CBR

Ini Dia 10 Besar Pabrikan Roda 2 Tukang Recall.. Siapa Jadi Nomor 1?

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. Gak usah panik atau baper kalau baca kata kata recall, disini mungkin baru baru aja pada ngeh, di luar negeri sana mah sudah biasa kalau suatu produk kena recall. Tapi tahukah lads dalam satu dasawarsa terakhir pabrikan roda dua mana yang paling sering melakukan recall?

img_20160620_090036.jpg

Ternyata media terkemuka di Inggris, Visordown juga lagi membahas seputar recall lads.. dimana mereka mempunyai dua pandangan, sisi negatifnya dari sisi pandangan konsumen, dimana recall adalah indikasi kesalahan produsen dalam mendesain produknya. Sementara positifnya adalah recall merupakan bentuk tindakan positif pabrikan untuk memperbaiki kesalahannya dengan tidak dikenakan biaya atau gratis kepada konsumennya.

Visordown melakukan perhitungan dengan mencatat berapa kali terjadinya recall dari 10 pabrikan sepeda motor dalam kurun waktu satu dekade terakhir. Sebagai informasi tambahan, Visordown juga menyebut jumlah unit terbanyak yang dilakukan dalam satu kali recall.

Yuk cekidot lads, data yang di dapat dari Visordown, kita mulai secara terbalik ya, paling bawah berarti paling banyak melakukan recall..

10. Aprilia

Diperingkat terakhir ada pabrikan Aprilia yang melakukan 13 kali recall dalam dekade terakhir. Jumlah terbanyak mereka melakukan recall adalah pada tahun 2006, dimana tercatat 1.892 unit varian RSV 1000s mendapatkan pergantian swing arm yang baru, karena ditemukan indikasi bahwa swing arm aslinya rentan mengalami keretakan.

Ternyata brand Italia ini oke juga ya kualitasnya, hanya masuk 10 besar, itupun posisi paling buncit. Tapi gak tau juga sih kalau lebih banyak sliweran di Indonesia hehe..

Aprilia RS250

baca juga: Test Ride Aprilia RS250

9. Piaggio

Perusahaan induk Aprilia ini berada di tempat ke-9. Piaggio telah melakukan 16 kali recall dalam satu dekade ini. Jumlah terbesar recall mereka adalah sebanyak 2.687 unit Vespa PXS harus di-recall untuk mendapatkan penggantian tali kursinya. Karena memiliki resiko tali tersebut bisa kendor dan longgar. Cuma karena bisa kendor lantas mereka menggantinya? Salut..!!

Piaggio juga pernah melakukan silent recall di Indonesia untuk setting ulang posisi selang rem depan untuk Vespa Primavera. (Baca: Piaggio Vespa Recall Posisi Selang Rem)

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
OLYMPUS DIGITAL CAMERA

8. Suzuki

Selanjutnya di posisi 8 nongol pabrikan Jepang, pabrikan berlogo ‘S’ ini menempati peringkat ke-8 setelah melakukan 23 kali recall dalam dekade terakhir. Pemanggilan terbanyak adalah ketika 29.422 unit GSX-R harus diganti silinder master rem yang baru.

RGV250 Gamma

baca juga: Test Ride RGV250R Gamma VJ23 1998

7. Harley-Davidson

Pabrikan asal Amerika ini berada di peringkat ke-7 setelah melakukan 28 kali recall dalam satu dekade terakhir. Salah satu jumlah recall terbesar adalah pada tahun 2011, Harley Davidson melakukan recall sejumlah 1.916 unit berbagai tipe sepeda motor untuk mengganti lampu saklar rem.

Harley Davidson Ultra Glide

6. Triumph

Triumph, pabrikan motor asal Inggris ini telah melakukan 29 kali recall dalam 10 tahun terakhir, membuatnya berada di posisi ke-6. Pada daftar keseluruhan, recall terbesar dalam 10 tahun terakhir terkait dengan rusaknya rectifier regulator, sebanyak 8.595 unit sepeda motor yang terkena recall.

triumph street triple 675

baca juga: Test Ride Triumph Street Triple R 675

5. Ducati

Di urutan ke-5 ada pabrikan Itali juga, Ducati yang telah melakukan 32 kali recall dalam satu dekade terakhir. Pada tahun 2015, sebanyak 2.605 unit Multistrada 1200 direcall terkait masalah throttle gas.

