Yamaha SigmaKobayogas.COM – Hola lads, salam geber.. Sebagai eks pemakai Yamaha Alfa IIR bertahun tahun, KBY sampai lupa kalau sesudah era Alfa dan Force 1 bermesin 2 tak, Yamaha juga sempat memiliki motor 2 tak yang kompeten.. Yamaha Sigma..

KBY pribadi tidak sempat menikmati alias memiliki motor Yamaha Sigma 2 tak ini, karena dulu jaman kuliah dari Yamaha Alfa IIR KBY pindah ke Honda Tiger 2000, mungkin itu juga sebabnya KBY tidak pernah tahu banyak akan motor bebek 2 tak dari Yamaha ini.. Hanya tahu nama dan sedikit bentuknya..

Yamaha Alfa IIR kobayogas

Thanks kepada masbro Andhynice yang sudah memberikan banyak brosur iklan motor jadul dimana salah satunya ada iklan motor jadul Yamaha Sigma, wah benar benar menambah dan membuka wawasan terutama untuk pengetahuan motor motor lawas lads.. Ini adalah sedikit sejarah dari Yamaha Sigma..

Karena keterbatasan pengetahuan KBY, akhirnya berusahalah untuk mengecek sana sini, via googling dan juga teman teman blogger d’gujubar yang bisa disebut hapal semua cerita merek motor, dari Honda, Suzuki sampe Yamaha.. hehe.. Semuanya demi data yang mendekati akurat meski tidak dapat 100% keakuratan sejarah Yamaha Sigma 100 cc ini.. Okey let’s get it on..

Yamaha Sigma lahir pada tahun 1997 silam, di masa mendekati krisis moneter 1997-1998, menurut informasi yang didapat, Yamaha Sigma 2 tak hadir melengkapi line up bebek 2 tak Yamaha lainnya seperti Yamaha F1Z (1996) dan Yamaha Force 1 (1992) yang sudah lebih dulu hadir. Menilik dari spesifikasi mesin dan sasis serta sejarahnya, Sigma diplot untuk meneruskan Yamaha Alfa IIR..

Yamaha Sigma kobayogas

Sesuai informasi yang didapat tentang Yamaha Sigma, memang chassis alias rangka serta mesin yang menempel pada Sigma 100 cc tersebut adalah milik saudaranya dahulu, Yamaha Alfa IIR, yang berbeda atau berubah hanyalah desain atau bentuk bodinya saja.

Jika dilihat desainnya Yamaha Sigma dari brosur sih tidak terlalu jauh dari bentuk saudaranya yang lain. Bahkan dapat dikatakan lebih modern. Lampu sein berwarna kuning agak oval, begitu juga lampu depan menanggalkan kesan kotak dari Alfa IIR. Buntut sedikit lancip dengan lampu rem cukup lebar.

Yamaha Sigma

Rem depan sudah dilengkapi disc brake double piston, bahkan Force saja masih teromol. Knalpot khas motor lawas, full chrome yang indah dilihat!  Back pillion sudah terpisah dari arm alias tandem, membebaskan kaki dari ayunan dan getaran. Tuas lampu sein sudah model “cancel”, tinggal tekan tengah maka akan off. Speedometer lebih meriah, namun tanpa gear indicator..

Jadi untuk level bawah sebagai penerus Alfa IIR, Yamaha Sigma lah pengisinya, sementara tengah dan atas masih ada Force 1, F1Z dan Yamaha F1ZR berkopling manual yang juga hadir di tahun yang sama seperti Sigma. Sayangnya, hanya sampai situlah kisah dari Sigma lads, mungkin karena masyarakat saat itu lebih memilih F1Z, Force 1 dan juga F1ZR…

Yamaha Sigma, motor 2 tak yang terlupakan, karena lifetimenya yang cukup singkat dan juga namanya tenggelam oleh saudara saudaranya yang lebih terkenal.. Berikut spesifikasi Yamaha Sigma sesuai brosur..

Tipe Mesin         : 2 langkah, air cooled, reed-valve
Volume               : 102,1 cc (100 cc)
Bore x Stroke    : 50 x 52
Kompresi           : 7,2:1
Tenaga & Torsi: 7,9 PS/7000 – 9 Nm/6000
Transmisi          : 4 kecepatan
Starter                : kick dan elektrik
Tangki bbm      : 5 liter
Pengapian         : CDI
Karburator        : Mikuni 16 x 1
Berat                  : 97 kg

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

52 COMMENTS

  1. Setau saya kang yamaha sigma edisi terakhir rem depan nya tromol.kalo yg di brosur itu yg edisi pertama.saya ingat betul waktu itu banyak pengguna sigma yg ganti spakbor depan sama lampu belakang kepunyaan F1ZR.

  2. compare dong oom sama merk lain seangkatan…..
    tahun segitu kalo gak salah lawannya rc100 (kalo ngredit dapet 10 macam hadiah) sama honda grand, kawasaki kaze…..

      • nah Suzy RC100 Jet Cooled tuh … tunggangan ane hasil lungsuran dan nyicil bayarin punya bokap yang beralih ke supriX … awet dan bandel, sampai suatu ketika ane crash guling2 dan nyerosot di aspal … ampe sekarang gak brani bawa motor lebih dari 80-90kpj on spido

        Alhamdulillah masih dikasih selamet …

  3. Sigma ini mungil menurut saya, yg biasa naik impressa yg lebih tinggi, dan juga gas lebih berat… tp utk tenaga dan speed ya jelas menang sigma yg 2 tak di banding impressa yg 4 tak….
    Itulah pengalaman yg dpt saia ingat kang…… sekian dan terima kasih.

