikan ke konsumen.

    Ini baru WOW kalau Ninja 4 silinder kalau benar hadir harga 90jt nah ini baru CBR250RR killer

  17. Analisa saya sebagai R25 rider yang awam
    Selama ini image di masyarakat.. motor 250 cc ganteng, suara mantab.. Kawasaki Ninja.. motor 250 cc kencang, handling super.. ya Yamaha R25…
    CBR250RR ..mau kencang, suara mantab dan ganteng ? pasti sangat mahal..
    CBR250RR masih kalah ganteng ama Ninja 250 FI.. karena bore x stroke mirip ninja 250 FI.. tenaganya kira2 imbang lah dengan r25 standart generasi pertama.. tapi handling dan mekanik friendly untuk modif.. masih unggul R25…jauh !..
    Apalagi sekarang KTM RC250 potong harga..
    Perkiraan saya.. penjualan CBR250RR masih dibawah R25 versi upgrade (USD + aluminium arm + remapping ECU)…
    Efek dari kebijakan Ganteng, handling dan power yang ambil tengah2 antara ninja 250 fi dan r25..

  18. Di semester 2 2017….
    Bagaimana nasib cbr 250rr setelah r25 baru rilis dan ninja terbaru.dan r15 vva,gsr/gsx.
    Dimaret saja sudah di rebut kembali sama ninja.
    Kalau facelift lagi cbr150/250rr…
    Ibarat :pernikahan dini
    Paling masuk akal buat varian murah spek sama dgn cbr150/250 rr SP…
    Biar tdk terlalu overpret karena iklan tv nya bejibun.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..