Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. Suka atau tidak, spesifikasi mesin merupakan salah satu daya tarik konsumen dalam menentukan pilihan.. Kini Daihatsu Sigra dan Toyota Calya disebut sebut memiliki power yang mumpuni untuk melibas rivalnya!

mesin daihatsu Sigra

Well bicara rival di kelas ini, yaitu LCGC dengan kapasitas 7 tempat duduk, sebenarnya ada satu yang memang langsung dihantam oleh duet kembar Daihatsu Sigra dan Toyota Calya, yaitu Datsun Go Plus Panca! Loh Honda Mobilio gak kena kang? Bisa kena juga sih.. Oleh karena itu dalam artikel ini KBY memasukkan nama Mobilio sebagai rival lain..

Meski sebenarnya posisi Honda Mobilio itu lebih berseteru dengan Suzuki Ertiga dan Nissan Grand Livina, namun anggap saja tipe termurahnya mampu mewakili kelas yang lebih tinggi dari LCGC MPV 7 tempat duduk alias 7 seater.. Sudah siap? Brace yourself lads 😀

mesin daihatsu Sigra vs Datsun Go Plus

CALYA & SIGRA vs DATSUN GO PLUS

Melihat spesifikasi dari foto di atas, terlihat bahwa dari data di atas kertas jika power dari Datsun Go Plus berada di antara Daihatsu Sigra 1000 cc 1K-VE dan 1200 cc 3NR-VE yang juga digunakan pada Toyota Calya..

baca juga: Spesifikasi Mesin Daihatsu Sigra dan Toyota Calya

Mesin Sigra 1000 cc menghasilkan tenaga sebesar 67 PS/6000 dan torsi 89 Nm/4400, beda cukup tipis dengan mesin HR12DE 1200 cc milik Datsun Go Plus yang mampu mengeluarkan tenaga sebesar 67.9 PS/5000 dan 104 Nm/4000. Selain lebih besar mesin Go Plus yang setipe dengan Nissan March tersebut mampu mengeluarkan tenaganya lebih awal alias di RPM yang lebih rendah..

Disisi lain terbukti mesin 1000 cc dengan tambahan pengaturan katup variabel yaitu vvt-i (variable valve timing-intelligent) mampu menambah daya masing masing 2 PS (dari 65 menjadi 67 PS) dan 2 Nm untuk torsi (87 Nm menjadi 89 Nm). Lumayan meski hasilnya tidak terlalu signifikan sih menurut KBY, tapi penerapan VVT-i mungkin menjadi cost yang paling masuk akal daripada harus menaikkan kompresi misalnya..

baca juga: Toyota Calya Beri Mesin Powerful dan Banyak Fitur Di Kelasnya!

Sementara jika dibandingkan dengan mesin yang kapasitasnya setara, yakni 1200 cc, maka Datsun Go Plus harus mengaku takluk.. Mesin 1200 cc 3NR-VE Dual VVT-i milik Sigra dan Calya terbukti lebih dahsyat, mampu menelurkan tenaga sebesar 88 PS/6000 dan 108 Nm/4400.. Selisih 20 PS dan torsi 4 Nm!

Toyota Calya warna orange tipe G 1

Mesin yang diambil dari Toyota Etios Valco berkode 3NR-FE kini berubah menjadi 3NR-VE karena adanya dual vvt-i tadi, tenaganya pun melonjak dari 80 PS/5600 106 Nm/ 3100 menjadi 88 PS dan 108 Nm.. Sedappp…

So Datsun Go Plus harus memutar keras otaknya agar tidak kalah dari kedua mesin milik Daihatsu Sigra dan Toyota Calya tersebut, jika tidak, habislah sudah..

baca juga: Adu dimensi Daihatsu Sigra vs Datsun Go Plus, Siapa Lebih Unggul?

CALYA & SIGRA vs HONDA MOBILIO

Seperti yang telah KBY sebutkan sebelumnya bahwa Mobilio bukanlah lawan yang pas untuk Calya dan Sigra, tapi karena banyak yang minta opini KBY akan ketiga mobil ini diadu secara spek, baiklah mari kita beda spesifikasi mesin ketiga kubu..

Untuk Calya dan Sigra tentu akan kita ambil dari spek mesin tertinggi yakni yang 3NR-VE 1200 cc dual VVT-i, sementara Honda Mobilio masih berbasis mesin L15 series seperti yang tertanam pada mesin Honda 1500 cc lainnya.. Bagaimana sisi power di atas kertas?

