CBR

Motor Listrik Nasional Si GESITS, Berapa Lama Akan Bertahan?

gesit motor listrik

Kobayogas.COM – Hola lads, salam geber.. Untuk ke sekian kali, Putra Indonesia kembali membuat hal yang sensasional.. Motor dengan tenaga listrik (baterai) dengan nama GESITS muncul ke permukaan… Berapa lama bakal bertahan?

Mungkin terdengarnya satir atau mencibir atau bisa juga terkesan pesimis dari judul yang KBY buat di atas. Tapi judul yang Kobayogas.com pilih sebenarnya bukan asal asalan, tapi sudah mikir lama sambil kayang… Dan judul tersebut sebenarnya timbul dari keprihatinan akan tidak adanya kendaraan nasional di Indonesia tercinta ini..

Dunia bisnis memang kejam, dan kalau mau dirunut lebih dalam dan lebih jauh, mafianya juga banyak, gak jauh sama kisah Rockefeller’s File yang mafia di ladang minyak.. Yaaa di otomotif juga kek gitu.. Oke nanti kita lanjut soal mafia mafiaan itu ya hehehe.. Kita bahas si Gesits irit dulu.. loh kok kaya Suzuki Smash ya? 😀

gesit motor listrik 2

Jadi si Gesits Motor Listrik ini lahir melalui tangan PT. Garasindo yang berkolaborasi dengan perguruan tinggi ITS Surabaya, mereka berkeinginan kuat untuk memproduksi motor listrik buatan anak negeri tahun depan. Motor listrik Gesits ini merupakan buah karya anak bangsa yang untuk sementara akan dinamakan GESITS

Gesits sang motor listrik Indonesia merupakan sebuah proyek ambisius anak negeri ini agar Indonesia bisa memproduksi motor roda 2 sendiri. Dikembangkan sejak tahun 20015 basis konsep produk Gesits ini adalah efisien, ramah lingkungan, bertenaga serta fungsional.

Pengembangan yang memakan waktu cukup cepat menurut KBY untuk sebuah prototype yakni 1 tahun akhirnya melahirkan sebuah kendaraan roda dua bertenaga listrik. Pihak dari tim Garasindo serta para rekan dari ITS Surabaya ingin memberikan opsi lain kepada para Biker dan konsumen roda dua selain motor berteknologi motor bakar.

SPESIFIKASI GESITS MOTOR LISTRIK

Gesits menggunakan daya listrik 5 KW yang mengandalkan baterei lithium ion berkapasitas 1.980 Wh yang membutuhkan proses charging sekitar 1,5 jam-3 jam dengan baterai yang masih diimport dari Jepang. Dengan spek tersebut Gesits diinfokan mampu menjelajah sejauh 80 hingga 100 km. Garasindo juga menyebutkan top speed sang electric scooter bisa tembus 100 km/jam. Not bad untuk sebuah motor listrik! Tapi kalau top speed terus ya bakal boros hehehe..

Si Gesits ini rencananya akan diproduksi tahun 2017,  dan harapannya tahun 2018 sudah bisa dipasarkan secara umum. Sementara untuk sisi teknikal kedepannya, Garansindo berencana merangkul outlet, minimarket ataupun SPBU untuk penyediaan penukaran baterei. Jadi kalau si Gesits kehabisan listrik lads kagak perlu mager nongkrongin ngecas :D.Oke juga sih dibandingkan sistem SPTL hehe..

Lah iya lads, kebayang kalau misalnya disediakan SPTL (Stasiun Pengisian Tenaga Listrik), selain biaya bangun SPTL gak murah, para bikers pada nangkring disitu semua nungguin baterai full wkwkkww.. Sekalian aja buka Cafe’ 😀 Oke juga tuh

Gesits-Motor-Listrik-Indonesia

Gesits merupakan kendaraan alternatif zero emission masa depan yang cukup menjanjikan, Indonesia memang bukan yang pertama, tapi usahanya wajib diacungi jempol. Hanya saja, seperti yang sudah sudah, nasib dan usianya belum tentu bertahan lama, heboh di awal dan mati perlahan kemudian. Masih ingat kan nasib mobil listrik Indonesia?

Ya, ada pihak pihak yang tidak ingin Indonesia maju, semuanya tentang bisnis. Sebenarnya anak negeri ini sangat capable menciptakan kreasi seperti ini, namun seringkali mentok dan membentur dinding, karena “dihalang-halangi” if you know what i mean. Persis seperti cerita film cars 2, dimana bahan bakar alternatif itu sebenarnya gak bisa berkembang karena adanya mafia super di balik bisnis minyak bumi..

