New Kijang Innova Diesel AT

Kobayogas.COM – Hola lads, salam geber.. All New Toyota Innova dan All New Fortuner sudah resmi meluncur beberapa waktu lalu. Keduanya pun sudah mulai terlihat banyak bersliweran di jalan.. Tak pernah puas, para pemilik kedua mobil tersebut pun melakukan modifikasi untuk menambah performanya..

Secara spesifikasi, mesin keduanya baik All New Toyota Innova dan All New Fortuner yang diesel bertipe 2GD sudah lebih dari mumpuni.. Betul, mesin terbaru 2GD-FTV 2400 cc Diesel VNT (Variable Nozzle Turbo) kini dapat mencapai 149 ps dengan torsi 36,7 kgm atau sekitar 360 Nm! Ajib juga kan? Tapi bagi sebagian orang tetap saja masih berasa kurang tuh..

Itulah sebabnya beberapa tuner house, seperti SS Performance Bandung ini menyediakan beberapa doping alias barang pengangkat tenaga bagi New Toyota Innova maupun New Toyota Fortuner bermesin diesel.. Jenisnya beragam lads, nah kali ini KBY akan membahas beberapa item pendongkrak tenaga yang dibuat khusus New Toyota Kijang Innova maupun New Toyota Fortuner..

baca: First Impression All New Toyota Kijang Innova, Ini Bukan Kijang, Ini Innova

PIGGYBACK DASTEK UNICHIP

Barang inilah yang sebenarnya merupakan otak dari melonjaknya performa mesin diesel dari All New Kijang Innova dan All New Toyota Fortuner. Piggyback Dastek Unichip secara singkat bekerja mengatur ulang perhitungan debit bbm, grafik tenaga dan torsi dengan cara mendompleng dari wiring ECU.

Dengan pemasangan yang tepat dan disertai test serta setting di atas mesin dyno, pemasangan Piggyback Dastek Unichip tipe Q4 ini dapat membuat mesin 2GD-FTV 2400 cc Diesel VNT pada New Innova dan New Fortuner naik sebanyak 50 hp! Edun kan? 😀

Harga Piggyback Dastek Unichip tipe Q4 adalah Rp. 6,850,000 sudah termasuk biaya pemasangan dan setting serta dyno test di SS Performance

Dastek Unichip Q4

DOWN PIPE SUPER TURBO

Down pipe pada banyak kendaraan roda empat letaknya persis setelah header, atau adapula yang sebelum pipa header.. Letaknya tergantung jenis kendaraannya. Pipa stainless steel yang diameternya lebih besar dari standar ini berfungsi melancarkan gas buang menuju pipa exhaust. Kenaikan tenaga pada mesin diesel milik New Toyota Innova maupun New Toyota Fortuner diklaim sebesar hingga 8 hp.

Harga Down pipe untuk New Toyota Kijang Innova maupun New Toyota Fortuner adalah Rp. 2,750,000

downpipe New Innova Diesel AT

baca juga: First Drive All New Kijang Innova, A Quantum Leap!

PIPA INTERCOOLER

Pada mesin 2GD-FTV 2400 cc Diesel VNT (Variable Nozzle Turbo) sudah dilengkapi dengan turbo intercooler lads. Pipa orisinalnya terbuat dari karet, nah yang aftermarket ini terbuat dari pipa stainless. Tujuannya meminimalisir gejala mengembang seperti pada karet orisinalnya. Dengan performa konsisten dari pipa stainless, maka performa mesin pun akan stabil.

Tidak ada klaim untuk kenaikan tenaga mengingat system nya hanya sebagai pendukung/ support agar tekanan/boost dari turbo stabil. Perbedaannya jika Pipa ini terpasang dan sudah dipasang Unichip, perbedaan dengan pemakaian pipa stainless dengan karet standar bisa hingga 2 hp.

Harga pipa intercooler sepasang kiri dan kanan ini dijual Rp. 1,750,000

pipa intercooler

TUTUP EGR

EGR adalah Exhaust Gas Re-circulation, gas buang yang keluar tidak langsung dibuang ke exahust melainkan diputar balik masuk ke dalam intake untuk kembali dibakar ulang dengan tujuan mengurangi emisi karbon. Namun pada prakteknya, EGR justru menambah penumpukan karbon dan menghambat jalur keluar. Nah dengan ditutupnya lubang EGR, tentu hasil pembakaran jadi plong karena tidak diputar ulang..

Tidak ada target kenaikan HP untuk penutupan EGR ini, tujuannya untuk menjaga kebersihan sistem intake. Namun efek kebersihan sistem intake tersebut bisa pengaruh pada konsistensi performa mesin.