  4. motornya bu lurah dulu, tapi yang keluaran berikutnya dengan rem tromol.. pernah coba tapi masih mantap alfaIIr punyaku dulu..

  5. Mongtor pertama ane ini mah boss…
    Kredit macet 6 bulan
    Tapi puas buat malpraktek…
    Warnanya juga sama kaya yg di ficture atas (biru)
    DP 400rebu 35 bulan / 3 tahun
    Per bulannya 234,500
    1997 desember

    *saya suka artikel ini “shukroon”

      • Yups….
        Tapi alhamdulilah….
        Karena mongtor bakalan di tarik leasing ane oprek sendiri…
        Jadi sampai sekarang mongtor ane hampir engga pernah masuk bengkel selain tambal ban & setel pelk / jari2 & service gratis (seringnya juga cuma minta olie nya doang)….
        Semua ane kerjain sendiri…
        Tapi ane angkat tangan pas megang V-80 robot

        *sorri jadi curhat

  6. Kenapa orang lebih milhi familiy Force 1, mungkin karena mesinnnya yang di upgrade, yang paling ketara ya ada kipas pendinginnya. Terus knalpotnya lebih keren. Kalo sigma karena cuma ganti baju aja, mesin dan rangka alfa. BTW babeh ane masih simpen Alfa 2 tahun 89. Hidup tapi udah 2 tahun ga diutak atik.

      • Alfa 2 generasi lanjutan dari ALFA, kalo ALFA persneling masih model ‘cetok’ alias gak bisa dibleyer..tiap ganti gigi melonjak.. ALfa 2 ada perbaikan di sitem transmisinya,bisa dibleyer tapi jaman itu kurang populer,baru setelah generasi Alfa2R booming, yang unik karena blok mesin Alfa2R sudah hitam dimana jaman itu mayoritas motor yang beredar blok mesinnya silver (ct: Astrea Satar eh Star,Astrea Prima,Suzuki RC100)

  7. Wah yamaha sigma punya tetangga saya tuh body masih mulus tapi rem depan tromol .biasa dibuat ke sawah dan ke kebun teh,performa tanjakan mantap dibanding supra fit s ku yg sering geber riding

  8. dulu saya sih malah pake ALFA IIZ ,modelnya seperti alfa 2R namun dengan knalpot yamaha CHAMP (model ini lebih rare item) .. motor ini punya tante saya,yang saya pinjam buat transportasi kerja,tiap hari rute Tlogosari(Semarang) ke Ungaran PP

    Tiap lewat tanjakan Gombel yang legendaris itu,harus ancang-ancang,trus kudu dibelok-belokin dikit biar kuat nanjak,di belakang asapnya yang hasil campuran premium dan oli Mesran 2T mengebul dahsyat…hihihi..

    • wah bener bener rare nih alfa IIZ.. ada yang jual gak ya, tapi kan cuma beda knalpot thok wkwkwk

  9. Sigma adalah contoh mesin 2tak yg disetting berPower kecil tapi memiliki Torsi dari putaran rendah dgn getaran rendah.untuk Efisien BBM.gampangnya kalo di4tak Cam durasi kecil di2tak lubang Port silinder kecil dan jauh dari TMA.kaya Byson VS Vixion.beda karakter.jadi ndak semua 2tak Full Power!!!

  10. Bahagianya abg era th 80-90, sempat lama rasain jaman 2 tak. Ga kenal namanya fansboy kecuali bapak² :mrgreen:
    Pokoke motore kuenceng & helm proyek

    Salam alfa II tok non starter elektrik (hrg baru 2,3jt) + oli mesran super (sesat) + oli 2t esso, hehehe…

  11. Pernah pinjem punya temen, ga terasa spesial karena uda terlanjur kesengsem F1ZR bebek 2 tak yang ngacir. Senengnya masih bisa rasain tangan gatel karena getaran stang waktu ngebut pk mOtor 2 tak.

  12. Aku pernah punya alfa II taon 89 dan sigma taon 2000. Mesinnya sama, tp kalo rangka beda. Rangka sigma lebih berat, sehingga kalo buat ngebut lebih stabil.

    • Ngebutnya juga mentok kurang lebih 100km/j on spedo
      Benar memang stabil terlebih di banding bebek pahe (vega r / smash / legenda)

  13. artikelnya bikin sedih nih! :'(
    ini motor peninggal babeh ane..
    ane bisa lulus sekolah karna beliau cari nafkah pake Sigma ini..

    dulu kadang ane bawa buat sekolah, tarikannya joss 2tak yg ngangenin bgt dah :'(

    thanks, mang kobay.. bikin terharu 🙂

  14. yamaha sigma warna ijo pertama kali saya belajar naik motor dan langsung nabrak ibu2 (saat itu masih kelas 2 SMP – sigma punya temen bokap dikantor, merengek minta diajari bawa motor eh bokap bawain sigma, waktu itu bokap make motor jadul suzuki fr100).. trauma?? iyaa.. karena setelah itu agak lama lagi baru naik motor itupun langsung ngetes f1z punya temen sekolah.. motor ini di cap gagal total jika dihitung berapa banyak dibeli masyarakat hehehe karena anak muda kebanyakan milih fiz saat itu ketimbang sigma.. tapi alhamdulillah kembali ke awal komen saya diatas wkwkwkwkwkwwk

Yuk Tinggalin Jejak Lads..