CBR

Sosok Utuh New Honda Freed Dengan Guratan Ala Honda Jazz

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber… Sosok New Honda Freed kini makin terlihat gamblang setelah website Honda Jepang memperlihatkan penampilan utuhnya.. Siap hadapi Toyota Sienta?

Honda New Freed samping

Honda New Freed terbaru yang sesuai info website akan diperkenalkan pada musim gugur nanti disebut sebut memiliki desain yang lebih segar alias refresh. Desainnya yang kini sudah terpampang jelas di depan laman asal Jepang tersebut menjadi penghias laman utama Honda.

Desainnya jika diperhatikan dengan seksama memang ada kemiripan dengan saudaranya, Honda New Jazz GK5, apalagi dari samping, garis serta otot bodi samping sangat jelas memperlihatkan bahwa New Freed nantinya memang akan memiliki garis desain sang sibling.. Hanya tentunya dimensinya lebih besar, lebih tinggi dan lebih panjang..

Honda New Freed

PUNYA DUA MESIN

Honda New Freed disebutkan akan memiliki dua pilihan mesin di Jepang sana, yaitu Sport Hybrid i-DCD (intelligent Dual Clucth Drive) dengan perpaduan tenaga listrik dan hybrid (motor + listrik) yang diklaim perpindahan pemakaian kedua tenaga tersebut berlangsung sangat lembut/smooth.

Yang kedua adalah mesin legendaris i-VTEC dengan 1500 cc dan profile camshaft dua alias DOHC. Entah apakah Honda Prospek Motor akan menggunakan i-VTEC DOHC ini atau tetap mempertahankan mesin SOHC yang sudah wara wiri di Indonesia. Yang jelas untuk Sport Hybrid sih kecil banget kemungkinannya masuk sini.. mahal lads!

Menarik untuk melihat lebih jauh dari sisi interior New Freed ini ke depannya, masihkah akan tetap fleksibel dan lega seperti Freed sebelumnya? Adakah perbaikan kualitas material di bagian interior? Akan kah ada penyetelan ulang pada engine management mengingat Freed current disebut lemot responnya dalam keadaan standar?

Kita pantau perkembangannya, yang jelas dari sisi eksterior desain Honda New Freed tak dapat dikatakan buruk

Baca juga artikel artikel lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Kunjungi juga blog mang Saka di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
tweetme: @kobayogasblog
Instagram: Kobayogas
Line: yogaskobayogas.com

About Kobayogas 3367 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

48 Comments

  1. Kalau baca dari komentar pemakai, yang lebih diharapkan adalah suspensi yang lebih empuk. Sepertinya pabrikan jepang perlu belajar ke mobil amerika/eropa yang walau bisa dipakai kencang masih terasa empuk.

    • Mobil europe kebanyakan pake double wishbone yg soft tapi kalo buat ngebut jg stabil. Tapi kalo liwat jln jelek musti hati2.
      Mobil jepang kebanyakan ya mcpherson strut yg lbh handal di semua medan.

      SecarA cost ya mahalan double wishbone cmiiw… bukan gitu mang kobay?

      • iya hhe..makanya cek aja mobil mobil 10 tahun belakangan atau lebih udah gak pake double wishbone lagi..
        honda paling murah aja terakhir di City Type Z pake Double Wishbone.. kesininya mcpherson strut/ torsion beam..

        Mobil Honda yang masih lengkap double wishbone depan belakang seingat ay Honda Accord sama Odyssey..

      • double wishbone kebanggaan coret…
        N/A high RPM coret….
        mesin yang semakin teriak makin enak malah jadi kek suara gilingan….
        untung masih selamat di handling yang lebih dikitttt…
        untuk sisanya sory dory mory soul honda sudah hilang dan semakin menuju ke area toyota…

        untung masih ada mazda..

      • Yang penting tapi sering kelewatan dibahas adalah skoknya. Sebagai contoh mobil Chevrolet Captiva pakai skok seharga 7 jutaan merek nivomat buatan ZF Sachs, yang kalau dikasih beban bisa naik sendiri setelah jalan, nggak perlu pakai ganjal per seperti yang banyak dilakukan di mobil lainnya. Begitu juga harga jual sama dengan mobil lain sekelas seperti pajero atau fortuner.

      • Mantap, btw shock itu tahan berapa lama di jalanan indo, mayan juga sekali ganti 7 jt.
        Mestinya harga jualnya jangan disamain dgn mobil jepang, hal-hal kaya gini yg nyebabin mobil dicap perawatannya mahal.
        Karena untuk harga setara ekspektasi orang yah harga beda 100-200 rb rupiah masih oke lah.
        Beda kalau ngomongin mercy/bmw dll, shock 7 jt? Ya iyalah mercy/bmw gitu lho, harga sudah M.

      • Kalau self leveling /auto adjust shock belakang mah ipah juga udah Ada hehe.. Cek aja..

  2. respon mesin lemot, bahkan yang udah di tuning aja masih ketinggalan sama engine 1nz-fe standar m/t. sama borosnya gak nahan hihihi,,,

  3. Preet menang keleluasaan untuk berpindah bagi anak2 selama perjalanan. Yg biasanya saban 2 jam berhenti bisa 3 jam baru anak bosan di preet.
    Untuk mesin karakternya tenaga ngumpul di menengah atas kalau buat kenceng2an oke, kl buat banyak main di puteran bawah memang cenderung lamban. Adu tarikan sama motor 100-125 cc aja kalah.
    Dibilang boros kaga juga, coba dicek kaki pemiliknya saya masih dapat 1:9.5 – 1: 10 kok macet jkt, lukot masih dapat 1:15 – 1:16.

    Kl sekarang lebih senang dgn diesel, sensasi torsi di putaran rendah itu enak juga, apa saja sih mobil kecil yg bermesin diesel sekarang?

    • cuma spin.. itupun fixed turbo.. sayangnya pemerintah kita itu ogah banget kasih insentif buat mobil low emission, diesel itu sbnrnya emisi lebih rendah dari gasoline..
      makanya diluar mobil diesel pajaknya lebih murah..
      coba mobilio, ertiga, grand livina, BRV, HRV, Freed, Avanza pada pake diesel VGT.. beuhhhhh

      • Yah image mesin diesel di indo dirusak sama kopaja dan panther (kelamaan ga ganti model, MUX telat bener datangnya).
        Udah tertanam di benak calon pemakai, diesel itu ngebul, ga ada tenaganya, bau.

        Padahal, diesel sekarang itu asapnya tipis kalau ditambahin additif solar yg bagus totally hilang asapnya, baunya pun berkurang jauh (ini akibat kualitas solarnya).
        Tenaga? Coba browsing mesin diesel yg tenaganya diatas 170 hp 2000-2200cc, sudah mirip dengan mobil2 bensin tapi kemudian bandingkan torsinya mobil bensin mah torsi kalah dan nongol di putaran tinggi makanya nanjak pada ‘nggereng’ suara mobilmya.
        Satu hal yg pasti di mobil diesel, AC lebih dingin. Sepertinya akibat mesin yg bertorsi di putaran bawah jadi di bebani kompressor AC yg lebih tinggi PK-nya eces saja diangkat.
        Mengenai kalau rusak lebih mahal, yah diesel kl dirawat rusaknya kapan sih?
        Rekor overhaul dengan perawatan standar dipegang oleh diesel yg dipakai bus-bus mercy (1.500.000 km).
        2KD dengan perawatan standar (1.000.000 km), browsing saja, atau liat hilux test di top gear.

      • Memang udah terbukti tangguh, material mesin diesel juga 3x lbh kuat dari gasoline jadi wajar lebih mahal.. Yg penting dan Utama itu filter solarnya sama olinya.. Gitu doang sih AFAIK ngerawat diesel

  4. Kurang greget desainnya mnrut ane, dr smping depan sekilas kayk new serena apalagi pilar A nya, belakang malah kyak ertiga…pffttt… Pdahal model ngotak belakangnya dah bagus prett yang lama, smoga interiornya masih dipertahanin model tingkat kyk yg lama

  5. L15 sohc 120ps vs L15 dohc 130ps

    Sudah terbukti bahwa dengan platform mesin yg sama namun yg satu kem tunggal dan satu kem ganda,, lebih unggul yg kem ganda

    Biasanya FBY yg fanatik sohc superior selalu sembunyi di belakang L15 sohc

    Dan case L15 dohc vs L15 sohc tetep dimenangkan yg dohc

    • dan kedua L15 itu opersetruk loh…GK5 L15Z5 i(Bore x Stroke: 73.0 mm × 89.4 mm) GK5 L15B1 (Bore x Stroke: 73.0 mm × 89.4 mm) jadi FBH yang ngejek2 opersetruk sejak tahunan juga kepentok sendirilah

      oh ya lupa gw sekarang udah ke aliran square yang setruknya lebih dikit jadi ga berani ngejek lagi….

      penboys pada rebutan ngatain sapa yang paling oon padahal keduanya sama2 oon 😆

      • Rileks brow…. spek mobil harian mah kebanyakan over stroke karna butuh torsi tinggi di awal buat ngail bobotnya yg abot…

  6. ah sial baru buka2 blog liat ginian

    baru aja tuker guling freed sama serena 2013 (akhirnya beli batu makam lagi)

    eh udah ada freed all new –“

  7. Mobil ibu saya freed 2014 suspensinya keras bener mang. Masa lewat poldur garis putih sebelum gerbang tol keras bener “brak brak brak brak brak” sampe plastik penutup pilar A copot 😂

      • Sudah mang, pas kok. Suspensi keras memang identik banget sama mobil honda biarpun SUV kayak CR-V

      • Pilar A copot? Busyeet dah, lah jaman sy pake preet itu pilar diganduli tweeter, kabel speaker segede jempol tangan orang kurus, masih ada tweaking macam2 biar plastik pilar A ga beresonansi. Kaga ada cerita copot-copotan.
        Udh dihajar lewat pantura dan jalur selatan pas akhir tahun yg pada tahu lah lobang2 jalanan kaya apa.
        Tapi preet 2011 sih, ga tahu kl buatan 2014 terlalu parah kualitas plastiknya.

      • Aku kagak masang tweeter atau modif apa2 di freed, standar apa adanya aja. Lah iya sih plastiknya jelek atau tepatnya keras dan gampang kegores (low quality plastic) kayak mobilio. Daerah glove box dan atasnya udah banyak goresan disana. Jadi PR buat papa jonfis nih buat masukin mobil honda supaya kualitas interior dibagusin. Udah liat toyota sienta plastik dasbornya bikin iri user freed 😂

  8. jah belakangnya mirip ertiga….. depannya boring bener deh…
    L15 DOHC gw aminin aja sapatau john peace palanya kepentok 😆

  9. lah masa sih bisa copot gara2 lewat poldur garis putih sebelum gerbang tol ?

    gue dari 2009 sampe terakhir kemarin 30 juni ga sampe ada yg copot begitu deh :s

    suspensi kek batu emang bener, gr2 tuh suspensi pintu PSD nya sering jadi “rame” kek orkestra ampe bosen bolak balik buat setel ulang

Yuk Tinggalin Jejak Lads..