Harga tutup EGR ini Rp. 300,000

tutup EGR buat all new innova dan fortuner 2016
tutup EGR buat all new innova dan fortuner 2016

Nah itulah lads, doping penambah tenaga untuk mesin diesel 2GD-FTV 2400 cc Diesel VNT (Variable Nozzle Turbo) milik New Toyota Innova maupun New Toyota Fortuner. Dengan menyiapkan dana kurang lebih Rp. 12 juta, tenaga kedua mobil tersebut dapat naik sebanyak lebih dari 60 hp menjadi 212,6 hp/3,500 dari 149 hp. Torsinya pun melonjak menjadi 557,6/2,500!! Gila nih diesel…

Tertarik pasang? Silakan hubungi SS Performance di Jl Supratman No 40 Bandung telp 0811 247 999

Baca juga artikel artikel lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Kunjungi juga blog mang Saka di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 0812 180 44747
tweetme: @kobayogasblog
Instagram: Kobayogas
Line: yogaskobayogas.com

37 COMMENTS

  1. Oprekan segitu ngempos ga kang pas diputaran atas? Minggu kemaren nyoba innova baru yang diesel, kisaran 3000rpm tenaga udah berasa ngempos. Tarikan awalnya sih bisa dibilang edun.

      • Emang sih. Tapi tetep we getek pas mau nyusul. Setengahnya nyusul tenaga ngilang, keburu kesamber dari depan.

      • Ga langsung maen bejek gas kan?
        Transmisi ga dibiarin pindah ke overdrive kan?
        Tapi memang AN innova ini ada penambahan bobot (kl fortuner 600kg) sedang power naek 5hp 144 ke 149, torsi naek 50-an nm dari 350 ke 400an.
        GNF saja kl mau enak power di 230an, torsi 550an. Berarti dengan berat yg bertambah mungkin perlu diatas 260an dan 650 nm baru gesit itu ANI/ANF.

    • Diesel itu ngegasnya pulse and glide, bukan pedal to metal macam bensin.
      Lagian power di diesel hampir ga kepake contoh diatas, buat apa power 212hp diatas kalau ada torsi 550nm.
      Dengan bermain di area 1600-2500 rpm sudah sangat cukup.
      Wong kalau tanjakan cipularang tahan rpm di maks torsi biarin transmisi berpindah, mobil berakselerasi sambil menanjak hingga 140-150kmh masih terus mendorong ga ada rasanya itu tanjakan, ga kaya mobil umumnya yg torsi 100 sekian nm.
      Coba deh di gas pulse sampai 2500 – 3000 rpm, lepas dikit hingga di kisaran 1800-2000 rpm pulse lagi. Rasakan bagaimana powernya sambung menyambung, inget ini mesin yg mengandalkan kompresi bukan busi.

    • Gampangnya kl ngomongin standar, sehabis mobil didorong dengan torsi 400nm kemudian diambil alih power 149hp. Bandingkan mesin bensin habis didorong 100 sekian nm diambil alih power 100 sekian hp (kl bicara 1500-2000cc) pasti yg diesel kerasa ngempos, njomplang banget bedanya.

    • betul bro, innova GD mesin nya galak di bawah, atasnya malah kosong, beda karakter sama pajero series yang tenaga bawah nya bisa dibilang cukup, tapi ttep powerful sampe redline

  2. jiaaaaahhhh kemana aja boss selama ini…… Ini mah mainan anak2 KFOC udah lama banget. Apalagi sejak ada varian VNT, banyak banget yg lonjakannya bisa 100%. Ada tambahan lagi sih, gak cuma dastek doang.
    Kalau yg all new fortuner baru masih dlm di test di Sigma speed nya Om Soleh.

  3. Lumayan mahal juga..
    Thanks mang buat infonya Untuk pipa2 dan tutup EGR nya bkin sendiri saja hihihi..
    thank buat kasih ide nya

  4. Torsi dah segede gitu tenang masih iso minum solar busuk wkwkwk cuman…. Kudu rajin purging haha

    • Karena mesin yg ini punya dua saringan solar mas satu setelah tangki satu lg dibelakang supply pump jd aman untuk supply pump dan injector walaupun bio solar kotor skalipun tp aman pk dex liter atau dex yg cetane 50-53

  5. ane seneng bacanya, gak artikel ato commentnya,, org awam kaya ane jadi “tercerahkan”.

    teruskan kang,,ganbatte

  6. Murah lah habis segitu, mobilnya aja di atas 400 jt. Yg penting hasilnya signifikan, bkn peningkatan seupil doang power & torsinya. Temen saya jg pernah oprek Innova diesel thn 2008, adiknya jg ketularan oprek Innova diesel thn 2013. Power jadi 200 HP dan torsi 450nm. Kaki2 jg upgrade, plus piringan rem cakram diganti yg ukuran lbh gede + dilobangin jg biar cepet lepas panas. Sekarang Innova-nya diganti Chevy Captiva diesel, dan langsung dioprek jg ama dia, hahaha… susah kl udah hobby mah.

  7. diesel pake turbo intercoolermah gampang dioprek…. tenaga jd melimpah…cuman gas buang/asap agak ngebul solar dikit…

  8. Mau nanya klo saya punya dastek unichip q plus, sekarang saya baru inden fortuner vrz.. apa itu bisa dipakai? Atau saya harus pakai q4 jg? Makasih

Yuk Tinggalin Jejak Lads..