Ducati Hyperstrada

baca juga: Test Ride Ducati Monster 795 Corse Termignoni Spec 

4. Honda

Mengingat populasinya yang besar, rasanya hal yang wajar sekaligus aneh bila Honda berada di posisi ke-4, ay pikir bakal 3 besar hehe. Selama 10 tahun ini, Honda telah melakukan 33 kali recall. Recall terbesar adalah sebanyak 10.600 unit sepeda motor yang diperiksa terkait adanya masalah pada sealant switch-start-relay.

3. Kawasaki

Dengan 37 kali recall dalam satu dekade ini, Kawasaki dapat podium ke-3. Recall terbanyak Kawasaki adalah pada tahun 2012 sebanyak 3.656 tipe ZX-10R mengalami masalah regulator pengisian.

Kawasaki ZX14

baca juga: First Ride Kawasaki ZX14, Si Serba Besar Dari Kawasaki 

2. BMW

Kejutan, podium ke-2 diisi BMW yang melakukan 44 kali recall dalam dekade terakhir. Sebanyak 23.427 unit sepeda motor di recall untuk melakukan pergantian flange roda belakang. Yang awalnya dengan bahan alumunium, kemudian harus diganti dengan bahan baja yang diklaim lebih keras daripada alumunium.

1. Yamaha

Terakhir, di posisi pertama yang paling memperhatikan kualitas dan pelayanannya adalah Yamaha dengan 49 kali recall di satu dekade terakhir ini.

Menurut Visordown, bagian yang sama untuk digunakan di berbagai varian motornya, membuat Yamaha harus melakukan recall terhadap 14.384 unit sepeda motornya untuk dilakukan pemeriksaan sensor posisi throttle.

Itulah 10 besar pabrikan yang melakukan recall dalam satu dekade terakhir menurut Visordown. Mendengar nama recall belum tentu rusak, bila ada indikasi atau pertanda saja, maka pabrikan tidak akan sungkan untuk melakukan pemeriksaan. Pergantian gratis akan dilakukan bila memang ditemukan kerusakan.

sumber: The Green Blog dari Visordown.

Sayangnya visordown tidak mengemukakan apakah recall ini di dunia atau hanya di negara Inggris saja.. Semoga bermanfaat lads..

Baca juga artikel artikel lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Kunjungi juga blog mang Saka di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 0812 180 44747
tweetme: @kobayogasblog
Instagram: Kobayogas
Line: yogaskobayogas.com

About Kobayogas 3436 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

78 Comments

  1. “sisi negatifnya dari sisi pandangan konsumen, dimana recall adalah indikasi kesalahan produsen dalam mendesain produknya.”

    Yang saya kutip mang, itukan sama aja bisa disebut produknya dapet image produk gagal, ya to?
    Nah tapi sama blogger nun jauh disana tetep aja ndak menyebut produk gagal, apalagi yang nglakuin si pabrikan Y, coba aja yang merecall bukan Y pasti sudah dicap sebagai produk gagal, semacam ada standar ganda, ckkkkk

  2. Biskuit Recall … dimakan bareng teh manis hangat pas buka puasa #bukaniklan positive thingking azah semua senang semua gembira

  3. Padahal tinggal googling aja ” merk-nya motorcycle recall ” udah ketahuan ada yang recall ratusan ribu dalam sekali recall.Masih ada ngurusin kayak ginian , heran sayanyah.
    tapi memang ada beberapa orang yang suka keributan sih ” Some men just want to watch the world burn “

  4. hmm.
    gak salah kalo ada yang klaim Yamaha no 1.

    semua di atas masalahnya di luar mesin seperti rem,tali, relay, DSB.

    merk lain ada nggak yang recall karena mesin jebol seperti r25?