Daihatsu Sigra Depan

Calya dan Sigra 1200 cc punya power sebesar 88 PS dan 108 Nm, sementara Mobilio bermesin 1500 cc L15Z i-VTEC dengan power sebesar 118 PS dan 145 Nm.. Jelas gak imbang lah ya, 1200 cc kok lawan 1500 cc sudah i-VTEC pula hehehe.. Tapi sekarang sudah gak penasaran kan?

So, Daihatsu Sigra dan Toyota Calya memang dibuat untuk menghantam Datsun Go Plus pada khususnya, namun jika Honda Mobilio atau bahkan Suzuki Ertiga dan Nissan Grand Livina dianggap terlalu mahal, maka bisa jadi pasar mereka ikut terpengaruh dengan kehadiran dua kembar MPV LCGC 7 tempat duduk ini..

Loh sang kakak Avanza dan Xenia bisa kena juga dong kang? Oh iya, karena keduanya juga berseteru dengan Mobilio, Ertiga dan Grand Livina.. Kita lihat aja sesignifikan apa Calya dan Sigra mengacak acak kelas MPV 7 seater..

Baca juga artikel artikel lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Kunjungi juga blog mang Saka di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
tweetme: @kobayogasblog
Instagram: Kobayogas
Line: yogaskobayogas.com

34 COMMENTS

  1. masih belum ngerti letak urgensi lgcc itu dimana. but anyway, koq banyak yg bandingin lgcc dgn mobilio ya? apa memang kualitas lgcc punya ato gmana?

    • bantu jawab, lcgc mengejar harga hemat, kualitas material jadi “murah” untuk menekan cost, kalau dimesin ditandai CC yang kecil. harga bisa lebih murah karena ada insentif dari pemerintah..syaratnya minimal pertamax salah satunya utk mengejar ramah lingkungan…imho

    • nah maksudnya itu, knapa pemerintah hrs ikut ngasih insentif pajak atas kepemilikan mobil? memang mobil udah ga laku bgt ampe hrs didorong2 gitu?
      pertamax sapa yg bs ngejamin? gak ada.
      ramah lingkungan? balik lagi, kl udah ke tangan konsumen yakin tu mobil bakal ramah?

      tetep kan gak ada urgensinya.

      • Sy setuju ama situ. Harusnya pemerintah lebih peduli ke akses sarana transportasi bukannya ngasih insentif ke produsen mobil seolah olah mobil tidak laku… coba itu lihat macet mudik kemaren….

    • Mun arek ge transpor umum dialusan,lain ngamumurah mobil butut di alus alus bari ngadon macet jeung picilakaeun.matak loba nu maksakeun meuli ku gengsi bari ngagugu napsu,tungtungna dioper kredit.duit hangus,mobil lasut.otak mana otak

    • ane ga gitu peduli sama lcgc dan usernya selama mereka di tol ngga stay lajur kanan, dan ngga ngambil spot parkiran yg luas..

  2. Muka mobilio depannya brio satya… Ngah ngah ngah material jg ala kadarnya. Orng indonesa cm kenal merk. Jauhlah sama ertiga

    • Yang demen build quality, material doortrim, dashboard, sampe peredaman suspensi dan kekedapan jelas ertiga,, best in LMPV

      Tapi ada juga yg demen kualitas berkendara (disetir sendiri) yaitu handling dan performa mesin hingga kelegaan sampe row 3,, masi lebih unggul si mobilio ketimbang ertiga

      Klo brand sih mau brand apapun harga segitu gak ngaruh buat yg ngerti mobil, kecuali ada faktor penentu lain misal karena aftersales service, klo poin ini sepertiny sigra dan calya bakal ngobrak abrik ertiga dan mobilio

      • Ertiga yg model skg sama terpuruknya dgn mobilio, entah knp, khawatirnya bisa tutup buku kyk yg lain2 jg nanti digempur calya – sigra, ga bisa bersaing di harga & aftersalesnya..

