honda supra gtr 150 samping belakang

Kobayogas.COM – Hola lads, salam geber.. Meskipun masa test ride Honda Supra GTR 150 sudah selesai 2 minggu lalu, namun masih ada beberapa hal yang belum KBY sampaikan melalui artikel. Ini adalah salah satunya…

KBY belum mengupas tuntas dari sisi desain, kualitas material, hingga performa. Nah di kesempatan kali ini, kobayogas.com akan melakukan review komplit Honda Supra GTR 150, tentu dengan berbagai keterbatasan, misalnya, KBY tidak akan membahas sisi performa lampunya, karena turing saat itu dilakukan pada siang hari.. Let’s get it ooonn..

DESAIN

Honda Supra GTR 150 memiliki desain dan dimensi yang lebih sporty dan lebih besar dari bebek lain di keluarga Honda tentunya. Dimensinya kurang lebih mirip dengan Yamaha Jupiter MX135. Dilihat dari depan hingga ke belakang, sang Supra terbaru ini memiliki desain yang lebih proporsional lads. Jika dibandingkan dengan MX King, maka King memiliki desain buritan yang luar biasa mantap..

Tapi menengok ke bagian depan apalagi area kepalanya, desain MX King langsung drop. Sementara Honda Supra GTR 150 lebih pas, tidak ada yang lebih mendominasi antara depan dan belakang. Dan meskipun bentuk lampu remnya setali tiga uang dengan Sonic, tapi jika dilihat dari belakang, tampilannya lebih memukau dari saudaranya itu. Lebih pas.

Disebutkan oleh AHM, beberapa bagian body dari Honda Supra GTR 150 memiliki dual layer, maksudnya plastik bodinya tumpang tindih, seperti pada sayap dan batok kepala. Efeknya memang langsung terlihat. Sosoknya terlihat lebih padat, kokoh dan berisi dibandingkan saudaranya sesama bebek.

Desain knalpotnya terlihat kokoh dan sporty, bagian moncong sedikit tertutup oleh cover yang mirip plastik tapi bukan plastik juga, kaya ada besi besinya gitu deh, aluminium kali ya wkwkwk.. Motif velg Honda Supra GTR 150 juga bagus, terbaik lah di kelasnya. Pilihan warna matte seperti pada varian Grande Blue ini memang menyiratkan keanggunan. Entahlah warna lain, belum liat juga sih..

dessy bigbike honda with honda supra gtr 150

KUALITAS MATERIAL

Dibilang baik, iya, tapi tidak spesial. Plastik bodi Honda Supra GTR 150 terlihat lebih kokoh dari Sonic. Beberapa bagian cetakan bodi dibiarkan tanpa cat dengan efek kulit jeruk. Di bagian kepala dan leher plastik motif dotted diwarnai merah bata. KBY pribadi sih kurang suka dengan motif dan warnanya. Tapi plastik seperti itu sepertinya memang tak bisa dilapis cat model glossy, bisa pecah pecah kayaknya ya?

DSC07350

KELENGKAPAN FITUR

Dari mana dulu? Depan kali ya? Lampu depannya sudah dual LED, alias low-beam dan hi-beam terpisah. Speedometer gabungan analog dan digital, which is KBY suka banget. Sayang fitur speedometer Honda Supra GTR 150 ini terbatas. Hanya ada odometer, 1 tripmeter, fuel meter dan gear position indicator. Dibandingkan MX King sih ya kalah..

Turun ke bagian leher, juga tidak ada cantolan untuk membawa barang belanjaan. Dibalik joknya juga hanya ada slot untuk menyimpan buku servis atau jas hujan keresek. Jadi sedikit masalah karena Honda Supra GTR 150 ini didaulat sebagai bebek adventure, jadi gak dapet soalnya minim banget akomodasinya. Meski AHM sudah menyiapkan aksesoris sebagai penunjang turing.

Catatan lain, posisi kunci joknya juga nyeleneh, sulit dijangkau dari posisi duduk, kalaupun turun, kudu jongkok atau nungging 😀 Lainnya, Honda memberikan suspensi depan dengan lingkar yang besar, 31 mm! Sudah mirip sport untuk menunjang menerjang jalanan yang berbagai macam dari mulus hingga rusak.

baca juga: Aksesoris Lengkap Honda Supra GTR150

speedometer honda supra gtr 150 with gear indicator position

PERFORMA

Dari sisi ergonomi dan kenyamanan dulu ya, sudutnya cukup santai, membuat jalan jauh nyaman. Kecuali kejadian kaya kemaren, badan pegal pegal karena lewat offroad, pake ndlosor pula 😀 Tidak ada komplain dari sisi ini, pas lah.

Beralih ke ayunan suspensi, Honda memberikan settingan suspensi untuk Honda Supra GTR 150 ini sebagaimana halnya Honda Sonic, agak firm, tapi karakter rebound nya cepat sehingga pengendara tak merasa terbanting. Joknya juga gak bisa dibilang empuk, cenderung keras. Tapi dibanding punya Sonic, somehow si Supra ini gak bikin bokong panas atau pegal.. tentu kudu diselingi rehat juga.

top speed Supra GTR150 gigi 5

Bicara performa mesin, ini dia.. Meskipun AHM berkat bahwa ada sedikit perbedaan settingan pada ECM pada mesin K56 series antara All new Honda Supra GTR150 dan mesin yang identik lainnya seperti Honda Sonic, New cb150 maupun New CBR150R namun apa yang KBY rasakan justru karakter Supra GTR150 ini ada kemiripan dengan Sonic 150..