      • hubungan histories Price War yang pernah terjadi di Jepang, dengan persaingan Honda vs Yamaha di Indonesia?

        Seperti yang kita ketahui bersama, selama 2008 ini Honda banyak me-lauch produk barunya untuk memperkuat image baru Honda AHM new generation, dimana banyak perubahan radikal di dalam tubuh management Honda motor Indonesia. Berbagai revolusi Inovasi dilakukan, termasuk dalam mengeluarkan beragam produk baru yang inovatif dan keluar dari pakem Honda Konservatif yang lampau. Selama 2008 Honda Indonesia di tangan management AHM, telah mati-matian mempertahankan share dari kubu Yamaha dengan berbagai cara. Mulai dengan banyaknya peluncuran produk baru, building new image, strategy aktivitas promosi yang copy paste Yamaha dengan power yang lebih besar tentunya, hingga diskon dan melakukan re-pricing strategy pada beberapa type produknya. “RE-PRICING” mhmmm jadi mulai sedikit terasa DE-JAVU dengan kondisi price war di Jepang ya?….gak pa-pa kok…Honda khan menang di POWER….bayangkan telah berkuasa lebih dari 30 tahun di Indonesia. Cash-Flownya kuat…Kalo di adu jual beli pukulan ala pertandingan full body contact, pasti menang ! lawan keok duluan kalo urusan power yang di adu.

  5. Oiya kang, kayaknya Vario 125 sama 150 juga perlu di recall nih kang. Dari 10 sepeda motor Vario 125 dan 150 yang saya temui dijalan, 7 diantaranya mengalami mati lampu rem belakang.
    Mengkhawatirkan sekali.

    • tu mati lampu doang dah biasa depan belakang mati lampu bung, ne gw cvt sama rorel nya 6 bulan pake jeblok clotok clotok karena ada lobang di bawah cvt segede 2-3 jari kalo ujan masuk deh tambah lagi filter udara nya mudah kemasukan air … bunyi cvt clotok clotok …. mana mungkin honda mau recal nyari part nya aja susah dan mahalllll….

    • lah gue kira vario om gue doang

      dia beli 2 vario warna merah sama putih

      22nya rem lampu belakangnya mati wkwkwkw

      fyi om gue itu fbh motor sejati 2 vario baru, 1 revo, 1 karisma, 1 beat

      :v

    • cuma 25 rb aja kok pada males ganti yach,

      kasian yg dibelakangnya,

      kalu yg murah khan juga banyak, cuma 10 rb an

      • emang umur lampu standar berapa jam semestinya om?
        pigson aja lampu belakang sering mati karena overheat sistem AHO banyakyang protes kan di awal2

      • yg tergantung juga kondisi, mahal ,

        kalu pas dapetnya yg jelak, juga cepept putus

      • Bukan masalah males ganti. Ni mongtor baru cuy. Kl bohlam sbulan skali ganti brarti ada masalah di kelistrikan. Kayak K45 temen yg ternyata kiproknya lemah, padahal blom staun. Untung msh garansi krn servis slalu ditempat yg sama, gada alasan ngeles. Eh malah pny gw kmaren akinya meledak, sueee…. Nanya ma montir yg sama kemungkinan kiproknya jg yg kena.

  6. Honda mampu menjual 15 juta unit pertahun, yamaha sekitar 9juta unit, ducati sekitar 40ribu unit per tahun, bmw dan aprillia belum ada data, tapi perkiraan dibawah ducati, harley davidson penjualannya 250rb an unit per tahun…kalo dari jumlah produksi pertahun rasanya bmw yang paling jelek kualitasnya, karena dengan unit terjual yang sedikit jumlah recallnya lumayan banyak…
    Kalau mau lebih detil lagi kang kobay bisa membuat presentase jumlah unit yg di recall dibanding total penjualan, disitu akan terlihat mana yang kualitasnya paling bagus dan paling jelek…dan lebih obyektif

  7. otak lagi ga bener yah, min ? makin banyak recall, kualitas makin bagus ? ente sekolah di mana yak, min ?

