CBR

Asik, Nanti Akan Ada Sistem Idling Stop Pada Skutik Yamaha Lads..

idling stop system iss yamaha

Kobayogas.COM – Hola lads, salam geber.. Bukan berita terbaru namun juga belum basi basi amat, kabar baik seyogyanya diinfokan kan? Begitu pula dengan kabar bahwa Yamaha telah mem-patenkan teknologi semacam idling stop system yang sudah kita ketahui tersedia di skutik skutik milik Honda.

Artinya apa? Go Green makin dikumandangkan lagi nih, bagus dong, bahan bakar lebih efisien, emisi dan polusi makin bisa ditekan. Meski bukan teknologi terbaru namun bisa dibilang apa yang sudah dilakukan Honda dan kini Yamaha, teknologi semacam idling stop tersebut sudah terbarukan karena makin berkembang dan berkembang.

KBY gakan bahas detil soal teknisnya, maklum background nya jauh dari teknikal lads wkwkwk.. masih ada yang lebih paripurna lah bahas sisi teknis, seperti haji TMC misalnya. Artikel ini pun terinspirasi dari beliau, hanya baru sekarang saja KBY berkesempatan membahasnya lebih jauh.

Menurut TMC awalnya justru membahas adanya kemungkinan sistem idling stop untuk di motor Suzuki, ternyata malah merambah ke Yamaha punya, dan infonya malah lebih gamblang tuh. Bahkan Yamaha sudah mempatenkan mereka punya teknologi (sistem sih lebih tepatnya). So bagaimana ke depannya?

tombol ISS PCX

baca juga: teknologi Idling Stop System, Antara Lampu Merah, Efisiensi dan Go Green

Ga usah bahas copy atau nyontek lah, KBY sudah kerap kali bilang nanti bisa jadi bumerang sendiri, nah ini salah satu contohnya kan? Tapi abaikan soal itu, KBY lebih tertarik membahas teknologinya. Berdasarkan gambar di atas, sementara ini Yamaha sepertinya akan menerapkannya pada skutik skutik kecil milik mereka.

Ya bisa jadi tahun depan atau 2 tahun lagi ketika Yamaha sudah siap dan mantap akan penerapan sistem idling stop tersebut, maka sebut saja skutik skutik entry level milik Yamaha seperti Yamaha Mio atau Soul GT bisa jadi yang pertama menerapkannya di produksi massal. Kemudian nanti menyusul ke Yamaha NMax. Asik kan, lebih hemat dan efisien juga canggih..

Hanya saja yang mungkin bisa jadi masalah adalah resistansi dari pihak pencinta Yamaha sendiri yang kerap disebut sebagai FBY (fans boy Yamaha). Lah kok resistan Kang? Bukannya itu merupakan teknologi yang seharusnya menjadi salah satu kebanggan dari produk Yamaha?

Betul, cuma kalau merujuk kepada ISS milik skutik Honda, para fby selalu bilang, mau irit aja kudu ngemis nyari lampu merah.. karena sistem idling stop ini memang paling sering kepakai kalau berhenti cukup lama seperti di lampu merah misalnya 😀 😀 Kira kira bakal komen apa ya mereka ketika Yamaha jadi menerapkan sistem ini di kendaraan mereka nantinya?

Baca juga artikel artikel lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Kunjungi juga blog mang Saka di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
tweetme: @kobayogasblog
Instagram: Kobayogas
Line: yogaskobayogas.com

About Kobayogas 3366 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

33 Comments

  1. huahaha, mntap, Bumerang mode on nih.. mntap mang :v mnding jadi satu pabrikan aja dah, jadi MahaHonda bagus juga tuh

  2. Paling nanti dikatakan bahwa ini “real iss” dan bukan nyaontek karena sudah ada di dunia permobilan. Bagi Yamaha haram nyontek, yang suka nyontek hanya Honda. IYKWIM gkgkgkgkgk

    • List yg pertama pake sistem ini:
      Di motor konsep mahindra 1990an.
      Di motor masspro honda pcx 125 2010.
      Di mobil konsep toyota crown (us) 1970an.
      Di mobil masspro vw polo 1980an.
      Nah silakan perang 🙂

  3. wah terlalu dalam nih mang kobay resistan sampai di bahas… itu sih fansboy gaptek

    Gesits di pesan 15.000 unit, penantang datang>>goozir.com

  4. Ya harus diakui emang beberapa fitur yamaha juga nyontek honda, tapi masalahnya, sampe hari ini, teknologi contekan yamaha JAUH LEBIH SUPERIOR daripada yang originalnya di honda. Hwehwehwe.

    Contoh:
    – Sidestand switch di yamaha kagak seret2 kayak di honda.
    – Parking break lock di yamaha posisi & bentuknya lebih ergonomis & gampang dioperasikan daripada punya honda.
    – Lampu LED yamaha lebih fokus kagak nyebar2 kayak punya honda.

    Lain ceritanya kalo honda yang nyontek yamaha.
    Hasilnya pasti lebih ancur daripada originalnya. Hwehwehwe.

    • Cie cie cie…….

      Motor sempurna kok kaga laku yaa…..

      Pembelinya yg bodoh, apa pembelinya yg pinter ga mau beli produk yamaha….

      Wkwkwkwkwkwkwkwk

    • Kamu terlalu pintar atau gimana? Yg namanya muncul terakhir harus lebih bagus dong, kalo lebih jelek namanya b*go hahaha

    • Parking brakelock, sidestand switch, led lamp itu kan inovasi honda astra semua, hasil ya seadanya..
      Pas dicontek yimm, dijadiin produk global makanya kualitasnya bagus..
      Kalo iss beda cerita, engineer honda jepun yg buat, pertama dipake di pcx global makanya hasilnya bagus..

  5. Yang memuakkan hanya para fansboy saja, seolah2 merk lain selalu inferior. Inovasi terus berkembang, cuma ada merk lain yang duluan selalu dicerca bahkan menuduh yang tidak2 pada blogger, giliran “nyontek” dibela dan dianggap real inovasi. Fansboy seperti ini kebanyakan yah fans ahamay, IYKWIM

  6. Bener katanya yahaha technologi nyontek dari honda,, berarti yamaha semakin ketinggalan. Honda udh duluan dari kapan tau pake technologi yg skrg, eh yahaha batu mulai …
    Sales payah motor ga laku

  7. terserahlah mau nambah fitur apa lagi..
    masalahnya tiap keluar yg baru, harga motor selalu naik..
    kalo tiap tahun keluar baru, skutik entry level lama2 bs jd 20jt ntar.. 🙁

  8. sudah 3 thn pake iss yang selalu on dan masih normal, tinggal nunggu teknologi berikutnya.
    hybrid atau listrik mungkin.

1 Trackback / Pingback

  1. Terungkap, Harga NJKB Yamaha BN1, Disinyalir Sebagai Mio Z Dengan Stop System? - KobaYogas.COM

Yuk Tinggalin Jejak Lads..