Sonic versi bebek! Hentakan torsi terasa padat dari bawah, tengah hingga atas, dan cenderung smooth, tidak seheboh Sonic maupun CB150. Kalau Sonic dia cepat sekali dapat di atasnya, dan setelahnya cengo alias bingung mau dibuang kemana tenaga sisanya karena sudah kena limiter. Sementara Honda Supra GTR 150 ini cenderung linear tapi tenaganya ngisi terus.

Sektor rem, baik depan maupun belakang bisa diberikan jempol, terutama rem belakang. Meski jarang disentuh namun ketika dibutuhkan, sang rem bekerja sigap. Ini kata AHM berkat diameter yang lebih besar di depan dan belakang dari bebek Honda lainnya. Transmisinya sendiri sehalus mesin K56 lainnya, gak harus tarik kopling pun si gear masuk dengan luwes..

Dengan settingan yang diberikan, Honda Supra GTR 150 dapat meraih top speed di atas 133 km/jam di trek lurus pada gigi 6. Baca juga: Top Speed Honda Supra GTR150.

THE VERDICT

Dengan harga mulai dari Rp. 21,3 juta (tipe sporty) dan Rp. 21,5 juta, Honda Supra GTR 150 memang tidak murah. Tapi mengingat kompetitor juga sudah menaikkan harga, Supra memberikan bonus mesin DOHC 6 speed, fork tebal, lampu LED, diameter rem cakram besar lumayan lah cukup.

Desain: 7
Ergonomi/ Kenyamanan: 7
Fitur: 7,5

Akomodasi: 5,5
Performa: 8,5
Harga: 7
Konsumsi bbm: – 

Video Review Honda Supra GTR 150

via hp

Baca juga artikel artikel lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Kunjungi juga blog mang Saka di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
tweetme: @kobayogasblog
Instagram: Kobayogas
Line: yogaskobayogas.com

50 COMMENTS

  1. Yakin deh, tuh body digesek kuku juga baret -_-

    Halah, naek karisma aja dah geter tapi baret ga ada

  2. Lebih Cocok CBR Versi Bebek.soalnya 6speed.kalo MX itu Vixion Versi Bebek.berarti rugi beli CBR??ndak juga kalo lebih duit emang kenapa.Wong naik pesawat 1class harga mahal sampai bareng.Ngoahahaha.

  3. rasio final gearnya itu juga sesuatu yg berbeda/unik, mang.. bikin powernya lebih merata..

    tapi kok bisa semahal itu ya..
    yg bikin lebih mahal dari kompetitor apanya ya..? merknya? 😀

      • Amlopnya yg kah yg bikin muaaaahal tenan pakdhe sampe konsumen bredhol brengose? Produk2 ngahaem terbaru kaya Supra gtr sama cbr k45g termasuk overpriced sihh, seharusnya bisa lebih murah 2 jt lahh hehehe

      • Maklum zaza buat nraktir bloger team cawetzz naik kereta VIP…. Ngah ngah ngah

      • iya itu biaya marketing wkwkkww.. emangnya ngadain event, road show, acara komunitas, safety campaign dll bayarnya pake bulu ketek? 😛

    • bisa.. dengan momen yang pas, smooth kok.. gak ngentak, coba dulu yang naekin gigi ya.. semua cbr, new cb, sonic halus semua tanpa tarik kopling

  4. masih bingung kenapa ya Head lamp malah pake LED sementara sein sama stop lamp pake bohlam.. menurut saya itu logika yang kebalik, mengingat karakteristik dan fungsi dari LED dan Bohlam..

  5. Untuk top speed, lebih cepat Honda Supra GTR 150 atau Yamaha MX King 150 Kang ? Mohon perbandingannya… walaupun gigi Supra GTR 150 ada 6, apakah unggul top speed nya dari sang rival ?

    • Wah ay coba ingat ingat bentar.. Hmm speed lbh cepat di raih dr bawah ke tengah tipis milik King, tengah atasnya Supra.. Top speed ay pegang Supra.. Akselerasi pendek pegang King 1/2 bodi lah

      • Oh gtu kang, tp kalau dipikir seharusnya tertinggal agak jauh mx king ya.. karena gigi nya hanya sampai 5. Tapi nyatanya tdk begitu. Penambahan gigi utk si supra gtr 150 tidak berpengaruh banyak ya terhadap rival.. hehe

      • tergantung trek sih mang, kalau panjang bisa lumayan jauh juga ketinggalannya.

  6. Yowes dah… intinya untuk start pertama tetap unggul mx king. Tp spertinya produk rata2 yamaha memang begitu ya kang haha.. dan honda sebaliknya unggul di putaran atas. Bergantung banget sama trek panjang atau pendek nya.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..