      • Bung Koba, mohon dibahas mengenai antisipasi kebijakan APM soal suku cadang kendaraan ke depan.. bbrp model baru & merk terkenal kyknya sudah punya kebijakan beda soal jangka waktu jaminan itu.. Memang yg KW (palsu) tetap ada, tapi bgm kualitasnya?.. Khawatirnya, para APM itu sudah punya kebijakan berbeda soal motuba demi menggenjot pemasaran motor/mobil baru.. Bahkan sampai sekelas Supra X 2005/2006 saja, spare part untuk tebeng depan/lampu depan tidak lagi diproduksi/tersedia di Beres, nyarinya susah, ujung2nya mesti ke rombengan/2nd.. Apa iya, toko onderdil biasa masih mau nyetok lama (duit mandek) u yg part2 yg spesifik & slow moving begitu..

  3. Untuk kedua jenis mesin tersebut performa di jalan raya bisa jadi berbeda dari spesifikasi. Contohnya mesin Ayla/Agya yang kalau di spesifikasi disebut tenaga mencapai maksimumnya pada 6000 rpm, sementara di kenyataan banyak yang bilang tenaga ngedrop setelah 4500 rpm. Bisa jadi tenaga maksimum juga bukan 65ps tapi lebih rendah.

    Hambatan sepertinya pada kualitas bensin pertamina. Dimana oktan 92 dari pertamax kurang mencukupi. Kalau sudah pakai aditif atau alat perubah sifat bensin atau bensin impor maka performa baru bisa keluar. Jadi bisa bersaing dengan mobil level diatasnya.

    https://kupasmotor.wordpress.com/2015/12/17/dari-perbandingan-video-akselerasi-terlihat-perfoma-mobil-lcgc-bisa-setara-dengan-mpvsuv/

    • Jangan lupa yg skrg udah vvt-i dan dual vvt-i.. Dulu yg belum sih Iya atas nya pasti nahan Wong bukaan klepnya gak variable

      • Rasanya yang sudah pakai VVTI-pun masih terhalang sama bensin juga. kalau yang punya Honda justru dipakai untuk ngirit. Tenaga dibuat baru keluar sesudah vtec aktif. Dibawah 5000 rpm fokusnya dibuat ngirit sehingga tenaga nggak ada.

    • nah soal pertamax gw jg ngerasain hal yg aneh. kl dr pertamax ke shell balik ke pertamax motor koq jd suka ngorok ya?

  4. Om kobay,, sebenernya calya sigra ini statusnya LCGC macem ayla dan agya/datsun go ataukah mo bikin market sendiri dibawah LMPV?

    Menarik juga soalnya,, buat nemenin K20 dirumah, tapi mo ambil D4D seken masi terbentur dana 😰

  5. Mesin cayla 1,2 saingan nya dgn honda Brio 1.2 jg. Brio terbaru sdh tembus 90 PS mang. Picanto all new jg 1,2 87 PS

    • iyah betul juga, thanks tambahannya ya.. mantep deh komen komen nambah wawasan kek gini.. sekaligus ngingetin gw juga hehhee

  6. setuju 100%. Parahnya lg trnyata lcgc (low cost green car) itu trnyata BUKAN MOBIL MURAH yg katanya utk “mmbantu” orang ekonomi mnengah-bawah mmiliki mobil. Harganya yg rata2 110 jt-an keatas tidak sebanding dgn kualitasnya. Harga jual kembali? Jatuh sejatuh2nya. Faktanya banyak yg mnyesal beli lcgc. Klo ada smacam petisi utk “menggugat” lcgc ini, gua usahakan jd org pertama yg tanda tangan.

    • Semua kendaraan bermotor skg harga jual kembalinya ga sekuat dulu, mau motor apalagi mobil.. turunnya begitu drastis.. khawatirnya produsen/APM akan bermain juga soal suku cadangnya, bbrp mobil/motor yg terhitung model baru & merk dominan pun mesti inden u/ yg slow moving & bodi..

  7. Mas Koba, ini rada nyimpang ya, minta tolong di share tentang mobil Diesel korea Travello dan Pergio itu kehandalan dan kelemahannya dimana ya..

  8. kok ngga dibahas kalau Honda Mobilio taksi itu SOHC.
    Brio = Mobilio
    Mobilio jadi taksi bikin turun pamor, maka upgrade jadi BRV banci sok gaya SUV. Wkwkwkwk
    LCGC aja DOHC masak Mobilio cuma SOHC. Wkwkwkwk

  9. imho, tenaga hr12de di brosur datsun “terpaksa” ditulis lebih rendah dari asli nya, supaya tidak memakan korban saudara nya sendiri yg pakai mesin sama … silakan google hasil dynotest datsun go.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..