banner
seperti inilah kurang lebih wajah Daihatsu Sigra
seperti inilah kurang lebih wajah Daihatsu Sigra

Kobayogas.COM – Hola lads, salam geber… Sehidup semati dua sejoli atau saudara kembar.. Itulah Toyota dan Daihatsu. Toyota Calya sudah dalam proses, eh kembarannya juga bakal ada, sambut Daihatsu Sigra 7 seater calon kembaran dari Toyota Calya! Seperti apa sih bentuknya? Ada perbedaan kah dengan saudaranya tersebut?

Sebagaimana bayi yang dilahirkan kembar, Toyota Calya punya pasangannya, ia akan hadir bareng dengan kembarannya seperti Toyota Agya dan Daihatsu Ayla serta Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Nama versi Toyota nya sudah bocor, dan Autonetmagz sudah dapat juga bocoran kembaran dari Toyota Calya ini, namanya adalah Daihatsu Sigra!

Low MPV 7 seater ini konon akan masuk ke kategori mobil LCGC, thus sesuai peraturan Pemerintah rada rada similikiti tersebut, Daihatsu sebagaimana Toyota harus melokalkan nama produk mereka menjadi nama Indonesia seperti Agya dan Ayla. Salah satu Astra Company ini akhirnya mengambil nama yang juga dari Bahasa Sansakerta yaitu Daihatsu Sigra.

toyota calya daihatsu sigra samping

Kalau Calya memiliki arti “sempurna” atau “tanpa cela”, which is kita belum tau sesempurna apa sih dia, sedangkan saudara seperguruannya, Daihatsu Sigra memiliki arti “Cepat”. Cepat disini apanya ya? Larinya? Jangan jangan pakai turbo? 😀 Atau cepat masuk servis alias cepat rusak? Ah elu suka gitu Bay.. intermezzo sitik joss..

Lanjut narasumber Kobayogas.com via email, nama Calya dan Sigra ini nantinya akan digabungkan dengan Agya dan Ayla, sehingga nama kedua mobil tersebut menjadi Toyota Calya Agya dan Daihatsu Sigra Ayla. Ya kaya produk Toyota lain lah, misal Toyota Versis jadi ada tambahan Verso dlsb..

Terlihat memang tujuan dibuatnya Toyota Calya Agya dan Daihatsu Sigra Ayla adalah untuk menggempur pasar Datsun GO+ Panca tapi tanpa harus menggerogoti pasar dari Avanza. Bagaimana dengan nasib Mobilio? Opini KBY sih kelasnya sudah setingkat di atas Go+ Panca ya.. jadi bukan korban dari Calya ataupun Sigra meski bisa jadi kena juga.

DESAIN DAIHATSU SIGRA AYLA

Desainnya disebut agak berbeda dengan Calya, Daihatsu Sigra Ayla akan memiliki wajah depan yang sedikit berbeda, bumpernya dikatakan lebih mirip dengan UFC concept dari segi bumper dan rumah foglamp yang menyambung di bagian bawah. Secara singkat, Sigra merupakan versi sederhana dari UFC Concept.

toyota calya - daihatsu sigra belakang

Kini soal harga, Daihatsu memang selalu memiliki harga yang lebih murah alias terjangkau dibandingkan Toyota, iyalah kalau lebih mahal atau sama konsumen sudah jelas akan memilih yang mana kan? So diperkirakan angka psikologis Daihatsu Sigra akan dimulai dari harga kurang dari 100 juta sebagai varian paling standar.

Memang jika melihat dari Daihatsu Ayla tipe termurah yakni D MT harganya adalah 88 juta. Dengan penambahan bodi yang melar, katakanlah Daihatsu Sigra Ayla dapat bermain sekitar 98-100 juta. Unlikely bisa lebih murah lagi karena pede dengan merek, harga segitu sudah bisa bikin Datsun GO seharga Rp. 94 juta cenat cenut kepalanya.

Info lainnya, low MPV ini rencananya akan dipajang pada GIIAS 2016 mendatang dan seperti biasa sudah dapat dipesan di event tersebut. Baik Toyota Calya dan Daihatsu Sigra disebutkan baru bisa diterima oleh konsumen pada akhir 2016 atau awal 2017 mendatang. Makin banyak  aja dah mobil murah..

kredit: Autonetmagz.com dan Indra Fathan

Terima kasih sudah bantu sharing.. Baca juga yang menarik lainnya dan kunjungi blog mang saka www.sakahayangna.com :

Kontak kobayogas.com :

  • Email me: [email protected]
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube Channel: Yogas Erlangga
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

27 KOMENTAR

  1. Sigra ..geraan geeh .. Lila teuing

    Sbentar lagi Mitsubishi sama Nissan bikin mobil generic yg kembaran .. 😀

  2. Kalo diliat bukan warna gold yg cakep tapi warna pink nya om yang cakep…”
    Sayang kali noleh nya kesamping gak ke kamera…..”

  3. Sigra si cepat dan Calya si sempurna. Kalo ternyata ini nama jujur dan beneran berdasarkan speknya berarti saingannya bukan go+, tapi fortuner

  4. RIP Datsun Go+… nasibmu nak…nak…….baru juga nafas dikit udah dilelepin lagi… wkwkwkkkkkkkkkk

    • Belum tentu bro…contoh banyak disini, lahir duluan gak keganggu….ente blm pernah jadi sales mobil ya….

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini