CBR

Sharing Pengalaman Pasang Air Filter Ferrox Di Honda Jazz i-DSI CVT 2005, Ngaciiirrr..

air filter ferrox sudah terpasang

honda jazz idsi dan z250fi

Kobayogas.COM – Hola lads, salam geber.. Sharing artikel modifikasi ringan lagi nih untuk roda empat alias mobil. Gak pake otak atik mesin apalagi nyuruh bore up, papas head atau porting polish. Yang ringan aja.. Ganti air filter..

Sekali lagi sebelum membaca artikel ini sampai habis, KBY akan memberikan catatan dan disclaimer..

Catatan: Air Filter aftermarket merek Ferrox ini tidak direkomendasikan bagi lads yang masih ragu akan kebersihan ruang bakar. Meski Ferrox menjamin kotoran yang tak tersaring itu hitungan micron dan tak kasat mata, tapi kalau masih ragu sih mending jangan deh hehee..

So kalau setuju dengan pernyataan di atas, silakan skip artikel ini, tapi kalau tertarik untuk membaca sekedar untuk menambah wawasan, mangga dilanjut hehhee.. Air filter aftermarket banyak mereknya, dari yang sudah internasional dan terkenal dari jaman baheula seperti K&N, lalu ke HKS, BMC, Apex hingga ke Ferrox.

Pengalaman menggunakan air filter jenis aftermarket dari jaman mulai maen motor dan mengenal modifikasi tahun 92, lalu maen mobil tahun 95-an, hingga kembali maen motor lagi, KBY bisa disebut sudah mencoba nyaris semua merek dan tipe air filter yang beredar. Dari yang abal abal karena ngejar murah, hingga yang bikin sedih lihat isi dompet.

Tipe disini ada tipe replacement yang bentuknya menyerupai standar hanya berbeda bahan, ada juga kapsul atau apollo yang perpaduan antara replacement dengan open filter/pod serta jenis open pod alias jamur yang lebih terbuka karena tidak ada cangkang/ rumahnya. Ada juga tipe open pod yang ada sekatnya.

ini model replacement
ini model replacement, untuk kawasaki Z250FI/Ninja

Jika bicara kendaraan yang digunakan untuk harian, tipe replacement adalah yang paling pas atau masuk akal, toh tujuannya juga biasanya gak muluk muluk, yang penting performa ada perubahan dan menghemat pembelian air filter yang kudu diganti secara berkala. Sebelum pakai Ferrox, KBY sudah bertahun tahun menggunakan filter replacement merek K&N..

throttle body pasti kotor, ya bersihkan jangan didiemin
throttle body pasti kotor, ya bersihkan jangan didiemin

Dari Kuro Jazz i-DSI gress tahun 2005 hingga 2 minggu lalu, itu filter K&N selalu nempel.. Throttle body kotor? Ya, ada masalah sama mesin? Non Sense..! Yang penting perawatan, bersihin dan rawat berkala dong! Mau pakai filter orisinal juga kalau mobil/motor gak pernah dirawat ya podo ae, bakal rusak! Wkwkwk.. Terus kenapa ganti Ferrox?

ini air filter standar jazz GD3
ini air filter standar jazz GD3

Awalnya si Kuro Jazz i-DSI CVT ini mau distandarin, udah beberapa part racing yang dicopot, salah satunya ya air filter K&N itu, malah sudah kejual pulak. Berhubung mobilnya masih dipake terus menerus, biasa tarikan enak di tengah sampai atas, ini kok atasnya kaya kecekik, terasa banget kalau lagi geber di Cipularang terutama tanjakan..

Akhirnya, kepengen balik lagi pakai filter K&N eh ladalah harganya udah nggilani! Teringat akan Ferrox yang nempel di Yamaha NMax dan Honda PCX, so kenapa kali ini gak nyoba di si Kuro Honda Jazz?? Toh efeknya sudah pernah dirasakan sendiri, tapi apakah di mobil akan sama rasanya? Penasaran kan?