Rencananya motor listrik anak negeri akan dibandrol sekitar 15 – 20 jutaan. Harapan KBY sih semoga beneran kejadian, meskipun maaf – pesimis bakal beneran hidup. Semoga KBY salah sehingga Indonesia benar benar memiliki kendaraan listrik yang siapa tahu bisa go internasional di masa mendatang.. (KBY)

Baca juga artikel artikel lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Kunjungi juga blog mang Saka di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 0812 180 44747
tweetme: @kobayogasblog
Instagram: Kobayogas
Line: yogaskobayogas.com

About Kobayogas 3306 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

27 Comments

  1. Hare gini ngarep pemerintah?
    Kalo emang serius & mau dijadiin produk masspro, ya coba gandeng swasta. Cari investor dari luar ato dalam negeri. Belajar dari kasusnya tesla. Desainnya diperbaikin lagi sampe bener2 mateng. Ini masih kasar bet kayak motor modifan. Parts aje comot2 motor lain.

    Masalah stasiun pengisian gampang. Dijadiin satu aja sama dealer biar lebih gampang menjangkau pelosok2.

      • Wkakakaka, kan bener om, buktinya esemka, achmadi, dkk

        Lha nasib proton aja gak jelas sekarang

        Kalo mau bikin kendaraan made in indonesia asli mah kudu liat liat waktu sama pdkt pdkt sama kader par-tai

    • Wkwkwkw.. Typo, mangap om komen pertamax emang kena moderasi.. Dah ay bebasin..tq for comment ya

  2. Terlalu cepat keluarnya, akan hilang juga nantinya.

    Kalau yg pernah denger mineral baru yg dinamakan super cell yg konon sudah diuji dengan supercar ferrari yg mampu bertahan seharian dengan batere seukuran power bank 5000 mAh sebanyak 9 biji, dan ilmuwan israel yg terus mengembangkan super fast battery charging yg saat ini mampu charge 4000 mAh dalam 30 detik (kalau ga salah sudah dipamerkan tahun kemarin).
    Inilah masa depan dunia, dan salah satu faktor kenapa minyak dunia turun drastis.
    Dan…. mineral super cell ini konon hanya ada di laut china selatan dan papua. Mungkin yg maen pertambangan lebih tau/pernah denger.

  3. Bukan hanya di Indonesia, mobil listrik di seluruh dunia rata2 “dijegal”.
    Dulu pernah baca artikel soal kenapa pabrikan2 besar nggak mau ngembangin kendaraan listrik, jawabannya adalah karena para pabrikan tsb sudah investasi besar2an di pengembangan kendaraan berbahan bakar minyak, Belum lagi intervensi dari negara2 penghasil minyak.
    Tapi kalo dilihat dari segi pengguna, ada hal yang belum bisa dilakukan kendaraan listrik, yaitu soal kecepatan charge batere yang nggak seefisien pengisian BBM, tinggal masukin terus keluar dah. haha

  4. Bukan pesimis yah.. Tapi masih berfikir baterai bukan solusi di masa depan.. Bayangkan baterai buat kendaraan besar macam truk atau bus.. Butuh berapa besar?? Ngisinya berapa lama?? Okelah buat kendaraan komuter sekitar komplek atau kota.. Tapi untuk diterapkan secara massal g yakin..

    Bagaimana dengan hidrogen?? Seperti Honda FCX Clarity?? Pengisian sama seperti ngisi bensin.. Cuma beberapa detik.. Hidrogen memang berbahaya.. Tapi dengan penelitian yang intensif pasti bisa dibuat lebih aman..

  5. Ga usah pesimis gt bos, sampeyan kan bisanya cm bca berita media lain, copas, trus dikomen, lalu dimuat jd artikel, bkin artikel yg mendukung lah kyk otomotifnet, bkn menjatuhkan, silahkan pesimis, lha kendaraan sampeyan aja peminum bhan bkar fosil smua, hargai hasil karya anak bangsa

  6. Ngapain pake maap2 segala? Ini pure bisnis jadi disorot pake sisi bisnis juga bro, jgn pake alasan nasionalisme lalu pake teori konspirasi bla bla.

    Kalau mau lebih kritis, coba ditinjau “bahan baku”, sepertinya mirip mobil esemka dulu.
    Tinggal ambil sasis dari mobil china trus mesin kanibal mobil timor. Kalau sepeda motor mungkin lebih gampang, tapi sepertinya gak beda jauh. Ambil motor utuh dari china lalu ganti mesin dgn motor listrik, jadi bukan pure 100% riset. Anak smk juga bisa, cuma apakah kalau masuk tahap produksi massal bisa memenuhi target?

    Buat bigot yg ken berdasar nasionalisme, ane tanya. Ente bakal beli nih motor kagak? Paling jg komen doang..

    Ingat, duit itu gak ada kata nasionalisme

    • balikin ahh.. Ente bakal beli nih motor kagak? Paling jg komen doang.. huahahahaha

      jgn baper ahhh, lagian kritik saran boleh gk usah pake nyolot “Ente bakal beli nih motor kagak? Paling jg komen doang..”

      tolong ajak mas Koboy ini ke kelas perkuliahan mang Kobay

  7. pengen beli buat istri, kalau udah terbukti daya jelajahnya baru bawa ke kantor, siang pake malem di cas.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..