  8. yg penting judule Y*m*h* begitu deh, padahal recall adalah wujud dari tanggung jawab loch, palagi di mari butuh nyali besar dari pabrikan selain H*n*a , untuk mengeluarkan Kalimat Recall, karena selain persepsi masyarakat awam terhadap Recall, ditambah juga serbuan artikel di jagat blog yang senada seirama!!

    • Honda pernah recall ribuan unit vario gen 1 di tahun 2006 masalah as roda belakang…temen ane ada yang punya, dapat undangan langsung dari astra honda buat recall, motor ditinggal di dealer sehari penuh, pergantian komponen gratis + dapat uang transport 100rb

      • saya nyari arsip tuh vario recal buat nandindin fby di warung TMC susah banget, dah googling juga

    • Fby kebakaran jemb*t

      Seandainya klo honda yg mengumumkan recall, paling situ bakal koar2 sebaliknya : honda kualitas sampah

      Sudah paham lah SOP FBY di jagat blogspherw begini
      ckakakakak 😀

      • Pokonya yamaha pabrikan smart, yg beli konsumen smart. Konsumen honda? Yaaa u knowlaahhh…

  9. Ada juga kok recall krn defect dr part OEM, sy ingat ada Recall besar besaran krn defectnya Öhlins.

  10. permen pedes yg menyegarkan rikolaaaaa, coba rikol bs skalian service gratis hahahaha
    rikol tiap bulan gpp dah gw bahagia malah :))

    • Salah dong bro, krn Suzuki no 1 di recall jaringan 3S, wkwkwkwkwkkkkkkk…… becanda lho bro, hahaha…

  11. Saya tertarik sama komentar dari inline4 di atas ya mang…
    Mungkin contoh logikanya sih gini…

    Produsen motor menjual motornya laku 4 unit, tapi ada problem masalah part, kena recall 3 unit…

    Merk sebelah, di waktu dan periode yg sama berhasil jual motor 7 unit, ada problem juga, kena recall 3 unit..

    Dari dua merk tadi mana yg kualitasnya part nya bosok….? Wkwkwkkw
    aaahhh sudahlaahhh, bulan puasa ambil positifnya aja mang…hehehhe

  12. dgn recallnya r25, dan langsung diumumkan oleh iwata, diteruskan oleh ymh ina,

    sptnya ymh ina sedang membangun imge bahwa ymh ina adalah pelopor recall pertama

    indonesia, dapet record MURI kah?

      • kayaknya untuk yang ngaku smart bro.yg fb nya merasa kualitas nomor 1 hanya krn dibungkus plastik bagus.sampai jeroan mesin pake plastik kw.

  13. Tp jejak di moto GP, kemenangan juara dunia terbanyak di pegang oleh Yamaha. Recall jg paling banyak.

    Lah Piye?

  14. ternyata juragan selama ini salah, motor ter-value ternyata dipegang mv agusta

    laaaagh kok bisa?
    kanjeng perhatikan saza, tidak ada mv agusta disana artinya mv agusta lebih sedikit yg kena recall
    makin dikit recall makin dikit konsumen yang rugi secara materi, waktu, dan tenaga

    padahal sales mv agusta mbah dukun saza bilang kalau mv agusta di wss dan wsbk itu antara finish atau meleduk
    laaagh ternyata masih banyak pabrikan yang lebih bosok dari itu

    Ngaaaaaah ngaaaaaaaaah ngaaaaaaaaaaagh

    juragan siap menampung rondo f3 mbah dukun kapan saza, time will tell lagh

    • Wkwkwkwkwkkkkk…. makasih bro, komen ente selalu bikin ngakak, bener2 menghibur. Lanjutken yo…..

    • Tar kl dah dpt f3 rondonya kasih tau ya bro. Biar gw upgrade pake blok 320cc….

1 Trackback / Pingback

  1. Bicara Public Recall, Honda Pernah Melakukannya Pada Vario Di Tahun 2007 - KobaYogas.COM

Yuk Tinggalin Jejak Lads..