Melepas dan memasang air filter di Honda Jazz mah gampang banget, tidak ada baut yang dilepas, hanya klipnya saja longgarkan, lepas rumahnya, tarik filter orisinal, pasang yang ferrox, tutup kembali dan kaitkan klipnya. Selesai dan Mobil siap dijalankan.. Bagaimana efeknya? Nah kebetulan KBY sempat bawa ke mertua di Bandung pada libur panjang lalu..

air filter ferrox sudah terpasang
air filter ferrox sudah terpasang

Ciri khas filter aftermarket berjenis high flow memang terasa, torsi agak loss dikit dibawah, dibandingkan filter orisinil yang padat karena terbuat dari kertas. Tapi begitu RPM lewat 3000 dan terus naik barulah efek hi-flow nya berbicara, enteng banget gasnya sesuai dengan larinya yang makin ngacir.. Yes, tenaganya sudah kembali hehehe..

So, ternyata, pemakaian air filter ferrox di Honda Jazz i-DSI 2005 CVT seharga 750 ribu ini memang terasa seperti air filter air hi-flow lainnya, yang berbeda jika berbahan kasa seperti K&N misalnya, maka filteringnya lebih baik mengingat ada cairan pelumas yang diteteskan di sepanjang garisnya. Kotoran pun akan menempel disana. Kerugiannya harus sering cek dan dirawat apalagi kalau daerah tempat tinggalnya berdebu..

Baca juga artikel artikel lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Kunjungi juga blog mang Saka di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
tweetme: @kobayogasblog
Instagram: Kobayogas
Line: yogaskobayogas.com

Advertisements
About Kobayogas 3233 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

21 Comments

  1. Kang, mohon pencerehannya dong. Motorku sekarang posisinya jg udah pake ferrox. Tiap 2 minggu – 1 bln sekali filter dibersihin. Apa kotoran2 di dalem mesin mungkin akan tetap muncul? Kalo tetap muncul, setiap periode berapa harus dibersihin daleman mesinnya? Tks kang

    • Saya yg jawab pertanyaan Hmm.bersih daleman mesin ndak perlu kalo ndak rusak.Cukup ganti Oli aja.Fungsi Oli selain melumasi,mendinginkan juga membersihkan ruang bakar dan komponen yg terkena sirkulasi oli.ndak tahu jawaban KobaY,lebih Jos kira2.

    • tidak ada yang menjamin benar benar bersih, bahkan pakai filter orisinal pun. Yang pertama selalu gunakan bensin yang oktannya baik/ sesuai kompresi mesin. Kedua, gunakan oli berkualitas baik/tinggi, ketiga, lakukan perawatan berkala sesuai manual book. Saat servis jgn lupa TB minta dibersihkan juga sekalian, jangan terlewat.
      Intinya perawatan daleman ngikutin jadwal servis aja.. sisanya udah bener tuh filter ditengok dan dibersihkan 2 minggu/sebulan sekali..

  2. bila ganti Filter Free Flow atau Kendaraan dgn Filter standart tapi bekerja/jalan dirute berdebu,sebaiknya pengantian Oli diPercepat/diPendekan waktu tempuhnya dari rekomendasi Pabrik.karena Oli juga membersihkan ruang bakar.kalo katup TB kotor perawatan ringan(bukan komponen bergerak dlm mesin).

  3. Kang, mohon pencerehannya dong. Motorku sekarang posisinya jg udah pake ferrox. Tiap 2 minggu – 1 bln sekali filter dibersihin. Apa kotoran2 di dalem mesin mungkin akan tetap muncul? Kalo tetap muncul, setiap periode berapa harus dibersihin daleman mesinnya? Tks kang

  4. Klo yg cone refot pas mo nyuci, hrs ditutup dlu biar ga kemasukan aer, dulu harga’y IDR 280K.

    • huahahahah jadi inget waktu pake di cbr karbu, mesin ogah nyala, brebet, kesiram sama yang nyuci, kampret bener…

  5. mobil kencaaaanggggg,,,,2 mggu yg lalu sprint ama golf gti cuman 180kpj ciut nyali,,wkwkwk

  6. saya pake ferrox dilivina kok gak berasa ya. apa sayanya yang gak peka feelingnya wkwkwk..

    tapi recomended ini filter. bersihinnya gampang gak pake pelumas macem k&n terus simota,dll tinggal siram, sikat pake sabun + kuas, keringin, greng lagi 😀

  7. iraha si DSi geus gentos bpkb ka RS heuheuheu 😀 btw ferrok bikin buat mobil2 korea ga? spt hyundai i20, getz, kia rio dll ?

Yuk Tinggalin Jejak Lads..