yamaha tiara s
yamaha tiara s

Kobayogas.COM – Hola lads, salam geber.. Iseng iseng kutak katik bola liar seputar produk baru dari pabrikan garputala nih lads.. Pada TPT, daftar kendaraan yang didaftarkan baik itu hanya tes, produksi maupun produk impor, ada satu nama yang bikin kening berkerut.. Yamaha Tiara dengan kode 4TT JZ120!

Wah jujur aja nih jadi antusias, mengingat sejauh yang KBY tahu, Yamaha Tiara itu merupakan salah satu bebek sport berbentuk ayago (ayam jago) dengan performa yang ciamik di era 2 tak, kurang lebih pada dua dasawarsa lalu. Kini namanya kok masuk lagi ya ke bursa TPT.. What’s going on aya naon lads?

Yamaha Tiara sejauh KBY tahu, itu satu generasi dengan Honda Nova Sonic RS Dash, Kawasaki Leo Star dan Suzuki RG Sport. Era dimana bebek 2 tak dengan mesin dahsyat meraja.. Memang di Indonesia kelas ini bisa dibilang sempit alias kecil, karena saat itu otomotif roda 2 sedang marak dengan jenis utility cub semacam Honda Astrea series, Suzuki Tornado/ Shogun dan Yamaha Alfa/ Force 1.

Kok muncul yamaha tiara 120 di TPT?
Kok muncul yamaha tiara 120 di TPT?

Seperti yang kita tahu juga, lebih dari satu dasawarsa, Suzuki dengan Satria-nya menguasai pasar kecil ini, pasar bebek sport ayago.. Sebenarnya Kawasaki juga punya sih, Kawasaki Athlete, namun entah mengapa desain yang ciamik tersebut tidak diiringi dengan perkembangan mesin yang dahsyat sehingga statusnya hidup segan mati tak mau si Athlete.

Kawasaki Leo Star

Hingga akhirnya tahun lalu Honda kembali melahirkan Honda Sonic ke dunia, ikut meramaikan kancah kelas kecil ayago yang dirajai oleh Suzuki Satria. Membuat Suzuki gerah hingga melahirkan Satria FU 150 injeksi.. Lalu apa hubungannya dengan Yamaha Tiara kang? Nah justru disitu pertanyaannya hehehe..

Kalau melihat daftar TPT di atas, KBY kucek kucek mata kenapa ada nama Yamaha Tiara  berkode 4TT JZ120 di sana? Statusnya impor pula dengan jumlah memang gak banyak, tapi ya lumayan, 2,098 unit… Iseng googling ternyata kode tersebut memang nyata untuk Tiara 120 2 tak..   Wah asik nih Yamaha akan bikin ayago juga kah?

Suzuki RG Sport 110

Eh setelah diselami lebih lanjut, tahun pada TPT tersebut adalah 2001 lads.. Yaahh udah lama banget, kayaknya memang statusnya Yamaha Tiara saat itu memang cuma buat dijual secara CBU termasuk buat balapan.. Ahhh gagal total deh, padahal penasaran kalau Yamaha beneran turun gunung bikin ayago, pasti akan ramai…

Baca juga artikel artikel lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Kunjungi juga blog mang Saka di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
tweetme: @kobayogasblog
Instagram: Kobayogas
Line: yogaskobayogas.com

49 COMMENTS

    • Wkwkwkw gw dah ngetik ampe mau selesai pas liat tahunnya laaahh expired… Kadung ngetik banyak gw jadiin aja dah wkwkw

  1. Wkwkkw tiara udh laku mang ane jual 11jt… tahun 2001.. sonic 125, ane jual 12,5jt… WKWKWKWK … tiara emang kenceng mang cuma kurang , masih ajib Yamaha 125z .. Dan the king bebek ayago nova dash 125,.

    Dulu punya touch 125,. Ampe 3 motor ,, ane lego 2 motor ,,. 18,5 jt

  2. Jaelah kirain thn ini 😂
    Saya baca’y jg sambil mengkerutkan dahi 😂
    Karena ga mungkin bikin ayago 4tak 120cc nanggung, yg ada pasti 2tak, tp apa bisa dengan regulasi Euro3 lolos.
    Ampe baca bawah tau’y tpt 2001 😂
    Wkwkwkwkwkw….

  3. Pernah pulang naek nih motor dibonceng temen lari 140 di jln ry bogor mana gak pake helm pulak. Turun motor sirah njigrag, soca beraer, idung ingusan, beungeut pucet… wkwkkwk…

  4. Tiara adalah penerus generasi JR120, sementara disini terbuai 125Z rakitan malaysia
    di ajang ARRC era 90an akhir dan awal 2000 Yamaha mengandalkan JR120 dan kemudian 125Z, tapi tetep ditekuk pasukan HRC Thailand dengan Nova Dash

Yuk Tinggalin Jejak Lads..